10 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki ragam suku, budaya, dan bahasa. Ibukota Sulawesi Selatan adalah Makassar. Sebuah kota yang masuk ke dalam salah satu kota terbesar di Indonesia, dan memiliki pelabuhan yang selama 24 jam aktif melayani penyeberangan dan sandar kapal.

Mobilitas dari dan ke Sulawesi Selatan terbilang sangat mudah. Itulah sebabnya, provinsi ini tak boleh terlewatkan dari daftar destinasi liburanmu. Jika kamu penasaran ada apa saja tempat wisata di Sulawesi Selatan, kali ini Keluyuran akan memberikan informasi tentang 10 tempat wisata di Sulawesi Selatan yang wajib kamu kunjungi. Simak ulasannya yuk!

1. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

* sumber: makassar.terkini.id

Jika kamu suka dengan wisata sejarah, maka yang perlu kamu kunjungi ketika liburan ke Sulawesi Selatan adalah Fort Rotterdam, sebagai saksi sejarah perkembangan Kota Makassar. Fort Rotterdam disebut juga dengan Benteng Ujung Pandang. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah dari Kesultanan Gowa.

Fort Rotterdam terletak di Kota Makassar, dekat dengan Pelabuhan Laut Kota Makassar. Sangat mudah dijangkau karena letaknya yang berada di pusat kota. Meski memiliki cerita sejarah, tempat ini tidak memberikan kesan seram, karena kini Fort Rotterdam digunakan sebagai Pusat Kebudayaan Makassar dan terdapat Museum La Galigo yang patut kamu kunjungi.

  • Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Operasional: 09.00 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk: Gratis

2. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Sulawesi Selatan memiliki berjuta keindahan bahari. Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika liburan di Sulawesi Selatan adalah Pantai Tanjung Bira. Sebuah pantai cantik di ujung selatan Sulawesi. Pantai ini berada di Kabupaten Bulukumba, kurang lebih 200 km jarak dari Kota Makassar.

Letak Pantai Tanjung Bira tak jauh dari Pelabuhan Bira, Bulukumba. Meski berada dekat dengan pelabuhan, pantai ini tetap memiliki pesonanya tersendiri. Pantai berpasir putih bersih yang membentang luas, gradasi air laut biru muda hingga biru tua yang jernih, dan memiliki pesona alam bawah laut yang sangat cantik. Kamu wajib mengunjungi pantai yang satu ini nih!

  • Alamat: Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

3. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate

* sumber: www.indonesia.travel

Menyeberang sedikit ke Selayar, ada sebuah pulau yang menjadi taman nasional dengan kawasan atoll terbesar ketiga di dunia. Taman Nasional Taka Bonerate namanya. Pulau ini memiliki sebaran terumbu karang mencapai 500 km2, sangat kaya dan tentunya menarik. Jika kamu suka dengan aktivitas diving, maka kamu arus coba diving di Taka Bonerate.

Taman Nasional Taka Bonerate memiliki 15 pulau dengan pemandangan yang sangat cantik. Terdapat banyak pulau gosong dengan terumbu karang yang masih terjaga. Kamu bisa menikmati indahnya Taka Bonerate dengan menggunakan pesawat, ataupun bus menuju Tanjung Bira, kemudian dilanjutkan dengan penyeberangan selama dua jam ke Selayar.

  • Alamat: Taka Bonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk: Rp2.500/orang

4. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong

* sumber: www.manusialembah.com

Jika kamu suka mendaki gunung dan ingin menaklukkan salah satu dari 7 gunung tertinggi di Indonesia, maka kamu harus mendaki Gunung Latimojong dengan ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut ini. Gunung Latimojong masuk ke dalam wilayah Kabupaten Enrekang yang dikenal dengan udara dinginnya.

Bukan hanya salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Latimojong juga merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Titik awal pendakian dimulai dari Desa Karangan. Sepanjang jalur pendakian, kamu akan melewati hutan tipe Montana dimana hutan tersebut tumbuh di ketinggian 2000 – 3000 meter. Puncak Gunung Latimojong disebut sebagai Puncak Rantemario.

  • Alamat: Pegunungan Latimojong, Pajang, Latimojong, Kabupaten Enrekang
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

5. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Sulawesi Selatan memiliki banyak taman nasional, salah satu diantaranya adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Bantimurung disebut juga sebagai The Kingdom of Butterfly, karena pada tahun 1856 – 1857 di sini terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu dalam setahun. Di sini juga terdapat dua gua yaitu Gua Batu dan Gua Mimpi.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memiliki banyak sekali destinasi ekowisata. Terdapat lebih dari 80 gua alam dan gua prasejarah di kawasan ini. Ada pula kawasan Pengamatan Satwa Karaenta yang disebut sebagai laboratorium alam, di sini kamu bisa mengenal flora fauna serta keunikan pemandangan alamnya.

  • Alamat: Bantimurung-Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 06.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk: Rp25.000/orang

6. Kampoeng Karst Rammang Rammang

Kampoeng Karst Rammang Rammang

* sumber: netz.id

Sulawesi Selatan memiliki sebuah bukit karst besar yang tercatat sebagai bukit karst terbesar kedua di dunia setelah bukit karst di Guangzhou, China. Rammang Rammang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan atau disingkat dengan nama Pangkep.

Rammang Rammang bejarak 45 km dari Kota Makassar. Terbilang dekat dan mudah dijangkau. Sepanjang perjalanan menuju Bontoa kamu akan disuguhkan dengan hamparan bukit karst yang cantik serta pesawahan hijau yang menambah eksotisme Rammang Rammang. Di sini terdapat banyak sekali obyek wisata yang bisa kamu kunjungi.

  • Alamat: Rammang Rammang, Salenrang, Bontua, Bontonlempangan, Kabupaten Maros
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp2.500/orang

7. Tana Toraja

Tana Toraja

* sumber: blog.tripcetera.com

Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan kebudayaan yang menarik untuk dieksplorasi. Ibukota Tana Toraja adalah makale. Tana Toraja merupakan daerah pegunungan yang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat Suku Toraja dengan mempertahankan gaya hidup Austronesia, dan mirip dengan budaya Nias.

Tana Toraja memiliki banyak sekali destinasi wisata budaya yang menarik. Jika jalan-jalan ke Sulawesi Selatan, rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Tana Toraja. Hal unik dari Toraja adalah prosesi pemakamannya dimana orang yang sudah meninggal akan dimakamkan di sebuah tebing. Semakin tinggi letak pemakaman, maka semakin tinggi pula derajatnya.

  • Alamat: Toraja, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis (Tiket masuk destinasi wisata bisa berbeda-beda)

8. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

* sumber: pesona.travel

Makassar memiliki pulau tersembunyi yang bernama Pulau Kodingareng Keke. Pulau kecil tak berpenghuni ini memiliki ombak yang cukup tenang pada pagi hari, jadi kalau kamu ingin snorkeling, bisa datang pada waktu pagi. Kamu bisa snorkeling dengan kedalaman 2 sampai 3 meter dengan pemandangan bawah laut yang sangat cantik.

Pulau Kodingareng Keke bisa kamu akses menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Laut Kota Makassar yang letaknya berada di seberang Fort Rotterdam. Kamu takkan kesulitan untuk mendapat transportasi karena saat tiba di pelabuhan, kamu akan langsung ditawari oleh pemilik kapal untuk diantarkan ke Pulau Kodingareng Keke.

  • Alamat: Pulau Kodingareng, Ujung Tanah, Kota Makassar
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

9. Danau Mahalona

Danau Mahalona

* sumber: walhisulsel.or.id

Danau Mahalona merupakan satu dari sekian banyak danau di Kabupaten Luwu Timur. Danau Mahalona terlekat di antara Danau Matano dan Danau Towuti. Danau ini berada di kawasan Pegunungan Verbeek yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Danau Mahalona memiliki kedalaman sekitar 60 meter dan menjadi habitat bagi ikan Opudi, Ayam Hutan Merah, hingga Rangkong Sulawesi. Taman wisata alam seluas 2.289,3 hektar ini bisa kamu akses menggunakan pesawat dari Makassar ataupun menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 13 jam.

  • Alamat: Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

10. Pulau Gusung

Pulau Gusung

* sumber: sangkarrang.wordpress.com

Pulau Gusung merupakan sebuah tanggul yang berfungsi menahan ombak ke Pelabuhan Makassar. Seiring berjalannya waktu, pasir putih sekitar tanggul berkumpul karena adanya proses alam hingga terbentuk pulau kecil.

Pulau Gusung dibagi menjadi dua bagian, Gusung Barat dan Gusung Timur. Pulau tak berpenghuni ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Selayar. Kamu bisa menjangkau Pulau Gusung menggunakan kapal motor dengan waktu 2,5 jam dari Makassar.

  • Alamat: Bontolebang, Bontoharu, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

Menarik sekali bukan tempat wisata di Sulawesi Selatan? Sebenarnya, masih sangat banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di Sulawesi Selatan. Namun, 10 rekomendasi di atas jangan sampai terlewatkan, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram