10 Destinasi Wisata di Sumba untuk Liburan yang Berkesan

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 18 Februari 2021

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Provinsi yang terdiri dari pulau-pulau cantik di timur Indonesia ini wajib dikunjungi oleh traveler mulai dari Flores, Sumba, Sabu, Timor, Rote, hingga Alor. Ada banyak hal yang bisa kamu eksplor di sini. Tak hanya alamnya saja, tetapi budayanya pun sangat menarik untuk dipelajari.

Sumba menjadi salah satu pulau yang saat ini sedang banyak diminati wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Sumba terdiri dari empat kabupaten, diantaranya ada Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya. Mau tahu apa saja destinasi wisata di Sumba? Yuk, simak informasi tentang 10 destinasi wisata di Sumba!

1. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak

* sumber: www.befreetour.com

Liburan ke Sumba, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah pantai. Sumba memiliki banyak pantai yang cantik dan masih belum terjamah wisatawan. Salah satunya Pantai Mandorak yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pantai Mandorak memiliki pasir putih yang bersih dan tampak berkilauan bagai mutiara. Terdapat dua batu karang yang menutupi sebagian laut yang membatasi tepi pantai dengan laut lepas. Membuat pantai ini aman untuk bermain air dan berenang karena ombaknya relatif tenang.

  • Alamat : Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : -

2. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

* sumber: dolanyok.com

Sumba dikenal memiliki air terjun tersembunyi yang begitu cantik. Salah satunya Air Terjun Tanggedu. Air teterjun ini berada di Kabupaten Sumba Timur. Berjarak sekitar 46 km dari pusat kota Waingapu, kamu harus menempuh waktu selama 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Desa Tanggedu.

Setibanya di Desa Tanggedu, perjalanan belum berakhir karena harus melanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 – 45 menit dengan medan yang cukup menantang. Setelah lelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, tibalah saatnya menikmati indahnya dan segarnya Air Terjun Tanggedu.

  • Alamat : Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding

* sumber: www.indonesiakaya.com

Jika bicara soal destinasi wisata di Sumba, pasti bukit-bukit cantik nan memesona tak lepas dari daftar destinasi yang wajib dikunjungi. Ada Bukit Wairinding yang terletak di Kabupaten Sumba Timur. Kalau kamu baru tiba di Sumba dari Pelabuhan atau Bandara Waingapu, bisa langsung kunjungi bukit ini.

Bukit Wairinding dapat ditempuh dari pusat kota Waingapu selama 30 menit. Terdapat hamparan savana yang memesona, dengan warna hijau saat musim penghujan, atau kecokelatan saat masuk musim kemarau. Di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan adik-adik dari Sumba Timur yang akan dengan ramah menyapa setiap wisatawan.

  • Alamat : Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-3714-4255

4. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Wisata pantai di Sumba, takkan habisnya untuk dieksplor. Di sini, terdapat sebuah pantai yang masuk ke dalam daftar pantai terbaik di dunia. Namanya Pantai Nihiwatu. Destinasi wisata yang satu ini masuk ke dalam wilayah Sumba Barat dan lokasinya cukup sulit untuk dijangkau. Namun sekarang Pantai Nihiwatu sudah banyak dikenal karena memiliki resort mewah.

Pantai yang memesona ini dikelola oleh Resort Nihiwatu, dan hanya bisa dikunjungi oleh tamu dari resort tersebut. Jadi, ketika mengunjungi pantai ini akan lebih eksklusif dan serasa pantai milik pribadi. Jika ingin menikmati Pantai Nihiwatu, maka kamu harus memesan kamar di Resort Nihiwatu yang menjadi salah satu resort terbaik di Indonesia.

  • Alamat : Hoba Wawi, Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0822-2147-7093

5. Danau Weekuri

Danau Weekuri

* sumber: www.pegipegi.com

Bukan Sumba namanya kalau tidak menyimpan wisata yang unik. Danau Weekuri merupakan salah satu destinasi wisata unik di Indonesia, khususnya di Sumba. Kandungan air yang ada di danau ini memiliki rasa asin dan payau. Itu karena Danau Weekuri merupakan laguna yang letaknya bersebelahan dengan laut, dan hanya dibatasi gugusan batu karang.

Danau Weekuri memiliki sumber air yang membuat warna air danau kebiruan dengan gradasi yang bervariasi. Danau Weekuri memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, jadi aman digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air. Kamu juga bisa menikmati indahnya Danau Weekuri dari puncak bukit.

  • Alamat : Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

* sumber: wisato.id

Suka menikmati sunset di pantai? Jika iya, kamu wajib mengunjungi Pantai Walakiri yang memiliki pemandangan sunset yang sangat unik. Pantai yang berada tak jauh dari pemukiman warga ini dihiasi oleh pohon mangrove pada bagian ujung pantainya, dan pada sisi lainnya terdapat dua jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir tepi pantai dan pasir dari laut yang surut.

Pohon Mangrove yang menyebar di beberapa titik menjadi pemanis ketika menikmati sunset di Pantai Walakiri. Spot sunset yang satu ini takkan kamu temukan di pantai lainnya di Indonesia. Tak heran kalau Pantai Walakiri selalu menjadi incaran bagi wisatawan.

  • Alamat : Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/mobil, Rp5.000/motor

7. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

* sumber: blog.vokamo.com

Selain Air Terjun Tanggedu, ada juga Air Terjun Lapopu yang menjadi salah satu air terjun eksotis di Pulau Sumba. Air terjun ini merupakan air terjun berundak yang aliran airnya berasal dari tebing setinggi 90 meter. Tempat ini dapat dibilang masih sangat alami karena lokasinya cukup tersembunyi.

Perjalanan menuju Air Terjun Lapopu dapat ditempuh dari Waikabubak selama 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dengan jalur menurun dan melewati sebuah jembatan yang sedikit rapuh. Setibanya di lokasi, kamu akan disambut dengan cantik dan segarnya Air Terjun Lapopu.

  • Alamat : Manurara, Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp.5000
  • Kontak : 0822-2147-7093

8. Pantai Mbawana

Pantai Mbawana

* sumber: www.pegipegi.com

Satu lagi pantai unik di Sumba yang tak boleh kamu lewatkan. Pantai Mbawana memiliki tebing tinggi yang membentuk semacam gapura laut. Pantai berpasir putih ini nampak memesona dengan adanya batu karang di tepi pantai yang berdiri kokoh.

Pantai Mbawana menjadi salah satu spot foto terbaik untuk menikmati sunset di Sumba. Jika kamu suka dengan aktivitas surfing, wajib mencoba sensasi bermain ombak di Pantai Mbawana. Kalau ingin menikmati pemandangan dari sisi yang lain, bisa naik ke atas bukit di tepi pantai dan melihat pemandangan dari ketinggian.

  • Alamat : Panenggo Ede, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

9. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro

Tak hanya Flores yang memiliki kampung adat, di Sumba ada Kampung Adat Ratenggaro yang memiliki banyak keunikan. Kampung adat ini beradat tempat di tepi pantai yang sering disebut Pantai Ratenggaro. Bangunan di Kampung Adat Ratenggaro memiliki atap berbentuk kerucut menyerupai topi yang cukup tinggi.

Ratenggaro memiliki dua makna. Dimana “Rate” berarti kuburan, dan “Garo” merupakan penduduk pertama yang tinggal di desa ini. Desa Ratenggaro dulunya diperebutkan, dan akhirnya dimenangkan oleh Suku Garo. Korban yang jatuh saat perebutan desa, dimakamkan di Kampung Adat Ratenggaro dengan bentuk segi empat seperti meja.

  • Alamat : Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0813-3972-2170

10. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara

Tak hanya Bukit Wairinding, ada pula Bukit Tanarara yang tak kalah tenarnya. Bukit Tanarara merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Sumba. Di sini terdapat pemandangan savana berundak yang sangat cantik dan memesona.

Bukit Tanarara bisa dieksplor menggunakan kendaraan bermotor. Jika kamu memiliki drone, memotret pemandangan dari ketinggian akan lebih menarik karena kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan bukit yang indah sejauh mata memandang.

  • Alamat : Katiku Luku, Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian informasi tentang 10 tempat wisata di Sumba yang wajib kamu kunjungi. Pesona Nusa Tenggara Timur tak pernah ada habisnya untuk dieksplor. Kekayaan bawah laut, bukit, gunung, budaya, dan sejarahnya mampu memikat wisatawan untuk berkunjung. Jadi, pastikan Sumba masuk ke dalam daftar destinasi liburanmu berikutnya, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram