10 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Alam yang Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki jumlah penduduk terpadat dibandingkan dengan provinsi lainnya yang berada di Pulau Sumatera. Tak hanya Danau Toba dan Pulau Samosir, tempat wisata di Sumatera Utara memiliki beragam objek menarik lainnya. Provinsi ini memiliki paket wisata yang lengkap, dari alam, religi hingga budaya.

Jika kamu ingin mencari tempat wisata lain di Sumatera Utara yang juga tak kalah menariknya dari dua tempat wisata yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan kamu baca artikel berikut ini. Di sini akan dibahas 10 tempat wisata di Sumatera Utara untuk kamu yang memerlukan referensi tempat berlibur di provinsi ini.

1. Paropo

  • Alamat: Silahisabungan, Paropo I, Kab. Dairi, Sumatera Utara
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Hari kerja Rp10.000 dan akhir pekan menjadi Rp15.000
  • Parkir: Motor Rp5.000, Kalau menginap jadi Rp10.000

Pernah dengar Paropo sebelumnya? Katanya tempat wisata di Sumatera Utara ini layaknya Ranu Kumbolo. Paropo yang berada di tepian Danau Toba ini memang terkenal dan booming di antara para anak muda khususnya mereka yang rajin mengunggah foto di media sosial.

Paropo merupakan sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Silalahi Sabungan dan termasuk ke dalam Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Berlokasi di tepian Danau Toba, Paropo berada di tempat yang strategis sehingga jadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Sering disamakan dengan Ranu Kumbolonya, Paropo dikelilingi hijaunya perbukitan sehingga sangat mirip dengan objek wisata di Gunung Semeru, Jawa Timur tersebut. Tempat ini juga merupakan area favorit untuk berkemah bagi anak muda. Mereka bisa sambil mancing ikan di sini.

2. Bukit Lawang

Bukit Lawang
  • Alamat: Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Berada kira-kira 80 kilometer dari Medan, Bukit Lawang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Di tempat wisata di Sumatera Utara ini terdapat pepohonan yang hijau dan asri, serta udara yang sejuk. Cocok untuk sejenak rehat dari kepenatan kota besar. 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Lawang, seperti menikmati pemandangan, trekking, bersantai, juga melihat-lihat binatang khas seperti orang utan, gajah, badak, dan harimau. Ini karena di sini merupakan tempat untuk rehabilitasi orang utan juga flora dan fauna menarik lainnya. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan wisata tubing memakai ban. Bukit Lawang lokasinya dekat dengan Sungai Bahorok yang memiliki arus yang deras sehingga cocok untuk tubing.

3. Tangkahan

Tangkahan
  • Alamat: Namu Sialang, Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara 
  • Jam operasional: 08.30 – 16.30
  • HTM: Rp3.000/Orang
  • Telepon: 0813 702 11009

Tempat wisata di Sumatera Utara ini diidentikan dengan keindahan panorama hutan hujan tropis dan kerap disebut sebagai surga tersembunyi yang terletak di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Jarak tempuh Tangkahan dari Kota Medan sekitar 3 jam perjalanan. 

Luas Tangkahan sekitar 17.000 ha dan tempat ini adalah kawasan kegiatan konservasi. Gajah digunakan  untuk berpatroli melindungi TNGL. Pengunjung bisa ikut serta naik gajah menelusuri hutan. 


Di sini, terdapat beragam jenis flora dan fauna, air terjun dan gua, arung jeram, tempat berkemah, pemandian air panas, jalur trekking untuk berjalan kaki ataupun untuk menunggangi gajah Sumatera. Ada juga dua sungai yang membelah TNGL yakni Sungai Batang Serangan dan Sungai Buluh.

4. Teluk Dalam

Teluk Dalam
  • Alamat: Kabupaten Asahan, Nias Selatan, Sumatera Utara

Teluk Dalam merupakan sebuah kota yang terletak di ujung Selatan Pulau Nias. Tempat wisata di Sumatera Utara ini adalah pintu masuk untuk peselancar dunia yang berdatangan untuk berselancar pada musim tertentu.

Daerah ini mempunyai banyak pantai yang indah, contohnya Pantai Lagundri serta Pantai Sorake. Kedua pantai ini jadi primadona peselancar dunia karena memiliki gulungan ombak yang tinggi sempurna setara dengan yang ada di Hawaii.

Desa-desa yang terletak di sekitar Teluk Dalam ada yang masih mempunyai tradisi dan arsitektur Nias, seperti Desa Bawomataluo. Gaya rumah di desa ini mempunyai arsitektur rumah adat Nias yang disebut dengan Omo Nifolasara yang usianya sudah ratusan tahun.

5. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

  • Alamat: Desa Dolok Tinggi Raja, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara
  • Jam operasional: setiap hari selama 24 jam
  • HTM: Gratis, uang parkir Rp5.000

Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah sebuah kawasan bukit kapur yang memiliki warna unik. Tempat wisata di Sumatera Utara ini mirip dengan danau dan mempunyai warna tanah yang unik yakni bewarna putih hingga tampak seperti salju. 

Tak hanya itu, terdapat sebuah danau air panas di tengah-tengah kawasan ini. Air danau tersebut berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan tempat wisata yang belum banyak dikenal orang, tapi sangat menarik untuk dikunjungi. 

6. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri
  • Alamat : Desa Botohilitano, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Untuk mereka yang senang dengan olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri merupakan tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi. Kedua pantai tersebut sudah dinobatkan jadi tempat berselancar terbaik di dunia. 

Kedua pantai ini tak jarang dijadikan sebagai lokasi untuk kejuaraan berselancar tingkat nasional juga internasional, seperti Nias Open. Memiliki gulungan ombak yang panjang menjadikan aksi berselancar tambah menantang. 

Pantai ini memiliki ketinggian ombak yang cukup tinggi sampai mencapai 7–10 m dikarenakan posisinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Para peselancar yang datang umumnya berasal dari bermacam negara. Tempat ini biasa dikunjungi sekitar bulan April sampai September.

7. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Sumber: https://www.instagram.com/p/B69aCHeAlmk/
  • Alamat: Kuta Gugung, Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara 
  • Jam operasional: Senin – Minggu, 06.00 – 00.00
  • HTM: Rp4.000 

Pernah mendengar tempat wisata di Sumatera Utara yang bernama Danau Lau Kawar? Danau ini terletak di kaki Gunung Sinabung ini. Tempat wisata ini lokasinya ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram