10 Tempat Wisata di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu kota terbesar di provinsi Banten ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Tangerang tidak hanya identik dengan daerah elitnya yang membuat kota ini ramai dengan banyak pendatang. Selain memiliki banyak mall besar, Tangerang juga memiliki banyak tempat yang asyik dan seru untuk dikunjungi.

Kota yang dekat dengan Jakarta ini memiliki beberapa tempat wisata menarik yang banyak digemari wisatawan. Bagi kamu yang sedang berada di Tangerang tapi bingung mau jalan-jalan kemana, yuk kunjungi beberapa tempat wisata di Tangerang berikut ini.

1. Arumdalu Farm

Arumdalu Farm (Copy)

*

Taman bunga matahari menjadi salah satu tempat wisata yang banyak digemari akhir-akhir ini. Nah, jika kamu sedang berada di Tangerang jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Arumdalu Farm. Tempat wisata ini berada di lokasi yang sangat strategis, tepat berada di dalam Scintia Square Park Serpong, Tangerang.

Tempat wisata yang instagramable ini dijamin akan membuat kamu betah dengan pemandangannya yang menarik. Disana teradapat banyak spot foto menarik yang bisa kamu manfaatkan. Spot foto favorit adalah di depan Prefabricated Building yang berbentuk segitiga dengan pemandangan taman bunga matahari yang luas. Menariknya, saat membayar tiket masuk kamu akan mendapatkan 1 cup teh dengan berbagai pilihan rasa.

  • Alamat: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec, Kelapa Dua, Tangerang, Banten
  • Telepon: 085974971642
  • Jam buka: 10:00 – 17:00 WIB (weekday), 07:00 – 19:00 WIB (Weekend)
  • Harga: Rp20.000 per orang

2. Branchsto Equestrian Park

Branchsto Equestrian Park (Copy)

Branchsto Equestrian Park adalah tempat wisata peternakan kuda dan kuliner. Sesuai dengan nama Branchsto yang dipadukan dari kata “Ranch” yang berarti peternakan dan “Resto” yang berarti tempat makan. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikujungi oleh anak-anak sekaligus sebagai wisata edukasi. Di tempat ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru mulai dari menunggang kuda besar, menungggang kuda pony, memanah, mobil ATV, logtrain, dan memberi makan kuda.

Harga tiket masuk tempat wisata ini gratis, kamu hanya tinggal membayar tiket wahana yang kamu inginkan. Soal makanannya, di tempat wisata ini didominasi oleh makanan western ala cowboy seperti nachos, crispy dori, daging giling, dan lain-lain.

  • Alamat: Jl. BSD Raya Barat, Pagedagan, Kec. Serpong, Tangerang, Banten
  • Telepon: 021-29050000
  • Jam buka: 07:30 – 17:30 WIB
  • Harga: Rp20.000 – Rp50.000

3. Masjid Seribu Pintu

Masjid Seribu Pintu (Copy)

* sumber: www.kompasiana.com

Jika Semarang punya wisata horor Lawang Sewu atau 1000 pintu, Tangerang juga punya tempat wisata yang memiliki 1000 pintu, yaitu Masjid Agung Nurul Yaqin atau yang lebih dikenal sebagai masjid 1000 pintu. Masjid ini tampak tua karena telah berdiri sejak tahun 1978. Bagi kamu yang ingin berwisata religi, masjid ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Disebut memiliki 1000 pintu karena masjid ini memiliki banyak pintu yang mengarah ke berbagai ruangan sempit dan lembap. Masjid unik ini terdiri dari tiga lantai. Saat hari raya muslim, masjid ini akan ramai dengan penziarah.

  • Alamat: Jl. Kampung Bayur, Periuk Jaya, Kec. Periuk, Tangerang, Banteng
  • Telepon: 089671189781
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Gratis 

4. Amsterdam Water Park

Amsterdam Water Park (Copy)

* sumber: www.tesyaskinderen.com

Amsterdam Water Park adalah wisata kolam renang yang memiliki konsep ala negeri Belanda. Di kolam renang tersebut terdapat miniatur kincir angin di dalam kolam renang anak. Konsep ala Belanda tersebut membuat pengunjung tertarik. Bagi kamu yang ingin mengajak adik atau keluarga, tempat wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa menemukan wahana air seru lainnya seperti wahana slider dan windmolen.

Pengamanan disana pun aman jadi kamu tidak perlu khawatir jika berlibur disana. Selain wahana air, kamu juga bisa bermain outbond seperti flying fox. Soal makanan tidak perlu khawatir, karena tempat wisata ini juga menyediakan kantin.

  • Alamat: Villa Tomang Baru Square No. 1 Jl. Raya Boulevard Gelamjaya Pasarkemis, Kuta Jaya, Tangerang, Banten
  • Telepon: 021-5924434
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Rp35.000 (Weekday), Rp 45.000 (Weekend)

5. Taman Bambu

Taman Bambu (Copy)

* sumber: kumparan.com

Taman bambu menjadi tempat wisata yang mulai digandrungi anak muda Tangerang karena menghadirkan banyak spot foto instagramable. Taman yang mengusung konsep natural ini selain sebagai tempat wisata juga ditujukan sebagai sarana edukasi para warganya.

Disana terdapat bangunan yang terbuat dari bambu dan beragam tanaman bambu yang dapat membuat kamu mengenal beragam jenis bambu. Fasilitas disana pun lengkap, termasuk tempat parkir yang luas dan berbagai ornamen seni pun sangat indah disana. Tidak hanya itu, udara taman pun sangat sejuk yang cocok untuk jalan-jalan.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Babakan, Tangerang, Banten
  • Jam buka: 07:00 – 22:00 WIB
  • Harga: Gratis

6. Kampung Markisa

Kampung Markisa (Copy)

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sudah terdapat beberapa kampung kumuh yang disulap menjadi kampung wisata atau kampung warna-warni. Tangerang juga memiliki kampung Markisa yang bisa kamu masukkan dalam daftar tujuan wisatamu. Kampung Markisa adalah salah satu kampung tematik yang disulap menjadi kampung kreatif dengan melibatkan para warganya secara langsung.

Bahkan kampung ini masuk dalam nominasi Destinasi Kreatif Populer 2019. Yang menarik adalah kampung Markisa sering mengadakan festival kuliner setiap malam minggu. Selain berswafoto, kamu juga bisa jajan beragam makanan disana. Wah, menarik juga ya!

  • Alamat: Jl. Ks. Tubun No.17, Pasar Baru, Kec. Karawaci, Tangerang, Banten
  • Telepon: 081212264267
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Gratis 

7. Kampung Bekelir

Kampung Bekelir (Copy)

*

Selain kampung Markisa, Tangerang juga punya kampung Bekelir yang merupakan kampung kreatif. Sama seperti kampung sebelumnya, kampung Bekelir dahulunya adalah kawasan kampung kumuh yang para warganya sering membuang sampah ke bantaran sungai Cisadane. Tapi kini kampung Bekelir menjadi salah satu tempat wisata tematik yang instagramable.

Berbeda dengan kampung Markisa, kampung Bekelir merupakan hasil dari inisiatif dari para warganya yang didukung oleh seniman dan budayawan. Selain jalan-jalan keliling kampung, kamu juga bisa belajar menanam tanaman akuaponik dan memberi souvenir khas kampung Bekelir.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 16, Babakan, Tangerang, banten
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Gratis

8. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage (Copy)

*

Museum Benteng Heritage adalah museum kebudayaan Indonesia – Tionghoa yang dibangun sejak abad 17 dan merupakan bangunan tertua di Tangerang. Bagi kamu yang menyukai wisata budaya, tempat ini cocok kamu kujungi. Disana kamu akan menemukan berbagai hal unik mengenai sejarah kehidupan etnik Tionghoa.

Kamu juga bisa menikmati makan siang atau makan malam disana. Jangan khawatir, sajian di museum Benteng Heritage halal lho! Jika kamu ingin menyewa paket tur, kamu hanya bisa menghabiskan waktu selama 45 menit dan dilarang mengambil foto maupun video di dalam ruangan. Pengunjung hanya diizinkan mengambil foto atau video di luar ruangan.

  • Alamat: Jl. Cilame No. 18 & 20, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Tangerang, Banten
  • Telepon: 021-55791139
  • Jam buka: 10:00 – 17:00 WIB
  • Harga: Rp 10.000 (Pelajar), Rp 20.000 (Umum)

9. Citra Raya World of Wonders Theme Park

Citra Raya World of Wonders Theme Park (Copy)

* sumber: nulis.co.id

Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu theme park terbesar di Tangerang. Citra Raya World of Wonder sangat cocok untuk semua kalangan. Disana kamu bisa menikmati beberapa wahana dan terdapat beberapa spot foto instagramable. Tempat ini juga cocok bagi kamu yang sedang mencari tempat bermain anak tanpa gadget di sekitaran Tangerang.

Selain itu di tempat wisata ini juga memiliki banyak miniatur gedung-gedung dari 7 keajaiban dunia seperti tembok besar Cina, menara Pisa, Colloseum, candi Borobudur, candi Prambanan, piramida, dan lain-lain. Wahana seru yang bisa kamu nikmati disana adalah ayunan kaisar, cangkir punter, sepeda elektrik, planetarium, rumah angker, mobil gladiator, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jl. Ecopolis Boulevard Mekar Bakti, Kec. Panongan, Cikupa, Tangerang, Banten
  • Telepon: 021-29003640
  • Jam buka: 10:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Rp65.000 – Rp75.000

10. Upside Down World Alam Sutera

Upside Down World Alam Sutera (Copy)

* sumber: myfave.com

Upside Down World adalah studio foto atau spot foto instagramable yang memiliki 13 ruangan dengan konsep desain interior yang unik dan menarik. Di tempat ini setiap ruangan memiliki tema rumah, mulai dari ruang keluarga, dapur, kamar, tangga, ruang musik, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, kamu akan berfoto dengan posisi terbalik.

Di tempat wisata foto ini memiliki tingkat kemiringan yang mencapai 180 hingga 190 derajat. Pengunjung akan merasakan sendiri sensasi foto dengan bergaya miring. Tertarik buat kesana?

  • Alamat: Jl. Alam Sutera Boulevard No. 5-6, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Tangerang, Banten
  • Telepon: 021-29779394
  • Jam buka: 11:00 – 21:00 WIB
  • Harga: Rp50.000 (Anak-anak), Rp100.000 (Dewasa)

Setelah tahu beberapa tempat wisata yang telah disebutkan, kira-kira kamu tertarik untuk berkunjung kemana? Atau apakah kamu pernah mengunjungi salah satu tempat di atas? Jika kamu tahu tempat wisata lainnya yang ada di Tangerang, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *