keluyuran web banner

5 Tempat Wisata Untuk Kamu yang Pertama Kali ke Semarang

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 9 Februari 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Permanen Traveloka

Kota Semarang adalah kota terbesar kelima di Indonesia yang menjadi memiliki banyak tempat wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata kotanya yang ngga kalah menarik karena di Semarang masih banyak bangunan bersejarah yang wajib banget untuk dikunjungi.

Nah, bulan lalu saya dan teman berlibur ke Semarang karena tertarik mengunjungi beberapa tempat wisata yang katanya wajib sekali didatangi. Dan kami pun memilih untuk menggunakan transportasi darat yaitu menggunakan jasa transportasi dari Daytrans. Setelah cek jadwal Daytrans dan melakukan pemesanan, barulah kami membuat itinerary untuk di Semarang nanti.

Kami memilih Daytrans karena ini adalah perusahaan jasa transportasi yang sudah terpercaya dengan jaminan perjalanan yang aman dan nyaman sampai di tujuan. Selain itu kendaraan yang digunakan pun ada beberapa pilihan seperti Isuzu Elf dan Toyota Hiace Commuter. Kendaraannya bersih, luas dan yang penting adalah keamanan dan kepuasan penumpang sangat terjamin.

Ketika sampai di Semarang, kami mengunjungi ke beberapa tempat yang wajib banget dikunjungi khususnya untuk kamu yang baru pertama kali ke Semarang. Ingin tahu apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama (Copy)

Kawasan Kota Lama menjadi tujuan pertama yang sangat menarik karena di Kota Lama ini berdiri banyak bangunan bersejarah yang kini menjadi cagar budaya. Selain terdapat banyak tempat makan atau tempat ngopi, di sini juga banyak dikunjungi karena tempatnya yang instagramable.

Hal inilah yang membuat Kota Lama menjadi tempat pertama yang wajib kamu kunjungi kalau sedang di Semarang. Tidak perlu bingung soal transportasi, untuk bekeliling kawasan Kota Lama ini cukup dengan jalan kaki saja kok. Kalau berkunjung ke sini, siapkan kamera kamu karena setiap sudut dari kawasan ini menarik untuk dijadikan spot berfoto.

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu (Copy)

Lawang Sewu atau yang artinya Seribu Pintu ini menjadi tempat selanjutnya yang mesti kamu datangi nih. Bangunan bersejarah yang menjadi salah satu landmark Semarang ini dulunya merupakan bangunan pemerintahan Belanda dan kemudian berubah menjadi penjara paling kejam ketika masa penjajahan Jepang.

Selain memiliki nilai sejarah tinggi, bangunannya yang kerap menjadi tempat untuk befoto pre-wedding ini memiliki cerita mistis juga lho! Selain pengalaman seram yang dialami oleh pengunjung di sini, Lawang Sewu juga pernah didatangi oleh beberapa acara misteri untuk uji nyali. Hiiiy, berani coba?

  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang
  • Harga Tiket Masuk: Dewasa: Rp10.000/ Orang dan Anak/Pelajar: Rp5.000
  • Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB
  • No. Tlp: 0243542015

3. Sam Poo Kong Temple

Sam Poo Kong Temple (Copy)

Berada di Jalan Simongan No. 129, Sam Poo Kong Temple menjadi salah satu tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Kelenteng ini dibuat untuk mengenang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He. Selain menjadi tempat untuk beribadah, di sini juga terdapat atraksi-atraksi yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Tempat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata keluarga yang seru untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak dan orang-orang terdekat.

  • Alamat: Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Semarang
  • Harga Tiket Masuk: Reguler Rp8.000/ Orang dan Terusan Rp28.000/ Orang
  • Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB
  • No. Telepon: +62247605277

4. Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang (Copy)

Gereja Blenduk ini merupakan ikon dari Kota Lama Semarang yang telah menjadi bangunan cagar budaya. Nama asli dari Gereja Blenduk ini adalah GPIB Imanuel Semarang dan merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia.

Bentuk kubahnya yang unik menjadi ciri khas dari gereja ini. Para wisatawan diperbolehkan untuk masuk ke dalam gereja ini jika diluar jam beribadah. Untuk kamu yang menyukai fotografi atau suka dengan bangunan berarsitektur unik, Gereja Blenduk ini memiliki banyak objek yang bisa kamu temui seperti organ pipa Baroque yang ada sejak tahun 1700an.

Belum ke Semarang rasanya kalau belum mampir ke Gereja Blenduk atau ke Kawasan Kota Lama ini untuk berfoto. Oh ya, kalau kamu sedang ke sini, kamu juga bisa menemui beberapa bangunan bersejarah yang tidak kalah menarik di sekitar Gereja Blenduk ini lho!

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No. 32 Semarang
  • Jam Operasional: 06.00-12.00 WIB

5. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi (Copy)

Kampung Pelangi adalah salah satu tempat tujuan wisata yang wajib kamu datangi kalau sedang ke Semarang. Tempatnya yang instagramable menjadikan para pengguna media sosial tertarik ke sini. Selain karena kampungnya cantik penuh warna, lokasinya pun mudah ditemukan dan yang paling penting adalah tidak ada tiket masuk alias gratis.

Tidak dipungut biaya apapun untuk berjalan-jalan serta berfoto ria di Kampung Pelangi. Warga sekitarnya pun ramah dan sangat welcome pada para pengunjung. Tapi demi kenyamanan bersama, kalau sedang ke sini harap jaga kebersihan ya, jangan buang sampah sembarangan.

  • Alamat: Jl. DR. Sutomo No. 89 Semarang
  • Jam Operasional: 24 Jam

Sekian ulasan tentang 5 tempat wisata di Semarang yang wajib banget untuk dikunjungi. Selain berkunjung ke tempat-tempat wisatanya, jangan lupa ya mampir untuk beli oleh-oleh khas Semarang untuk teman atau keluarga di rumah. Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi lainnya, jangan ragu untuk tuliskan di kolom komentar berikut ini ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram