10 Tempat Wisata di Sibolga yang Menawarkan Kemolekan Alamnya

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kota Sibolga letaknya berada di kawasan pantai sehingga banyak sekali pulau kecil yang indah di kota ini. Sibolga adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Sumatera Utara.

Kota ini terletak di daerah pantai Barat Pulau Sumatera. Berada di sekitar pantai membuat kota Sibolga beriklim panas. Dahulu kota ini pernah menjadi ibukota untuk Karesidenan Tapanuli.

Sibolga mempunyai beragam tempat wisata. Tempat wisata di Sibolga banyak dikunjungi oleh para penyuka pantai.

Selain pantai, pulau-pulau kecil yang berada di sekitar kota ini juga menarik perhatian banyak wisatawan lokal juga luar kota, bahkan mancanegara. Kalau kamu berencana untuk berlibur ke Sumatera Utara, tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata Sibolga berikut ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Alam yang Indah

1. Bukit Tor Simarbarimbing

Bukit Tor SimarbarimbingSumber: djawanews.com
  • Alamat: Jl. Tor Simarbarimbing, Angin Nauli, Kec. Sibolga Utara, Sibolga, Sumatera Utara
  • HTM: Rp10.000

Bukit ini mempunyai sejarah yang panjang. Kamu bisa menjumpai pemukiman Kampung Nias serta replika lompat batu yang bersejarah di bukit ini. Hombo batu atau lompat batu ini pernah muncul dalam mata uang Indonesia.

Saat berlibur di tempat ini, kamu bisa berinteraksi dengan penduduk setempat yang tinggal di kampung tersebut. Setelah itu, barulah melakukan perjalanan menaiki bukit sambil menikmati keindahan alamnya.

Terdapat beberapa gazebo di atas bukit supaya pengunjung bisa rehat sesaat sambil menikmati udara yang sejuk. Letak Bukit Tor Simarbarimbing ini berada di Desa Angin Nauli.

2. Pulau Poncan Ketek

  • Alamat: Kel. Pasar Belakang, Sibolga, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Tak hanya Pulau Lombok yang memiliki pulau-pulau kecil yang indah. Di Sibolga pun terdapat pulau-pulau mungil yang tak kalah cantiknya dari pulau-pulau di Lombok.

Salah satunya yaitu Pulau Poncan Ketek yang lokasinya berada di Kecamatan Pasar Belakang, Sibolga, Sumatera Utara.

Nama lain dari pulau ini adalah Pulau Kembar karena Pulau Pocang Ketek berdekatan dengan Pulau Pocang Gadang sehingga tampak seperti kembar.

Pesona pulau kecil ini luar biasa sehingga memikat mereka yang datang berkunjung ke tempat ini. Walaupun ukuran pulaunya tidak terlalu besar, keindahan yang dimilikinya sungguh luar biasa.

Di pulau ini kamu bisa melakukan beragam aktivitas, seperti berjalan di pinggir laut sambil menikmati indahnya ombak yang bergulung-gulung, melakukan aktivitas fotografi, dan masih banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di sini.


3. Pulau Putri

  • Alamat: Sibolga, Tapian Nauli, Kab, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Pulau lain yang berada di Sibolga adalah Pulau Putri. Lokasi pulau ini kira-kira 12 mil dari laut Sibolga. Di sini kamu bisa menikmati panorama laut yang indah.

Luas pulaunya bisa dibilang tak terlalu besar, yaitu sekitar 2 hektar saja. Pulau Putri ini memiliki air laut yang berwarna biru dan hamparan pasirnya berwarna putih. Kamu pasti akan terkesima saat melihatnya.

Untuk berlibur ke pantai ini, budget yang harus disiapkan memang tidak kecil, sekitar Rp1 juta lebih kalau ingin merasakan aktivitas menyelam, khususnya diving.

Jika ingin mengelilingi pulau, di sini tersedia fasilitas perahu yang cukup memadai. Supaya harga sewanya tidak mahal, kamu bisa naik secara berkelompok. Harga sewa perahunya sekitar Rp1 juta - Rp1,5 juta, bergantung jarak dan waktu.

4. Pantai Wisata Indah

Pantai Wisata IndahSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.51, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Sibolga, Sumatera Utara

Di kawasan Hotel Wisata Indah terdapat sebuah destinasi populer yang bernama Pantai Wisata Indah. Lokasi pantai ini terletak tepat di penginapan ini sehingga membuatnya mudah untuk dijangkau.

Di Pantai Wisata Indah kamu bisa menikmati pesona alam serta keindahan Pulau Poncan juga jembatan kayu yang menarik.

Karena keindahannya, banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen-momen indah di sekitar pinggiran pantainya.

Pantai ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap dan nyaman, mulai dari wahana permainan, penginapan hingga kuliner yang nikmat. Kalau waktu liburmu cukup lama, tempat wisata ini sangat cocok untuk jadi pilihan.

5. Sibolga Square

Sibolga SquareSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.
  • Jam buka: 16.00 – 04.00

Tak hanya keindahan pantai dan pulau, Sibolga juga memiliki wisata kuliner yang menarik. Sibolga Square adalah tempat yang cocok untuk kamu yang senang kulineran.

Beragam kuliner ada di sini dan harganya juga terjangkau. Di sini tersedia kuliner berbahan hasil laut, seperti ikan bakar sampai makanan khas Sibolga, yakni mie gomak yang terkenal karena rasa rempahnya yang kuat.

Sibolga Square ini buka tiap hari, tetapi hanya buka di waktu malam hari. Tempat wisata kuliner ini cocok untuk kamu yang senang hunting wisata kuliner malam.

Setelah lelah berjalan-jalan di Sibolga, malamnya kamu bisa mengisi perut di tempat ini. Oh iya, konon pedagang di sini ramah-ramah lho pada pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa berburu oleh-oleh di tempat ini.

6. Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan GadangSumber: correcto.id
  • Alamat : Kecamatan Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara
  • HTM: Rp5.000

Wisata Pulau Poncan Gadang adalah wisata pulau lainnya yang ada di Sibolga. Sebelumnya telah disebutkan kalau Pulau Poncak Ketek letaknya berdekatan dengan Pulau Poncan Gadang.

Pulau ini mempunyai sejarah yang panjang. Di sini banyak ditemui gua Jepang. Menurut penduduk setempat, masih banyak jasad tentara Jepang yang belum diambil sampai sekarang di gua ini.

Walaupun memiliki cerita yang agak menyeramkan, pulau ini adalah salah satu pulau di Sibolga yang tak boleh kamu lewatkan karena pulau ini memiliki alam yang indah.

Di sini juga bisa terdapat penginapan dengan harga yang beragam. Jadi kalau ingin bermalam di pulau ini, tak perlu pusing mencari tempat untuk menginap lagi. Di pagi hari, kamu bisa menyaksikan sunrise.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram