10 Rekomendasi Tempat Wisata di Purworejo yang Keren

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purworejo merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meski namanya tidak sepopuler kota-kota besar lainnya, rupanya kota ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Berikut adalah rekomendasi 10 tempat wisata terbaik di Purworejo yang harus kamu kunjungi ketika menginjakkan kaki ke kota ini.

1. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

* sumber: www.pantainesia.com

  • Alamat: Dusun Ketawang Sengoro Wetan Grabag Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00-18.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.5.000 per orang

Pantai Ketawang terkadang juga sering disebut dengan nama Pantai Jetis. Nama Ketawang sendiri diambil karena pantai ini berada di Dusun Ketawang, begitu pula nama Pantai Jetis di mana tak jauh dari lokasi pantai ada sebuah dusun yang bernama Dusun Jetis. Pantai ini cukup unik karena memiliki warna pasir yang gelap dan hitam namun tetap nyaman untuk diinjak.

Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda atau bermain pasir. Di sebelah timur pantai kamu juga bisa melihat pemandangan Pegunungan Sewu dan Menoreh. Tepat di tengah rawa pantai ini kamu juga bisa menemukan sebuah mercusuar dan kolam tambak yang digunakan sebagai sumber irigasi warga sekitar.

2. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

* sumber: www.triptrus.com

  • Alamat: Desa Jatimalang Kec.Purwodadi Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.5.000 per orang

Selain Pantai Ketawang, Purworejo juga masih memiliki pantai lain yang tak kalah indahnya, yaitu Pantai Jatimalang. Masih dengan pasirnya yang berwarna gelap kehitaman, di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain ATV, memancing, atau berenang di kolam renang air tawar yang berada di tepi pantai.

Panta Jatimalang juga dikenal dengan rimbunnya pepohonan cemara yang tumbuh di sepanjang pantai dan membuat udara menjadi sejuk. Di Pantai Jatimalang juga terdapat tempat pelelangan ikan dimana kamu bisa membeli berbagai hasil laut para nelayan untuk diolah menjadi santapan yang lezat.

3. Goa Seplawan

Goa Seplawan

* sumber: www.inibaru.id

  • Alamat: Desa Donorejo Kec.Kaligesing Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.30
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.3.000 per orang

Goa Seplawan merupakan goa peninggalan Hindu yang berlokasi di kawasan Pegunungan Menoreh dan berada pada ketinggian 800 mdpl. Goa ini memiliki panjang hingga 750 meter. Di pintu masuk goa, kamu akan disambut dengan patung emas setinggi tiga meter yang merupakan replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Tak jauh dari mulut goa, kamu akan menemukan kolam dengan air yang jernih. Semakin masuk ke dalam goa, kamu akan melihat keindahan ornamen-ornamen alam berupa stalaktit dan stalagmit. Yang paling unik, kamu akan menemukan sebuah relief berbentuk sirip hiu yang belum terpecahkan oleh para arkeolog hingga saat ini.

4. Curug Muncar

Curug Muncar

* sumber: www.kayusirih.com

  • Alamat: Kalibang Kaliwungu Bruno Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.5.000 per orang

Curug Muncar merupakan sebuah objek wisata air terjun yang memiliki ketinggian hingga 90 meter. Lokasi air terjun ini berada pada ketinggian 900 mdpl sehingga membuat jalan menuju lokasi air terjun menjadi suatu petualangan tersendiri dan menantang bagi para pecinta alam.

Di lokasi ini kamu bisa merasakan jernihnya air yang turun ke sungai yang ada di bawahnya dikelilingi dengan pemandangan alam yang dikelilingi dengan pepohonan. Perpaduan suara deburan air terjun ditambah suara burung-burung yang berkicau akan memberikan nuansa damai saat kamu berada di sini.

5. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo

* sumber: ranahpejalan.wordpress.com

  • Alamat: Dusun Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing Purworejo
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 08.00-17.00, Sabtu-Minggu 07.30-17.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.2.000 per orang

Hutan Pinus Kalilo menawarkan wisata hutan dengan pemandangan yang indah sekaligus spot foto yang instagramable. Kawasan ini awalnya merupakan hutan pinus milik Perhutani yang biasa dimanfaatkan untuk diambil getahnya, namun pada 2017 kawasan ini dibuka menjadi area wisata.

Di Hutan Pinus Kalilo ini kamu bisa menyaksikan pemandangan hutan pinus yang rindang dan asri. Kamu juga bisa melihat hamparan perbukitan yang luas dan hijau dari ketinggian kawasan ini. Di beberapa area d kawasan ini juga sudah dibangun spot-spot selfie yang unik untuk dijadikan background fotomu.

6. Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

* sumber: pesona.travel

  • Alamat: Trirejo, Loano, Kedung Dowu Kulon Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.2.000 per orang

Puncak Geger Menjangan merupakan objek wisata yang terletak di 175 mdpl. Objek wisata ini hanya berjarak sekitar lima kilometer saja dari pusat kota Purworejo. Geger Menjangan sendiri sebenarnya merupakan sebuah bukit kecil yang menawarkan pemandangan menakjubkan di puncaknya.

Dari atas Puncak Geger Menjangan, kamu akan melihat hamparan hutan dan pepohonan yang merupakan deretan Pegunungan Kaligesing. Sementara di bagian bawahnya kamu dapat menyaksikan aliran Sungai Bogowonto. Di pagi hari, tempat ini merupakan spot yang sangat idah untuk menyaksikan matahari terbit.

7. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

* sumber: jelajahkhatulistiwa.com

  • Alamat: Jl.Mayjend Sutoyo No.10 Plaosan Purworejo
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, 08.00-16.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.1.000 per orang

Untuk kamu yang ingin berwisata sejarah di Purworejo, kamu bisa mengunjungi Museum Tosan Aji. Museum ini merupakan museum yang bisa memperkenalkan kamu dengan berbagai warisan budaya Jawa. Museum ini menyimpan sekitar 1138 pusaka dari Kerajaan Pajajaran, Majapahit, dan Mataram.

Pusaka-pusaka yang tersimpan di museum ini terdiri dari bentuk keris, tombak, hingga pedang. Selain itu, masih banyak barang antik lainnya seperti berbagai arca, fosil, dan prasasti. Jika kamu berkunjung pada tanggal 1 Suro, kamu dapat menyaksikan upacara ruwatan membersihkan pusaka-pusaka yang ada di museum ini.

8. Benteng Pendem

Benteng Pendem

* sumber: festivaljalanjalan.com

  • Alamat: Dusun kalimaro Bagelen Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp.5.000 per orang

Benteng Pendem merupakan sebuah benteng peninggalan masa penjajahan Jepang yang kini diubah menjadi objek wisata sejarah. Dulunya, benteng ini merupakan sebuah pangkalan militer yang digunakan untuk menahan gempuran dari Pantai Selatan.

Benteng ini terdiri dari dua bangunan. Bangunan pertama berbentuk persegi panjang sementara bangunan kedua berbentuk kotak dengan tabung di bagian atasnya. Tempat sekeliling benteng terasa sangat asri dan kamu juga akan mendengar deburan ombak Pantai Selatan dari kejauhan.

9. Mesjid Agung Purworejo

Mesjid Agung Purworejo

* sumber: cangkrep.blogspot.com

  • Alamat: Jl.Mayjend Sutoyo Sindurjan Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Gratis

Masjid Agung Purworejo merupakan objek wisata religi yang terletak di pusat kota Purworejo. Masjid ini memiliki daya tarik bagi para wisatawan karena terdapat sebuah bedug yang merupakan bedug terbesar di dunia bernama Bedug Pendowo.

Bedug yang juga sering disebut bedug Kyai Bagelen ini merupakan peninggalan bupati pertama Purworejo, Cokronegoro I dan sudah berusia 177 tahun. Bedug Pendowo terbuat dari kayu jati dengan diameter 194 cm atau nyaris 2 meter.

10. Puncak Khayangan Sigendol

Puncak Khayangan Sigendol

* sumber: purworejotripandtour.blogspot.com

  • Alamat: Wutan, Giyombong, Bruno Purworejo
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-18.00
  • Kisaran Harga Tiket Masuk : Sekitar Rp.5.000 per orang

Purworejo juga memiliki tempat wisata kekinian yaitu Puncak Khayangan Sigendol. Kawasan yang terletak pada ketinggian 1000 mdpl ini menawarkan pesona keindahan alam dari atas ketinggian.

Selain keindahan alamnya, di tempat ini kamu juga bisa berfoto di berbagai spot yang sangat instagramable, seperti Bukit Patihan, Sendang Bidadari, Puncak Memeyan, Tebing Matahari, Prau Jomblang Anom, atau Rumah Gadang.

Itulah 10 tempat wisata di Purworejo yang menawarkan pesona dan daya tariknya masing-masing. Manakah di antara tempat tadi yang pernah atau ingin kamu kunjungi? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *