Yuk Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sampang Madura Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sampang merupakan kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Laut Jawa di utara, dan Selat Madura di selatan. Kabupaten Sampang berjarak sekitar 100 km dari Kota Surabaya dan dari Sumenep.

Belum banyak yang tahu tempat wisata apa saja yang ada di Kabupaten Sampang, padahal potensi wisatanya tak kalah dengan daerah lain di Jawa Timur, khususnya Pulau Madura. Jika kamu penasaran ada apa saja di Kabupaten Sampang, Madura, yuk simak artikel berikut ini, siapa tahu bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya.

1. Pantai Hutan Kera Nepa

Pantai Hutan Kera Nepa

Pantai Hutan Kera Nepa merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir utara Pulau Madura. Pantai ini disebut juga dengan nama Pantai Nepa. Pantai dengan pasir putih bersih yang memiliki garis pantai cukup panjang ini sangat memesona. Di sini banyak ditemukan hewan kera yang seolah menemani setiap pengunjung yang datang.

Pantai Nepa cenderung sepi pengunjung ketika saat hari kerja, tetapi di hari libur jumlah pengunjung cukup banyak. Jadi kalau kamu ingin mengunjungi Pantai Nepa ketika sepi, bisa kunjungi saat hari kerja atau weekday ya.

  • Alamat : Jl. Raya Batioh, Duwa Asem, Batioh, Banyuates, Kabupaten Sampang
  • Operasional : 06.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000

2. Gua Lebar Sampang

Gua Lebar Sampang

Gua Lebar merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Madura. Gua ini terbentuk dari hasil ledakan yang kemudian menghasilkan cekungan lebar. Dulunya, Gua Lebar menjadi tempat bersembunyi dan menyimpan senjata pada era penjajahan Belanda. Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Gua Lebar merupakan tempat penambangan batu kapur.

Saat masuk ke bagian dalam gua, terasa hawa yang sejuk dan alami karena terdapat banyak pepohonan di dalam Gua Lebar. Gua dengan dinding batu kapur berwarna putih ini terlihat indah. Selain itu, salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Gua Lebar adalah menikmati sunset dan sunrise.

  • Alamat : Rong Tengah, Sampang, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Air Terjun Toroan

Air terjun Toroan

Tak hanya pantai, Madura juga memiliki air terjun. Air Terjun Toroan merupakan sati-satunya air terjun di Kabupaten Sampang. Air terjun setinggia 20 meter ini letaknya berhadapan langsung dengan pantai. Tak seperti biasanya, Air Terjun Toroan memiliki aliran air yang deras dan langsung bermuara ke laut.

Di antara air terjun dan pantai, terdapat bebatuan alami yang seolah menjadi pembatas antara air tawar dengan air laut. Berkunjung ke tempat ini lebih baik pada sore hari, selain matahari sudah tidak terik, sunset di Air Terjun Toroan menjadi salah satu pemandangan terbaik di Madura.

  • Alamat : Desa Ketapang Daya, Ketapang, Talabang, Ketapang Daya, Kabupaten Sampang
  • Operasional : 06.00 – 18,00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Bukit Masegit

Bukit Masegit

* sumber: piknikasik.com

Suka dengan wisata yang menantang dan tidak biasa? Kunjungi Bukit Masegit di Kabupaten Sampang. Bukit ini menjadi salah satu spot menarik untuk melihat sunset dan sunrise di satu tempat yang sama. Jadi, meskipun perlu usaha lebih untuk mencapai puncaknya, Bukit Masegit tetap menjadi tempat favorit bagi anak-anak muda Madura.

Bukit Masegit terdiri dari bebatuan besar yang tersusun rapi. Di puncak bukit kamu bisa melihat pemandangan perbukitan di sekeliling, serta pedesaan yang masih alami. Bukit yang lokasinya terpencil ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat.

  • Alamat : Piaan, Temoran, Omben, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Biru Camplong

Pantai Biru Camplong

Selain Pantai Nepa, di Kabupaten Sampang ada juga Pantai Biru Camplong. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai, dengan pasir agak kecokelatan yang terhampar. Pantai Camplong menjadi salah satu destinasi andalan masyarakat Sampang untuk sekadar rekreasi di akhir pekan.

Pantai Camplong sudah dikelola dengan baik. Akses menuju pantai terbilang mudah, serta dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat sentra kuliner, gardu pandang, taman bermain, pasar wisata, hingga masjid.

  • Alamat : Jl. Raya Camplong, Camplong, Kabupaten Sampang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

6. Makam Ratu Ibu

Makam Ratu Ibu

* sumber: www.kompasiana.com

Tak sekadar wisata alam, di Sampang kamu juga bisa melakukan wisata sejarah dan religi. Tepatnya di Makam Ratu Ibu. Situs Ratu Ibu merupakan jawaban dari awal mula berdirinya Kabupaten Sampang. Di kompleks ini terdapat relief yang berbentuk naga tertembus panah. Relief ini berbunyi “Naga Kapanah Titis Midi”.

Relief di Situs Ratu Ibu memiliki arti tahun sakral ketika Raden Praseno diangkat sebagai penguasa Madura Barat. Ada banyak hal bersejarah yang menarik di Situs Ratu Ibu. Selain bisa wisata sejarah, di sini kamu juga bisa wisata religi dengan melihat langsung Makam Ratu Ibu.

  • Alamat : Polagan, Sampang, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Hutan Kera Nepa

Hutan Kera Nepa

* sumber: disporabudpar.sampangkab.go.id

Hutan Kera Nepa merupakan salah satu destinasi wisata alam di pesisir utara Pulau Madura. Letak hutan ini berdampingan dengan Pantai Nepa. Sesuai dengan namanya, Hutan Kera Nepa menjadi habitat bagi kera abu-abu yang dibiarkan hidup liar di sini.

Keberadaan Hutan Kera Nepa yang menjadi tempat tinggal bagi kera ini tak lepas dari cerita sejarahnya. Berdasarkan cerita sejarah, kera-kera yang ada di sini merupakan hasil kutukan dari Raden Segoro terhadap prajuritnya secara turun temurun. Akhirnya Raden Segoro mengubah rumahnya menjadi hutan tempat dimana kera tersebut tinggal.

  • Alamat : Batioh, Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 06.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000

8. Pulau Mandangin

Pulau Mandangin

Di selatan Kabupaten Sampang, terdapat pulau kecil berpenghuni yang memesona, yaitu Pulau Mandangin. Sebagian besar masyarakat Pulau Mandangin berprofesi sebagai nelayan. Jadi tak heran, ketika berkunjung ke sini, akan terdapat banyak perahu nelayan yang bersandar di dermaga.

Pulau Mandangin memang belum banyak dikenal wisatawan, terutama dari luar Madura. Namun keindahan pulau ini tak kalah dengan pulau lain yang ada di Madura. Di sini sudah tersedia banyak penginapan sederhana yang bisa kamu jadikan tempat tinggal selama berada di Pulau Mandangin.

  • Alamat : Pulau Mandangin, Sampang, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

* sumber: travelingyuk.com

Cari tempat kencan yang menarik di Sampang? Pantai Jodoh dapat menjadi salah satu pilihan. Pantai ini tak hanya memiliki pemandangan yang memesona, tetapi juga disediakan café yang menghadap langsung ke arah laut.

Pantai yang baru diresmikan pada awal tahun 2017 ini terbilang masih sangat baru memang, tetapi sudah cukup ramai dikunjungi karena daya tariknya. Jadi meskipun masih baru, Pantai Jodoh sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap, cocok untuk dikunjungi bersama pasangan.

  • Alamat : Jl. Batulenger, Balanan, Sokobenah, Bira Barat, Ketapang, Kabupaten Sampang
  • Operasional : 07.00 – 22.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0823-3394-3322

10. Masjid Agung Nipah

Terakhir yang selalu dicari oleh wisatawan muslim adalah masjid besar. Ketika liburan ke Sampang, kamu bisa mampir ke Masjid Agung Sampang yang terletak di pusat kota dan tak jauh dari jalan utama. Masjid ini memiliki interior yang elegan dengan nuansa kayu yang terlihat mewah. Bagian dalam masjid pun memiliki udara yang sejuk, membuat ibadahmu semakin khusyuk.

  • Alamat : Jl. Pahlawan I, Rong Tengah, Sampang, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Sekarang sudah tahu kan tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi di Kabupaten Sampang? Nah, liburan ke Madura, tidak melulu tentang Gili Labak atau gili lainnya di Sumenep, ternyata Sampang juga memiliki destinasi yang tak kalah menarik. Sudah siap liburan ke Madura?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *