10 Tempat Wisata di Sentul yang Wajib untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin berekreasi dengan suasana pegunungan? Pergi saja ke Sentul. Kawasan ini terletak di Bogor dan tidak jauh dari kota Jakarta. Di sini, Anda bisa berwisata dengan keluarga sembari menghirup udara segar dari pegunungan di sekitarnya.

Adakah tempat wisata di Sentul? Tentu saja. Walaupun kawasan ini tidak terlalu luas, tetapi ada banyak tempat rekreasi menarik yang patut dikunjungi untuk sekedar jalan-jalan dan refreshing. Berikut ini Keluyuran telah merangkum daftar tempat wisata yang berada di Sentul yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga.

1. Science Garden Sentul

Ajak anak-anak berekreasi sambil belajar di Science Garden Sentul. Pasalnya, di sini anak-anak bisa bermain sembari belajar tentang ilmiah. Di taman ini tersedia sepeda tali, di mana anak-anak akan menaiki sepeda tali yang di bawahnya terdapat sebuah bebas untuk menjaga keseimbangannya. Memang tampaknya sulit mengendari sepeda tali, tetapi hal tersebut terasa mudah karena didasari dengan teknik ilmiah yang tepat.

Tak hanya itu saja, Science Garden Sentul juga menyediakan berbagai wahana permainan yang sarat akan edukasi yang tinggi. Science Garden Sentul merupakan sebuah pilihan tempat wisata yang sangat mendidik yang berada di kawasan Sentul City.

2. Alam Fantasia

Alam Fantasia

Berikutnya ada tempat wisata anak yang cukup ekonomis, yakni Alam Fantasia. Letak taman bermain outdoor ini tepat di seberang Taman Budaya Sentul. Harga tiket masuk ke Alam Fantasia hanya sebesar 10 ribu rupiah saja, tetapi belum termasuk tiket untuk permainan yang ada di dalam taman ini.

Di Alam Fantasia, anak-anak bisa bermain papan seluncur, ayunan, trampolin, bom bom car, dan masih banyak lagi. Udara di sekitar Alam Fantasia juga sangat sejuk dan segar. Jadi, si kecil bisa tetap bermain di ruangan terbuka tanpa harus khawatir adanya polusi udara.

3. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul berada tepat di seberang Alam Fantasia. Jadi, setelah Anda puas mengajak buah hati bermain di Alam Fantasia, Anda bisa langsung menyebrang ke Taman Budaya Sentul ini. Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Anda dan keluarga bisa merasakan serunya berbagai permainan outbound, memainkan permainan tim yang membutuhkan kekompakan, dan mengajak si kecil untuk berkreasi di culture center.

Selain menjadi tempat rekreasi yang menarik, Taman Budaya Sentul ini juga menyediakan tempat meeting dan restoran. Taman Budaya Sentul ada di Jalan Siliwangi No. 1, Sentul City, Bogor.

4. Taman Patung dan Taman Bambu Ecoartpark

Taman Bambu Ecoartpark

Tempat wisata di Sentul ini sangat cocok bagi Anda yang hobi fotografi. Pasalnya, di Taman Patung dan Taman Bambu Ecoartpark ini Anda bisa menemukan berbagai objek yang menarik untuk difoto. Di taman ini ada banyak karya seni patung dari seniman lokal maupun internasional. Patung yang dipajang di sini memiliki rupa yang cukup unik.

Anak-anak juga diperkenankan untuk bermain sambil belajar di taman science yang ada di kawasan Ecoartpark ini. Rencananya, pihak pengelola juga akan menambahkan beberapa jenis taman, seperti taman herbal, taman bonsai, dan taman tanaman dinding.

5. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Air terjun menjadi satu dengan taman bermain air, itulah kesan pertama untuk menggambarkan Air Terjun Bidadari yang terletak di Sentul Paradise Park, Desa Bojongkoneng, Bogor. Ini adalah sebuah objek wisata alam yang dipadukan dengan objek wisata buatan tangan manusia.

Air di kolam yang ada di taman bermain ini berasal dari air terjun setinggi 40 meter yang tampak jelas ketika Anda memasuki area tempat wisata ini. Bahkan, pengolalanya juga mendatangkan pasir putih yang membuat para pengunjung Air Terjun Bidadari ini merasa seperti berada di pantai. Waterpark seluas 6.000 meter ini selalu dipadati oleh pengunjung, terutama pada saat akhir pekan.

6. Hutan Pinus Gunung Pancar

Gunung Pancar

* sumber: www.hipwee.com

Pernahkah Anda melihat cuplikan film Twilight yang mempertunjukan adegan Edward Cullen sedang membawa terbang Bella Swan melintasi hutan dengan pepohonan yang rindang? Hutan tersebut terlihat sangat indah dan mempesona.

Nah, tahukah Anda bahwa di Sentul Anda juga bisa menemukan hutan yang “mirip” dengan hutan yang ada di film Twilight? Hutan Pinus Gunung Pancar menawarkan keindahan hutan yang asri dan juga sejuk seperti di Eropa.

Anda bisa berekreasi di sini untuk sekedar menikmati udara sejuk yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Hutan ini juga sangat pas dijadikan tempat untuk melakukan sesi foto pre wedding dan sejenisnya.

7. Jungleland

tempat wisata di sentul Jungleland

Meskipun Jakarta memiliki Dunia Fantasi (DuFan) sebagai taman hiburan yang terpopuler di Indonesia, tetapi masih banyak masyarakat Jakarta yang mengunjungi Jungleland, suatu taman hiburan tematik di Sentul.

Taman hiburan yang terletak di Kawasan Sentul Nirwana ini menyediakan lebih dari 40 wahana yang beragam. Mulai dari wahana rekreasi hingga wahana yang menguji adrenalin semuanya bisa ada nikmati sesuka hati di sini.

Harga tiket masuk adventure park seluas 35 hektar ini seharga 165 ribu pada hari biasa, 95 ribu untuk hari Jumat, dan 220 ribu untuk akhir pekan Sabtu dan Minggu. Jungleland beralamatkan di Jungleland Boulevard No. 1, Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City, Bogor.

8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Setelah asyik berfoto dan berjalan-jalan di sekitar Hutan Pinus Gunung Pancar, tak ada salahnya untuk mampir ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Pemandian ini berada di tengah-tengah hutan pinus. Walaupun berada di tengah hutan, pemandian tersebut sangat ramai didatangi oleh pengunjung.

Sempatkan diri Anda untuk berelaksasi sembari berendam air panas di sini. Selain dapat melepaskan lelah dan penat, pemandian yang buka 24 jam ini memiliki sumber air panas yang konon bisa mengatasi berbagai penyakit.

9. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Ingin mencoba wisata yang lebih ekstrem saat berada di Sentul? Nah, Anda harus berkunjung ke Goa Agung Garunggang. Mungkin belum terlalu banyak orang yang mengunjungi goa ini, tetapi Keluyuran merekomendasikan Goa Agung Garunggang sebagai tempat wisata di Sentul yang sangat worth untuk dikunjungi.

Berwisata ke Goa Agung Garunggang diperlukan stamina dan fisik yang kuat. Pasalnya, goa ini belum dipugar menjadi tempat wisata yang resmi dikelola oleh pemerinta, maka dari itu jalur akses di sekitar goa masih sangat alami, sehingga terkadang Anda harus melakukan trekking. Bahkan, di langit-langit goa ini masih banyak kelelawar yang sedang menggantung pada siang hari.

10. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Ah Poong adalah pelesatan nama dari “Apung”. Pasar Ah Poong ini adalah tempat wisata kuliner yang menjadi kebanggan oleh masyarakat di sekitarnya. Ada berbagai stan makanan yang menjajakan aneka hidangan lezat yang menggugah selera.

Sembari menyantap hidangan di Pasar Ah Poong, kita juga bisa menikmati pemandangan Sungai Cikeas yang tenang serta udara yang sejuk khas kota hujan. Pasar Ah Poong adalah destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi ketika Anda berpelesir di kawasan Sentul dan sekitarnya.

Makanan yang dijual di pasar unik ini bervariasi, ada gado-gado, bakso malang, somay bandung, bakmi kepiting, nasi timbel, pempek, dan masih banyak lagi. Dijamin, lidah Anda akan dimanjakan dengan berbagai kuliner tersebut.

Membahas tentang tempat wisata di Sentul membuat kita jadi ingin mengunjungi kawasan yang terletak di kota hujan itu, ya? Yuk, rencanakan waktu untuk berlibur bersama orang terkasih dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Sentul dan sekitarnya. Jika belum puas, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Bogor lainnya yang pernah kami ulas di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *