Inilah 10 Destinasi Wisata Paling Menarik di Probolinggo

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai provinsi terbesar di Pulau Jawa, Jawa Timur menyimpan banyak destinasi wisata unik dan menarik yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur. Salah satunya di Probolinggo. Kota dan kabupaten yang terletak di wilayah tapal kuda Jawa Timur ini membentang dari lereng Gunung Bromo, hingga Gili Ketapang.

Probolinggo juga merupakan salah satu titik pendakian Gunung Argopuro yang menjadi gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa. Penasaran dengan destinasi yang ada di Probolinggo? Kali ini Keluyuran merangkum 10 destinasi wisata paling menarik di Probolinggo yang bisa dijadikan sebagai tujuan liburanmu selanjutnya. Simak artikelnya berikut ini!

1. Bukit Kembang Puncak Sari

Bukit Kembang Puncak Sari

Gunung Bromo merupakan primadona pariwisata di Jawa Timur. Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Salah satunya dari Bukit Kembang Puncak Sari. Di puncak bukit, kamu bisa melihat pemandangan cantiknya Gunung Bromo, serta landscape Probolinggo dari ketinggian.

Sesuai dengan namanya, Bukit Kembang terdapat banyak bunga-bunga yang terhampar di puncak bukit. Puncak Bukit Kembang berbentuk memanjang dengan jalan yang tidak terlalu luas. Kamu dapat melihat pemandangan yang eksotis dari beberapa sisi.

  • Alamat : Mojosari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp25.000 (tiket masuk Taman Nasional Bromo)

2. Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Air Terjun Purba Tirai Bidadari

* sumber: www.merdeka.com

Probolinggo menyimpan banyak destinasi tersembunyi, salah satunya Air Terjun Tirai Bidadari. Air terjun ini terlihat menarik karena pancuran air terjun membentuk hingga 16 sumber mata air. Aliran air menembus tebing yang akhirnya membentuk gugusan stalaktit alami dengan ukuran dan bentuk yang beragam.

Jika datang pada pagi atau sore hari, kamu akan melihat pantulan bias pelangi yang tampak jelas di aliran air terjun. Di sekitar Air Terjun Tirai Bidadari terdapat Goa Kelelawar yang menjadi habitat bagi ribuan kelelawar yang sering berterbangan di sekitar goa.

  • Alamat : Curaj Pakis, Jangkang, Tiris, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Kontak : 0856-4545-2112

3. Pantai Bentar

Pantai Bentar

* sumber: medium.com

Terletak di pesisir utara Provinsi Jawa Timur, Probolinggo memiliki deretan pantai, salah satunya Pantai Bentar. Pantai dengan nama unik ini memiliki banyak spot menarik yang bisa dijadikan sebagai latar untuk berfoto. Pantai Bentar memiliki dermaga yang cukup panjang mengarah ke tengah laut dimana pengunjung bisa melihat panorama sunset dan sunrise di satu lokasi yang sama.

Jika beruntung, kamu akan menemukan hiu paus di pantai ini dengan cara berlayar menggunakan perahu nelayan setempat ke tengah laut. hiu paus yang berenang di wilayah ini biasanya berjumlah sekitar 25 ekor. Seru sekali bukan?

  • Alamat : Banjar, Gending, Kota Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp4.000

4. Mahoni Grand Park

Mahoni Grand Park

* sumber: www.klikpoin.com

Mahoni Grand Park merupakan area wisata di Hutan Mahoni yang berada di Desa Sumber, Kabupaten Probolinggo. Mahoni Grand Park berada di ketinggian yang terdiri dari hutan cukup rimbun, dan dilengkapi dengan spot foto untuk pengunjung. Di sini juga kamu bisa melihat pemandangan Kabupaten Probolinggo dari ketinggian.

Tidak hanya itu saja, Mahoni Grand Park juga dilengkapi gazebo untuk beristirahat, rumah pohon, hingga fasilitas outbound yang cukup lengkap. Tempat wisata yang baru diresmikan pada pertengahan tahun 2017 ini mampu memikat wisatawan dari dalam dan luar Probolinggo.

  • Alamat : Kuweni, Tukul, Sumber, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

5. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

* sumber: www.nativeindonesia.com

Destinasi wisata yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 200 meter. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut dan disebut sebagai air terjun abadi karena debit airnya deras dan selalu melimpah. Perjalanan menuju ke sini, melewati pepohonan besar dan sungai dengan udara yang sangat segar. Waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam untuk bisa sampai di air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini.

  • Alamat : Sapih, Branggah, Lumbang, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

6. Candi Jabung

Candi Jabung

Tak hanya wisata alam, Probolinggo juga dilengkapi dengan wisata sejarah, salah satunya Candi Jabung. Bangunan candi ini mencerminkan bangunan suci bagi umat beragama Buddha, dimana bangunan Candi Jabung terdiri dari tiga bagian, yaitu atap, tubuh, dan kaki. Candi Jabung memiliki luas bangunan 115.6 m2.

Candi Jabung merupakan satu-satunya candi dengan bangunan berbentuk silindris dimana terdapat beberapa sisi yang diperkuat menggunakan pilaster. Pada bagian atap candi berbentuk lengkung yang disebut sebagai dasar stupa. Candi Jabung diperkirakan dibangun pada tahun 1276 Masehi.

  • Alamat : Dusun Candi, Jabung Candi, Paiton, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Ranu Agung

Ranu Agung

Ranu Agung merupakan sebuah danau yang terbentuk dari lerusan Gunung Lemongan yang sampai saat ini masih berstatus aktif. Ranu Agung dikelilingi tebing tinggi di sisi danau yang membuat danau ini terlihat sangat cantik dan asri.

Ranu Agung terbilang masih sangat alami karena letaknya yang tersembunyi membuat danau ini tidak banyak dikunjungi wisatawan. Padahal Ranu Agung masuk ke dalam bagian danau tercantik di Jawa Timur. Bentuknya yang seperti mangkuk, mengisyaratkan bahwa danau ini merupakan sisa kawah dari gunung berapi.

  • Alamat : Ranu Agung, Tiris, Krajan, Andungsari, Tiris, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0822-8065-1977

8. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

* sumber: www.adventuretravel.co.id

Gunung Argopuro merupakan gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa, dimana jika kamu mendaki gunung ini perlu mempersiapkan waktu sekitar 4 – 5 hari pendakian. Gunung dengan ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut ini memiliki dua jalur pendakian, yaitu Bremi di Probolinggo, dan Baderan di Situbondo.

Gunung Argopuro berstatus gunung api istirahat yang masuk ke dalam Kompleks Iyang Argapura yang terdiri dari Gunung Raung, Gunung Argopuro, dan Gunung Lemongan. Umumnya pendaki melakukan pendakian lintas jalur Baderan – Bremi atau sebaliknya. Karena itulah gunung ini disebut sebagai gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa.

  • Alamat : Kalianan, Krucil, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp20.000
  • Kontak : 0813-3601-7979

9. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo? Gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini menjadi primadona bagi pariwisata di Jawa Timur. Gunung yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Pulau Jawa.

Wisata ke Gunung Bromo, kamu perlu menyewa Jeep yang disediakan di kaki Gunung Bromo, atau mengikuti open trip menggunakan jasa travel agent di Jawa Timur. Gunung Bromo secara administratif masuk ke dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo.

  • Alamat : Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp19.000 – Rp34.000
  • Kontak : (0341) 491 828

10. Gili Ketapang

Gili Ketapang

Setelah membahas wisata di ketinggian, Probolinggo juga memiliki pulau kecil yang berpenghuni lho. Gili Ketapang merupakan pulau kecil di Selat Madura yang masih masuk wilayah administrasi Kabupaten Probolinggo. Pulau ini belum lama dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika kamu suka dengan wisata alam bawah laut, dan suka dengan aktivitas snorkeling atau diving, kamu harus mencoba menikmati keindahan alam bawah laut di Gili Ketapang. Pulau kecil ini dikenal dengan spot ikan cantik yang ada di film kartun Finding Nemo. Menarik sekali bukan? Jangan lupa mampir ke Gili Ketapang ketika liburan ke Probolinggo, ya.

  • Alamat : Sapia, Sumberasih, Kabupaten Probolinggo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Itulah 10 destinasi wisata paling menarik yang ada di Probolinggo. Ternyata, di kawasan tapal kuda ini ada banyak hal yang bisa dieksplor. Mulai dari pendakian gunung, wisata sejarah, hingga wisata alam bawah laut yang sangat memesona. Yuk, jadikan Probolinggo sebagai tujuan liburanmu di Jawa Timur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *