7 Tempat Wisata Terbaik di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara pilihan favorit para wisatawan untuk berlibur. Pasalnya, berlibur ke Thailand tidak akan semahal jika Anda memilih untuk berlibur ke Eropa. Selain itu, pilihan tempat wisata yang beragam serta budaya setempat yang masih dijunjung tinggi tentunya juga menambah nilai plus Negara Gajah tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke negara yang dijuluki Land of Smiles ini, ada baiknya Anda melihat-lihat referensi tempat-tempat wisata apa saja yang wajib Anda datangi. Kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai 7 tempat  wisata terbaik di Thailand.

1. The Grand Palace, Bangkok

The Grand Palace

Sebagai ikon utama Negara Thailand, The Grand Palace merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berpelesir ke negara tersebut. Terletak di tengah-tengah kota Bangkok, The Grand Palace juga gampang diakses dengan bus kota. The Grand Palace buka setiap hari dari jam 8.30 pagi hingga 3.30 sore dengan biaya masuk 500 Baht atau sekitar 200 ribu rupiah.

Di kawasan kompleks bangunan The Grand Palace, juga terdapat kuil Budha terkenal, Temple of The Emerald Budha atau Wat Phra Kaew. Karena kuil ini merupakan salah satu tujuan wisata religi, maka untuk memasuki The Grand Palace pun para wisatawan harus memakai pakaian yang sopan dan tidak diperkenankan memakai baju ketat atau baju tanpa lengan.

2. Pattaya, Kota Wisata Lengkap

Pattaya

Jika Anda ingin berlibur ke sebuah kota dengan tempat wisata yang komplit, dari rekreasi, religi hingga edukasi, maka Pattaya wajib masuk ke dalam list tujuan wisata Anda. Pattaya merupakan kota tujuan populer kedua setelah kota Bangkok. Terkenal sebagai salah satu kawasan pantai terbaik se-Asia Tenggara, terdapat kurang lebih 300 hotel di kota ini.

Tempat wisata lainnya yang tidak kalah indah adalah Taman Suan Nong Nooch. Taman Suan Nong Nooch merupakan taman yang terkenal dengan koleksi tanaman-tanaman dan hewan tropis. Selain disuguhi pemandangan indah, kita juga akan disuguhi dengan Thailand Cultural Show atau pertunjukan Muay Thai.

Selain itu, di Pattaya juga terdapat pilihan wisata-wisata lain seperti Kuil Wat Khao Phra Bat, The sanctuary of Truth, atau Pattaya Park Tower. Selain menawarkan tempat wisata, Pattaya juga rutin menggelar event tahunan seperti Pattaya International Music Festival. Anda tertarik mengunjunginya?

3. Pantai Railay

Pantai Railay

Merupakan pantai yang terletak di provinsi Krabi, sekitar 800 kilometer dari kota Bangkok. Perjalanan menuju Krabi sendiri memakan waktu sekitar 12 jam melalui darat dan satu jam dua puluh menit dengan pesawat terbang. Pantai Railay dikelilingi oleh tebing-tebing kapur yang curam dan hanya bisa diakses dengan menggunakan perahu dari Ao Nang.

Pantai Railay sangat indah, dengan pasir yang putih bersih dan air biru yang jernih. Selain itu, banyaknya tebing-tebing kapur membuat panjat tebing menjadi aktivitas favorit di tempat ini. Tidak hanya tebing kapur dan pantai, daerah di sekitar pantai Railay juga menyimpan banyak gua-gua yang indah.

4. Koh Phi Phi

Koh Phi Phi

Koh Phi Phi juga terletak di Provinsi Krabi. Merupakan sebuah kepulauan kecil, terdiri dari enam pulau dengan pantai-pantai yang menawan. Dari enam pulau, hanya satu pulau yang dihuni, yaitu pulau Koh Phi Phi Don. Lima pulau lainnya tidak dihuni dan merupakan pulau tujuan pariwisata.

Salah satu pulau yang terkenal dengan pantainya yaitu pulau Koh Phi Phi Leh. Pantai di pulau ini dikenal dengan nama pantai Maya Bay, dan menjadi setting film thriller The Beach yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio. Penasaran kan, bagaimana indahnya pantai Maya Bay?

5. Koh Chang

Koh Chang

Koh Chang merupakan salah satu pulau destinasi wisata yang terletak di bagian timur Thailand. Pulau ini masih cenderung sepi dari kunjungan para turis dan memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah indah dibanding tempat wisata di pulau dan provinsi lain di Thailand.

Koh Chang memiliki pantai yang masih bersih dan asri dan air terjun yang indah. Adapun bagi Anda yang hobi menyelam dan snorkeling, Koh Chang memiliki banyak pilihan pantai yang memiliki dengan terumbu karang yang masih terawat.

Pantai di Koh Chang antara lain Klong Prao Beach, Kai Bae Beach, dan Lonely Beach. Bagi Anda yang tertarik dengan petualangan, Anda juga bisa memilih menyusuri alam, mengunjungi air terjun, serta memberi makan gajah di pusat penangkaran gajah Chang Chutiman. Menarik bukan?

6. Siam Ancient City

Siam Ancient City

Untuk Anda penikmat tempat bersejarah atau tempat dengan nilai seni yang tinggi, Siam Ancient City merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi. Terletak di provinsi Samut Prakan, Siam Ancient City merupakan peninggalan arsitektur Thailand yang bersejarah dan disebut-sebut sebagai museum luar ruangan yang terbesar di dunia.

Siam Ancient City bukan hanya sekedar tempat rekreasi biasa karena di sini kita bisa belajar mengenai sejarah arsitektur Thailand sejak zaman prasejarah, tradisi, agama, seni hingga kebudayaan Thailand.

7. Bangkok Dinner Cruises

Bangkok Dinner Cruises

Jika Anda berbulan madu di Thailand, kurang lengkap rasanya jika tidak makan malam sembari menyusuri sungai Chao Phraya di atas kapal pesiar. Tapi, pilihan untuk makan malam ini juga bisa Anda nikmati jika Anda berlibur bersama keluarga atau teman-teman Anda. Ada banyak pilihan paket dinner cruise yang disediakan di sana.

Selain menikmati santapan makan malam sambil menyusuri sungai Chao Phraya, Anda juga akan disuguhi dengan tampilan tarian-tarian dan live music dari restoran kapal. Anda tertarik dinner di kapal pesiar Bangkok?

8. Wat Arun

Wat Arun

Tak jauh dari The Grand Palace ada sebuah kuil yang didekorasi berbentuk mozaik dan porselen Tiongkok, namanya Wat Arun. Kuil yang terletak di sebelah barat Sungai Chao Phraya ini juga merupakan salah satu kuil tertua di Thailand. Tak heran jika Wat Arun juga masuk sebagai salah satu tempat wisata di Thailand yang wajib dikunjungi.

Pemandangan Wat Arun di malam hari memang sangat mengagumkan. Apalagi di tengah kuil terdapat tugu yang berdiri kokoh setinggi 70 meter yang menambah kemegahan kuil ini. Sorotan lampu yang menerangi kuil dan tugu di malam hari membuat kuil ini terlihat seperti pemandangan negeri dongeng.

9. Phu Tok

Wisata alam di Thailand memang sangat memikat. Salah satu wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika bertandang ke Thailand adalah Phu Tok yang artinya adalah Gunung Kesepian. Kawasan pegunungan ini memberikan hawa yang sejuk dan segar sehingga cocok sekali bagi Anda yang ingin memperoleh ketenangan dan jauh dari hingar bingar Kota Bangkok.

Untuk dapat sampai di sini Anda perlu sedikit berusaha karena Phu Tok berlokasi di sisi tebing dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal. Jika Anda berhasil mencapai atas, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata dan hati.

10. Khao San Road

Khao San Road

Tempat wisata di Thailand yang satu ini selalu menjadi jujugan wajib bagi para wisatawan dari berbagai negara, terutama yang berlibur ala backpacker. Khao San Road adalah sebuah kawasan belanja, kuliner, dan penginapan. Rate penginapan dan restoran yang bisa Anda peroleh di kawasan ini mulai dari harga yang sangat terjangkau sampai dengan yang mahal.

Khao San Road juga merupakan surga kuliner bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan masakan khas Thailand, seperti Pad Thai, Tom Yum, dan Mango Sticky Rice. Di kawasan ini juga ada sejumlah tempat hiburan malam yang cocok bagi Anda yang ingin have fun selama di Bangkok.

11. Wat Pho

Wat Pho

Kalau sudah berada di dekat The Grand Palace, mampir saja ke Wat Pho. Tempat ini dikenal sebagai Candi Budha Berbaring karena di dalamnya terdapat patung Budha raksasa yang nampak sedang berbaring. Patung sepanjang 46 meter ini berlapis emas. Bahkan, banyak wisatawan yang datang kemari tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memotret patung Budha tersebut.

Selain dikenal sebagai lokasi tempat patung Budha raksasa berlapis emas 18 karat, Wat Pho juga dikenal sebagai tempat lahirnya pijat tradisional Thai. Jadi, Anda juga bisa menjajal kenikmatan pijat Thai ketika berada di Wat Pho.

12. Chiang Rai

Chiang Rai adalah kota di bagian utara Thailand yang menjadi pusat komersial utama dari Golden Triangle. Di kota ini terdapat perbatasan antara Thailand, Laos, dan Myanmar. Chiang Rai pantas disebut sebagai tempat wisata di Thailand karena di kota ini terdapat spot-spot yang menarik untuk dikunjungi.

Sebagai contoh, di Chiang Rai ada White Temple yang juga menjadi landmark kota ini. Kuil bernuansa putih ini merupakan satu-satunya candi buatan yang ada di Thailand. Namun meskipun buatan, kuil megah ini tetap menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Chiang Rai.

Nah, itulah tempat-tempat wisata di Thailand yang wajib Anda kunjungi ketika berpelesir ke Negara Gajah tersebut. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Anda bisa membaca tips backpacker murah ke Thailand yang pernah kami ulas di artikel ini.

Apa Anda memiliki saran mengenai tempat wisata lain yang tidak kalah indah? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *