10 Tempat Wisata di Portugal yang Sangat Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Oktober 2021

Negara yang menjadi tempat kelahirannya pemain sepak bola ternama, Cristiano Ronaldo ini merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Eropa. Sebagian besar karena Portugal mudah dijangkau, cuaca yang ideal untuk liburan, dan atraksinya yang tak tertandingi. Geografi Portugal terdiri dari kota abad pertengahan, lahan pertanian, pegunungan, kebun anggur dan pantai.

Karena itu tempat wisata di Portugal memiliki keragaman yang tentunya akan memberikan banyak pilihan bagi para wisatawan. Mungkin kamu sudah mengenal ibu kota negara ini, Lisbon, yang juga jadi salah satu destinasi wisata, tapi Portugal masih memiliki banyak tempat lainnya yang menarik. Mari kita intip tempat wisata yang menarik di Portugal!

Baca juga: Makanan Khas Portugal

1. Évora

Évora
  • Lokasi: di Alentejo, di selatan Portugal

Évora terletak jauh di jantung Alentejo. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata paling memesona di Portugal. Terkenal karena memiliki ansambel monumen yang terpelihara dengan baik, Évora layak untuk dijelajahi.

Bangunan-bangunan abad pertengahannya menyimpan sejarah berabad-abad, dengan garis waktu yang diilustrasikan oleh Templo Romano, kuil kuno dari sekitar abad ke-2, Sé (katedral dari Évora) abad ke-12 dan Igreja de São Francisco (Gereja Santo Fransiskus) dengan Capela dos Ossos (kapel yang terletak di sebelah pintu masuk Gereja St. Francis) yang selesai pada pertengahan tahun 1550-an.

Signifikansi sejarah Évora serta kondisi harta arsitekturnya yang belum terjamah membuat kota ini memenangkan status Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun, kota ini masih menyimpan tempat lain yang menarik, seperti suasana pasar yang menyenangkan yang untuk berjalan-jalan dan berbelanja melalui gang-gang bergaya Moor-nya.

Wisatawan juga bisa menelusuri museum yang menarik atau makan siang di alun-alun yang menarik, yang menganggap wisatawan sebagai tamu dan bukannya sebagai turis.

2. Lagos

Lagos
  • Lokasi: di Algarve Barat, Portugal

Pada dasarnya Lagos adalah Algarve. Tempat wisata di Portugal ini terletak di balik tanjung tebing berwarna karamel yang menawarkan pasir berwarna emas. Terkenal memiliki pantai yang menakjubkan, Lagos juga adalah rumah untuk beberapa formasi batuan yang benar-benar ajaib, tebing batu pasir yang berdiri menjulang di atas serangkaian gua laut dengan bentuknya yang aneh.

Sementara itu di daratannya, kota tuanya mengelompok di sekitar Sungai Bensafrim. Kota-kota tua ini dipenuhi dengan townhouse (jenis hunian rumah tapak yang umumnya berlokasi di kota) abad ke-18 serta gereja-gereja Barok dan bar juga restoran. Semuanya bercampur memenuhi lorong-lorong di belakang kastil abad pertengahan masih memiliki rasa lokal meskipun terkenal di kalangan para turis.

3. Viana do Castelo

Viana do Castelo
  • Lokasi: di utara Portugal

Terletak di muara Sungai Lima yang indah, Viana do Castelo lokasinya berada di utara Portugal, tepatnya di sebelah Samudra Atlantik. Ketika berjalan-jalan di kota kecil ini wisatawan akan menyaksikan landmark sejarah serta budaya yang menarik dan mengesankan. Kota ini merupakan perhentian popular selama berjalan-jalan di Portugal.

Sudah menjadi situs ziarah yang penting, tak mengherankan jika kota ini memiliki gereja berusia berabad-abad dan katedral bergaya Gotik yang indah yang tersebar di sekitar kota. Pusat abad pertengahan ini juga adalah rumah untuk istana yang indah dan rumah bangsawan juga beberapa museum kecil.

4. Coimbra

Coimbra
  • Lokasi: di tepi Sungai Mondego, Portugal

Kota kuno yang menawan ini pernah menjadi ibu kotanya negara Portugal. Tempat ini seperti peti harta karun dengan isinya berupa situs bersejarah, taman yang menakjubkan, musik fado serta budaya yang dinamis. Coimbra yang berada di dekat Sungai Mondego di pusat Portugal adalah kota gereja abad pertengahan yang dilengkapi dengan labirin jalan berbatu yang begitu menakjubkan.

Berada di sini, wisatawan seperti kembali ke masa lalu. Bahkan, orang-orang banyak yang beranggapan kalau Coimbra adalah kota paling romantis di negara ini. Energi dan pengaruh kota ini didapatkan dari University of Coimbra. Salah satu universitas yang tertua di Eropa ini didirikan tahun 1209 dan dari halamannya wisatawan bisa menyaksikan seluruh kota.

5. Algarve

Algarve
  • Lokasi: di daerah paling selatan dari kontinental Portugal

Algarve merupakan rumah untuk beberapa pantai berpasir paling indah di Portugal dan yang pasti tempat wisata di Portugal ini memiliki bentangan garis pantai paling indah.

Algarve populer karena memiliki jalan-jalan menawan di kota tua Lagos sampai Ponta da Piedade yang berbatu. Lengkungan laut alami serta formasi batuan ini membingkai pemandangan Samudra Atlantik yang sempurna.

Pada musim panas, khususnya pada bulan Juli dan Agustus, daerah pantai dan empat kota utamanya menarik pengunjung untuk datang. Untuk mereka yang ingin menyepi dari rombongan turis, di Algarve terdapat beberapa pantai terpencil yang menawan. Hanya saja wisatawan harus siap untuk melakukan perjalanan yang tak biasa.

6. Parque Nacional da Peneda-Gerês

Parque Nacional da Peneda-Gerês
  • Lokasi: 4845-063 Terras de Bouro, Portugal

Parque Nacional da Peneda-Gerês merupakan satu-satunya taman nasional Portugal yang megah. Tempat wisata di Portugal ini merupakan salah satu keajaiban alam terbesar di negara tersebut. Taman nasional ini menempati area dengan luas yang lebih dari 700 kilometer persegi di wilayah Minho timur laut Portugal yang berbatasan dengan Spanyol.

Tempat yang berupa medan berbatu ini memiliki pemandangan gunung yang dramatis, lembah yang subur, air terjun, dan danau yang dalam dengan air sebening kristal. Menambah ciri khas pada lanskap ini adalah desa tradisional, dusun yang dipotong dari granit dan bahkan Caldas do Gerês, sebuah resor spa tua.

7. Porto

Porto
  • Lokasi: di sepanjang muara Sungai Douro di Portugal utara

Salah satu kota tertua di Eropa ini merupakan kota terbesar kedua di Portugal. Mungkin pada awalnya kota ini dalam banyak hal terlihat menyerupai Lisbon, khususnya dalam arsitektur, profil tepi sungai serta jalan-jalan berbukit. Alternatif yang bagus untuk Lisbon, tempat wisata di Portugal adalah suar budaya yang bersinar dan mempunyai banyak hal yang ditawarkan kepada pengunjung.

Tepi sungai merupakan salah satu bagian paling indah di Porto. Di sini terdapat deretan rumah berhiaskan ubin Azulejo yang berdiri saling menempel. Dapatkan gambaran tentang kota ini dengan melakukan perjalanan menggunakan perahu Rabelo sebelum menjelajahi alun-alun dan jalan-jalan dengan berjalan kaki.

8. The Douro Valley

The Douro Valley
  • Lokasi: Spanyol dan Portugal

Namanya diambil dari nama sebuah sungai, yaitu Sungai Douro yang melintasi Semenanjung Iberia, Lembah Douro atau Douro Valley dalam beberapa tahun terakhir merupakan salah satu tujuan wisata paling didambakan di Eropa, khususnya bagi pecinta wine.

Lanskap indah yang terletak di sebelah timur Porto ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Barca de Alva, yang adalah salah satu kawasan anggur tertua di dunia. Selama berabad-abad di tepian curam dan dataran bergelombang ini anggur sudah dibudidayakan.

Warisan vinikultur di daerah ini mempunyai semuanya, mulai dari stasiun kereta api dengan ubinnya yang indah di Pinhao sampai perahu rabelo tua, kapal tradisional yang dipakai untuk membawa anggur dari pertanian menuju muara sungai.

Di Vila Nova de Gaia terdapat lusinan ruang pencicipan anggur. Wisatawan bisa, mengunjungi pondok-pondok tempat pengolahan wine Port.

9. Madeira

Madeira
  • Lokasi: terletak di Samudra Atlantik Utara

Pulau Madeira yang memiliki julukan “Taman Terapung Atlantik” merupakan oasis subur di Samudra Atlantik antara Portugal dengan Afrika Utara. Tempat ini popular dengan lanskap hijaunya yang rimbun, wine, taman bunga, dan perayaan Tahun Baru tahunannya yang menyajikan satu dari pertunjukan kembang api terbesar di negara ini.

Tempat wisata di Portugal ini merupakan salah satu tujuan wisata paling indah di Eropa. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kepulauan Madeira yang berada di wilayah otonomi Portugal. Wisatawan dari seluruh dunia tertarik untuk datang ke sini karena keindahan alam pulau tersebut, iklim sejuk sepanjang tahun serta statusnya yang hampir bebas dari kejahatan.

Wisatawan dapat dengan mudah berkeliling pulau ini menggunakan bus dan mobil sewaan walaupun Madeira bisa juga dicapai dengan pesawat, kapal pesiar serta feri. Pantai berkerikil, kolam batu alam, air jernih, dan kegiatan seperti memancing, berlayar, menyelam, dan menonton ikan paus adalah hal yang ditawarkan oleh garis pantai pulau ini.

Funchal, ibu kota dan kota terbesar di Madeira merupakan rumah untuk gereja bersejarah, resor wisata, benteng, museum, restoran serta pasar. Ada juga Lido Promenade yang menyuguhkan deretan pepohonan serta pemandangan laut yang spektakuler.

10. Serra da Estrela

Serra da Estrela
  • Lokasi: terletak di bagian utara-tengah Portugal, antara lembah sungai Tagus dan Mondego

Portugal tidak hanya berisi pantai, negara ini juga rumah bagi puncak gunung tertinggi di benua Portugal. Serra da Estrela yang terletak di utara Lisbon ini berbagi garis lintangnya dengan Madrid, ibu kota Spanyol. Tempat wisata di Portugal ini bukan destinasi wisata yang paling sederhana untuk dicapai. Namun semuanya akan terbayar saat menyaksikan keindahannya.

Tempat ini merupakan destinasi wisata untuk pencinta alam dan penggemar olahraga musim dingin. Serra da Estrela, pegunungan terpencil ini mempunyai banyak hal untuk dilihat dan dilakukan. Destinasi wisata ini adalah magnet bagi pemain ski di musim dingin. Untuk para pecinta kuliner bisa mencicipi keju lokal yang lembut dan kental buatan penduduk yang sangat lezat.

Negara di Eropa yang menjadi tujuan wisata menarik tak hanya Inggris atau Prancis saja, cobalah kunjungi Portugal. Tempat wisata di Portugal menawarkan bangunan bersejarah, keindahan alam, dan kelezatan kulinernya.

Geografis Portugal menghasilkan beragam destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan. Kota-kota seperti Porto atau Algarve serta taman nasional dan pegunungannya menawarkan banyak keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk berlibur ke Portugal?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram