10 Tempat Wisata di Rumania untuk Penyuka Kastil dan Alam

Ditulis oleh Siti Hasanah

Rumania yang terletak di Semenanjung Balkan ini dulunya adalah bekas negara Blok Timur. Negara ini merupakan negara yang kaya akan sejarah yang terpelihara dengan baik. Landmark yang ikonik, budaya serta pemandangan indah membuat Rumania menjadi tujuan wisata yang fantastis. Saat berkunjung ke Rumania, tempat yang jadi daya tarik utama untuk para turis asing yaitu Kastil Bran.

Kastil ini dipopulerkan secara luas sebagai Kastil Dracula oleh Bram Stokers dalam novelnya “Dracula". Selain Kastil Bran, Rumania memiliki beberapa beberapa destinasi wisata yang menarik lainnya. Beberapa tempat wisata di Rumania yang terkenal adalah Kastil Peles, serta kota abad pertengahan Sighisoara. Mau jalan-jalan di Rumania? Yuk, simak daftar tempat wisata di Rumania yang menarik berikut ini.

1. Kastil Bran

Kastil Bran
  • Alamat: Strada General Traian Moșoiu 24, Bran 507025, Rumania
  • Jam buka: 12.00 – 18.00
  • HTM: 45Lei (9€)
  • Telepon: +40 268 237 700

Gara-gara novel karangan Bram Stoker, Kastil Bran sering dihubungkan sebagai rumah drakula. Padahal belum jelas apakah penulis Bram Stoker memang mengetahui kastil abad pertengahan ini. Kastil yang menjadi landmark negara Rumania ini seperti di negeri dongeng karena berada hutan di lereng bukit di dekat Brasov, Transylvania.

Berasal dari abad ke-13, sekarang kastil abad pertengahan ini jadi museum yang memamerkan berbagai seni serta furniture yang dikoleksi oleh Ratu Maria. Kastil ini juga rumah untuk museum terbuka dengan koleksinya berupa bangunan-bangunan milik petani Rumania dari seluruh penjuru negeri.

2. Palace of the Parliament

 Palace of the Parliament
  • Alamat: Strada Izvor 2-4, București, Rumania
  • Jam buka: 9.00 - 17.00
  • HTM: 40 lei ($10 USD)/orang
  • Telepon: +40 21 316 0300

Mempunyai tinggi 84 meter serta luas 365.000 meter persegi, bangunan kolosal ini merupakan salah satu bangunan paling besar di dunia. Istana Parlemen ini sangat besar sehingga tiap tahunnya bangunan ini tenggelam 6 mm.

Istana ini merupakan proyek restorasi yang dilakukan oleh Nicolae Ceausescu untuk Bucharest. Sekarang istana ini merupakan rumah bagi Parlemen Rumania serta tiga museum, yang terdiri dari 23 bagian. Tak jauh dari istana parlemen terletak kota tua Bukares yang terkonsentrasi di pusat bersejarah. Tempat tersebut selalu masuk dalam tiap tur Bukares.

3. Iron Gates Natural Park

Iron Gates Natural Park
  • Alamat: 225200, Rumania
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: +40 252 360 511

The Iron Gates Natural Park merupakan taman alam paling besar di Rumania. Taman alam ini membentang di atas area dengan luas sekitar 115.655 hektar. Tempat wisata di Rumania ini merupakan bagian dari Sungai Danube dan Ngarai Gerbang Besi, yang menjadi batas antara Serbia dengan Rumania.

Untuk pendakian akhir pekan, taman yang menakjubkan ini merupakan tujuan yang sempurna. Wisatawan bisa berjalan-jalan di sekitar hutan lebatnya serta mengagumi pemandangan alamnya. Bahkan wisatawan dapat mengunjungi patung batu Decebalus, Raja Terakhir Dacia.

4. Mamaia Beach Side

Mamaia Beach Side
  • Alamat: Bulevardul Mamaia antara hotel Lido dan Hotel Amiral, Fintina Mare 900430, Rumania
  • Telepon: +40 733 823 340

Mamaia lokasinya berada di Laut Hitam. Tempat wisata ini merupakan resor tepi laut paling terkenal di Rumania. Mamaia yang kecil ini terletak di sebidang tanah dengan panjang sekitar 8 km.

Resor ini mempunyai pantai pasir putih yang bagus dan tempatnya dikhususkan hanya untuk berjemur atau melihat-lihat orang. Mamaia mempunyai taman air, tapi aktivitasnya terbatas hanya untuk anak kecil saja. Namun, mungkin orang dewasa bisa menikmati untuk belajar di akademi selancar angin.


5. Biara Curtea de Argeș

Biara Curtea de Argeș
  • Alamat: Bulevardul Basarabilor 1, Curtea de Argeș 115300, Rumania
  • Jam buka: 08:00 – 18:00
  • Telepon: +40 248 721 735

Katedral Ortodoks Rumania ini dibangun pada awal abad ke-16 dan didedikasikan untuk Dormition of the Mother of God. Bangunan ini dianggap sebagai salah satu destinasi wisata religi yang paling bergengsi di Rumania. Eksterior katedral ini berupa batu kapur abu-abu pastel sedangkan interiornya dibuat dari batu bata dengan hiasan berupa lukisan dinding yang indah.

Asal sebagian besar marmer dan ubin yang dipakai dalam konstruksi katedral ini dari Konstantinopel. Oleh karena itu, Katedral Curtea de Argeş lebih mirip masjid dibandingkan gereja Ortodoks konvensional.

Situs ini juga menjadi rumah untuk istana kerajaan bergaya Neo-Rumania yang megah serta sebuah necropolis, yaitu peristirahatan terakhir para pangeran abad pertengahan juga anggota keluarga kerajaan yang telah ada selama berabad-abad. Yang terbaru yaitu ketika Raja Michael I dimakamkan di sini pada tahun 2017, dengan pemakaman kenegaraan penuh.

6. Pusat Sejarah Sighisoara

  • Alamat: Piata Cetatii Nr.1 ​​| Pusat Sighisoara, Sighisoara 545400, Rumania
  • Telepon: +40 745 501 861

Jika tertarik dengan kehidupan abad pertengahan, Pusat Sejarah Sighisoara adalah tempat wisata di Rumania yang tepat untuk dikunjungi. Kota Tua Sighisoara ini merupakan kota abad pertengahan yang terbaik. Sighisoara ditemukan oleh Saxon Transylvania pada abad ke-12. Kota ini merupakan contoh kota abad pertengahan berbenteng yang bagus.

Di kota ini terdapat jalan-jalan tradisional yang sempit dan diapit oleh bangunan berbahan batu yang berwarna-warni. Kota ini menjadi tempat lahirnya Vlad the Impaler, yang jadi inspirasi untuk Dracula yang ditulis oleh Bram Stoker. Setiap bulan Juli, Sighisoara merayakan abad pertengahannya dengan sebuah festival yang menampilkan band rock.

7. Danube Delta

Danube Delta
  • Alamat: Tulcea County, Rumania dan Odessa Oblast, Ukraina

Sebelumnya Delta Danube termasuk dalam Laut Hitam dan tempat ini adalah tempat yang paling cocok untuk wisatawan yang ingin berada di alam. Delta ini merupakan delta terbesar kedua di Eropa dan menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan juga tumbuhan unik asli Eropa. Selain itu, delta ini juga memiliki 23 ekosistem yang beragam termasuk beberapa lahan basah terbesar di dunia.

Wisatawan bisa menghabiskan tiga hari atau lebih untuk menjelajahi labirin-labirin bersama dengan koloni burung terbanyak di seluruh Eropa. Jerami, pohon ek dan pohon willow yang membatasi labirin kanal menawarkan tempat berkembang biak yang terbaik untuk spesies burung yang jumlahnya tak terhitung tersebut. Beberapa di antaranya datang dari Cina dan Afrika.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram