Inilah 10 Tempat Wisata di Singaraja Buleleng yang Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah

Singaraja merupakan kota di Bali Utara yang menjadi ibu kota dari Kabupaten Buleleng. Kotanya tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan seperti daerah Bali di sebelah Selatan.

Tetapi Singaraja memiliki tempat-tempat yang unik untuk dikunjungi, terutama untuk mencari ketenangan dan adrenalin. Walaupun tidak setenar daerah yang banyak memiliki pantai, Singaraja memiliki pesonanya tersendiri.

Walau tidak memiliki banyak wisata pantai seperti daerah Bali Selatan, kota ini masih tetap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Kotanya tidak terlalu ramai dikunjungi sehingga terasa asyik untuk dijelajahi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Singaraja yang asyik untuk kamu yang mencari ketenangan dan juga petualangan.

Baca juga: 10 Tempat Bersejarah di Bali untuk Tujuan Wisatamu

1. Air Terjun Gitgit

Air Terjun GitgitSumber: kintamani.id
  • Alamat: l. Raya Bedugul - Singaraja, Ds. Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM:Rp10.000 – Rp20.000

Air Terjun gitgit merupakan satu destinasi wisata yang cukup populer. Air terjun Gigit termasuk tempat wisata air trejun yang cukup mudah dicari tempatnya jika dibandingkan dengan beberapa air terjun yang ada di Kabupaten Buleleng.

Lokasinya tidak telalu jauh dari jalan raya. Pengunjung dapat menyewa sepeda motor atau mobil untuk dapat sampai ke tempat ini.

Air Terjun Gigit memiliki ketinggian sekitar 48 meter yang merupakan air terjun tertinggi di Bali. Daya tarik dari air terjun ini, selain dari tingginya yaitu airnya yang jernih dan masih alami.

Pengunjung dapat menyegarkan diri dengan mandi di air terjunnya yang juga asri. Fasilitas dasar pun telah tersedia, seperti toilet dan dan juga kamar ganti, hanya saja tidak ada loker penyimpanan barang.

2. Blue Lagoon Air Terjun Sambangan

Blue Lagoon Air Terjun SambanganSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00 WITA
  • HTM:Rp10.000

Satu tempat yang asri dan alami yang musti kamu datangi di Singaraja Buleleng adalah sebuah laguna yang berwarna hijau nan jernih. Laguna ini masih alami, bersih dan jernih airnya karena tempatnya yang tersembunyi dan masih jarang dikunjungi.

Lokasi dari laguna biru ini memerlukan usaha ekstra dengan menuruni perbukitan serta menysuri sungai untuk sampai ke lagunanya.

Saat sampai pengunjung akan menyaksikan sebuah pemandangan yang memukau dari tebing yang tinggi mengapit sebuah air terjun kecil.

Tebingnya sendiri dihiasi dengan tumbuhan hijau yang menyejukan mata. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang jernih dengan semburat warna toska yang luas dan juga dalam. Bagi yang tidak dapat berenang dapat bermain air di pinggiran kolamnya.

3. Puncak Wanagiri

Puncak WanagiriSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM:Rp10.000 – Rp25.000

Jika Bali Identik dengan wisata pantai dan juga areal persawahan, maka tempat yang satu ini menawarkan satu hal yang berbeda. Puncak Wanagiri merupakan surganya bagi pengunjung yang senang dengan kegiatan berswafoto.


Tempat wisata yang satu ini menawarkan beberapa spot yang cantik untuk digunakan sebagai tempat berswafoto dengan latar dan properti yang ciamik.

Tempatnya menawarkan beberapa spot untuk berswafoto agar terlihat instagramable. Beberapa spot yang cantik di antaranya adalah spot berfoto dalam sebuah sarang telur atau juga sarang burung beo.

Atau kamu juga dapat berfoto dengan ayunan yang ekstrim atau juga di atas replika sebuah perahu yang keduanya berlatarkan Danau Buyan, dan masih ada beberapa spot befoto cantik lainnya.

4. Air Terjun Kroya

Air Terjun KroyaSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00 WITA
  • HTM: Rp70.000 (+ Guide)

Jika kamu senang dengan kegiatan yang menantang, Air Terjun Kroya, di Buleleng ini dapat kamu coba. Pengunjung dapat bermain perosotan di air terjun ini, yang terbentuk secara alami.

Air terjunnya memiliki ketinggian 5 meter dengan aliran airnya yang deras, menuruni batuan yang digunakan sebagai perosotannya. Cliff jumping juga kegiatan yang bisa kamu lakukan di air terjun ini.

Selain kegiatan yang memacu adrenalin, pemandangan indah di sekitar air terjunnya mampu menghilangkan penat dan menggantinya dengan perasaan tenang dan santai.

Airnya yang jernih, tentunya mengundang para pengunjung untuk bermain-main air di sekitar air terjunnya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan dari Air Terjun Kroya ini.

5. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-AlingSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Raya Desa Sambangan , Ds. Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00 WITA
  • HTM:Rp125.000 – Rp300.000 (+ Guide)

Air terjun Aling-aling lokasinya masih berdekatan dengan lokasi Air terjun Kroya dan air terjun yang satu ini juga sama indahnya dengan air terjun lainnya, yang jaraknya masih berdekatan.

Air terjun Aling-aling memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Aliran airnya cukup deras, menghujam ke kolam yang berada di bawahnya. Tumbuhan hijau disekitarnya memberikan rasa segar dan juga asri.

Air terjun Aling-aling juga menawarkan kegiatan yang sama ekstremnya, yaitu cliff jumping. Bagi kamu yang takut dengan ketinggian dapat berenang di sekitar air terjunnya, yang dijamin sama segarnya serta sejuknya.

Tempatnya masih alami dipenuhi dengan rimbunnya tumbuhan hijau. Jika ingin melihat airnya yang jernih sebaiknya kamu berkunjung di saat musim panas.

6. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun SekumpulSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng, Bali
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00 WITA
  • HTM:Rp10.000 – Rp20.000
  • Guide: Rp125 – Rp200.000

Sekumpul merupakan air terjun yang indah dan cantik yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Kecantikan yang satu ini cukup tersembunyi, pengunjung membutuhkan perjalanan yang ekstra untuk menempuhnya.

Perjalanannya dilalui dengan menyeberangi sungai melalui banyak tangga yang licin agar kamu dapat melihat si cantik yang satu ini dari dekat.

Tetapi sulitnya perjalanan menuju tempat ini akan terbayar dengan panorama serta suasana yang ditawarkannya. Kumpulan tujuh buah air terjun yang terlihat cantik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram