10 Tempat Wisata di Serbia yang Banyak Digemari Wisatawan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Serbia yang dahulu diperintah oleh Romawi, Ottoman, dan Habsburg, sekarang negara ini jadi negara dengan perpaduan beragam budaya. Negara ini merupakan pusat bagi kota-kota abad pertengahan serta biara-biara kuno juga kastil-kastil megah. Di sini juga tempat bertemunya budaya Barat dan Timur.

Tempat wisata di Serbia beragam mulai dari desa dan kota yang damai dan tenang di luar kota sampai atraksi yang menarik. Serbia juga merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ekonomis di Kawasan Balkan. Apakah kamu tertarik untuk berjalan-jalan di Serbia? Simak beberapa tempat wisata favorit yang bisa kamu kunjungi berikut ini yuk!

Baca juga: Makanan Khas Serbia

1. Niš

Niš
  • Alamat: di tenggara Serbia, di Sungai Nišava

Kota terbesar ketiga di Serbia ini merupakan kota universitas yang ramai. Tempat wisata di Serbia ini merupakan titik persinggahan antara Beograd dan Sofia atau Skopje. Niš yang berasal dari 279 SM ini merupakan salah satu kota tertua yang ada di Eropa dan daerah Balkan.

Konstantinus Agung, yang merupakan pendiri Konstantinopel, lahir di kota ini. Tugu peringatannya bisa ditemukan di pusat kota. Selain itu, di pusat kotanya juga bisa disaksikan sisa-sisa benteng abad ke-18 yang didirikan oleh orang Turki.

Menara Tengkorak adalah salah satu tempat wisata di Serbia yang mengerikan, tapi unik untuk dilihat. Bangunan ini dibuat dari tengkorak orang Serbia yang dipenggal oleh Ottoman. Di tenggara kota terdapat sebuah spa yang popular, yaitu Niška Banja. Ini merupakan sumber air panas yang dapat membantu pengobatan gangguan rematik.

2. Beograd

Beograd
  • Alamat: di wilayah utara-tengah Serbia, di pertemuan Sungai Sava dan Danube

Beograd, ibu kota Serbia, berada di persimpangan antara Danube dan Sungai Sava. Kota ini merupakan perpaduan antara gaya lama dengan gaya baru. Di sini terdapat banyak bangunan abad ke-19 sampai struktur Art Nouveau. Di kota ini juga terdapat tempat wisata yang terkenal di antaranya Benteng Beograd yang terletak di Taman Kalemegdan. Sisa-sisa benteng ini masih ada sampai saat ini.

Di taman ini juga adalah rumah untuk Museum Militer yang bahkan memperlihatkan sisa-sisa pengebom siluman Amerika Serikat.  Ini merupakan tempat yang bagus bagi mereka yang ingin belajar mengenai sejarah militer daerah tersebut.

Ada juga gereja Ortodoks, alun-alun kuno yang jumlahnya banyak sekali, fasad berwarna-warni dan pantai bergaya resort di Pulau Ada Cinganlija atau Gipsy Island yang terletak di selatan Beograd. Di sepanjang tepian Sava terdapat pantai yang terbentang yang bisa dikunjungi kalau kamu ingin berenang serta melakukan olahraga air seperti ski air.

3. Novi Sad

Novi Sad
  • Alamat: di Serbia utara, terletak di tepi sungai Danube di Provinsi Vojvodina

Berbeda dengan kota Beograd yang sibuk, Novi Sad sangat santai. Ibu kota wilayah otonomi Vojvodina ini mengikuti iramanya sendiri, lambat dan rileks. Bahkan ketika pusat Novi Sad, Svetozar Miletic Square dipenuhi pasar pecinta kuliner maupun pertunjukan langsung, tapi tak ada orang yang terlihat stres atau terburu-buru.

Menyusuri tengah kota akan memberikan kamu kesempatan untuk melihat gereja-gereja ortodoks yang megah serta menara gereja Name of Mary yang menakjubkan. Selain itu ada juga bar dengan tempat duduk di luar ruangan, toko pakaian trendi yang lebih modern dan berbagai kedai es krim di sepanjang Jalan Dunavska, yang menghadap ke Taman Danube yang damai dan tenang.


Kalau tidak masalah dengan jalan kaki, kamu bisa berkunjung ke museum dan galeri seni kota yang cuma butuh lima menit berjalan kaki. Selain itu ada juga Benteng Petrovaradin dan Pinggiran Taman Nasional Fruska Gora yang hijau lebat dan bisa dilihat di kejauhan.

4. Taman Nasional Fruska Gora

Taman Nasional Fruska Gora
  • Alamat: Zmajev trg 1, erević 21208, Serbia
  • Jam buka: Buka 24 jam
  • Telepon: +381 21 463666

Taman nasional tertua di Serbia ini bisa dicapai dari kota Novi Sad dengan mobil atau sepeda. Ini adalah perjalanan yang layak untuk ditempuh, khususnya untuk menyaksikan hidden gem yang tersembunyi di dalam perbukitan taman nasional tersebut.

Biara Novo Hopovo yang terpencil adalah salah satu hidden gem yang terdapat di Fruska Gora. Ini adalah sebuah biara yang masih berfungsi dengan eksterior berwarna kuning mencolok.  Saat masuk ke dalamnya, kamu akan terkesan dengan interiornya.

Di taman ini terdapat sekitar 20 biara, jadi kalau kamu tertarik, kamu bisa merencanakan rute perjalanan atau mengikuti tur biara. Saat berkunjung ke biara, pastikan jangan membuat keributan, gunakan pakaian yang tertutup sampai lutut dan hormati aturannya

Fruska Gora juga memiliki pemandangan hijau dan aliran perbukitan yang tak berujung serta kilang anggur terbaik dengan wine-nya yang berharga lumayan mahal. Vinarija Kovačević adalah tempat yang direkomendasikan karena memiliki kilang anggur, restoran dan pemandangan yang sempurna.

5. Biara Studenica

Biara Studenica
  • Alamat: Jalan Tanpa Nama, Brezova 36343, Serbia
  • Telepon: +381 36 5436050

Semenjak berabad-abad, selama bertahun-tahun Biara Studenica sudah menjaga keindahan dan kemegahannya. Biara Studenica merupakan salah satu tempat wisata di Serbia yang harus dikunjungi. Seorang jemaat Ortodoks yang kaya adalah pemilik sekaligus pendiri biara ini yang didirikan pada abad ke-12.

Arsitektur Bizantium ini mempertontonkan kebanggaannya melalui karya seninya yang berharga serta daerah sekitarnya yang juga terpelihara dengan baik dan dilindungi sampai saat ini. Mary Church dan King Church merupakan dua monumen utamanya. Kedua bangunan tersebut dibangun menggunakan marmer putih. Ini merupakan permata dari masa lalu yang menakjubkan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram