10 Tempat Wisata di Seoul yang Harus Anda Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seoul merupakan ibu kota negara Korea Selatan dan menjadi kota yang paling ramai di negara tersebut. Sebagai pusat bisnis, perdagangan, dan entertainment, kota yang memiliki lebih dari 10 juta penduduk ini tergolong kota yang sangat megah. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kota kebanggaan masyarakat negeri gingseng ini.

Lantas, apa saja tempat wisata di Seoul yang wajib dikunjungi? Keluyuran telah merangkum daftar 10 objek wisata paling recommended di Seoul bagi Anda yang merencanakan liburan di kota tersebut. Jangan lupa untuk mencatat daftarnya berikut ini, ya!

1. N Seoul Tower

Namsan Tower

N Seoul Tower atau yang juga dikenal sebagai Namsan Seoul Tower adalah landmark dari Korea Selatan. Menara yang memiliki tinggi 237 meter ini terletak di atas Gunung Namsan dan sangat populer dengan ikon gembok cintanya. Untuk menuju ke menara ini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan shuttle bus ataupun dengan menumpangi cable car dari Gunung Namsan.

Di sekitar menara terdapat banyak toko cinderamata dan restoran yang menjual makanan khas Korea. Spot yang paling menarik minat wisatawan adalah Love Lock, di mana banyak pasangan yang memasang gembok di sini karena konon kisah cinta mereka akan abadi. Love Lock ini mengingatkan kita pada Jembatan Pont des Arts di Paris yang juga digantungi dengan ribuan gembok.

2. Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen Peringatan Perang Korea

Masih membahas tentang objek wisata di Seoul, kini kita melipir ke kawasan Yongsan-dong untuk melihat objek wisata bersejarah, yaitu Monumen Peringatan Perang Korea. Monumen ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang masa-masa kelam di masa perang Korea.

Di monumen yang dibangun di lahan seluas 20 ribu meter persegi ini ada pula museum yang sangat canggih. Museum ini akan memberikan segala macam pengetahuan tentang sejarah perang Korea hingga militer Korea. Untuk masuk ke dalam Monumen Peringatan Perang Korea Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

3. Han River

Han River tempat wisata di seoul

Berikutnya, adalah Han River atau Sungai Han yang merupakan salah satu tempat wisata romantis di Korea Selatan. Sungai sepanjang 514 KM ini memiliki puluhan jembatan yang berdiri di atasnya. Lampu-lampu dengan aneka warna di jembatan yang ada di Sungai ini akan nampak sangat romantis pada malam hari.

Di Sungai Han, Anda bisa menumpangi kapal ferry yang akan membawa Anda berkeliling Sungai Han. Jika tidak ingin menumpangi kapal, Anda bisa mengajak pasangan untuk duduk-duduk santai di cafe-cafe romantis yang ada di sekitar sungai ini. Pastikan Anda mengunjungi Han River pada saat malam hari untuk mendapatkan suasana yang lebih romantis.

4. Myeongdong

Myeongdong

Untuk memuaskan hasrat belanja Anda, maka Anda harus berkunjung ke Myeongdong, yang merupakan tempat wisata belanja di Seoul. Di kawasan ini, ada berbagai butik dari brand lokal hingga internasional. Selain itu, di Myeongdong Anda bisa berbelanja kosmetik asli Korea dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan Anda membelinya saat berada di tanah air.

Selain berbelanja pakaian dan kosmetik, Anda juga bisa berwisata kuliner di Myeongdong. Pasalnya, di sini juga banyak street food atau restoran yang menjual berbagai makanan khas Korea Selatan maupun internasional. Alhasil, Myeongdong bukan hanya tempat yang asyik untuk berbelanja tetapi juga menjadi salah satu tempat nongkrong yang hits di Korea Selatan.

5. Seoul Arts Center

Seoul art Museum

Sesuai dengan namanya, Seoul Arts Center adalah tempat pertunjukan seni dan budaya. Adapun atraksi yang biasa ditampilkan di sini adalah opera, tarian, film, dan musik. Namun, ada pula seniman Korea yang menggelar pameran seni di Seoul Arts Center ini.

Ini merupakan Pusat Kesenian Seoul yang menjadi markas bagi komunitas maupun organisasi seni maupun budaya. Jadi, bila Anda berkunjung ke Seoul sempatkan diri untuk mampir ke Seoul Arts Center yang ada di kawasan Seocho-gu ini. Jika beruntung, ketika Anda ke sini mungkin sedang ada pertunjukan atau pameran seni.

6. Kuil Bongeunsa

Kuil Bongeunsa

Siapa sangka di distrik Gangnam yang terkenal megah dan elit, karena dikenal sebagai kawasan dengan laju pertumbuhan ekonomi yang sangat berkembang, terdapat sebuah kuil tua yang dibangun pada tahun 794? Adalah Kuil Bongeunsa yang merupakan kuil peninggalan Raja Shilla Wongseong. Kuil Budha yang satu ini memiliki arsitektur kuno yang sangat khas.

Kuil Bongeunsa menjadi objek wisata yang sangat unik karena berada di tengah-tengah bangunan megah yang ada di distrik Gangnam. Tentunya kuil ini merupakan bangunan yang kontras dengan bangunan modern yang ada di sekitarnya.

7. Insadong

Insadong

“Belum ke Korea jika Anda belum berkunjung ke Insadong” Ya, Insadong adalah tempat wisata belanja barang-barang antik khas Korea. Di sini, ada pula penjual souvernir dengan harga yang lebih miring dibanding Myeongdong.

Suasana di Insadong ini sangat “Korea banget”. Tidak hanya berbentuk toko atau butik, penjual barang antik dan souvenir di Insadong ini juga ada yang berbentuk lapak kaki lima. Nah, jika Anda berbelanja di kaki lima yang ada di Insadong ini, maka jangan lupa untuk menawar. Puas berbelanja barang-barang khas Korea, Anda bisa mampir ke kedai-kedai yang menjual makanan di kawasan Insadong ini.

8. Istana Changgyeong

Istana Changgyeong

Karena dahulu Korea Selatan adalah negara kerajaan, maka banyak istana-istana kerajaan pada masa lampau yang kini dikelola menjadi tempat wisata. Nah, salah satu tempat wisata di Seoul yang berupa istana kerajaan adalah Istana Changgyeong, di mana istana ini dibangun pada zaman kaisar Dinasti Goryeo, tepatnya pada tahun 1104.

Sama seperti beberapa istana kerajaan lainnya, di Istana Changgyeong ini arsitektur khas Korea lama juga sangat kental. Saat berkunjung ke sini, Anda akan mendengar suara musik tradisional Korea yang diputar di kawasan Istana Changgyeong. Suasananya benar-benar membuat Anda seperti kembali ke Korea Selatan di masa lalu.

9. Lotte World

Lotte World

Jika Jepang dan Hongkong punya Disneyland, Korea Selatan memiliki Lotte World. Ini adalah taman bermain yang sangat terkenal di Songpa-gu, Seoul.

Ada banyak wahana permainan yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Lotte World. Berbeda dengan taman bermain lainnya, Lotte World memiliki dua arena, yakni arena indoor (Adventure) dan arena outdoor (Magic Island). Sempatkan diri untuk berkunjung ke Lotte World dan coba semua wahana permainan yang ada di sini!

10. Jogyesa Temple

Jogyesa Temple

* sumber: www.justgola.com

Terakhir, ada Kuil Budha yang wajib dikunjungi saat Anda berpelesir ke Seoul. Jogyesa Temple adalah kuil dengan arsitektur yang unik dan suasana yang sangat asri.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jogyesa Temple adalah pada saat menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Budha di Korea Selatan. Karena patung-patung dan area kuil akan dihias dengan sangat meriah. Meskipun Anda bukan pemeluk agama Budha, Anda tetap diperkenankan untuk mampir ke kuil ini untuk sekedar melihat-lihat dan berfoto.

Sudah siap untuk memulai perjalanan Anda ke Seoul? Jangan lupa untuk menjadikan referensi tempat wisata di Seoul dari Keluyuran ini sebagai panduan praktis untuk Anda yang berencana untuk berlibur ke negeri gingseng. Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata lainnya di luar Seoul, silahkan simak ulasan kami mengenai objek wisata menari di Korea Selatan di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *