Yuk Kunjungi 10 Tempat Wisata Di Tasikmalaya Ini

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Maret 2020

Bingung mencari objek wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Tasikmalaya? Tak perlu bingung, karena Keluyuran akan membagikan informasi mengenai tempat wisata di Tasikmalaya yang bisa Anda kunjungi kala berada di kota yang memiliki julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur itu.

Tasikmalaya adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang dihuni oleh sekitar 700 ribu jiwa penduduk. Pariwisata yang ada di Tasikmalaya bisa dibilang cukup berkembang. Berikut adalah objek-objek wisata terkenal yang ada di Tasikmalaya.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

Jangan pernah melewatkan pantai yang satu ini ketika Anda sedang berpelesir ke Tasikmalaya. Ya, Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu pantai di Tasikmalaya yang recommended untuk dikunjungi. Walaupun pantai ini tidak memiliki pasir putih, tetapi kondisi di pantai ini cukup bersih dan tidak terlalu ramai.

Jarak antara Pantai Karang Tawulan dengan pusat Kota Tasikmalaya sekitar 100 KM. Ketika Anda sedang berada di pantai ini, cobalah untuk memandang ke sebelah timur. Karena di sana ada sebuah pulau kecil bernama Nusa Manuk. Konon, di waktu-waktu tertentu pulau tersebut dihuni oleh berbagai spesies burung.

2. Situ Gede

Situ Gede

Danau yang juga dikenal dengan nama Situ Gede ini adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang cukup terkenal. Situ Gede adalah danau seluas 47 hektar. Lantas, apa yang membuat danau ini dikenal sebagai tempat wisata yang favorit? Pasalnya, keindahan alam di sekitar danau ini begitu mempesona dan sangat menenangkan hati.

Ketika berada di Situ Gede, Anda bisa mengelilingi danau yang sangat luas ini dengan menyewa sebuah perahu kayuh yang sangat sederhana. Pemandangan di sekitar danau yang sarat akan pesona alam dan udara sejuk di sekitar danau membuat Anda betah untuk berlama-lama di Situ Gede ini.

3. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah

Pantai yang satu ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain yang biasa dijadikan tempat wisata. Pasalnya, Pantai Cipatujah ini didominasi oleh batu-batuan yang ada di tepinya. Selain bebatuan yang ada di tepi pantai, di dalam lautnya sendiri terdapat banyak terumbu karang yang digunakan sebagai tempat berkembangbiak oleh segala jenis ikan yang ada di laut tersebut.

Pantai Cipatujah merupakan pantai terluas yang ada di kawasan Pantai Selatan. Untuk sampai di pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan darat sekitar 74 Km dari pusat kota Tasikmalaya. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan balap kerbau yang digelar oleh masyarakat sekitar di Pantai Cipatujah ini.

4. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Indah adalah satu kata yang pantas untuk mendeskripsikan Pantai Sindangkerta. Pantai ini memiliki taman laut yang digunakan oleh penyu-penyu untuk menetaskan telurnya. Dengan kata lain, Pantai Sindangkerta ini merupakan tempat penangkaran penyu untuk menjaga hewan ini dari kepunahan.

Selain itu, Pantai Sindangkerta memiliki pasir putih yang cantik. Anda bisa bermain pasir sembari melihat habitat penyu yang ada di pantai ini. Pantai Sindangkerta hanya berjarak sekitar 4 Km dari Pantai Cipatujah. Jadi, Anda bisa melipir ke pantai ini setelah mengunjungi Pantai Cipatujah atau sebaliknya.

5. Gua Malawang

Gua Malawang

Pada umumnya, gua biasa terletak di kawasang pegunungan. Namun, lain halnya dengan gua yang satu ini. Ya, Gua Malawang berada di tengah-tengah perkebunan. Masyarakat di sekitar gua ini memberikan beberapa nama untuk gua unik satu ini, mulai dari Malawang, Oyod, Keraton, Batu Masigit, dan Gurin.

Daya tarik dari gua ini bukanlah keindahan stalagmit atau stalagtitnya, tetapi lebih kepada sejarah gua ini. Di Gua Malawang, banyak arkeolog yang menemukan benda-benda bersejarah, seperti fragmen gerabah, fragmen keramik, kapak batu, dan tulang belulang binatang yang usianya mungkin sudah mencapai ratusan tahun.

6. Waterboom Maarif Garden

Waterboom Maarif Garden

Tidak puas jika hanya bermain di wahana air saja? Di Waterboom Maarif Garden, Anda juga bisa menjajal berbagai permainan darat maupun outbound, lho. Sesuai dengan namanya, fasilitas unggulan yang ditawarkan oleh Waterboom Maarif Garden ini tentu segala jenis permainan air, mulai dari kolam renang, air mancur, dan seluncuran.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin bermain air atau sudah puas dengan berbagai permainan air ini, Anda bisa menjajal aktivitas outbound, seperti flying fox. Tak sampai di situ saja, Anda pun bisa menyewa becak mini dan berjalan-jalan di komplek taman bermain air ini.

Bagi para orang tua yang menunggui anak-anaknya bermain, mereka juga bisa santai sembari mengikuti terapi ikan yang konon katanya dapat membersihkan kulit-kulit mati. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Waterboom Maarif Gardenini  berada di Jalan Sukarindik.

7. Kawasan Wisata Galunggung

tempat wisata di tasikmalaya gunung galunggung

Gunung Galunggung adalah gunung berapi yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung yang memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut ini terakhir meletus pada tahun 1982. Semenjak saat itu, gunung ini dikelola oleh pemerintah setempat untuk menjadi sebuah kawasan wisata.

Keistimewaan dari tempat wisata alam ini ialah sebuah danau yang terletak di Puncak Gunung Galunggung. Untuk mencapai danau tersebut, Anda harus menaiki ratusan anak tangga kecil. Kehadiran tangga ini memudahkan para wisatawan untuk mencapai puncak gunung dengan lebih mudah.

Di Kawasan Wisata Galunggung juga terdapat kolam pemandian air panas bagi Anda yang ingin berendam untuk relaksasi. Gunung Galunggung ini sangat cocok bagi Anda yang belum terlalu berpengalaman dalam mendaki gunung.

8. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark

Berikutnya ada tempat wisata di Tasikmalaya berupa taman wisata air yang terbaik di kota ini. Teejay Waterpark adalah tempat rekreasi menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan bersama buah hati Anda. Taman bermain air seluar 2,8 Hektar ini menawarkan berbagai macam wahana, seperti kolam ombak, kolam arus, ember tumpah, tube slider dan masih banyak lagi.

Karena harga tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, yakni hari biasa 20 ribu rupiah dan akhir pekan 30 rupiah, maka Teejay Waterpark ini selalu tidak pernah sepi pengunjung. Teejay Waterpark berada di Jalan HZ Mustofa, tempat wisata ini berada tepat di sebelah Mall Asia Plaza yang ada di Tasikmalaya.

9. Kampung Naga

Kampung Naga

Wisata budaya adalah salah satu jeni pariwisata yang bisa Anda temukan di Tasikmalaya. Di Desa Neglasari, Kec. Salawu, Kab. Tasikmalya, terdapat suatu perkampungan unik yang masih mengusung adat istiadat yang sangat kental.

Nama dari kampung ini adalah Kampung Naga. Ketika mengunjungi kampung ini, Anda bisa merasakan keunikannya dari rumah-rumah penduduk yang seragam. Menariknya, semua rumah yang ada di Kampung Naga ini memiliki potongan yang sama, bahkan arah menghadapnya pun sama.

10. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Air terjun tiga lapis, itulah julukan bagi Curug Dengdeng. Air terjun yang berada di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah ini memiliki tiga tingkatan air terjun yang tidak bisa Anda lihat di air terjun lain pada umumnya. Air terjun tingkat pertama memiliki tinggi sekitar 13 meter, air terjun kedua tingginya 11 meter, dan air terjun yang terakhir memiliki tinggi 9 meter.

Akses menuju Curug Dengdeng ini cukup sulit, terutama pada musim hujan. Pasalnya, Anda harus melewati hutan jati yang masih sangat rimbun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkunjung ke Curug Dengdeng ini pada musim panas saja.

Meskipun jalur yang ditempuh cukup berat, rasa lelah karena perjalanan panjang itu terbayar dengan keindahan dan keunikan Curug Dengdeng yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata di Tasikmalaya dari Keluyuran. Semoga ini bermanfaat untuk referensi bagi Anda yang ingin mengunjungi kota Tasikmalaya dalam waktu dekat. Jika Anda memiliki rekomendasi lainnya, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram