Keluyuran / Asia / 10 Tempat Wisata di Taiwan yang Menarik Untuk Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Taiwan yang Menarik Untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2019

Taiwan adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Timur. Negara yang beribu kota Taipei ini terkenal di dunia karena sejumlah produk teknologinya yang berkualitas tinggi. Asus, produsen HP dan laptop yang sangat populer di Indonesia dan negara lainnya adalah salah satu brand yang berasal dari Taiwan.

Taiwan juga merupakan salah satu negara Asia yang paling banyak dikunjungi wisatawan dunia. Pada tahun 2008 saja negara ini menerima lebih dari 11 juta kunjungan internasional yang datang mengunjungi berbagai tempat wisata di sana. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Taiwan yang menarik dan populer.

1. Taipei 101

Menara Taipei 101

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/sese87/

Taipei 101 merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia yang berdiri megah setinggi 508 meter di Distrik Xinyi, Taipei. Meskipun sebagian besar tata letak menara didedikasikan untuk ruang kantor, tetapi beberapa lantai dibuka untuk umum dan dirancang secara khusus untuk keperluan pariwisata.

Di lantai 91 gedung ini terdapat dek observasi yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota Taipei 360 derajat yang menakjubkan. Di sana juga Anda bisa mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan dengan beragam butik mode dan beberapa restoran. Taipei 101 adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Taiwan yang mesti Anda kunjungi.

  • Alamat: 110, Taiwan, Taipei City, Xinyi District, Section 5, Xinyi Road, 7號89樓/110樓
  • Jam buka: Setiap hari (09:00 – 22:00)
  • Telepon: +886 2 8101 8898

2. Museum Istana Nasional

Museum Istana Nasional

* sumber: commons.wikimedia.org

Kurang lengkap rasanya jika pergi ke sebuah negara tanpa mengunjungi museum nasionalnya. Oleh karena itu, Museum Istana Nasional harus ada dalam daftar perjalanan Anda saat hendak liburan ke Taiwan.

Koleksi Museum Istana Nasional meliputi artefak-artefak yang dikumpulkan dari berbagai dinasti, seperti Dinasti Song, Yuan, Ming dan Qing. Museum yang dibangun dengan gaya arsitektur istana khas Tiongkok ini menyediakan tour audio pameran dalam sejumlah bahasa, termasuk Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea.

  • Alamat: No. 221, Sec 2, Zhi Shan Rd, Shilin District, Taipei City, Taiwan 111
  • Jam buka: Minggu – Kamis (08:30 – 18:30), Jum’at dan Sabtu (08:30 – 21:00)
  • Telepon: +886 2 2881 2021

3. Danau Matahari Bulan

Danau Matahari Bulan

* sumber: pixabay.com

Danau Matahari Bulan menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau. Di tempat wisata yang satu ini Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi keindahan danau atau bersepeda di sekelilingnya. Danau ini cocok dikunjungi ketika Anda sudah selesai melakukan tour di dalam kota yang sangat sibuk.

Di sekitar danau juga tersedia berbagai pilihan akomodasi yang nyaman, sehingga Anda bisa tinggal di kawasan wisata ini selama beberapa hari. Selain itu di sana juga terdapat kereta gantung yang akan membawa Anda ke Desa Budaya Aborigin Formosa yang sangat menarik untuk dijelajahi.

  • Alamat: Yuchi, Kabupaten Nantou, Taiwan
  • Jam buka: –
  • Telepon: –

4. Taman Nasional Taroko

Taman Nasional Taroko

* sumber: en.wikipedia.org

Taman Nasional Taroko yang didirikan pada tahun 1980 ini menampilkan salah satu lanskap terbaik di Taiwan. Di sana pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan alam yang menyenangkan, termasuk rafting, menyusuri reruntuhan Tupido Tribe Trail, menikmati pemandangan spektakuler daripada Tunnel of Nine Turns, dan lain sebagainya.

Beberapa atraksi memukau yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Bridge of the Kind Mother, Eternal Spring Shrine, Baiyang Waterfalls Trail, Lioufang Chiao Bridge, dan Shakadang Trail. Anda juga dapat menyaksikan tradisi lokal dan bertemu penduduk setempat dalam Festival Musik Taroko yang dirayakan setiap tahun.

  • Alamat: 972, Taiwan, Hualien County, Xiulin Township, 富世291號
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)
  • Telepon: +886 3 862 1100

5. Taman Nasional Yushan

Taman Nasional Yushan

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah tempat wisata alam lainnya yang mesti Anda kunjungi saat sedang liburan di Taiwan. Dinamai berdasarkan puncak tertingginya, Taman Nasional Yushan dibagi menjadi dua area, yaitu Zona Rekreasi, yang terbuka untuk semua pengunjung, dan Zona Lindung, sebuah area terbatas bagi mereka yang memiliki izin (dapat diperoleh melalui situs web taman di sini).

Di dalam kawasan ini Anda dapat mengunjungi Kuil Dewa Gunung, hutan cemara dan beberapa jalur hiking termasuk Batongguan Crossing Trail yang telah ada sejak masa pendudukan Jepang. Puncak Gunung Yushan juga adalah lokasi yang populer untuk pendakian, hanya saja Anda harus membawa perlengkapan panjat sendiri.

  • Alamat: No. 515, Section 1, Zhongshan Road, Shuili Township, Nantou County, Taiwan 553
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)
  • Telepon: +886 49 2773121

6. Candi Longshan

Candi Longshan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/tomasfano/

Candi yang dibangun pada masa Dinasti Qing pada abad ke-17 ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Taiwan. Nama candi ini diambil dari kata “lung” atau “long” yang berarti naga. Oleh karena itu, Candi Longshan ini dihiasi dengan sejumlah pahatan naga.

Di candi ini juga terdapat dua patung naga yang menjaga plaza tengah, satu di setiap sisinya. Selain itu, candi ini juga dikelilingi oleh toko-toko yang menjual barang-barang agama Buddha, obat-obatan Tiongkok, dan berbagai barang antik.

  • Alamat: No. 211, Guangzhou Street, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 10853
  • Jam buka: Setiap hari (18:00 – 22:00)
  • Telepon: +886 2 2302 5162

7. Alishan Scenic Mountain Area

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/a931386/

Tempat yang sangat indah ini menawarkan pemandangan alam pegunungan yang spektakuler. Di Alishan Scenic Mountain Area Anda bisa menyaksikan lebih dari 20 gunung yang menjulang setinggi 2000 mdpl bahkan lebih. Anda juga dapat menjelajahi perbukitan, lembah, air terjun, dan hutan-hutan yang menyegarkan.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati Alishan Scenic Mountain Area adalah dengan naik Kereta Api Hutan Alishan yang meliuk-liuk melintasi hutan dan di sepanjang lereng gunung sebelum berhenti di Fenqihu, sebuah desa yang indah dengan reruntuhan kuil Shinto.

  • Alamat: No.51, Checheng, Fanlu Township, Chiayi County 602, Taiwan
  • Jam buka: –
  • Telepon: +886-5-2593900

8. Gondola Maokong

Gondola Maokong

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/princeroy/

Maokong dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Taipei untuk menikmati secangkir teh. Di sana terdapat layanan gondola yang menghubungkan Maokong dengan Kebun Binatang Taipei. Selain melakukan perjalanan yang mendebarkan, dari atas gondola tersebut juga Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah.

Gondola Maokong yang memiliki 6 stasiun dan panjang garis 4,03 km ini menawarkan dua layanan kabin pengangkut yang berbeda, yaitu kabin reguler yang dapat diisi oleh 8 penumpang dan kabin khusus untuk lima penumpang. Pernah ditutup pada tahun 2008, Gondola Maokong beroperasi kembali pada tahun 2010.

  • Alamat: Muzha, Taipei City, 116, Taiwan
  • Jam buka: Setiap hari (jam bervariasi, mulai dari 08:30 – 22:00)
  • Telepon: –

9. Pagoda Naga dan Harimau

Pagoda Naga dan Harimau

* sumber: commons.wikimedia.org

Pagoda Naga dan Harimau adalah salah satu atraksi paling populer di kota pelabuhan Kaohsiung. Tempat ini terletak di tepi Danau Lotus di sebuah kawasan yang indah di jantung kota Kaohsiung. Anda bisa memasuki Pagoda Naga dan Harimau melalui mulut naga dan harimau serta dapat menikmati pemandangan danau dari atas setiap menara.

Kaohsiung juga memiliki banyak tempat wisata terkenal lainnya yang menarik untuk dijelajahi, seperti Teluk Xiziwan, Sungai Cinta, Gunung Shoushan, dan Kota Tua Zuoying. Di kota ini Anda dapat menikmati pemandangan laut, sungai, dan gunung, baik dengan cara bersepeda, hiking, dan berkemah.

  • Alamat: No. 9號, Liantan Road, Zuoying District, Kaohsiung City, Taiwan 813
  • Jam buka: –
  • Telepon: +886 7 581 9286

10. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

* sumber: pixabay.com

Di Taiwan juga terdapat kampung pelangi yang telah ada sejak lama. Lingkungan yang penuh warna ini digagas oleh seorang mantan tentara yang bernama Huang Yung-Fu. Hal itu ia lakukan karena desa bekas militer tempat ia tinggal terasa cukup membosankan. Kampung pelangi ala Taiwan ini mesti ada dalam daftar perjalanan Anda karena sangat menarik untuk dijelajahi.

  • Alamat: 408, Taiwan, Taichung City, Nantun District, 春安路56巷25號
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 18:00)
  • Telepon: +886 4 2380 2351

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Taiwan yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempat-tempat di atas, Taiwan juga memiliki banyak objek wisata populer lainnya yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar