10 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Harus Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang berada sangat dekat dengan Surabaya. Jika Anda berkendara dari Surabaya ke Sidoarjo melalui jalan tol, Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Selain itu, Bandara Juanda Surabaya juga sudah masuk dalam wilayah Sidoarjo. Jadi, apabila Anda menginap di hotel dekat Bandara Juanda, maka Anda bisa sampai ke pusat Kota Sidoarjo hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Nah, jika Anda ingin mencari tempat wisata di Sidoarjo yang menarik untuk dikunjungi, maka Keluyuran akan merekomendasikan beberapa tempat di kabupaten Sidoarjo ini. Yuk, langsung saja cari tahu ulasan selengkapnya di sini!

1. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui jika Sidoarjo memiliki objek wisata berupa pantai. Ya, tempat wisata di Sidoarjo yang akan kami bahas berikut ini adalah Pantai Kepetingan. Untuk dapat sampai ke pantai ini Anda harus naik perahu melayan sambil menyusuri sungai yang nampak seperti sungai-sungai di pedalaman Kalimantan.

Pemandangan berupa hutan bakau dapat Anda nikmati sepanjang perjalanan menuju pantai. Pasir di Pantai Kepetingan tidak berwarna putih, tetapi pantai ini sudah cukup cocok untuk mengobati kerinduan Anda yang ingin berwisata di pantai.

2. Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo Tempat Wisata Di Sidoarjo

Banjir Lumpur Lapindo yang terjadi pada tahun 2006 ini memang merugikan banyak orang, terutama warga yang rumah dan lahan pertaniannya terendam lumpur. Peristiwa ini terjadi di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. Namun, seiring berjalannya waktu lokasi Lumpur Lapindo ini akhirnya menjadi objek wisata.

Banyak wisatawan domestik maupun internasional yang ingin meninjau langsung lokasi yang terendam lumpur. Bahkan, seorang seniman membuat karya seni berupa 110 buah patung yang diletakkan di beberapa titik tanggul Lumpur Lapindo ini.

3. Tanggulangin

Tanggulangin

Bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, Tanggulangin memang salah satu tempat belanja yang terkenal. Jika Anda ingin mencari tas dengan berbagai mode atau jenis KW dari sebuah brand ternama, maka datang saja ke Tanggulangin. Dijamin tas-tas yang dijual di kawasan ini jauh lebih murah dibanding Anda membeli di mall.

Tanggulangin yang berada di Desa Kludan ini memang dikenal sebagai kawasan sentra pembuatan dan penjualan tas. Pembeli bisa request model tas kepada penjual di sini. Tak hanya itu saja, banyak juga pedagang yang membeli tas secara grosir di tempat ini. Ingin wisata belanja yang murah saat di Sidoarjo? Datang saja ke Tanggulangin.

4. Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Sarinah

Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Sarinah

Wisata Bahari Tlocor berlokasi di Kampung Tlocor, Desa Kedungpandan, Kec. Jabon, Sidoarjo. Ternyata di kawasan wisata bahari ini ada Pulau Sarinah, sebuah pulau yang terbentuk karena proses sedimentasi Lumpur Lapindo. Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai dikenal sebagai tempat wisata di Sidoarjo.

Adapun spot favorit di tempat ini adalah Pantai Tlocor, di mana pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai. Pemandangan hutan bakau di sebelah kanan dan kiri Anda akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih segar.

5. Kolam Pemancingan Sedati

Kolam Pemancingan Sedati

Hobi memancing, tetapi susah mendapat ikan ketika memancing di sungai? Langsung saja datang ke Kolam Pemancingan Sedati. Pasalnya, di kolam ini Anda pasti lebih mudah mendapatkan ikan. Adapun ikan yang terdapat di kolam pacing ini adalah tombro, gurame, dan patin.

Tidak punya alat pancing? Tak masalah karena Anda bisa menyewa peralatan memancing langsung di tempat ini. Yang lebih istimewa lagi, Kolam Pemancingan Sedati juga bisa mengolah ikan hasil tangkapan Anda menjadi hidangan yang lezat. Jadi, Anda tidak perlu repot mengolah hasil tangkapan ikan Anda sendiri. Ajak keluarga Anda untuk berwisata ke Kolam Pemancingan Sedati ini pada saat akhir pekan atau hari libur

6. Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo

Yang satu ini adalah tempat nongkrong masyarakat Sidoarjo dari berbagai usia. Wisatawan yang ingin mencoba kuliner khas Sidoarjo juga bisa langsung datang ke Alun-Alun Sidoarjo. Taman di alun-alun ini memang tertata rapi sehingga banyak orang yang gemar untuk nongkrong di sini.

Di samping itu, Alun-Alun Sidoarjo juga menawarkan berbagai kuliner khas kaki lima dengan harga yang ramah di kantong. Usai berwisata kuliner di sekitar alun-alun, jangan lupa untuk berfoto dengan patung udang dan ikan bandeng yang lokasinya di sekitar alun-alun ini. Udang dan ikan bandeng adalah simbol dari Sidoarjo karena kabupaten ini adalah salah satu penghasil ikan bandeng dan udang terbesar di Jawa Timur.

7. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis

Di Sidoarjo ternyata kita bisa menemukan sebuah kawasan penghasil batik tulis, yakni Kampung Batik Jetis. Bagi Anda yang gemar mengoleksi kain batik dari berbagai daerah di Indonesia, maka Anda tak boleh melewatkan produksi batik tulis asli Sidoarjo ini.

Salah satu motif terkenal dari Batik Sidoarjo ini adalah motif merak. Namun, Anda juga bisa menemukan sejumlah motif batik lain yang modern dan mengikuti perkembangan zaman. Di Kampung Batik Jetis ini kita juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung. Usai melihat proses pembuatan batik, jangan lupa untuk membeli kain atau pakaian batik asli Sidoarjo ini sebagai oleh-oleh.

8. Delta Fishing

Delta Fishing

Tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini tidak hanya menyediakan kolam pemancingan saja, lho. Delta Fishing ternyata juga menyediakan kolam renang dan beberapa permainan outbound. Tak heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi pada saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Pengunjung yang datang kemari bisa memancing ikan di kolam-kolam yang sudah disediakan. Jenis ikan yang bisa ditangkap di sini adalah gurame, bawal, nila, dan bandeng. Jika tidak suka memancing Anda bisa mencoba fasilitas lainnya yang disediakan oleh Delta Fishing.

9. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Bila Anda termasuk orang yang suka melakukan wisata sejarah, maka Museum Mpu Tantular yang berlokasi di Jalan Raya Buduran ini harus Anda kunjungi. Di museum yang menempati lahan seluas 3,28 hektar ini Anda dapat mengamati berbagai benda bersejarah.

Adapun koleksi di Museum Mpu Tantular ini berupa emas dan lukisan yang dibuat pada abad ke-14. Benda-benda yang bersifat etnografi, numismatik, geologi, dan biologi dari zaman dahulu kala bisa Anda temukan di sini.

10. Candi Pari

Candi Pari

Menuju ke Desa Candi Pari, Kec. Porong, Kabupaten Sidoarjo, kita bisa menemukan objek wisata berupa candi yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Candi ini bernama Candi Pari yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk.

Candi bernuansa Hindu ini memiliki beberapa arca, di antaranya adalah Arca Siwa Mahadewa, 2 Arca Agastya, dan 7 Arca Ganesha. Lokasi Candi Pari ini tidak terlalu jauh dari Lumpur Lapindo.

Inilah 10 tempat wisata di Sidoarjo yang bisa Anda kunjungi. Meskipun hanya sebuah kota kecil, tetapi Sidoarjo memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Yuk, jangan ragu untuk berlibur dan mengeksplor Sidoarjo dan sekitarnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *