10 Tempat Wisata di Sri Lanka dari Kuil Hingga Taman Nasional

Sri Lanka merupakan negara kepulauan kecil yang memiliki budaya, kuliner serta fenomena alam yang unik. Negara ini sebelumnya dikenal dengan nama Ceylon. Di pulau yang indah ini, pengunjung akan mempunyai kesempatan untuk merasakan kesempatan dan melihat begitu banyak hal yang berbeda, mulai dari pantai yang indah sampai reruntuhan kuno.

Tak hanya itu, di negara ini juga terdapat kota-kota yang indah sampai kuil-kuil untuk aktivitas religius. Sri Lanka juga memiliki keanekaragaman satwa liarnya yang menakjubkan. Negara ini kini mulai masuk dalam daftar bucket list para pelancong. Kalau tertarik untuk berkunjung ke negara ini, baca dulu rekomendasi 10 tempat wisata di Sri Lanka berikut ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem Dunia yang Bikin Jantung Berdebar

1. Taman Nasional Yala

Taman Nasional Yala
  • Alamat: Hambantota, Sri Lanka
  • Jam buka: 06.00-18.00
  • HTM: Sekitar USD 27
  • Telepon: +94 77 946 3517

Untuk penyuka wisata safari, inilah tempatnya. Wisatawan bisa merasakan pengalaman safari ala Sri Lanka. Taman nasional yang luas ini berbatasan dengan Samudra Hindia dan mempunyai beragam ekosistem. Di sini wisatawan bisa menemukan lingkungan laut di garis pantai sampai padang rumput juga hutan hujan tropis di pedalaman.

Gajah, macan tutul, dan buaya merupakan hewan yang paling populer untuk dilihat di taman nasional ini. Selain itu, di Taman Nasional Laya juga terdapat lebih dari 200 spesies burung yang menjadikan area taman ini sebagai rumahnya, termasuk beberapa jenis burung endemik Sri Lanka.

Tak hanya fauna dan flora, tempat wisata di Sri Lanka ini merupakan rumah bagi dua situs ziarah keagamaan yang sangat populer dan bersejarah. Di taman nasional ini terdapat Kuil Situlpahuwa serta Magul Vihara yang bisa menarik empat kali lebih banyak pengunjung ke tempat wisata ini dibandingkan hewan-hewannya.

2. Benteng Batu Sigiriya

Benteng Batu Sigiriya
  • Alamat: 8 Ela pahalawewa, Dambulla 21100, Sri Lanka
  • Jam buka: 07.00-17.00
  • HTM: $30 USD
  • Telepon: +94 112 426 900

Tempat wisata di Sri Lanka yang populer dan banyak dikunjungi adalah Sigiriya yang juga dikenal sebagai Batu Singa.  Ini merupakan benteng kuno menakjubkan.

Benteng ini dibangun di atas batu dan namanya berasal dari cakar singa raksasa yang terdapat di pintu masuknya. Tempat ini masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO dan sering disebut sebagai Keajaiban Dunia Kedelapan.

Terdapat cerita menarik di balik keindahan benteng abad ke-5 ini. Putra tidak sah Raja Dhatusena, yaitu Raja Kashyapa, merebut tahta sesudah membunuh ayahnya.

Dia membangun benteng dan istananya di atas batu Sigiriya karena takut Moggallana, sang pemilik tahta yang sah kembali. Dengan arsitektur bangunan dan taman yang luar biasa, Sigiriya layak untuk dikunjungi.

3. Puncak Adam

Puncak Adam
  • Alamat: Nuwara Eliya, Sri Lanka

Gunung dengan ketinggian sekitar 2.243 meter yang besar dan suci ini di atasnya memiliki formasi batuan yang mempunyai arti penting untuk banyak pemeluk agama. Di puncak gunung tersebut terdapat batu besar dengan jejak yang nampak seperti tapak kaki.

Bagi umat Buddha, jejak kaki itu adalah jejak kaki Buddha. Sementara untuk Muslim dan Kristen, itu merupakan jejak Adam. Adapun bagi umat Hindu, jejak kaki itu diciptakan oleh Dewa Siwa.

Apapun keyakinan pengunjung yang datang, Puncak Adam atau Adam’s Peak merupakan situs alam yang indah untuk dikunjungi. Tempat wisata di Sri Lanka ini merupakan arena petualangan yang keren bagi para pendaki gunung.

Jalur ziarah, khususnya tangga dan jalan setapak, masing-masing membutuhkan waktu beberapa jam untuk bisa sampai di puncak. Gunung ini dapat diakses dari rute yang dimulai dari Desa Nallathanniya yang berada di Sri Lanka tengah. Antara Desember dan Mei merupakan waktu terbaik untuk mendakinya.

4. Teluk Arugam

Teluk Arugam
  • Alamat: Di kota kecil Pottuvil, Distrik Ampara

Untuk wisatawan yang sedang berselancar di atas ombak atau senang dengan kehidupan pantai, ada tempat yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Sri Lanka ini berupa teluk yang indah yang berada di bagian daerah kering Sri Lanka. Teluk Arugam merupakan salah satu tempat selancar terbaik di negara ini.

Selain menawarkan tempat untuk berselancar, teluk ini juga memiliki suasana damai, pantai yang indah, serta suasana yang santai. Situasi ini sangat berbeda dengan situasi di pantai barat daya yang lebih banyak dikunjungi turis sehingga cukup ramai.

Wisatawan juga bisa mengunjungi kuil bersejarah atau Taman Nasional Kumana yang terletak di dekatnya. Ini adalah tempat yang pas untuk bersantai dan rileks.

5. Benteng Galle

Benteng Galle
  • Alamat: Church St, Galle 80000, Sri Lanka
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Objek wisata yang mulai dikenal banyak wisatawan ini berupa kompleks benteng Belanda dari abad ke-16. Pertama kali dibangung pada abad ke-16 oleh Portugis, tapi sebagian besar strukturnya berasal dari zaman kolonial Belanda pada abad ke-17.

Bukan hanya benteng, tempat ini merupakan desa kecil berbenteng yang di dalamnya terdapat rumah, gereja, masjid, dan toko-toko. Wisatawan bisa mengunjungi benteng dan mercusuar dan di sini pun terdapat beberapa museum juga area perbelanjaan yang besar.

Benteng ini jaraknya sekitar dua jam selatan Kolombo dan terletak di pantai barat daya Sri Lanka. Ini merupakan tujuan wisata populer yang memiliki banyak hotel butik, beberapa di antaranya dibangun di dalam tembok benteng.

6. Kuil Emas Dambulla

Kuil Emas Dambulla
  • Alamat: Kandy - Jaffna Hwy, Dambulla, Sri Lanka
  • Jam buka: 07.00-19.00
  • HTM: 1.500 LKR per orang (WNA)
  • Telepon: +94 662 283 605

Di Sri Lanka terdapat banyak gua alam yang sudah diperbesar dan digali untuk difungsikan sebagai kuil gua. Tujuannya tentu saja untuk tempat peletakan patung Buddha dan dewa lainnya. Di sini juga terdapat beberapa patung raja dan relik yang besar.

Kuil gua Dambulla adalah tempat wisata di Sri Lanka yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. Komplek terbesar di Sri Lanka ini terpelihara dengan baik. Yang menarik dari kuil ini yaitu mural dindingnya yang memiliki warna-warni yang indah. Semuanya terpelihara dan dilestarikan sehingga masih tampak menghiasi dinding gua hingga sekarang.

Selain kuil gua, di sini juga terdapat patung Buddha yang terbuat dari emas dengan ukuran yang besar yang terletak di kaki gunung yang memberi nama lain pada kuil ini, yaitu Kuil Emas Dambulla. Dambulla jaraknya sekitar dua jam di luar Kolombo.

7. Air Terjun Ravana

Air Terjun Ravana
  • Alamat: Wellawaya-Ella-Kumbalwela Hwy, Ella, Sri Lanka
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Air Terjun Ravana merupakan tempat wisata di Sri Lanka yang digunakan untuk mandi pada waktu musim panas. Di musim hujan, aliran air terjunnya deras sekali menjadikannya pemandangan yang luar biasa. Air terjun ini merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Ravana Ella serta kompleks gua di dekatnya yang kaya akan legenda lokal.

Gua-gua ini lokasinya cukup strategis, yaitu di jalan utama menuju kota Ella dan menjadi titik perhentian umum bagi wisatawan selama perjalanan mereka.

Di pohon-pohon di sekitarnya terdapat banyak monyet nakal dan mereka sering terlihat berada di pinggir jalan sambil makan buah. Hati-hati jangan terlalu dekat dengan mereka karena monyet-monyet itu terkadang bisa jadi tidak ramah.

8. Masjid Merah

Masjid Merah
  • Alamat: Pettah, Kolombo, Sri Lanka

Masjid yang juga disebut "Masjid Jami Ul-Alfar” ini penampilannya mencolok karena memiliki dinding yang menggunakan bata merah dan putih. Di dalam masjid merah terdapat karya seni dan desain keagamaan yang khas. Namun yang membuatnya istimewa adalah bagian luarnya.

Batu bata merah dan putih di bagian luar disusun menggunakan desain spiral, putaran, dan pola yang terkadang menipu mata. Karenanya masjid ini menjadi landmark visual yang mudah dikenali.

Di atas menara masjid terdapat kubah yang berbentuk bawang. Ini mengingatkan pada Lapangan Merah Rusia. Gaya arsitektur ini disebut "Indo-Saracenic" dan ini adalah gaya arsitektur yang populer di Asia pada awal abad ke-19 saat masjid ini dibangun.

9. Mirissa

Mirissa
  • Alamat: Distrik Matara, Provinsi Bagian Selatan

Jika ingin merasakan suasana surga tropis, tempat yang wajib dikunjungi adalah Mirissa. Di sini terdapat banyak pohon kelapa dan pantai dengan pasir berwarna keemasan yang indah. Wisatawan bisa menghabiskan hari-hari mereka di hammock.

Pantai Mirissa yang berbentuk bulan sabit ini terkenal karena mempunyai pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang sangat menakjubkan di Sri Lanka. Di sini tidak terdapat resor mewah yang bisa merusak lanskap. Jadi di sini hanya ada wisatawan, pantai dan ketenangan.

Mirissa merupakan pelabuhan nelayan terbesar di daerah pantai selatan dan merupakan tempat yang baik untuk menyaksikan lumba-lumba dan ikan paus.

10. Nine Arches Bridge

Nine Arches Bridge
  • Alamat: Kota Ella
  • HTM: gratis

Salah satu tempat wisata di Sri Lanka yang banyak difoto adalah Nine Arches Bridge dan waktu terbaik untuk berkunjung yaitu sekitar pukul enam pagi. Menara jembatan ini berada di atas ngarai yang dipenuhi dengan ladang teh sehingga membuatnya jadi tempat yang sempurna untuk dikunjungi.

Jika wisatawan ingin menyaksikan perjalanan kereta api, mereka harus mengunjunginya pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan jadwal kereta. Waktu yang direkomendasikan yaitu sekitar pukul 06.15 dan 06.45 setiap pagi.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Sri Lanka yang luar biasa menakjubkan. Di negara yang berupa pulau kecil ini terdapat keindahan arsitektur bangunan juga alam yang menakjubkan. Semua wisatawan bisa menikmati tempat tujuan yang mereka senangi.

Untuk para petualangan, alam Sri Lanka sangat menantang untuk dijelajahi. Tempat wisata di Sri Lanka ini tentunya layak masuk dalam bucket list-mu. Bagaimana menurutmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram