keluyuran web banner

9 Tempat Wisata di Sabang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 3 September 2020

Lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke” pasti sering kamu dengar sejak kecil. Sabang merupakan kota yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Aceh. Letaknya berada di ujung barat Indonesia, sekaligus menjadi titik paling utara di Indonesia. Kamu perlu menyeberang menggunakan kapal laut dari Aceh untuk bisa sampai di Sabang.

Kota yang merupakan titik 0 km Indonesia ini menyimpan banyak sekali hal menarik yang bisa kamu explore. Mulai dari wisata kota, pantai, gunung, hingga alam bawah laut yang menjadi salah satu tempat diving terbaik di Indonesia ada di sini. Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 9 tempat wisata di Sabang yang wajib kamu kunjungi. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Tugu 0 Kilometer Indonesia

Tugu 0 Kilometer Indonesia

* sumber: pesona.travel

  • Alamat: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis (sertifikat Rp20.000)

Sabang yang berada di ujung utara dan barat Indonesia ini merupakan titik nol Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kamu bisa menginjak titik nol ini dengan datang langsung ke Tugu 0 Kilometer Indonesia yang berada di Pulau Iboih, Sabang.

Di Tugu 0 Kilometer ini terdapat menara dan tulisan “Kilometer 0 Indonesia”. Hal unik yang akan kamu dapatkan ketika datang ke sini adalah sertifikat. Bagi siapapun yang datang berkunjung ke Tugu 0 Kilometer Indonesia akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda dan kenang-kenangan kalau kamu sudah pernah ke sini. Menarik sekali bukan?

2. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

* sumber: www.wowshack.com

  • Alamat: Aneuk Laot, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Sabang memiliki danau yang menjadi sumber mata air bagi penduduk Pulau Weh. Danau Aneuk Laot namanya. Danau ini terletak di tengah-tengah kota Sabang. Danau seluas 37,5 hektar ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dari dalam maupun luar Sabang. Kamu bisa melihat cantiknya sunset di kota Sabang dari sini.

Meski luasnya tidak sebesar Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Aneuk Laot tetap memiliki pesonanya tersendiri. Kamu bisa melihat air yang jernih dan menikmati udara yang sejuk juga bebas dari polusi. Hal unik dari danau ini adalah nama “Aneuk Laot” yang berarti “anak laut”, karena posisinya berada di tengah, terpisah dengan laut lepas yang mengelilingi Pulau Weh.

3. Pulau Rondo

Pulau Rondo

* sumber: medium.com

  • Alamat: Pulau Rondo, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Pulau Rondo merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang masih masuk ke dalam wilayah kota Sabang. Pulau ini berbatasan langsung dengan Kepulauan Nikobar India. Pulau Rondo menjadi daerah paling utara dari Republik Indonesia yang terletak di Laut Andaman, dan di sebelah utara Pulau Weh.

Pulau Rondo memiliki luas 42 hektar. Jika ingin berkunjung ke sini, kamu perlu menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, dalam waktu dua jam. Kamu perlu mempersiapkan kondisi fisik untuk bisa sampai di Pulau Rondo, karena ombak menuju Pulau Rondo terbilang besar, akibat dari pertemuan Selat Malaka dengan Samudra Hindia.

4. Pantai Iboih

Pantai Iboih

* sumber: pesona.travel

  • Alamat: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Siapa yang tidak suka pantai? Jika kamu adalah penyuka pantai, wajib sekali untuk mampir ke Pantai Iboih ketika berlibur ke Sabang. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih, serta air laut yang sangat jernih. Di sini terdapat dermaga sebagai tempat berlabuhnya perahu nelayan. Kamu bisa melihat karang yang cantik dari atas dermaga.

Di kawasan Pantai Iboih terdapat hutan tropis. Jadi, di sini kamu tidak hanya bisa menjelajah pantai dan snorkeling saja. Melainkan bisa mengenal flora dan fauna yang ada di hutan tropis Pantai Iboih. Letaknya yang berada di bagian barat, tentu menyaksikan matahari terbenam menjadi salah satu yang wajib dilakukan di Pantai Iboih.

5. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot

* sumber: ernalisayanti.blogspot.com

  • Alamat: Pria Laot, Bate Shoek, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Seperti daerah lainnya di Indonesia, Sabang juga memiliki air terjun yang memesona. Air Terjun Pria Laot namanya. Tempat ini masih sangat alami dan indah. Ditumbuhi pepohonan rindang di sekeliling membuat air terjun ini memiliki udara yang sangat sejuk.

Kolam alami yang menjadi tempat berlabuhnya air terjun memiliki diameter 10 meter dan kedalaman satu hingga dua meter, tidak terlalu luas, tidak terlalu dalam pula. Kamu bisa berenang di sini, bahkan mencoba sensasi terapi ikan. Seru sekali bukan? Meski begitu, kamu tetap perlu berhati-hati, ya.

6. Gua Sarang

Gua Sarang

* sumber: www.wisataaceh.id

  • Alamat: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 08.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

Gua Sarang merupakan salah satu destinasi wisata di Sabang yang terbilang masih baru. Destinasi wisata ini sangat menarik dengan adanya pulau-pulau kecil yang tersebar di beberapa titik. Tempat ini diberi nama Gua Sarang karena dulu pernah menjadi sarang burung walet yang letaknya tepat di kaki tebing dan perbukitan yang menjorok ke laut.

Gua Sarang bisa diakses menggunakan kapal cepat dari Banda Aceh menuju Sabang. Selanjutnya dari Pelabuhan Balohan menuju ke Desa Iboih. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Gua Sarang dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit.

7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

* sumber: zalyantravel.com

  • Alamat: Pulau Rubiah, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Kamu suka dengan aktivitas di bawah laut? Jika iya, tempat ini wajib kamu kunjungi ketika wisata ke Kota Sabang. Pulau Rubiah adalah sebuah pulau cantik nan asri yang dikenal dengan taman laut yang kaya dan masih terjaga. Pulau ini memiliki luas 2.600 hektar dengan pemandangan yang sangat cantik.

Pulau Rubiah merupakan pulau tidak berpenghuni yang menjadi tempat dimana pahlawan wanita asal Aceh, Cut Nyak Rubiah, dimakamkan. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas snorkeling ataupun diving, di sini kamu bisa menemukan banyak sekali biota laut serta ikan yang sangat cantik.

8. Benteng Bunker Jepang

Benteng Bunker Jepang

* sumber: pesonaindonesia.kompas.com

  • Alamat: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

Suka wisata sejarah? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Benteng Bunker Jepang yang merupakan saksi sejarah pendudukan Jepang di Pulau Weh. Sebagai titik strategis di Selat Malaka, Pulau Weh dijadikan sebagai titik persinggahan yang dirasa paling ideal bagi lalu lintas pertukaran komoditas dari India, Eropa, Asia Timur, dan Timur Tengah.

Benteng Bunker Jepang dibangun sebagai tempat perlindungan diri dari pecahnya Perang Dunia II yang sangat berdampak besar bagi Kota sabang. Selain sebagai perlindungan, bunker ini juga berfungsi sebagai pos pengintai untuk mengantisipasi serangan dari arah laut. Di sini terdapat terowongan bawah tanah yang menghubungkan titik strategis pertahanan Jepang.

9. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi

* sumber: rencongpost.com

  • Alamat: Jaboi, Beurawang, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Sabang memang dikenal dengan keindahan alam bawah laut yang membuat siapa saja terpesona. Namun tak hanya itu saja, di Sabang juga terdapat gunung berapi aktif yang bernama Gunung Jaboi. Tak seperti gunung lainnya, ketinggian Gunung Jaboi terbilang rendah, hanya 200 meter di atas permukaan laut.

Gunung Jaboi merupakan gunung berapi aktif yang sampai saat ini tidak dalam status berbahaya. Meski tidak setinggi gunung berapi lain di Indonesia, Gunung Jaboi tetap indah dan menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa menggunakan masker ketika mendaki Gunung Jaboi karena saat masuk lokasi wisata, pengunjung akan mencium bau belerang yang menyengat.

Itu dia 9 rekomendasi tempat wisata di Sabang yang merupakan bagian paling barat di Indonesia. Kira-kira tempat wisata favoritmu yang mana? Yuk, masukkan ke dalam list destinasi wisatamu selanjutnya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram