10 Tempat Wisata di Rusia yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rusia adalah negara terluas di dunia yang dianugerahi banyak keindahan alam yang sangat spektakuler. Mulai dari Rusia bagian Eropa di barat hingga Rusia bagian Asia di timur, Anda bisa menemukan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Dibutuhkan berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menjelajahi beberapa bagian Rusia yang sejauh mata memandang masih Rusia. Di bawah ini kami akan membahas sejumlah destinasi wisata yang populer di Rusia yang perlu ada dalam itinerary Anda saat memutuskan untuk berlibur ke negeri tersebut.

1. Moskow

Istana Kremlin

* sumber: pixabay.com

Moskow adalah ibukota Rusia yang memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini menawarkan beragam jenis wisata, terutama wisata seni, budaya, dan sejarah. Jadi, saat bertandang ke sana, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan kotanya saja, tetapi juga menikmati sejumlah pertunjukan seni dan budaya yang keren, seperti opera, tari balet, dan sirkus.

Di antara banyaknya spot wisata populer di Moskow, tiga yang paling mencolok adalah Katedral Santo Basil yang memiliki kubah berbentuk bawang berwarna-warni, Kremlin Moskwa (benteng dan kompleks istana bersejarah), dan Lapangan Merah yang terletak di samping Kremlin. Selain itu, sarana transportasi seperti Moscow Metro dan Moscow River Cruise juga patut Anda coba.

2. Saint Petersburg

Museum Hermitage

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/larrywkoester/

Kota terbesar kedua di Rusia ini juga merupakan salah satu destinasi utama di Negeri Beruang Merah. St. Petersburg yang didirikan pada tahun 1703 oleh Tsar Peter the Great ini dikenal luas sebagai ibukota budaya Rusia. Hal itu karena kota ini menawarkan salah satu koleksi seni terbaik di dunia, tepatnya di Museum Hermitage.

St. Petersburg juga memiliki banyak bangunan yang bernilai seni tinggi, baik itu berupa istana, benteng, rumah ibadah, hingga jembatan modern dengan sistem buka tutup. Beberapa spot wisata terkenal di kota ini antara lain Istana Musim Dingin, Katedral Santo Isaac, Jembatan Istana (Palace Bridge), Museum Hermitage, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Golden Ring

Golden Ring Rusia

* sumber: pixabay.com

Golden Ring adalah tempat berkumpulnya beberapa kota tua Rusia dalam sebuah area yang berbentuk cincin. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan kota masa lampau yang sangat indah yang dipenuhi dengan kebun-kebun ceri, gubuk-gubuk kuno, dan bangunan-bangunan tempat ibadah yang memiliki kubah berbentuk bawang yang ikonik.

Selain sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal, tempat ini juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara yang ingin mengetahui bagaimana suasana Rusia di masa lalu. Cara terbaik untuk menikmati kawasan wisata ini adalah dengan menjelajahi setiap kotanya satu per satu, mulai dari Vladimir hingga Sergiev Posad (berputar berlawanan dengan arah jarum jam).

4. Kazan

Masjid Kul Sharif

* sumber: commons.wikimedia.org

Kazan adalah sebuah kota yang menawarkan perpaduan budaya antara Asia dan Eropa. Ibu kota Tatarstan ini merupakan kota yang indah di mana menara masjid dan menara gereja memenuhi cakrawala. Hal itu tak lain karena hampir setengah penduduk Kazan adalah Muslim dan setengah lainnya Nasrani, yang semuanya hidup berdampingan dengan baik.

Jika Anda seorang Muslim, maka salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di Kazan adalah Masjid Kul Sharif, yang merupakan masjid terbesar di Rusia dan di Eropa di luar Istanbul. Pemandangan lain yang bisa dilihat termasuk sisa-sisa Kazan Kremlin, Menara Suyumbike atau Masjid Khan, Bauman Street, dan lain sebagainya.

5. Irkutsk

Danau Baikal

* sumber: pixabay.com

Irkutsk adalah sebuah kota di selatan Rusia yang dekat dengan Mongolia dan merupakan salah satu perhentian paling populer di Jalur Kereta Trans-Siberia antara Moskow dan wilayah timur Rusia serta negara tetangganya (Mongolia dan Tiongkok). Selain itu, kota ini dekat dengan danau terdalam di dunia, yaitu Danau Baikal.

Selain menawarkan keindahan alam khas Rusia pedalaman, Irkutsk juga menawarkan wisata sejarah yang menarik untuk disaksikan. Di sana Anda bisa melihat rumah-rumah kayu yang dihiasi berdiri di samping blok apartemen blok standar Soviet serta berkunjung ke sejumlah museum yang mempertontonkan sejarah kota tersebut pada khususnya dan Rusia pada umumnya.

6. Nizhny Novgorod

Nizhny Novgorod

* sumber: commons.wikimedia.org

Salah satu kota terbesar di Rusia yang terletak di pertemuan Sungai Volga dan Sungai Oka ini juga menawarkan sejumlah objek wisata yang populer untuk dikunjungi, terlebih jika Anda seorang pecinta seni dan arsitektur. Kota yang didirikan pada tahun 1221 dan terletak sekitar 400 km dari Moskow ini juga merupakan kota perdagangan dan kerajinan tangan paling kuno di Rusia.

Di kota Nizhny Novgorod Anda bisa menyaksikan ratusan monumen dan patung, museum seni dengan ratusan ribu item pajangan, ruang konser dan sejenisnya. Selain itu, karena kota ini dihuni oleh berbagai pemeluk agama, maka Anda bisa dengan mudah menemukan banyak tempat ibadah setiap agama.

7. Vladivostok

Kota Vladivostok

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah sebuah kota besar Rusia yang terletak di bagian timur negeri ini, yang dekat dengan Jepang dan Korea. Jika Anda sedang berlibur di kedua negara tadi, Anda bisa bertandang ke Vladivostok yang dikelilingi oleh pegunungan dan teluk untuk menikmati keindahan ala Eropa di alam Asia yang sangat menakjubkan.

Kota ini menawarkan banyak atraksi budaya mulai dari teater, museum, hingga konser. Selain itu, kota ini juga memiliki beberapa taman kota yang indah yang menarik untuk dijelajahi dengan jalan kaki. Alun-alun utama kota adalah Admiralsky Skver, dengan sebuah museum kapal selam di dekatnya.

8. Veliky Novgorod

Veliky Novgorod

* sumber: en.wikipedia.org

Veliky Novgorod adalah salah satu kota tertua di ujung utara Rusia yang didirikan pada abad ke-10. Kota bersejarah ini memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk Katedral dan Menara Lonceng Saint Sophia, Air Mancur Hanseatic dengan hal unik yang menyertainya, dan sejumlah museum.

Kota yang terletak di Danau Ilmen ini juga menawarkan wisata kuliner yang terkenal, yaitu makanan yang bernama borscht (sup sayuran khas Eropa Timur yang umumnya terbuat dari tomat pasta, daging, sayuran, dan sebagainya sesuai selera). Selain itu, kota ini juga populer dengan produk bio-honey-nya.

9. Sochi

Kota Sochi

* sumber: pixabay.com

Kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014 ini juga sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata utama Rusia di Laut Hitam. Kota yang satu ini, selain menawarkan salju musim dingin, juga menawarkan iklim subtropis dan pantai yang indah. Jika Anda sedang liburan ke Turki, Anda bisa mampir ke Sochi karena kota ini berdekatan dengan negara tersebut.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan di Sochi adalah berjalan-jalan di sepanjang tanggul laut yang khusus dibuat untuk pejalan kaki. Hal itu sangat menyenangkan karena Anda bisa menikmati keindahan kota plus alam Sochi sekaligus. Jika berminat, Anda juga dapat mengunjungi perkebunan teh di bagian utara Sochi dan sebuah cagar biosfer yang keren.

10. Yekaterinburg

Yekaterinburg

* sumber: sco.m.wikipedia.org

Yekaterinburg adalah kota industri di Pegunungan Ural yang memiliki pemandangan budaya yang dinamis, rumah bagi banyak perpustakaan, teater, dan penulis drama, serta perusahaan dansa dan band-band rock Rusia yang populer. Kota juga memiliki lebih dari 30 museum dengan berbagai koleksi yang menakjubkan, termasuk patung kayu tertua di dunia di Shigir Collection.

Sebagai info, Pegunungan Ural merupakan batas pemisah antara Rusia Eropa dan Rusia Asia. Jadi, di Yekaterinburg Anda mungkin bisa menemukan dan menikmati banyak hal dari kedua wilayah benua yang berbeda.

Nah, itulah sejumlah tempat wisata di Rusia yang menarik untuk dikunjungi. Menjelajah semua tempat di atas membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika waktu liburan Anda terbatas, Anda bisa mengunjunginya satu per satu bersamaan dengan paket liburan Eropa, Turki, Jepang, Korea, atau bisa juga Italia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *