9 Tempat Wisata di Tarakan, Kalimantan yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tarakan merupakan sebuah kota di bagian utara Indonesia, tepatnya di Provinsi Kalimantan Utara. Tarakan disebut sebagai kota terkaya ke-17 di Indonesia dengan luas wilayah 250,80 km2. Kota Tarakan sebelumnya masuk ke dalam wilayah Kalimantan Timur sebelum akhirnya Kalimantan memiliki provinsi baru, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Tarakan merupakan salah satu akses termudah untuk bisa sampai ke Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Hal itu membuat kota ini sering menjadi kota transit bagi traveler yang hendak menuju ke Derawan. Meski jadi kota transit, Tarakan juga memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah serunya dengan daerah lain di Indonesia.

Ingin tahu ada tempat wisata menarik apa saja di Kota Tarakan? Simak dulu ulasan dari Keluyuran berikut ini ya.

1. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar

* sumber: pengenwisata.com

Suka dengan wisata budaya dan sejarah? Di tarakan, terdapat sebuah museum yang unik. Museum Rumah Bundar menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi ketika keluyuran ke Kalimantan Utara. Sesuai dengan namanya, Rumah Bundar memiliki atap dengan bentuk setengah lingkaran.

Museum Rumah Bundar dibangun oleh tentara Australia pada tahun 1945 untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Kini Rumah Bundar menjadi tempat dimana koleksi peninggalan Perang Dunia II disimpan. Kamu dapat melihat barang-barang yang digunakan untuk perang pada masa itu.

  • Alamat: Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk: Gratis

2. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

* sumber: indonesia.go.id

Indonesia menjadi Negara dengan wilayah Hutan Mangrove terbesar di dunia. Salah satu Hutan Mangrove yang bisa kamu datangi adalah di Tarakan. Di sini, terdapat Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan. Hutan seluas 21 hektare ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Tarakan. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sini.

Kawasan Konervasi Mangrove Tarakan tak hanya ditumbuhi pohon bakau yang rimbun. Kawasan ini juga menjadi habitat bagi Bekantan atau Monyet Belanda. Bekantan merupakan spesies monyet yang hidup bebas dan senang bergelantungan. Ketika mengunjungi Hutan Mangrove Tarakan, kamu akan dihibur oleh Bekantan.

  • Alamat: Karang Rejo, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

3. Pantai Amal

Pantai Amal

* sumber: piknikasik.com

Berada di pesisir timur Pulau Kalimantan, Kota Tarakan juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ada Pantai Amal, pantai yang satu ini sangat populer di Tarakan. Pantai Amal sering dijadikan sebagai tempat wisata dan kuliner yang selalu ramai dikunjungi terutama saat libur akhir pekan.

Pantai Amal memiliki pasir pantai berwarna kecokelatan yang membentang luas. Di tepi pantai ditumbuhi pohon kelapa yang memberikan kesan teduh. Pantai Amal menjadi tempat diselenggarakannya perhelatan Iraw Tengkayu. Festival ini merupakan tradisi masyarakat Tarakan untuk menghanyutkan sesaji ke laut.

  • Alamat: Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

4. Islamic Center Tarakan

Islamic Center Tarakan

* sumber: www.tarakan.info

Di setiap daerah pasti memiliki Masjid Agung yang menjadi masjid terbesar di daerah tersebut. Tak terkecuali di Tarakan, Kalimantan Utara. Di sini, terdapat Masjid Baitul Izzah yang menjadi Islamic Center di Kota Tarakan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Tarakan dan dijadikan sebagai pusat pembelajaran agama Islam.

Islamic Center Tarakan yang terletak di pusat kota ini sering menjadi tempat diselenggarakan kegiatan keagamaan. Tak hanya itu saja, Islamic Center Tarakan juga menyediakan sports center yang bisa digunakan oleh pengunjung. Masjid besar dengan arsitektur khas Timur Tengah wajib dikunjungi ketika keluyuran ke Kalimantan Utara.

  • Alamat: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

5. Pulau Sadau

Pulau Sadau

Tarakan memiliki beberapa pulau kecil yang menarik untuk dieksplor. Salah satunya ada Pulau Sadau yang jaraknya dekat dengan pusat kota Tarakan. Pulau Sadau merupakan pulau berpenghuni yang memiliki luas sekitar 37 hektare dan dihuni kurang lebih 38 kepala keluarga. Pulau ini, belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Sadau bisa diakses menggunakan perahu motor dari Kota Tarakan. Di sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat Pulau Sadau, dan melihat aktivitas masyarakat sehari-hari. Jika kamu senang memancing, maka perlu mencoba sensasi memancing di Pulau Sadau ini.

  • Alamat: Karang Harapan, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

6. Taman Berlabuh

Taman Berlabuh

* sumber: pesona.travel

Taman Berlabuh merupakan ruang terbuka hijau yang sering dijadikan sebagai tempat menikmati panorama matahari terbenam di Kota Tarakan. Taman Berlabuh awal mulanya menjadi tempat sandar kapal-kapal besar, dan kini menjadi ruang terbuka dimana masyarakat Tarakan dan wisatawan bisa menikmati matahari terbenam.


Taman Berlabuh menyediakan sarana olahraga, dimana kamu bisa jogging atau sekadar jalan sehat mengelilingi taman sambil menikmati udara di Kota Tarakan. Ada pula fasilitas wahana bermain anak, kolam air mancur, taman hijau, serta kursi kayu untuk bersantai.

  • Alamat: Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 06.00 – 10.00 WITA dan 15.00 – 22.00 WITA
  • Tiket masuk: Gratis

7. Baloy Mayo Adat Tidung

Baloy Mayo Adat Tidung

* sumber: pesona.travel

Ingin mengenal budaya di Kota Tarakan? Di sini, terdapat Suku Tidung. Dimana dulu Tidung merupakan kerajaan yang berdiri sejak tahun 1551 hingga 1916. Kerajaan Tidung dikenal juga dengan Kerajaan Tarakan. Di Kota Tarakan, terdapat peninggalan Kerajaan Tidung, seperti rumah adat Tidung.

Jika kamu ingin melihat langsung budaya Suku Tidung di Tarakan, maka kamu perlu datang ke Baloy Mayo Adat Tidung. Di sini terdapat rumah adat Tidung yang biasa disebut Rumah Baloy. Kamu bisa mengenal lebih dekat Suku Tidung dan mengetahui sejarah budaya dari Suku Tidung yang merupakan suku asli masyarakat Tarakan.

  • Alamat: Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp3.000/orang

8. Museum Sejarah Perang Dunia II

Museum Sejarah Perang Dunia II (Copy)

Tarakan merupakan daerah perintis pengeboran minyak bumi sejak awal tahun 1900. Tarakan memiliki kualitas minyak yang bagus hingga menjadi target daerah yang dikuasai Negara pada saat Perang Pasifik. Di Tarakan, kita dapat mengenal sejarah perang di Museum Sejarah Perang Dunia II.

Letak Museum Sejarah Perang Dunia II berada satu kawasan dengan Islamic Center Tarakan. Di museim ini, kamu bisa melihat dokumentasi perang pada zaman dahulu. Terdapat banyak benda bersejarah yang dipamerkan di Museum Sejarah Perang Dunia II, seperti keramik lantai, baling-baling pesawat tempur, piring, hingga prasasti dan uang zaman dahulu. Kamu bisa menambah wawasan sejarah perang di sini.

  • Alamat: Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

9. Agrowisata Karungan

Agrowisata Karungan

* sumber: indonesiatraveler.id

Tarakan memiliki destinasi wisata air terjun yang kini dikenal dengan Agrowisata Karungan. Destinasi wisata ini terdapat banyak hal yang bisa dieksplor seperti jembatan gantung sepanjang 30 meter yang bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto, hingga wisata edukasi bagi anak, karena di sini terdapat beragam jenis hewan.

Agrowisata Karungan telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata sehingga kamu bisa liburan dengan nyaman di tempat ini. Agrowisata Karungan menyediakan tempat wisata alam serta edukasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

  • Alamat: Mamburungan Timur, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
  • Operasional: 07.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

Keluyuran ke Kalimantan ada banyak hal yang bisa dikunjungi. Tak hanya wisata alamnya saja, di Provinsi Kalimantan Utara ini kamu bisa mengenal sejarah serta budaya. Destinasi Wisata di Kalimantan Utara, khususnya Tarakan, masuk ke berbagai kalangan dan usia. Seru sekali bukan? Jadi, ayo ajak keluarga dan sahabatmu keluyuran ke Tarakan, Kalimantan Utara!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *