10 Tempat Wisata Populer di Spanyol yang Perlu Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Spanyol adalah salah satu negara yang paling populer di dunia. Menurut data yang di-publish oleh The Guardian, negara Spanyol menerima lebih dari 80 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2017. Hal itu membuatnya sebagai negara kedua di dunia yang paling banyak dikunjungi setelah Prancis tetangganya.

Negara yang dekat dengan benua Afrika ini menawarkan banyak objek wisata yang sangat mengagumkan, baik itu berupa wisata sejarah, wisata seni, wisata budaya, wisata alam, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa tempat wisata di negeri Matador yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

1. Alhambra

Istana Alhambra

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/nicmcphee/

Pergi ke Spanyol tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Alhambra. Tempat ini merupakan sebuah kompleks istana sekaligus benteng megah yang terletak di sebuah kota di selatan Spanyol, yaitu Granada. Peninggalan sejarah yang sangat populer di dunia ini dibangun pada masa kekhalifahan Bani Ummayyah yang pernah berdiri di Spanyol beberapa abad yang lampau.

Kompleks Alhambra mencakup beberapa bangunan, menara, dinding, taman, dan masjid yang semuanya dibangun dengan arsitektur tinggi. Bangunan dengan nilai artistik yang sangat tinggi ini merupakan lambang budaya dan peradaban tinggi umat Islam di Abad Pertengahan Eropa.

Nama Alhambra disebutkan berasal dari kata bahasa Arab hamra’ yang berarti merah dalam bahasa Indonesia. Dinamakan demikian karena istana ini banyak dihiasi ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah, serta penghias dinding yang warnanya agak kemerah-merahan.

  • Alamat: Calle Real de la Alhambra, s/n, 18009 Granada, Spanyol
  • Jam buka: Selasa-Sabtu (09:00-18:00), Minggu (09:00-15:30)
  • Telepon: +34 958 02 79 71

2. Masjid Kordoba

Masjid Kordoba

* sumber: pixabay.com

Peninggalan sejarah lainnya yang sangat terkenal di Spanyol adalah Masjid Kordoba. Seperti namanya, bangunan bersejarah yang sangat megah ini terletak di Cordoba, sebuah kota di selatan Spanyol. Bersama dengan istana Alhambra di Granada, Masjid Kordoba merupakan salah satu dari dua contoh seni dan arsitektur Islam yang paling indah di Eropa Barat.

Saat berkunjung ke tempat ini Anda juga bisa menjelajah area-area di sekitar masjid yang masih menawarkan suasana masa lalu. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Spanyol, jangan lupa untuk bertandang ke Masjid Kordoba untuk menikmati keindahan arsitektur Islam yang sangat menakjubkan.

Catatan: Masjid Korboda kini difungsikan sebagai katedral.

  • Alamat: Calle Cardenal Herrero, 1, 14003 Córdoba, Spanyol
  • Jam buka: Senin-Sabtu (10:00-19:00), Minggu (08:30-11:30 & 15:30-19:00)
  • Telepon: +34 957 47 05 12

3. Sagrada Familia

Sagrada Familia

* sumber: commons.wikimedia.org

Sagrada Familia adalah sebuah gereja Katolik Roma besar yang belum selesai dibangun yang kini menjadi landmark kota Barcelona. Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek terkenal berkebangsaan Spanyol yang bernama Antoni Gaudí. Kini Sagrada Familia telah menjadi salah satu atraksi wisata yang sangat populer di Spanyol.

Antoni Gaudi menerapkan gaya arsitektur Art Nouveau yang digabungkan dengan gaya arsitektur Gothic pada bangunan ini. Meskipun beberapa orang menganggap hal itu absurd, tapi kini bangunan-bangunan yang ia buat di Barcelona telah menjadi landmark kota yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

  • Alamat: Carrer de Mallorca, 401, 08013 Barcelona, Spanyol
  • Jam buka: Setiap hari (09:00-20:00)
  • Telepon: +34 932 08 04 14

4. Paseo del Arte

Paseo del Arte

* sumber: commons.wikimedia.org

Paseo del Arte adalah sebuah distrik seni di kota Madrid yang sudah tersohor di dunia. Di kawasan tersebut terdapat sejumlah museum seni top dunia yang terkenal akan kekayaan koleksinya, seperti Museum Prado, Museum Thyssen-Bornemisza, Museo Centro de Arte Reina Sofia, Forum Caixa dan Museo Naval.

Apa yang ditawarkan di Paseo del Arte tidak hanya tentang Spanyol saja. Anda juga akan disuguhi berbagai mural dan retablo (lukisan devosional), lukisan karya seniman Flemish dan Belanda, dan kesenian Italia. Jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi, tempat yang satu ini harus ada dalam itinerary Anda saat hendak liburan ke Spanyol.

  • Alamat: Madrid, Spanyol
  • Jam buka: –
  • Telepon: –

5. San Lorenzo de El Escorial

10 Tempat Wisata Populer di Spanyol yang Perlu Dikunjungi 1

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Kota yang satu ini dulunya terkenal sebagai rumah musim panas raja-raja Spanyol. Di sana terdapat sebuah kompleks besar yang terdiri dari biara, gereja, istana kerajaan, mausoleum, perpustakaan, dan museum yang saat ini menjadi objek wisata yang populer di Spanyol. Jadi, dalam satu tempat Anda bisa menyaksikan banyak hal yang menarik untuk ditelusuri.

Sebagai bangunan yang kaya akan sejarah, budaya, dan kesenian, kompleks San Lorenzo de El Escorial telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984. Anda bisa menggapai situs menakjubkan yang satu ini dengan mudah dari Madrid dengan berkendara sekitar 45 kilometer ke arah barat laut.

  • Alamat: Av Juan de Borbón y Battemberg, s/n, 28200 San Lorenzo de El Escorial, Madrid, Spanyol
  • Jam buka: Selasa-Minggu (10:00-18:00)
  • Telepon: –

6. Museum Guggenheim

Museum Guggenheim

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Ini adalah sebuah bangunan kelas dunia yang menjadi landmark arsitektur kota Bilbao. Museum Guggenheim merupakan museum seni kontemporer yang dirancang oleh arsitek Amerika yang bernama Frank Gehry. Dia menggunakan balok-balok batu kapur dan lembaran-lembaran titanium bergelombang untuk membuat bangunan yang megah dan bernilai seni tinggi.

Di dalam museum ini terdapat berbagai pameran perjalanan dan pameran bergilir koleksi seni modern. Jadi, Museum Guggenheim tidak hanya mengagumkan dari luar, tapi bagian dalamnya juga demikian. Sekali lagi, jika Anda seorang pecinta seni, maka objek wisata populer Spanyol yang satu ini mesti ada dalam daftar perjalanan Anda.

  • Alamat: Avda. Abandoibarra Etorbidea, 2. 08001 Bilbao (Vizcaya), Spanyol
  • Jam buka: Setiap hari (10:00-20:00), tutup tanggal 25 Desember dan 1 Januari, 24 dan 31 Desember tutup jam 17:00.
  • Telepon: +34 944 359 000

7. Plaza Mayor

Plaza Mayor

* sumber: commons.wikimedia.org

Plaza Mayor ini semacam alun-alun kalau di Indonesia yang terletak di jantung kota Madrid. Tempat wisata yang populer bagi warga lokal dan turis mancanegara ini sudah ada sejak berabad-abad lampau. Di sana mereka bisa berbelanja, makan-makan, dan menikmati udara segar di tengah-tengah bangunan yang megah dan indah.

Karena berada di pusat ibukota, Plaza Mayor pastinya sangat mudah untuk digapai dengan transportasi publik yang tersedia. Kawasan wisata ini akan bermandikan cahaya lampu saat malam tiba, sehingga menyajikan pemandangan malam yang sangat menakjubkan.

  • Alamat: Plaza Mayor, 28012 Madrid, Spanyol
  • Jam buka: –
  • Telepon: –

8. Ciudad de las Artes y las Ciencias

Ciudad de las Artes y las Ciencias

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Banyak kota di Spanyol yang memiliki situs-situs terkenal, baik yang klasik maupun kontemporer, yang sangat menarik untuk dilihat. Salah satu kota tersebut adalah Valencia dengan Ciudad de las Artes y las Ciencias-nya. Objek wisata yang satu ini tidak hanya sebuah bangunan, tapi merupakan museum, tempat seni, dan akuarium.

Kombinasi ketiga fungsi bangunan tersebut membuat Ciudad de las Artes y las Ciencias berada dalam daftar destinasi wisata terpopuler di Spanyol. Akuariumnya yang bernama L’Oceanogràfic merupakan akuarium oseanografi terbesar di Eropa yang dibangun dalam bentuk teratai air dengan lingkungan perairan yang berbeda, mulai dari daerah tropis hingga kutub.

  • Alamat: Av. del Professor López Piñero, 7, 46013 València, Spanyol
  • Jam buka: Setiap hari (10:00-21:00), tergantung musim
  • Telepon: +34 902 10 00 31

9. La Rambla

La Rambla

* sumber: commons.wikimedia.org

Saatnya kita ke La Rambla di Barcelona. Ini adalah sebuah jalan di dekat pelabuhan kota Barcelona yang sangat populer di kalangan pelancong. Boulevard dengan pepohonan yang membentang sejauh 1,2 kilometer ini adalah tempat yang ramai pada malam musim panas dan akhir pekan.

La Rambla yang memiliki zona pejalan kaki yang sangat nyaman ini memiliki sejumlah kios buku dan surat kabar, serta restoran dan kafe dengan meja-meja terbuka. Seniman trotoar, musisi jalanan, patung hidup, dan pemain dadakan semuanya menambah suasana yang semarak dan menyenangkan untuk disaksikan.

  • Alamat: Barcelona, Catalunya, Spanyol
  • Jam buka:
  • Telepon:

10. El Teide

10 Tempat Wisata Populer di Spanyol yang Perlu Dikunjungi 2

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/luctnl/

Tempat wisata yang satu ini menawarkan salah satu keajaiban alam yang paling populer di Eropa. Jika Anda bosan jalan-jalan di kota, Anda bisa menjelajahi objek wisata yang satu ini untuk menambah pengalaman baru saat liburan di Spanyol. Hanya saja Anda harus menyeberang ke Pulau Tenerife milik Spanyol di barat Afrika!

El Teide adalah sebuah gunung berapi purba yang merupakan puncak tertinggi di Spanyol. Pico de Teide dan Caldera de las Cañadas, kawah gunung berapi raksasa, bersama-sama membentuk Parque Nacional del Teide, di pusat pulau Tenerife. Tempat yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan yang menarik untuk dijelajahi.

  • Alamat: Pulau Tenerife, Kepulauan Canaria, Spanyol
  • Jam buka:
  • Telepon:

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang populer di Spanyol, baik wisata budaya, kesenian, sejarah, alam, dan lain sebagainya. Kira-kira tempat mana dulu yang pertama kali ingin Anda kunjungi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *