Yuk berkunjung ke 10 Tempat Wisata di Salatiga Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa bilang kota kecil tidak memiliki tempat wisata yang menarik? Di Salatiga misalnya, kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi bersama teman atau keluarga.

Berbagai objek wisata ini sangat tepat bagi anda yang ingin melepaskan penat dari berbagai aktivitas sehari-hari. Penasaran tempat wisata di Salatiga apa saja yang akan kami ulas di sini? Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Atlantic Dreamland

tempat wisata di salatiga Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland merupakan satu-satunya taman bermain terbesar di Salatiga yang menggabungkan wahana darat dengan air. Ada sekitar 19 wahana yang terdapat di taman bermain seluas 3,5 hektar ini. Di area taman bermain air terdapat waterboom yang lengkap dengan segala jenis alat permainan air.

Sedangkan di taman bermain darat, Anda bisa menaiki wahana seperti mini coster, carousel, balon loncat, dan masih banyak lagi. Tak sampai di situ saja, Atlantic Dreamland juga menawarkan berbagai jenis permainan outbound, seperti fying fox, ATV, dll.

Harga tiket masuk Atlantic Dreamland sangat murah, yakni hanya Rp 5.000 saja. Apabila Anda membeli tiket terusan untuk dapat menikmati semua wahana yang ada di dalamnya, Anda hanya perlu membayar Rp 55.000. Sangat murah, bukan?

2. Kopeng

kopeng

Anda pasti setuju bila pemandangan alam yang satu ini hampir mirip dengan pemandangan yang ada di Lembang. Akan tetapi, ini bukanlah di Lembang, melainkan di Kopeng, sebuah kawasan di Salatiga yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Semarang. Namun, karena letaknya lebih dekat dengan Salatiga, maka Kopeng sering dianggap sebagai tempat wisata yang terdapat di Salatiga.

Hamparan perkebunan hijau yang luas ini terasa menyejukkan mata. Ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan membuat kita betah berlama-lama di sini. Kopeng juga merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Merbabu. Jadi, kawasan ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun para pendaki.

3. Rawa Pening

Rawa Pening

* sumber: wisatalagi.blogspot.co.id

Rawa Pening adalah nama sebuah objek wisata berupa danau yang dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondok. Meskipun hanya sekedar danau, tetapi ini bukan danau biasa. Pasalnya, Rawa Pening menawarkan keindahan pemandangan yang luar biasa.

Keindahan Rawa Pening semakin terpancar pada saat matahari terbit. Banyak penggemar fotografi melakukan hunting atau sesi foto di sekitar Rawa Pening pada pukul 4.30 – 6.00 pagi untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Rawa Pening adalah salah satu sumber mata pencaharian bagi nelayan sekitar. Sebagai wisatawan, Anda diperkenankan untuk berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang disewakan. Setelah lelah berkeliling danau, Anda bisa mampir ke warung-warung ikan bakar yang ada di sekitar Rawa Pening untuk menikmati makan siang.

4. Pemandian Air Alam Muncul

Pemandian Air Alam Muncul

*Sumber: https://www.google.com/maps/Adhitya Kurniawan

Kolam pemandian yang satu ini bukan sekedar kolam biasa. Pasalnya, air yang terdapat di sini adalah air dari sumber alami, sehingga airnya sendiri terasa segar dan nampak sangat jernih. Pemandian Air Alam Muncul berlokasi sekitar 9 KM dari pusat Kota Salatiga.

Sumber mata air yang mengisi kolam ini berasal dari dalam tanah yang terletak di dasar kolam. Konon, air dari sumber tersebut akan mengalir secara terus menerus sehingga air di kolam nampak jernih seperti baru. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pemandian Air Alam Muncul ini pada saat cuaca panas.

5. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Masih di sekitar Rawa Pening terdapat sebuah bukit bernama Bukit Cinta. Keistimewaan dari bukit ini adalah letaknya yang berada di antara danau Rawa Pening dengan hutan pinus, sehingga suasana yang terasa di bukit ini sangat adem dan tenang.

Sayangnya, mitos yang berkembang tidak seindah nama dari bukit ini. Walaupun dinamakan Bukit Cinta, tetapi tempat ini memiliki mitos yang bisa membuat para pasangan yang sedang kasmaran jadi takut untuk kemari.

Konon, pasangan yang ke Bukit Cinta tetapi belum terikat tali pernikahan, hubungan asmaranya bisa kandas di tengah jalan. Jadi, meskipun namanya adalah Bukit Cinta, tetapi Anda tidak akan menemukan pasangan muda-mudi yang sedang memadu kasih di kawasan ini.

6. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Apakah Anda gemar wisata yang sedikit ekstrem dan menyatu dengan alam? Cobalah untuk mendaki Gunung Merbabu. Jalur pendakian Gunung Merbabu paling favorit adalah di kawasan Kopeng. Banyak para pendaki yang mengklaim bahwa Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi yang paling indah di Indonesia.

Ya, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari puncak Gunung Merbabu ini. Bahkan, dari puncak Anda bisa melihat cityl light dari Kota Salatiga jika Anda berada di sana pada malam hari. Siapkan stamina Anda agar kuat mendaking gunung yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl ini dan jangan lupa untuk mengabadikan panorama di gunung ini dalam bentuk foto maupun video.

7. Tlogo Plantantion

Tlogo Pantantion

Tempat wisata di Salatiga yang satu ini membuat Anda berada lebih dekat dengan alam. Ya, Tlogo Plantantion adalah tempat wisata alam yang terkenal dengan tour kebun kopinya. Pasalnya, tidak banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan wisata tour kebun kopi seperti di sini. Selain itu, aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah menemani anak-anak untuk belajar berkebun.

Bila ingin menginap di sini, ada penginapan berupa cottage dan kamar hotel dengan fasilitas yang cukup memadai. Tak perlu khawatir, privasi Anda tidak terganggu karena jarak antar cottage cukup jauh. Tlogo Plantation adalah tempat wisata favorit yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

8. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Kapan lagi bisa berenang dengan background pemandangan alam khas pegunungan yang sangat menyejukkan mata? Pondok Wisata Umbul Sidomukti menawarkan pengalaman berenang di tengah panorama alam yang mengagumkan.

Di sini, ada sebuah kolam renang yang airnya berasal dari sumber mata air pegunungan. Kolam renang ini terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan kata lain, kolam renang di Umbul Sidomukti ini diapit oleh dua jurang.

Sebelum atau sesudah berenang, Anda dapat menjajal permainan outbound yang masih berada di kawasan wisata Umbul Sidomukti ini. Permainan outbound yang ditawarkan antara lain adalah flyting fox atau bersepeda.

9. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih

Siapa pun pasti setuju bahwa pemandangan pada malam hari di Agrowisata Salib Putih ini mirip dengan pemandangan malam di Bukit Moko. Agrowisata Salib Putih adalah sebuah hotel yang menyediakan taman bermain, penginapan, perkebunan, dan aneka kegiatan outbound.

Tempat ini memiliki sebuah kolam renang yang berhadapan langsung dengan view Kota Salatiga. Udara di sini sangat sejuk, jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan pendingin ruangan kala menginap di sini. Lokasi Agrowisata Salib Putih ini berada di KM 4 Salatiga-Kopeng.

10. Air Terjun Umbul Songo

umbul songo

Selanjutnya, ada tempat wisata di Salatiga yang tidak diketahui oleh banyak orang. Namun, itu tidak disebabkan karena ada mitos atau kisah mistis yang terdapat di tempat wisata ini. Akses jalan yang sulit dan jauh adalah alasan mengapa tidak banyak orang yang tahu tentang tempat wisata ini.

Air Terjun Umbul Songo adalah objek wisata alam yang masih tidak terlalu banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Jadi, boleh dikatakan bahwa objek wisata ini masih alami. Tinggi air terjunnya sekitar 15 meter. Air Terjun Umbul Songo ini berada di ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, jalur yang harus ditempuh untuk dapat sampai ke sini terbilang berat.

Jika lelah, Anda bisa menyewa kuda untuk mengantar Anda sampai ke dekat air terjun. Gemuruh air terjun, suasana alam yang tenang, dan udara yang sejuk adalah kenikmatan yang ditawarkan oleh Air Terjun Umbul Songo.

Daftar tempat wisata di Salatiga ini membuktikan bahwa kota-kota kecil juga memiliki objek wisata yang tak kalah indah dengan kota-kota besar. Bahkan, objek wisata yang ada di Salatiga ini tidak bisa Anda temukan di kota-kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya.

Bukan hanya tempat wisatanya saja, jangan lewatkan juga kuliner lezat dan oleh-oleh khas Salatiga yang harus Anda bawa pulang. Selamat berlibur ke Salatiga, dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *