Keluyuran / Serang / 10 Tempat Wisata di Serang yang Populer dan Hits Banget!

10 Tempat Wisata di Serang yang Populer dan Hits Banget!

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Jika kamu berkunjung ke Banten, jangan lupa untuk mengunjungi ibu kota dari provinsi Banten ini yaitu kota Serang. Kota yang terkenal dengan wisata religinya ini memiliki segudang hal menarik yang belum banyak orang tahu. Ada banyak tempat yang menarik dan cocok untuk menghilangkan penat.

Tidak hanya tempatnya yang bagus, Serang juga memiliki alam yang sangat indah dan tidak kalah dari daerah lainnya. Dan yang pasti Serang memiliki banyak tempat wisata yang eksotis, mulai dari wisata alamnya, wisata religi, hingga wisata sejarah yang tidak boleh kamu lewatkan. Belum punya rencana liburan? Cek beberapa tempat wisata di Serang ini yuk!

1. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk (Copy)

* sumber: pesona.travel

Bagi kamu yang tertarik dengan wisata sejarah, Serang memiliki salah satu tempat bersejarah yang paling hits yaitu Benteng Speelwijk. Benteng Speelwijk adalah benteng yang telah dibangun sejak abad ke 17 oleh orang Belanda. Tujuan dibuatnya benteng ini pada zaman dahulu adalah untuk mengantisipasi serangan pengikut Sultan Ageng Tirtayasa pada masa penjajahan Belanda.

Dahulu benteng ini berdiri dengan sangat gagah dan bagus. Namun sekarang benteng ini hanya menyisakan reruntuhannya. Meskipun begitu, benteng Speelwijk tetap menjadi salah satu wisata populer di Serang dan banyak digunakan untuk berfoto bahkan tidak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai foto prewedding lho! Jika kamu tertarik mengunjungi benteng Speelwijk, kamu bisa langsung datang ke alamat di bawah ini.

  • Alamat: Kampung Pamarican, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Telepon: 082311919797
  • am Buka: 24 Jam
  • Harga: Rp2.000 (Anak-anak), Rp3.000 (Dewasa)

2. Keraton Surosowan

Keraton Surosowan (Copy)

* sumber: www.indoindians.com

Selain Benteng Spellwijk, ada wisata sejarah lainnya yang menarik untuk dikunjungi yaitu Keraton Surosowan. Yang namanya bangunan bersejarah pasti hanya meninggalkan sisa-sisanya saja. Tapi tempat ini tetap menjadi daya tarik para wisatawan. Dahulu, Keraton Surosowan adalah tempat tinggal Sultan Banten bersama keluarga dan pengikutnya.

Bangunan yang berdiri sejak tahun  1526- 1570 ini merupakan pusat pemerintahan Banten pada zaman dahulu. Keraton yang dulunya berdiri kokoh dan megah ini memiliki beberapa sisa ruang yang banyak dijadikan spot foto instagramable lho! Penasaran untuk berkunjung ke Keraton Surosowan?

  • Alamat: Jl. Masjid Agung Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Telepon: 087871652996
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga: Rp20.000

3. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten (Copy)

Mau berkunjung ke tempat wisata religi? Kamu wajib mengunjungi Masjid Agung Banten. Masjid ini adalah icon pariwisata Banten yang sudah berdiri sejak 400 tahun yang lalu. Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Masjid yang memiliki bangunan seluas 1,3 hektar ini berdiri megah di komplek masjid yang dikelilingi pagar tembok.

Tempat wisata yang didominasi dengan warna putih ini memiliki arsitektur yang unik yang berbentuk atap susun. Selain itu, pintu masjid ini juga dibuat pendek supaya siapa pun yang memasukinya akan selalu menunduk sebagai tanda tidak sombong di hadapan Allah.

Selain Masjid Agung, disana juga terdapat makam para Sultan Banten dan keluarganya. Sehingga banyak wisatawan yang datang dengan tujuan untuk beribadah sekaligus berziarah.

  • Alamat: Komplek Masjid Agung Banten  RT 001 RW 011, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Telepon: 087786101420
  • Jam Buka: 04:00 – 00:00 WIB
  • Harga: Gratis

4. Gunung Pinang

Gunung Pinang (Copy)

* sumber: explorewisata.com

Jika kamu senang berwisata ke gunung, kamu bisa mengunjungi gunung Pinang yang ada di Serang. Dahulu, gunung Pinang hanyalah tempat wisata hutan biasa dan biasa dipakai untuk para pemain sepeda gunung. Tetapi sekarang, gunung Pinang berinovasi menjadi tempat wisata yang menarik.

Di gunung Pinang, kamu bisa berfoto dengan beragam spot instagramable warna warni yang sudah disediakan oleh pengelola disana. Udaranya yang sejuk dan sangat asri akan membuat siapa pun betah berkunjung kesana. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam kota Serang dari ketinggian. Jika kamu tertarik, langsung saja datang ke alamat di bawah ini.

  • Alamat: Jl. Raya Cilegon, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten.
  • Jam buka: 06:00 – 17:00 WIB
  • Harga: Rp10.000 per orang

5. Gunung Pilar

Gunung Pilar (Copy)

* sumber: explorewisata.com

Selain gunung Pinang, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam di gunung lainnya yaitu gunung Pilar. Hampir sama seperti gunung Pinang, gunung Pilar juga menyediakan beragam spot foto yang instagramable. Gunung Pilar awalnya dikembangkan oleh warga desa Cikolelet dan kini menjadi wisata alam yang potensial.

Di gunung Pilar, kamu bisa dengan puas menikmati pemandangan alam yang hijau dan juga bisa melihat pegunungan lainnya. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi gunung ini, kamu bisa datang langsung ke alamat di bawah.

  • Alamat: Kampung Cibunut, Desa Cikolelet, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.
  • Harga: Rp5000 per orang

6. Pantai Anyer

Pantai Anyer (Copy)

Bagi kamu yang senang bermain di pantai, kamu wajib mengunjungi pantai yang ada di daerah Anyer. Pantai Anyer memang dikenal memiliki pesonanya tersendiri. Karena pantai ini sudah sangat populer, sehingga tidak heran akan selalu ramai saat akhir pekan terutama saat tahun baru. Banyak pemandangan indah sepanjang pantai yang akan kamu temui saat berkunjung kesana.

Sebenarnya pantai Anyer bukanlah nama satu pantai, melainkan pantai Anyer adalah sebutan bagi semua pantai yang berada di kawasan Anyer. Saat berkunjung ke Anyer, kamu bisa memilih mau berkunjung ke pantai mana. Mulai dari pantai yang luas, pantai pasir putih, pantai karang bolong, pantai yang murah hingga yang mahal, disana lengkap banget! Kamu juga bisa menikmati wahana air mulai dari banana boat, ATV, snorkeling, diving dan lain-lain.

  • Alamat:  Jl. Raya Anyer – Sirih, Sindanglaya, Serang, Banten.
  • Harga: Mulai Rp5.000 per orang

7. Pulau Lima

Pulau Lima (Copy)

* sumber: www.penawisata.com

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata yang tidak biasa, kamu bisa berkunjung ke pulau yang ada di Aerang, salah satunya adalah pulau Lima. Pulau Lima yang mempesona ini memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan pecinta alam tertarik untuk mengunjunginya. Jaraknya yang cukup jauh sehingga membuat pulau ini bersih dan memiliki air laut yang jernih.

Untuk menginjakkan kaki di pulau Lima, kamu harus menyewa kapal kecil atau perahu dari nelayan setempat. Sebaiknya kamu datang bersama teman-teman karena harga perahu atau kapal akan lebih murah jika orangnya semakin banyak. Satu kapal bisa dinaiki oleh sekitar 10 orang. Kamu harus naik kapal dari pelabuhan Karangantu.

  • Alamat: Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.
  • Harga: Mulai dari Rp60.000

8. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang (Copy)

* sumber: www.triptrus.com

Pulau Sangiang, salah satu pulau terindah di Serang ini disebut juga sebagai surga tersembunyi di ujung barat pulau Jawa. Dahulu, pulau ini merupakan wilayah konservasi dan cagar alam. Lingkungan di sekitar pulau ini masih sangat alami dan asri. Dikelilingi dengan hutan hijau, air laut yang sangat jernih dan terumbu karang yang indah.

Untuk mengunjungi pulau ini memang memakan waktu cukup lama. Kamu perlu menyewa tour guide lokal supaya bisa dengan aman berlibur disana. Kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti snorkeling dan diving.

  • Alamat: Pulau Sangiang, Kab. Serang, Banten.
  • Harga: Mulai dari ratusan ribu tergantung tour guide.

9. Farm Bukit Waruwangi

Farm Bukit Waruwangi (Copy)

Farm Bukit Waruwangi adalah destinasi wisata terbaru di Serang yang baru dibangun tahun 2019. Bukit ini sering disebut New Zealand-nya Serang karena memiliki pemandangan hijau yang keren dan sangat asri. Di bukit tersebut, kita bisa mendapatkan foto dengan latar belakang yang sangat indah dan hijau.

Di sana terdapat bangku-bangku taman yang terbuat dari kayu dan ditata rapi yang disediakan untuk pengunjung. Selain menikmati pemandangan di bukit, kamu juga dapat mengunjungi peternakan rusa yang ada di dekat bukit. Kamu juga bisa memberi makan rusa dan berfoto bersama rusa.

  • Alamat: Bantarwangi, Cinangka, Kota Serang, Banten.
  • Telepon: 085311499323
  • Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
  • Harga: Rp3.000 per orang

10. Rumah Hutan Cidampit

Rumah Hutan Cidampit (Copy)

Tidak hanya Bandung saja yang memiliki tempat wisata hutan, Serang juga punya rumah hutan. Di sana terdapat beberapa rumah yang terbuat dari kayu. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat piknik karena tempatnya yang asri, sejuk, dan nyaman dijadikan tempat berkumpul.

Disana dilengkapi dengan lapangan rumput hijau yang asri, perpustakaan, lapangan badminton, dan kandang hewan. Rumah hutan ini juga cocok dijadikan tempat foto Instagramable.

  • Alamat: Bukit Cidampit, Kampung Bojong, Desa Sayar, Kec. Taktakan, Kota Serang, Banten.
  • Harga: Gratis

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Serang. Setelah tahu tempat-tempat tersebut, apakah kamu sudah mulai terpikirkan mau berkunjung kemana? Jika kamu tahu tempat wisata lainnya di Serang seperti tempat nongkrong yang seru atau yang lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *