Keluyuran di Yogyakarta, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Sleman!

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak terpikat dengan Yogyakarta? Sebuah daerah istimewa di tengah-tengah Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak hal menarik yang membuat siapa saja tidak merasa bosan untuk kembali ke Yogyakarta. Daerah istimewa ini terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kota administratif.

Sleman merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan beberapa kabupaten di Jawa Tengah seperti Magelang, Klaten, dan Boyolali. Sleman terletak di sisi utara Yogyakarta yang terdiri dari pegunungan, dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Merapi.

Inilah rangkuman tentang 10 tempat wisata di Kabupaten Sleman yang mesti kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tebing Breksi

Tebing Breksi

* sumber: garasijogja.com

Tebing Breksi merupakan destinasi wisata yang terbilang masih baru di Yogyakarta. Diresmikan pada tahun 2015, lokasi Tebing Breksi tidak jauh dari kompleks Candi Ratu Boko. Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, Tebing Breksi merupakan tempat penambangan batu alam yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Pada tahun 2014 kegiatan penambahan dihentikan, dan akhirnya dijasikan sebagai tempat wisata. Batuan yang ada di Tebing Breksi berasal dari aktivitas vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari puncak Tebing Breksi, kamu bisa melihat pemandangan alam Yogyakarta yang memesona dan terlihat gagahnya Gunung Merapi.

  • Alamat : Gunung Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 04.00 -24.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0813-2863-4788

2. Museum Affandi

Museum Affandi

* sumber: idbackpacker.com

Yogyakarta dikenal dengan kesenian dan budaya yang terus dilestarikan. Salah satu museum seni yang ada di Yogyakarta adalah Museum Affandi. Museum yang dibangun pada tahun 1962 ini menyimpan beragam lukisan karya Affandi. Museum Affandi akhirnya diresmikan pada tahun 1974 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan.

Museum Affandi terdiri dari tiga galeri dengan karya yang berbeda-beda. Di Galeri I, terdapat lukisan yang dibuat semasa hidup Affandi, serta reproduksi patung potret Affandi bersama putrinya. Di Galeri II, terdiri dari lukisan bersifat abstrak dan lukisan realis. Di Galeri III, terdapat pajangan karya keluarga Affandi.

  • Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 09.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000
  • Kontak : (0274) 562 593

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak pada ketinggian 154 meter di atas permukaan laut. Candi Prambanan diduga dibangun pada pertengahan abad ke-9 oleh Raja Balitung Maha Sambu. Bangunan Candi Prambanan ditemukan pada tahun 1733, dan sampai saat ini, kompleks Candi Prambanan terus dilakukan pemugaran.

Sejarah terbentuknya Candi Prambanan tak lepas dari cerita legenda Roro Jonggrang, dimana menurut legenda, Roro Jonggrang memerintahkan Raden Bandung untuk membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Akhirnya hanya ada 999 candi yang beberapa diantaranya dapat dilihat di Kompleks Candi Prambanan.

  • Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp30.000 – Rp40.000
  • Kontak : (0274) 496 401

4. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Suka dengan wisata air? Datang saja ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark yang merupakan waterpark terbesar di Asia Tenggara dengan beragam wahana menarik yang menantang. Jogja Bay dibangun di atas lahan 7,7 hektar dan dilengkapi dengan 19 wahana seru.

Jogja Bay tidak hanya menjadi wisata permainan saja, di sini juga ada wisata edukasi dimana pengunjung bisa diperkenalkan bagaimana proses terjadinya gempa bumi dan tsunami. Wahana edukasi tersebut dikemas bersama wahana yang menyenangkan. Sedikitnya ada 8 ombak besar yang akan mengguncangkan tubuhmu.

  • Alamat : Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk :  Rp90.000 – Rp100.000
  • Kontak :  (0274) 8722 020

5. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Yogyakarta tak pernah berhenti berinovasi untuk menyajikan tempat wisata berbasis edukasi. Sindu Kusuma Edupark salah satunya. Taman rekreasi di bilangan  Sleman ini menyediakan wahana yang seru dan mengedukasi. Beragam permaianan ala pasar malam, disajikan di sini dengan tingkat keamanan yang sangat baik.

Sindu Kusuma Edupark memiliki wahana Cakramanggilingan atau biasa dikenal dengan nama Bianglala di Dunia Fantasi. Wahana Cakramanggilingan menjadi salah satu ikon sehingga tempat ini terlihat menarik bagi anak-anak. Selain itu, Sindu Kusuma Edupark juga menyediakan waterpark yang lengkap dengan wahana seluncur.

  • Alamat : Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 08.00 – 23.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0274) 6429 660

6. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

* sumber: visitingjogja.com

Yogyakarta lekat dengan budaya Jawa yang sudah dilestarikan secara turun-menurun. Ada banyak cara untuk mengenal sejarah budaya Jawa di Yogyakarta, salah satunya di Museum Ullen Sentalu. Museum ini menampilkan budaya sejarah kehidupan bangsawan pada Dinasti Mataram dan koleksi batik dan Yogyakarta dan Surakarta.

Museum Ullen Sentalu berasal dari singkatan bahasa Jawa, yaitu “Ulanting Blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang berarti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Ada yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke sini, pengunjung tidak diizinkan mengambil gambar ketika menelusuri bagian dalam museum.

  • Alamat : Jl. Boyong KM.25, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 08.30 – 17.00, Hari Senin tutup
  • Tiket Masuk : Rp20.000 – Rp40.000
  • Kontak : (0274) 895 161

7. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

* sumber: travel.kompas.com

Selain Candi Prambanan, di Sleman juga terdapat Candi Ratu Boko yang merupakan kompleks situs purbakala dimana terdapat beberapa bangunana candi yang masih berdiri. Candi Ratu Boko diperkirakan dibangun pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra dari Kerajaan Medang.

Candi Ratu Boko ditemukan pada tahun 1790 ei atas Bukit Ratu Boko. Karena itulah situs purbakala ini dinamakan Candi Ratu Boko. Berada di ketinggian, Candi Ratu Boko sampai saat ini selalu ramai dikunjungi terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam. Candi Ratu Boko menjadi salah satu spot sunset terbaik di Yogyakarta.

  • Alamat : Jl. Raya Piyungan – Prambanan KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp40.000
  • Kontak : (0274) 496 510

8. The Lost World Castle

The Lost World Castle

Di sekitar lereng Gunung Merapi terdapat banyak destinasi wisata menarik, salah satunya ada The Lost World Castle. Tempat wisata ini berasa di kawasan rawan bencana alam Gunung Merapi, tetapi tidak mengurangi minat pengunjung untuk datang. The Lost World Castle dibangun untuk mengenang peristiwa kelam.

Bentuk bangunan dari The Lost World Castle adalah berupa kastil yang jika dilihat bentuknya mirip seperti Benteng Takeshi. Tempat wisata di lereng Gunung Merapi ini menyediakan banyak spot foto yang menarik dengan udara yang sejuk pada pagi maupun sore hari.

  • Alamat : Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp25.000

9. Candi Ijo

Candi Ijo

Tak jauh dari Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan, ada Candi Ijo yang merupakan Candi Hindu dengan kompleks seluas 0,8 hektar. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-10 sampai abad ke-11 pada jaman Kerajaan Medang. Candi Ijo merupakan kompleks candi dengan teras berundak dimana sisi timur lebih tinggi dibandingkan sisi barat.

Kompleks Candi Ijo terdiri dari empat candi yang dibangun untuk memuja Trimutri, yaitu ada Brahma, Syiwa, dan Wisnu. Ketiga candi tersebut menghadap ke arah candi utama atau candi induk. Kompleks Candi Ijo ini menjadi salah satu tempat untuk melihat sunset di Yogyakarta karena posisinya mengarah ke barat.

  • Alamat : Kikis, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000 – Rp10.000
  • Kontak : 0856-4366-8417

10. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

* sumber: phinemo.com

Lava Tour Merapi menawarkan kegiatan seru menikmati keelokan alam Gunung Merapi menggunakan Jeep yang cukup menantang. Kegiatan ini biasanya dibuat paket tour untuk  maksimal 4 orang dalam satu Jeep. Di sini wisatawan akan diajak berkunjung ke lokasi pasca letusan Gunung Merapi, seperti Bunker Kaliadem dan Museum Sisa Hartaku.

Puas mengunjungi lokasi pasca letusan Merapi, wisatawan akan diajak melihat dari dekat gagahnya Gunung Merapi yang terletak di antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah ini. Lava Tour Merapi bisa dilakukan baik itu saat kondisi cerah maupun hujan. Jika dalam kondisi hujan, maka perjalanan akan semakin seru dan menantang.

  • Alamat : Ngipiksari, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Paket Tour : Rp250.000 – Rp600.000
  • Kontak : 0813-9218-5002

Selepas mendaki Gunung Merapi, tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata di Sleman. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata buatan dapat menjadi pilihan untuk liburan selanjutnya. Yogyakarta tidak hanya Malioboro saja, yuk kunjungi wisata yang ada di Kabupaten Sleman!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *