10 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Puncak Bogor selalu menjadi destinasi pariwisata favorit bagi warga Kota Jakarta. Banyaknya tempat wisata, kafe-kafe unik yang cozy untuk nongkrong, dan kulinernya yang lezat memang menjadi daya tarik tersendiri dari kota ini. Jadi, jangan heran jika setiap akhir pekan atau hari libur nasional, akses menuju Puncak Bogor ini selalu dipadati oleh kendaraan-kendaraan dengan plat B.

Udara yang segar dan sejuk menjadi ciri khas dari Puncak Bogor yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota-kota padat penduduk, seperti Jakarta dan sekitarnya. Nah, bila Anda tertarik untuk berlibur ke puncak, Anda perlu mencatat beberapa tempat wisata di Puncak Bogor berikut ini.

1. Curug Panjang

Curug Panjang Tempat Wisata di Puncak Bogor

* sumber: denubay.blogspot.co.id

Destinasi tempat wisata di Puncak Bogor yang sangat wajib untuk disinggahi adalah Curug Panjang. Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Jika biasanya air terjun menjulang tinggi, di sini air terjunnya tidak terlalu tinggi dan bisa dibilang cukup rendah bila dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Air terjun ini memiliki air yang sangat bersih dan jernih yang mengalir di anak sungai di bawahnya. Tempat yang tidak terlalu ramai membuat kita merasa seperti memiliki air terjun private. Untuk sampai ke sini, Anda harus trekking dengan melintasi sungai, maka dari itu usahakan untuk tidak memakai sandal jepit ketika berkunjung ke Curug Panjang.

2. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua

Taman safari ini adalah kebun binatang pertama di Indonesia yang menawarkan konsep melihat binatang secara lebih dekat dari dalam kendaraan. Meskipun sudah dibuka dari beberapa tahun yang lalu, Taman Safari Cisarua ini masih saja ramai dikunjungi oleh banyak orang, terutama pada saat weekend.

Taman safari ini selalu menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Puncak, terutama bagi yang ingin mengetahui kehidupan binatang di alam liar. Taman safari yang berada di Cisarua ini hanya berjarak 77 Km saja dari Jakarta.

3. Telaga Warna

Telaga Warna tempat wisata di puncak bogor

Berikutnya, ada salah satu tempat wisata yang ada di sekitar Puncak Bogor yang menawarkan keindahan panorama alam, yakni Telaga Warna. Di sini, Anda bisa menemukan sebuah danau yang dikelilingi dengan hutan yang rindang dan asri. Pengunjung bisa menyewa sepeda air atau perahu rakit untuk mengelilingi danau.

Lantas, apa warna air di danau ini berbeda dari warna air di danau-danau lainnya? Tidak. Warna air di danau ini sama seperti warna air di telaga atau danau lain. Nama Telaga Warna ini diambil dari cerita rakyat yang beredar di masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa air di danau ini bisa berubah warna pada saat-saat tertentu.

4. Kebun Teh Gunung Mas

Agro Gunung Mas

“Kebun Teh Puncak” begitulah orang-orang biasa menamai tempat wisata ini. Kebun teh yang berada di Puncak Pass ini selalu menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para fotografer atau wisatawan yang hanya ingin sekedar mengambil foto untuk dokumen pribadi. Suasana di kebun teh puncak ini sangat mirip dengan kebun teh yang ada di Lembang.

Setelah puas berfoto, Anda juga bisa membeli jagung bakar dan secangkir kopi hangat di kedai-kedai yang ada di sekitar kebun teh ini. Kapan lagi Anda bisa menyantap jagung bakar dan menikmati secangkir kopi hangat dengan pemandangan kebun teh yang menenangkan batin?

5. Curug Cikoneng (Curug Bidadari)

Curug Cikoneng

Tempat wisata di Puncak Bogor ini benar-benar unik dan menarik. Biasanya curug (air terjun) identik dengan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh remaja atau dewasa. Berbeda dengan Curug Cikoneng atau yang lebih dikenal dengan nama Curug Bidadari ini. Pasalnya, di bawah air terjun ini terdapat kolam renang yang bisa dipakai oleh wisatawan di segala usia, termasuk anak-anak.

Air di kolam renang ini sangat jernih karena berasal dari air terjun. Selain jernih, airnya juga sangat segar dan bebas kaporit. Untuk memanjakan anak, pengelola pariwisata juga menambahkan perosotan untuk memungkinkan si kecil berenang sambil bermain. Tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa juga boleh berenang di kolam tersebut, lho.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Nama Kebun Raya Cibodas sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Puncak Bogor yang terkenal sejak tahun 70-an. Kini, Kebun Raya Cibodas menjadi semakin menarik meskipun sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Di kebun ini Anda akan mendapati Taman Sakura, sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan pohon bunga sakura.

Selama ini, banyak orang yang menyangka bahwa sakura hanya tumbuh di Jepang. Faktanya, Anda bisa menikmati keindahan pohon sakura ini di Kebun Raya Cibodas.

Menariknya, jika sakura di Jepang hanya tumbuh satu kali pada saat musim semi, pohon sakura di Cibodas ini tumbuh dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Jika Anda ingin melihat keindahan pohon sakura asli, datang saja ke Kebun Raya Cibodas pada bulan-bulan tersebut.

7. Wisata Citamiang

Wisata Citamiang

Tempat yang menawarkan aneka permainan outbound di dataran tinggi memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat kita. Wisata Citamiang ini contohnya, tempat wisata yang berada di Jalan Raya Puncak Cisarua ini menawarkan berbagai macam aktivitas outbound yang menyenangkan.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat berkemah atau tracking di kawasan tempat wisata ini. Wisata Citamiang ini menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata di Puncak Bogor lainnya.

Hamparan kebun teh yang asri serta hutan pinus yang teduh adalah panorama alam luar biasa yang ditawarkan tempat wisata ini. Wisata Citamiang adalah destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin menghirup udara segar serta menyegarkan tubuh dan pikiran.

8. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya

* sumber: www.pegipegi.com

Tidak semua orang bisa masuk ke kawasan Istana Bogor mengingat itu adalah istana kepresidenan. Jadi, kita hanya bisa melihat rusa-rusa yang dipelihara di istana dari luar pagar saja. Apabila Anda ingin melihat rusa dari dekat, datang saja ke Penangkaran Rusa Giri Jaya. Ini adalah tempat penangkaran rusa seluas 5 hektar yang sudah ada sejak tahun 1993.

Di penangkaran yang berlokasi di Desa Buana Jaya ini dihuni oleh beberapa jenis rusa, di antaranya adalah Rusa Jawa, Rusa Bawean dan Rusa Cheetal.

Untuk bisa sampai ke penangkaran ini, kita harus melewati jembatan gantung yang berdiri di atas Sungai Cibeet. Pemandangan di atas jembatan gantung ini juga patut untuk diabadikan. Sesampainya di penangkaran, kita bisa berinteraksi dengan rusak dari dekat atau berfoto bersama rusa-rusa yang lucu itu.

9. Danau Lido Cigombong

Danau Lido Cigombong

* sumber: carulukcigombong.blogspot.co.id

Danau Lido Cigombong bukan tempat wisata baru tapi memang sedang hits akhir-akhir ini. Danau ini memiliki air berwarna kehijauan dengan panorama sekitar yang sangat asri. Mengingat tempat ini berada di kawasan puncak, maka udara di sini juga sangat sejuk. Wisata Anda di danau ini juga semakin menyenangkan karena terdapat rakit-rakit yang disewakan.

Selain rakit, di kawasan danau ini juga terdapat perahu bebek yang bisa disewa. Biasanya pengunjung yang datang kemari akan menyewa perahu atau rakit untuk mengitari pulau kecil di tengah danau. Danau Lido Cigombong adalah kawasan wisata yang lengkap karena di sekitarnya juga terdapat restoran apung dan tempat outbound yang sangat menarik.

10. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Suasana di Taman Bunga Nusantara dapat membuat kita berdecak kagum. Bagaimana tidak, tempat wisata ini memiliki sejumlah spot yang masing-masing terinspirasi dari berbagai tempat di penjuru dunia, seperti Perancis, Jepang, Timur Tengah, dan Bali. Berbagai aneka bunga dan tumbuhan unik bisa Anda lihat di sini.

Yang membuat kita merasa berada di tempat syuting film Maze Runner adalah taman labirin yang terdapat pada tempat wisata ini. Banyak jebakan berupa lorong-lorong buntu pada labirin ini. Anda harus berpetualang untuk mencari jalan keluar. Tapi tenang saja tidak ada monsternya seperti di film Maze Runner kok!

Nah itulah berbagai tempat wisata di Puncak Bogor yang wajib untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Namun jika Anda tidak ingin terjebak macet, maka kami merekomendasikan Anda untuk berkunjung ke tempat wisata di Sentul atau tempat wisata di Bogor yang lainnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram