10 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Mesti Kamu Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jalan-jalan di Kota Solo, jangan lupa mampir ke Sukoharjo. Kabupaten yang terletak di selatan Kota Solo ini, akan kamu lewati jika hendak menuju Wonogiri dan Pacitan. Masih masuk ke dalam wilayah Kasunanan Surakarta, Kabupaten Sukoharjo juga memiliki banyak tempat wisata, yang belum banyak diketahui wisatawan.

Mulai dari wisata air, budaya, hingga gunung, bisa kamu temukan di sini. Daripada penasaran, kali ini Keluyuran mau menginformasikan tentang 10 tempat wisata di Sukoharjo yang bisa kamu kunjungi jika hendak plesiran ke Jawa Tengah. Apa saja sih? Simak artikel ini ya!

1. Bendungan Colo

Bendungan Colo (Copy)

* sumber: jatengdaily.com

Bendungan Colo, terletak di antara Kabupaten Sukoharjo dengan Wonogiri. Sebenarnya, tempat ini biasa digunakan untuk memancing ikan. Di bendungan ini, terdapat ikan yang melimpah. Namun, karena sebelumnya masih belum diperhatikan pemerintah, bendungan ini kurang terawat, padahal pemandangannya indah.

Kini, Bendungan Colo sudah diperbaharui dan terdapat balok-balok yang tersusun rapi. Jika dilihat, susunan balok ini tampak seperti salah satu permainan Benteng Takeshi. Kamu bisa bersantai di sini pada sore hari, menjelang terbenamnya matahari, sambil nostalgia film Benteng Takeshi yang disukai oleh semua kalangan.

  • Alamat : Dusun III, Desa Pengkol, Nguter, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Royal Water Adventure

Royal Water Adventure (Copy)

* sumber: ihategreenjello.com

Kamu suka bermain air? Di Sukoharjo, terdapat waterbom yang menyediakan banyak permainan seru untuk mengisi liburanmu. Royal Water Adventure menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai saat akhir pekan. Kamu bisa menikmati seru dan segarnya bermain air di Sukoharjo yang panas ini.

Sama seperti waterboom pada umumnya, Royal Water Adventure juga menyediakan ragam permainan seru. Seperti body slide, kolam arus, kolam renang semi olympic, serta playground untuk anak-anak. Beragam permainan seru bisa kamu coba di sini, dengan harga yang sangat terjangkau. Cocok untuk liburan bersama keluarga.

  • Alamat : Jalan Raya Telukan KM 08, Dusun III, Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 08.000 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp15.000/orang, Sabtu & Minggu Rp20.000/orang

3. Waduk Mulur

Waduk Mulur (Copy)

* sumber: asedino.com

Waduk Mulur merupakan tempat yang biasa menjadi tempat memancing bagi para pengunjung pada akhir pekan. Buat kamu warga Solo dan Sukoharjo, bisa memilih Waduk Mulur sebagai destinasi liburan akhir pekanmu.

Di sini, tidak hanya bisa memancing, namun juga pengunjung bisa bermain wahana perahu kayu, serta berkemah. Jadi, tak perlu jauh-jauh mencari tempat wisata untuk camping di Sukoharjo, karena Waduk Mulur kini menyediakan lahan untuk berkemah. Mengisi akhir pekan dengan berkemah dan memancing di Waduk Mulur, bisa jadi inspirasi liburanmu.

  • Alamat : Waduk Mulur, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Telaga Claket

Telaga Claket (Copy)

* sumber: www.flickriver.com

Kalau kamu butuh tempat wisata instagramable di Sukoharjo, bisa datang ke Telaga Claket. Lokasinya berada di perbatasan antara Sukoharjo dengan Wonogiri, dan sudah masuk ke wilayah Kabupaten Wonogiri. Tak jauh dari Bendungan Colo, kamu akan menemukan tempat ini yang masih satu wilayah dengan Bukit Widodaren.

Telaga Claket memiliki view yang cantik, terlebih jika musim hujan tiba. Karena pada saat musim hujan, Bukit Widodaren berwarna hijau, segar dipandang mata dan cantik! Jika dilihat sekilas, pemandangan di Telaga Claket ini mirip dengan pemandangan di Pulau Komodo. Kamu bisa berfoto di atas jembatan kayu dengan latar Bukit Widodaren.

  • Alamat : Jalan Claket, Ngawen, Keblokan, Sendang Ijo, Selogiri, Kabupaten Wonogiri
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

5. Wisata Alam Batu Seribu

Wisata Alam Batu Seribu (Copy)

* sumber: www.menggapaiangkasa.com

Berada di lereng Bukit Gajah Mungkur, Wisata Alam Batu Seribu menjadi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Dinamakan Batu Seribu, karena pada mulanya tempat ini terdapat banyak bebatuan. Namun kini, tempat tersebut diubah menjadi sebuah kolam renang dari sumber air alami.

Tak hanya kolam renang, di sini juga terdapat gardu pandang yang digunakan untuk melihat pemandangan alam pegunungan. Tempat wisata ini pernah hits pada tahun 90’an hingga 2000’an, setelah itu sepi pengunjung dan kurang terawat. Namun kini, Batu Seribu sudah direnovasi dan dibuka kembali untuk umum. Yuk, liburan ke Batu Seribu!

  • Alamat : Gentan, Bulu, Pacinan, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

6. Alas Karet Polokarto

Alas Karet Polokarto (Copy)

* sumber: tepisari-sukoharjo.desa.id

Perkebunan karet kini menjadi tempat yang ramai dikunjungi anak muda untuk sekadar berfoto untuk konten media sosial. Begitupun dengan Alas Karet Polokarto, perkebunan karet di Sukoharjo yang sedang ramai dikunjungi. Kebun ini dipenuhi pohon karet yang tumbuh setinggi 20 meter dan berjajar rapi. Sangat menarik untuk dikunjungi.

Alas Karet Polokarto memiliki suasana yang tenang dan asri. Tak heran, karena jumlah pohon karet yang ditanam di sini mencapai 30 ribu pohon. Indahnya perkebunan karet ini, membuat pengunjung betah untuk berfoto. Bahkan, sering digunakan sebagai tempat pre-wedding oleh anak-anak muda.

  • Alamat : Dua, Polokarto, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. The Heritage Palace

The Heritage Palace (Copy)

* sumber: pigunigu.com

Sukoharjo memiliki destinasi wisata unik yang terbilang masih baru. The Heritage Palace merupakan bekas pabrik gula yang diubah menjadi sebuah tempat wisata yang mengusung konsep “heritage”. Tempat ini, dikatakan pula mirip dengan Museum Angkut yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur.

The Heritage Palace menyediakan banyak sekali spot menarik untuk berfoto. Salah satu diantaranya, terdapat Museum Angkutan yang berisi mobil antik dari berbagai merk, Museum 3D, Omah Walik, serta bangunan bersejarah. Tempat yang dahulunya pabrik gula ini sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika kamu suka dengan hal berbau heritage.

  • Alamat : Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggabayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp55.000/orang

8. Curug Krajan

Curug Krajan (Copy)

* sumber: pikniklah.wordpress.com

Sama seperti Kota Solo, Sukoharjo memiliki hawa yang panas. Namun bedanya, di sini terdapat air terjun yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan. Curug Krajan, berada di ujung Kabupaten Sukoharjo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Air terjun ini terdiri dari undakan yang bisa kamu panjat. Namun, tetap berhati-hati ya, karena bebatuan di sini cukup licin. Curug Krajan terdapat dua air terjun yang memiliki tiga tingkatan. Jadi kamu bisa menikmati dua air terjun sekaligus. Jika kamu suka berenang, kamu bisa berenang di kolam alami di sini.

  • Alamat : Desa Krajan, Watu Kelir, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Keraton Kartasura

Keraton Kartasura (Copy)

* sumber: situsbudaya.id

Menjadi bagian dari Kasunanan Surakarta, Sukoharjo juga memiliki keraton yang terletak di Kartasura. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah di masa lampau. Pada zaman dahulu, Keraton Kartasura merupakan sebuah istana, namun kini menjadi sebuah kompleks pemakaman. Meski begitu, tempat ini tetap menyimpan saksi sejarah Mataram Islam.

Di sini terdapat dua batu besar yang ditutup kain. Tempat ini merupakan bekar kamar tidur raja yang sudah tidak berbentuk kamar. Selain itu, ada pula Gedong Obat yang dahulu menjadi tempat penyimpanan obat-obatan, namun kini sudah alih fungsi sebagai tempat pemakaman. Keraton Kartasura menjadi tempat seru untuk kamu yang suka wisata sejarah.

  • Alamat : Dusun II, Ngadirejo, Kartasura, Kabupatn Sukoharjo
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

10. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul (Copy)

* sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Kamu suka mendaki gunung, dan suka melihat sunset dari ketinggian? Coba datang ke Gunung Sepikul di Sukoharjo. Gunung ini merupakan seribu batu yang ditinggalkan oleh Bandung Bondowoso. Terdapat bebatuan terjal yang ditumbuhi beragam tumbuhan, Gunung Sepikul menjadi salah satu gunung yang menawarkan pemandangan berbeda.

Mendaki Gunung Sepikul bisa kamu lakukan hanya dalam waktu 15 – 30 menit saja. Namun, medan yang dilalui adalah tebing dengan kemiringan 40 – 60 derajat. Kamu perlu menggunakan tali untuk bisa sampai puncaknya. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sore hari sekitar jam 4 sampai 6 sore. Menyakisan sunset di sini, menjadi momen yang tepat!

  • Alamat : Kerten, Tiyaran, Bulu, Kabupaten Sukoharjo
  • Operasional : 05.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

Demikian informasi tempat wisata di Sukoharjo yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Diantara tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira dimana yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *