Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Tempat Wisata di Surabaya Ini!

Ditulis oleh Linda

Bosan jalan-jalan ke mall? Di Surabaya tidak hanya tersedia pusat perbelanjaan modern saja, lho. Ada beberapa pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak main-main, tempat wisata yang dihadirkan oleh ibu kota Jawa Timur ini benar-benar beragam dan unik.

Jadi, ketika berkunjung ke Surabaya kamu tidak harus selalu nongkrong di mall. Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Surabaya. Keluyuran telah merangkum daftar tempat wisata di Surabaya yang wajib banget kamu kunjungi!

1. Kebun Binatang Surabaya

* sumber: www.topwisata.info

Kunjunganmu ke Surabaya rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Apalagi di depan kebun binatang terdapat sebuah patung yang menjadi landmark Surabaya, yakni ikan sura dan buaya. Jadi, saat mampir ke sini kamu bisa sekaligus berfoto dengan background patung tersebut.

Di kebun binatang seluas 15 hektare ini kamu bisa menemukan lebih dari 300 spesies satwa di dalamnya. Maklum saja, KBS memang pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara.

Suasana kebun binatang ini juga sangat asri karena banyak pohon-pohon rindang yang menaungi lokasinya. Kamu dapat berjalan-jalan santai sambil melihat koleksi satwa KBS ini tanpa perlu kepanasan.

  • Alamat: Jl. Setail No. 1, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya
  • Telepon: (031) 5678703
  • Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 08:00 – 16:00 & Sabtu-Minggu pukul 07:30 – 16:30
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang. Harga belum termasuk biaya untuk naik wahana di dalamnya.

2. Hutan Bambu Keputih

* sumber: anekatempatwisata.com

Jika Hutan Bambu Arashiyama di Kyoto, Jepang, terlalu jauh. Kamu masih bisa menikmati keindahan hutan bambu di Surabaya kok, tepatnya di bagian timur Surabaya. Pemandangan hutan bambu ini begitu mempesona. Bahkan, rimbunnya pohon-pohon bambu mampu menghalangi sinar matahari sehingga di dalam hutan terasa lebih adem.

Hutan Bambu Keputih sendiri biasa dijadikan tempat piknik atau hunting foto. Tak jauh dari hutan bambu terdapat Taman Harmoni yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik. Di taman tersebut juga ada spot berisi batu-batu yang bisa dijadikan sebagai tempat pijat refleksi alami.

  • Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Gratis

3. Kenjeran Park (Kenpark)

*Sumber: https://www.instagram.com/raffirizkiillahi/

Surabaya memilih sejumlah tempat wisata yang tergolong Instagenic, salah satunya adalah Kenjeran Park. Taman wisata yang berada di tepi laut ini menyediakan berbagai spot menarik, mulai dari Pagoda Tian Ti, Patung Buddha Empat Wajah, sampai dengan Patung Dewi Kwan Im dan Dua Naga.

Banyaknya patung-patung khas umat Buddha di sini dikarenakan adanya sebuah tempat ibadah, Klenteng Sanggar Agung, yang memang berdiri di kawasan Kenpark. Meskipun demikian, pengunjung Kenpark berasal dari berbagai agama, lho.

  • Alamat: Jl. Sukolilo No. 100, Surabaya
  • Telepon: (031) 3816133
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

4. Ciputra Waterpark

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/adisetiawan/1701245626

Ingin mengajak anak-anak berwisata? Selain kebun binatang, Surabaya juga punya taman bermain air yang sangat besar, yakni Ciputra Waterpark. Ada begitu banyak wahana permainan yang tersedia di taman wisata air terbesar di Asia Tenggara ini, mulai dari Sinbad Playground, Sirens River, Marina Lagoon, dan masih banyak lagi.


Tak hanya untuk anak-anak saja, Ciputra Waterpark juga dibuka untuk orang dewasa. Meskipun kamu tidak membawa anak-anak kemari, kamu tetap bisa have fun mencoba berbagai wahana yang tersedia.

  • Alamat: Waterpark Boulevard Kav 1, CitraLand, Surabaya
  • Telepon: (031) 7441155
  • Jam Operasional: Selasa-Jumat pukul 13:00 – 19:00 & Sabtu-Minggu pukul 10:00 – 19:00
  • Harga Tiket: Rp 110.000/orang (Selasa-Jumat) & Rp 130.000 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

5. Surabaya North Quay

* sumber: www.fraunesia.com

Yuk, berwisata ke Tanjung Perak. Di pelabuhan tersebut ada sebuah gedung yang dibangun sebagai tempat wisata, namanya Surabaya North Quay. Di tempat ini kamu bisa melihat aktivitas kapal-kapal di Tanjung Perak. Bahkan, jika beruntung kamu bisa melihat kapal pesiar yang sedang berlabuh di sini.

Fasilitas yang tersedia di Surabaya North Quay terbilang cukup lengkap, ada payung peneduh, mushola, sampai cafetaria di dalamnya. Desain interior Surabaya North Quay tampak sangat modern seperti bandara-bandara internasional. Kamu pasti tidak akan menyesal telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini.

  • Alamat: Perak Utara, Kec. Pabean Cantian, Surabaya
  • Telepon: (031) 3568050
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu pukul 11:00 – 20:00
  • Harga Tiket: Gratis

6. Monumen Kapal Selam

* sumber: familyhomestaybaroe.blogspot.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram