Inilah 10 Destinasi Wisata Menarik di Sulawesi Utara

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 21 Juli 2020

Sulawesi Utara merupakan provinsi di ujung utara Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Kepulauan Maluku di sebelah timur, Provinsi Gorontalo di sebelah barat, serta Filipina di sebelah utara. Sulawesi Utara menjadi letak dimana pulau paling utara Indonesia berada. Di sini dikenal dengan wisata alamnya yang belum terjamah.

Banyaknya wisata alam yang belum terjamah di Sulawesi Utara membuat provinsi ini recommended untuk dijadikan sebagai destinasi liburanmu selanjutnya. Sulawesi Utara memiliki pulau-pulau kecil dan pantai yang akan membuatmu terpesona dengan keindahannya. Simak ulasan 10 tempat wisata paling menarik di Sulawesi Utara berikut ini yuk!

1. Danau Linow

Danau Linow

Danau Linow merupakan danau vulkanik yang diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Berada di lereng gunung, Danau Linow pekat dengan bau belerang yang berasal dari sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi ratusan tahun yang lalu. Danau Linow disebut juga Danau Tiga Warna di Sulawesi Utara.

Pada waktu tertentu, Danau Linow akan berubah warna. Pada siang hari, air danau akan berwarna hijau, jingga, kuning, nila, ungu, bahkan merah. Perubahan warna terjadi akibat unsur belerang yang tertimbun di dasar danau. Danau Linow merupakan danau air panas yang mengandung sulfur serta magnesium sulfat.

  • Alamat : Lahendong, Tomohon Selatan, Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIT
  • Tiket masuk : Rp25.000/orang

2. Pulau Siladen

Pulau Siladen

* sumber: www.ardiyanta.com

Sulawesi Utara memiliki pulau-pulau kecil, salah satunya adalah Pulau Siladen. Penamaan Pulau Siladen bermula dari kapal yang digunakan orang Sangier untuk berlayar. Saat di perjalanan, kapal tersebut tenggelam, kemudian penumpang yang selamat menetap di pulau tak berpenghuni hingga akhirnya pulau ini dinamakan Pulau Siladen.

Pulau seluas 31.25 hektare ini merupakan salah satu gugusan pulau dari Taman Nasional Bunaken. Pulau dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi tanaman woka, sagu, silar, dan kelapa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau Siladen dapat diakses melalui Manado menggunakan kapal motor dalam waktu kurang lebih 45 menit.

  • Alamat : Pulau Siladen, Bunaken, Kepulauan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp25.000/orang

3. Bukit Kasih

Bukit Kasih

* sumber: www.kompasiana.com

Bukit Kasih merupakan bukit belerang aktif yang disebut sebagai simbol kerukunan umat beragama di Provinsi Sulawesi Utara. Diberi nama Bukit Kasih, karena di sini menjadi tempat dimana orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan berdoa sesuai dengan kepercayaan yang dianut masing-masing.

Uniknya, di Bukit Kasih terdapat lima rumah ibadah dengan pemandangan bukit hijau yang masih sangat asri. Di sini terdapat Tugu Toleransi setinggi 22 meter yang terletak di pintu masuk Bukit Kasih. Terdapat dua puncak di Bukit Kasih. Puncak pertama terdapat salib putih setinggi 53 meter, dan puncak kedua terdapat masjid serta kuil Hindu. Menarik sekali bukan?

  • Alamat : Jl. Kawangkoan-Kanonang, Kanonang Empat, Kawangkoan Barat, Sulawesi Utara
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIT
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

4. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua merupakan salah satu dari gugusan pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken yang dikenal dengan persona alam bawah lautnya. Di sini terdapat beragam jenis terumbu karang. Pulau ini cukup unik karena Pulau Manado Tua berada di daratan yang berbentuk gunung, sehingga di sini banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

Pulau Manado Tua memiliki gunung berapi aktif yang berada di dalam laut. Gunung berapi ini terletak di kedalaman 150 meter. Jika kamu penyuka diving, maka kamu dapat melihat gunung ini yang datarannya berada di dalam air dengan kemiringan 5 hingga 30 meter. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Manado Tua adalah bulan Juli – Agustus.

  • Alamat : Pulau Manado Tua, Kota Manado, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang

5. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa merupakan gunung kecil dengan ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Bukan seperti gunung lainnya, kamu tak perlu mendaki untuk bisa menikmati pemandangan dari Gunung Tumpa. Kamu bisa mengakses Gunung Tumpa menggunakan kendaraan dengan medan yang cukup curam dan berkelok.

Gunung Tumpa merupakan hutan lindung yang ditumbuhi beragam jenis flora. Dari puncaknya, kamu dapat melihat pemandangan Kota Manado dari ketinggian, dari jauh terlihat Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen. Uniknya, kamu dapat menikmati matahari terbenam dan matahari terbit di tempat yang sama.

  • Alamat : Gunung Tumpa, Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

6. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak merupakan surganya pesona bawah laut yang ada di Sulawesi Utara setelah Bunaken. Taman Laut Tumbak secara administratif berada di Kabupaten Minahasa Tenggara. Waktu tempuh untuk bisa sampai sini dari Kota Manado kurang lebih 3 jam perjalanan jalur darat.

Taman Laut Tumbak memiliki pulau-pulau kecil berpasir putih dengan kekayaan alam bawah laut yang sangat memesona. Jika kamu tidak bisa berenang, tetap bisa menikmati keindahan Taman Laut Tumbak. Karena di sini kamu bisa menikmati pemandangan hamparan terumbu karang dari permukaan laut.

  • Alamat : Tumbak Madani, Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh

Pulau Lembeh merupakan salah satu pulau di Kota Bitung yang memiliki 92 diving spot. Pulau Lembeh dihuni lebih dari 300 famili binatang laut. Ada banyak hal yang bisa di-explore dari pulau ini. Selain pesona alam bawah laut yang sangat memukau, di sini terdapat Hutan Mangrove yang tak kalah memesona.

Pulau Lembeh merupakan kawasan konservasi terumbu karang. Pulau ini dapat diakses melalui jalur darat dari Kota Manado ke Kota Bitung dengan waktu kurang lebih 45 menit. Dari Pelabuhan Bitung, kamu hanya perlu menyeberang menggunakan kapal motor selama 15 menit.

  • Alamat : Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara. Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni dengan pasir putih yang membentang luas dan air laut yang sangat jernih. Tepi pantai Pulau Lihaga didominasi batu karang yang sangat memesona.

Pulau Lihaga kebersihannya sangat terjaga dan tidak dilengkapi dengan warung penjual makanan, sehingga kamu perlu mempersiapkan logistik yang cukup sebelum pergi ke pulau tak berpenghuni ini. Jika kamu suka dengan aktivitas bawah laut, maka perlu mencoba snorkeling atau diving di Pulau Lihaga.

  • Alamat : Gangga Satu, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp25.000/orang

9. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara

* sumber: jejakpiknik.com

Gunung Dua Saudara merupakan gunung kembar non-aktif yang berhadapan dengan kawasan cagar alam Tangkoko Batuangus. Gunung Dua Saudara merupakan gunung tertinggi di timur Gunung Klabat. Gunung Dua Saudara memiliki ketinggian 1.351 meter di atas permukaan laut.

Meski gunung ini tidak seterkenal gunung berapi lain di Indonesia, tetapi gunung ini menjadi salah satu favorit bagi para pendaki di Sulawesi Utara. Jalur pendakian Gunung Dua Saudara hanya bisa dilalui dari Kota Bitung dengan waktu pendakian kurang lebih 4 jam dengan medan yang cukup sulit.

  • Alamat : Kadoodan, Madidir, Kota Bitung, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp75.000

10. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Destinasi wisata yang satu ini, tentu sudah tidak asing didengar. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu taman wisata dengan pesona alam bawah laut yang sangat memukau. Taman Nasional Bunaken memiliki luas wilayah 89.065 hektare dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Taman Nasional Bunaken terditi dari gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang menyimpan pesona bawah laut yang sangat kaya. Taman Nasional Bunaken memiliki 13 karang hidup, serta 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini. Tak heran jika Taman Nasional Bunaken masuk ke dalam daftar diving spot terbaik di Indonesia.

  • Alamat : Bunaken, Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

Demikian ulasan 10 tempat wisata paling menarik di Sulawesi Utara. Ada gunung serta pulau yang memiliki berjuta keindahan alam bawah laut yang memesona. Bagaimana? Apakah tertarik untuk liburan ke Sulawesi Utara? Yuk, jadikan Sulut sebagai destinasi liburanmu selanjutnya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram