10 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara dengan luas 1.145 km2 dan menjadi danau terluas ke dua di dunia. Danau Toba terbentuk dari muntahan Gunung Toba yang meletus ribuan tahun yang lalu. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir, pulau vulkanik dengan ketinggian 1.000 mdpl. Ada banyak hal yang bisa kamu eksplor di Danau Toba.

Jika berlibur ke Sumatera Utara, tak lengkap jika tak mengunjungi Danau Toba. Karena, di sini tak hanya bisa menikmati keindahan Danau Toba saja. melainkan ada banyak destinasi wisata di sekitar Danau Toba yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 tempat wisata menarik di sekitar Danau Toba. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika keluyuran ke Danau Toba. Bukit Holbung menawarkan pemandangan sabana hijau terbentang luas dan terlihat cantiknya Danau Toba dari ketinggian. Di sini, kamu bisa membangun tenda jika ingin menikmati Bukit Holbung lebih lama.

Tak sulit untuk mendaki Bukit Holbung. Kamu hanya perlu berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan ke puncak bukit selama 15 menit melalui jalan setapak yang dibuat oleh warga setempat. Meski menanjak, jalan yang dilalui  tidak sulit. Lelahmu akan langsung terbayarkan setibanya di puncak Bukit Holbung.

  • Alamat: Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

2. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso

Sekitar Danau Toba ada sebuah air terjun setinggi 120 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sipiso-Piso terletak berada di ketinggian 800 mdpl dan berlokasi di Tanah Karo, tepatnya di Desa Tongging. Air Terjun Sipiso-Piso menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-Piso bisa kamu akses dengan berjalanan kaki menyusuri punggungan bukit selama satu jam perjalanan. Setelah sampai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat tinggi dan dikelilingi perbukitan hijau. Selain itu, kamu pun bisa naik ke gardu pandang untuk melihat air terjun dari atas dan melihat Danau Toba dari kejauhan.

  • Alamat: Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Tanjung Unta

Tanjung Unta

Tanjung Unta merupakan destinasi wisata di Kabupaten Simalungun yang terletak di sebelah timur Danau Toba. Diberi nama Tanjung Unta, karena tempat ini merupakan daratan yang menjorok ke arah danau sehingga menyerupai punggung unta. Dari Tanjung Unta, kamu bisa melihat Danau Toba dengan sangat luas.

Mengunjungi Tanjung Unta, kamu dapat naik ke gardu pandang untuk melihat pemandangan lebih luas. Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanjung Unta adalah pagi dan sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik. Jika kamu suka camping, tak ada salahnya untuk camping dan menikmati malam di Tanjung Unta.

  • Alamat: Tambun Raya, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

4. Makam Raja Sidabutar

Makam Raja Sidabutar

Jika kamu suka dengan wisata sejarah, maka kamu perlu mengunjungi Makam Raja Sidabutar ketika keluyuran ke Danau Toba. Makam yang terbuat dari batu alam ini berukir kepala manusia dan terdapat beberapa makam kerabat raja. Uniknya, makam tidak tertanam di dalam tanah, melainkan berada di atas permukaan tanah.

Menurut kepercayaan masyarakat Batak, kesaktian Raja Sidabutar ada pada rambut gimbalnya. Maka dari itu, rambut tidak boleh dipotong. Jika ingin masuk ke lokasi makam, kamu harus menggunakan kain ulos atau kain adat Batak Toba. Kemudian kamu akan ditemani pemandu wisata yang menceritakan sejarah Raja Sidabutar.

  • Alamat: Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Pertunjukan Tari Sigale-Gale

Pertunjukan Tari Sigale-Gale

* sumber: www.negerikuindonesia.com

Sigale-Gale merupakan sebuah boneka yang berbentuk seperti manusia, kemudian digerakkan sesuai dengan lantunan music tradisional. Tari Sigale-Gale merupakan salah satu kesenian suku Batak yang cukup terkenal di Sumatera Utara. Tari Sigale-Gale sering ditampilkan dalam acara adat, dan budaya.

Awal mulanya, Tari Sigale-Gale dilakukan pada upacara kematian untuk mengantar arwah seseorang yang meninggal. Namun kini, tradisi tersebut sudah jarang dilakukan, dan lebih sering ditampilkan dalam acara adat. Jika kamu ingin mengenal lebih dekat dengan Tari Sigale-Gale, kamu bisa datang ke Samosir.

  • Alamat: Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp50.000/paket

6. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo

Ingin mengenal suku dan budaya Batak? Datang saja ke Museum Huta Bolon Simanindo. Museum ini merupakan rumah adat Raja Sidauruk yang kemudian dijadikan sebagai museum terbuka. Di sini ada beberapa rumah adat, dan koleksi peninggalan leluhur orang Batak Toba.

Di Museum Huta Bolon Simanindo tak hanya bisa mengenal rumah adat Batak saja, kamu bisa melihat langsung tradisi kebudayaan Batak seperti artefak Batak, ritual Batak, juga bisa melihat patung Sigale-Gale. Sangat menyenangkan jika keluyuran ke Danau Toba sambil mengenal budaya serta adat di Sumatera Utara.

  • Alamat: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Simanindo, Kabupaten Samosir
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

7. Bukit Pahoda

Bukit Pahoda

Selain Bukit Holbung, kamu juga bisa melihat sisi lain Danau Toba dari puncak Bukit Pahoda di Kabupaten Toba Samosir. Rute yang ditempuh untuk bisa sampai di Bukit Pahoda dari Medan, kamu perlu melewati Balige. Jalur yang dilalui berliku dan menaiki bukit. Waktu yang ditempuh dari Kota Balige ke Bukit Pahoda sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Bukit Pahoda memiliki tinggi sekitar 500 mdpl. Kamu bisa melihat pemandangan kota Balige dan Danau Toba dari puncak bukit. Meski terbilang udaranya cukup sejuk, puncak bukit berbentuk sabana yang cukup luas dan minim pepohonan. Disarankan datang pada sore hari agar tidak terlalu panas.

  • Alamat: Lumban Silintong, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Museum Batak

Museum Batak

Selain Museum Huta Bolon, di Sumatera Utara ada pula Museum Batak yang letaknya tepat berada di tepi selatan Danau Toba. Museum Batak dibangun sebagai dedikasi untuk melestarikan budaya suku Batak. Museum ini diresmikan pada awal tahun 2011 dan dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah.

Museum Batak terdiri dari tiga lantai dengan ruang terbuka. Ada pameran patung batu tradisional Batak, patung perunggu Raja Batak, serta dapat melihat langsung pemandangan Danau Toba dari halaman museum. Museum Batak dinilai sebagai salah satu museum paling modern di Indonesia yang  tetap menggambarkan khas rumah khas Batak.

  • Alamat: Jl. DR. Term. Silalahi No. 88, Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

9. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun

Sekitar Danau Toba terdapat banyak air terjun, selain Air Terjun Sipiso-Piso, ada pula Air Terjun Situmurun yang dikenal dengan keunikannya. Air Terjun Situmurun, atau dikenal juga dengan Air Terjun Binangalom sangat unik karena aliran airnya tidak jatuh ke kolam alami seperti air terjun pada umumnya, melainkan mengalir langsung ke Danau Toba.

Di Air Terjun Situmurun kamu bisa menikmati segarnya air dengan berenang. Namun jika tidak pandai berenang, bisa menyewa pelampung agar tetap aman. Disarankan tidak berenang di dekat air terjun karena arusnya cukup deras.

  • Alamat: Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Sewa perahu: Rp500.000 – Rp600.000

10. Pemandian Air Panas Pangururan

Pemandian Air Panas Pangururan

Keluyuran ke tempat dingin, tak lengkap jika tidak mencoba pemandian air panas yang berasal dari sumber air alami. Pemandian Air Panas Pangururan terletak di Desa Rianiate. Lokasinya dekat dengan Gunung Pussuk Buhit atau puncak tertinggi di Gunung Toba. Jadi udara di sini terbilang dingin.

Air Panas Pangururan berasal dari sumber air alami dari gunung. Suhu airnya terbilang cukup hangat karena air yang berasal dari sumber air panas dikombinasikan dengan air segar. Cocok untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya Gunung Pussuk Buhit.

  • Alamat: Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Demikian informasi tentang 10 tempat wisata di sekitar Danau Toba. Ternyata, ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor. Jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satunya, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *