Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bosan jalan-jalan ke mall? Di Surabaya tidak hanya tersedia pusat perbelanjaan modern saja, lho. Ada beberapa pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak main-main, tempat wisata yang dihadirkan oleh ibu kota Jawa Timur ini benar-benar beragam dan unik.

Jadi, ketika berkunjung ke Surabaya kamu tidak harus selalu nongkrong di mall. Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Surabaya. Keluyuran telah merangkum daftar tempat wisata di Surabaya yang wajib banget kamu kunjungi!

1. Kebun Binatang Surabaya

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 1

* sumber: www.topwisata.info

Kunjunganmu ke Surabaya rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Apalagi di depan kebun binatang terdapat sebuah patung yang menjadi landmark Surabaya, yakni ikan sura dan buaya. Jadi, saat mampir ke sini kamu bisa sekaligus berfoto dengan background patung tersebut.

Di kebun binatang seluas 15 hektare ini kamu bisa menemukan lebih dari 300 spesies satwa di dalamnya. Maklum saja, KBS memang pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara.

Suasana kebun binatang ini juga sangat asri karena banyak pohon-pohon rindang yang menaungi lokasinya. Kamu dapat berjalan-jalan santai sambil melihat koleksi satwa KBS ini tanpa perlu kepanasan.

  • Alamat: Jl. Setail No. 1, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya
  • Telepon: (031) 5678703
  • Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 08:00 – 16:00 & Sabtu-Minggu pukul 07:30 – 16:30
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang. Harga belum termasuk biaya untuk naik wahana di dalamnya.

2. Hutan Bambu Keputih

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 2

* sumber: anekatempatwisata.com

Jika Hutan Bambu Arashiyama di Kyoto, Jepang, terlalu jauh. Kamu masih bisa menikmati keindahan hutan bambu di Surabaya kok, tepatnya di bagian timur Surabaya. Pemandangan hutan bambu ini begitu mempesona. Bahkan, rimbunnya pohon-pohon bambu mampu menghalangi sinar matahari sehingga di dalam hutan terasa lebih adem.

Hutan Bambu Keputih sendiri biasa dijadikan tempat piknik atau hunting foto. Tak jauh dari hutan bambu terdapat Taman Harmoni yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik. Di taman tersebut juga ada spot berisi batu-batu yang bisa dijadikan sebagai tempat pijat refleksi alami.

  • Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Gratis

3. Kenjeran Park (Kenpark)

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 3

*Sumber: https://www.instagram.com/raffirizkiillahi/

Surabaya memilih sejumlah tempat wisata yang tergolong Instagenic, salah satunya adalah Kenjeran Park. Taman wisata yang berada di tepi laut ini menyediakan berbagai spot menarik, mulai dari Pagoda Tian Ti, Patung Buddha Empat Wajah, sampai dengan Patung Dewi Kwan Im dan Dua Naga.

Banyaknya patung-patung khas umat Buddha di sini dikarenakan adanya sebuah tempat ibadah, Klenteng Sanggar Agung, yang memang berdiri di kawasan Kenpark. Meskipun demikian, pengunjung Kenpark berasal dari berbagai agama, lho.

  • Alamat: Jl. Sukolilo No. 100, Surabaya
  • Telepon: (031) 3816133
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

4. Ciputra Waterpark

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 4

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/adisetiawan/1701245626

Ingin mengajak anak-anak berwisata? Selain kebun binatang, Surabaya juga punya taman bermain air yang sangat besar, yakni Ciputra Waterpark. Ada begitu banyak wahana permainan yang tersedia di taman wisata air terbesar di Asia Tenggara ini, mulai dari Sinbad Playground, Sirens River, Marina Lagoon, dan masih banyak lagi.

Tak hanya untuk anak-anak saja, Ciputra Waterpark juga dibuka untuk orang dewasa. Meskipun kamu tidak membawa anak-anak kemari, kamu tetap bisa have fun mencoba berbagai wahana yang tersedia.

  • Alamat: Waterpark Boulevard Kav 1, CitraLand, Surabaya
  • Telepon: (031) 7441155
  • Jam Operasional: Selasa-Jumat pukul 13:00 – 19:00 & Sabtu-Minggu pukul 10:00 – 19:00
  • Harga Tiket: Rp 110.000/orang (Selasa-Jumat) & Rp 130.000 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

5. Surabaya North Quay

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 5

* sumber: www.fraunesia.com

Yuk, berwisata ke Tanjung Perak. Di pelabuhan tersebut ada sebuah gedung yang dibangun sebagai tempat wisata, namanya Surabaya North Quay. Di tempat ini kamu bisa melihat aktivitas kapal-kapal di Tanjung Perak. Bahkan, jika beruntung kamu bisa melihat kapal pesiar yang sedang berlabuh di sini.

Fasilitas yang tersedia di Surabaya North Quay terbilang cukup lengkap, ada payung peneduh, mushola, sampai cafetaria di dalamnya. Desain interior Surabaya North Quay tampak sangat modern seperti bandara-bandara internasional. Kamu pasti tidak akan menyesal telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini.

  • Alamat: Perak Utara, Kec. Pabean Cantian, Surabaya
  • Telepon: (031) 3568050
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu pukul 11:00 – 20:00
  • Harga Tiket: Gratis

6. Monumen Kapal Selam

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 6

* sumber: familyhomestaybaroe.blogspot.com

Sudah pernah merasakan sensasi masuk ke dalam kapal selam? Kalau belum, kunjungi Monumen Kapal Selam yang ada di Surabaya. Kamu bisa mencoba masuk ke dalam kapal selam KRI Pasopati 410. Kapal selam ini memiliki sejarah terlibat Pertempuran Laut Aru saat membebaskan Irian Barat dari kependudukan Belanda.

KRI Pasopati 410 ini berfungsi sebagai museum. Di bagian dalam kapal juga terdapat ruang audio visual yang menayangkan dokumenter sejarah kapal selam. Di sekitar Monumen Kapal Selam ini juga ada Skate & BMX Park, replika patung sura dan baya, serta pusat perbelanjaan Surabaya Plaza.

  • Alamat: Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya
  • Telepon: (031) 5490410
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 21:00
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang

7. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 7

* sumber: www.windarsblog.com

Kawasan hutan mangrove di Surabaya ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang wajib untuk dikunjungi. Lokasinya luas, rindang, dan aman bahkan ketika air laut sedang pasang. Terdapat sejumlah spot swafoto yang pasti bakal membuat feed Instagram-mu jadi lebih menarik.

Untuk berkeliling hutan mangrove kamu bisa melalui track yang memang dibuat untuk mempermudah pengunjung. Ada juga kapal dan speed boat yang disewakan jika kamu dan rombongan ingin menyusuri hutan ini dari perairan.

  • Alamat: Jl. Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya
  • Telepon: (031) 8796880
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
  • Harga Tiket: Rp 25.000/orang

8. Suroboyo Carnival Park

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 8

* sumber: www.satuwisata.com

Surabaya memiliki sebuah theme park yang cukup besar, yakni Surboyo Carnival Park (SCP). Taman hiburan yang hanya buka pada sore sampai malam hari ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, SCP menyediakan beragam wahana yang seru dan menarik, seperti Happy Sky, Tea Cup, Sea Horse, Glow In the Park, Frog Hopper, dan masih banyak yang lainnya.

Pengunjung SCP akan semakin membludak pada akhir pekan dan libur nasional. Di tempat ini juga disediakan tiket terusan maupun tiket masuk yang dijual terpisah dengan tiket wahananya. Kalau kamu ingin puas bermain di SCP, sangat disarankan untuk membeli tiket terusan.

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 333, Surabaya
  • Telepon: (031) 8483131
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 15:00 – 23:00
  • Harga Tiket: Senin-Kamis Rp 20.000/orang (tiket masuk saja) dan Rp 60.000/orang (tiket terusan) & Jumat-Minggu Rp 25.000/orang (tiket masuk saja) dan Rp 70.000/orang (tiket terusan)

9. House of Sampoerna

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 9

* sumber: yukpigi.com

Wisata tak harus selalu melulu berkunjung ke tempat wisata alam maupun pusat perbelanjaan. Di Surabaya ada sebuah bangunan yang disulap menjadi museum. Ya, House of Sampoerna ini bukan museum biasa karena sangat entertaining.

Selain memiliki berbagai koleksi barang antik yang sangat bernilai, House of Sampoerna juga memberikan informasi mengenai sejarah rokok di Indonesia. Di dalam bangunan House of Sampoerna tersedia pula toko cendera mata dan restoran.

  • Alamat: Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Surabaya
  • Telepon: (031) 3539000
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 18:00
  • Harga Tiket: Gratis

10. Museum Surabaya

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini! 10

* sumber: kerjasama.surabaya.go.id

Berada di pusat Kota Surabaya, Museum Surabaya ini adalah tempat wisata sejarah yang sangat informatif. Museum ini memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kota tersebut. Uniknya, ada juga beberapa benda milik pemerintahan Belanda sampai dengan walikota saat ini.

Kalau kamu ingin tahu lebih dalam seputar Surabaya, museum yang satu ini memang wajib banget dikunjungi. Dari museum ini, kamu bisa berjalan-jalan di kawasan Jalan Tunjungan atau Tunjungan Plaza yang lokasinya memang sangat dekat.

  • Alamat: Jl. Tunjungan No.1, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu pukul 09:00 – 21:00
  • Harga Tiket: Gratis

Berminat untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata keren di Surabaya ini? Yuk, segera rencanakan perjalananmu ke Surabaya. Kalau kamu baru memiliki waktu senggang di malam hari, kunjungi artikel tempat wisata malam di Surabaya ini untuk mendapatkan rekomendasi tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *