Keluyuran / ASEAN / Liburan ke Timor Leste? Kunjungi 10 Tempat Wisata Ini!

Liburan ke Timor Leste? Kunjungi 10 Tempat Wisata Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Januari 2020

Kalau kamu ingin berlibur ke negara yang tak jauh dari Indonesia, Timor Leste bisa menjadi pilihan. Negara beribukota Dili ini punya sejumlah tempat wisata yang menarik. Tak kalah dari negara tetangga Indonesia lainnya seperti Singapura dan Malaysia.

Kalau kamu tertarik ke Timor Leste, kami bakal merekomendasikan beberapa tempat wisata di sana. Siapa tahu, rekomendasi kami bisa membantumu. Mau tahu apa saja tempat-tempat wisata itu? Yuk, langsung saja simak di bawah ini:

1. Cristo Rei

Cristo Rei

Tempat ini merupakan situs Patung Yesus terbesar di Timor leste. Tempat ini juga dianggap sebagai situs Patung Yesus terbesar nomor tiga di dunia. Menurut catatan sejarah, patung Yesus di tempat ini merupakan hadiah dari pemerintah Indonesia kepada masyarakat Timor Leste.

Patung Yesus di tempat ini begitu elok dipandang, baik dari dekat maupun jauh. Di sekitaran patung itu, kamu bisa melihat indahnya panorama laut yang biru, serta bebukitan yang hijau. Situs patung Yesus ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Dili, Timor Leste.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

2. Gunung Ramelau

Gunung Ramelau

Bagi kamu pencinta gunung, tempat wisata ini cocok dikunjungi. Gunung setinggi 2986 mdpl ini punya panorama yang indah di kala pagi. Di waktu itu, kamu bakal melihat matahari yang perlahan terbit dan masih diselimuti awan di sekitarnya.

Di bagian puncak gunung ini, kamu bakal menemukan sebuah patung bernama Virgin Mary. Patung setinggi tiga meter ini lazim dikunjungi pemeluk agama Katolik, terutama di acara-acara besar keagamaan.

Kunjungi alamat di bawah ini, bila kamu tertarik datang ke Gunung Ramelau:

  • Alamat : Distrik Ainaro, Dili, Timor Leste.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

3. Pulau Jaco

Pulau Jaco

Kalau diibaratkan, tempat wisata ini adalah pulau Raja Ampat versi Timor Leste. Perumpamaan itu tak lepas dari keindahan pulau ini yang setara dengan Raja Ampat. Ada sejumlah kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan, jika berkunjung ke pulau yang dianggap suci ini.

Mulai dari mengelilingi pulau dengan berjalan kaki, mengitari laut via perahu nelayan, hingga berkunjung ke Taman Nasional Nino Konis Santana. Kalau ingin melakukan sejumlah kegiatan wisata itu, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Tutuala, Distrik Lautem, Timor Leste.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

4. Taman Nasional Nino Konis Santana

Taman Nasional Nino Konis Santana

Kalau kamu ke Pulau Jaco, kamu harus mengunjungi tempat wisata ini. Taman Nasional ini merupakan rumah dari sejumlah jenis burung langka. Semisal merpati hijau timor, gelatik timor, dan kakatua kecil jambul kuning.

Taman Nasional ini juga memiliki sejumlah desa yang mengelilinginya. Di salah satu desa itu, kamu bakal menemukan berbagai bangunan bersejarah lagi sakral. Taman Nasional Nino Konis Santana bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Tutuala, Distrik Lautem, Timor Leste.

5. Tasi Tolu

Tasi Tolu

Dalam bahasa Timor Leste, Tasi Tolu memiliki arti ‘Tiga Perairan’. Nama itu sesuai dari letak tempat wisata ini yang persis di antara tiga perarian. Salah satu perarian di antaranya adalah sebuah danau yang airnya berwara kemerahan di waktu-waktu tertentu.

Kalau kamu ke bagian puncak tempat ini, kamu bakal menemukan patung seorang pria. Patung tersebut merupakan replika dari Paus Paulus Yohanes II yang pernah mengunjungi Timor Leste pada 1989 silam. Tertarik ke tempat wisata ini? Sila datang saja ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Kecamatan Dom Aleixa, Distrik Dili, Dili, Timor Leste.

6. Pemandian Air Panas Marobo

Pemandian Air Panas Marobo

Kalau mau berwisata air di Timor Leste, cobalah datang ke tempat wisata satu ini. Tempat wisata yang ada di ujung barat Timor Leste ini menyajikan sumber air panas alami yang cocok dijadikan tempat berendam.

Berendam di sini tak akan membuatmu jemu. Selain airnya yang bikin tubuh nyaman, pemandangan di sekitar yang indah adalah alasan lainnya. Tertarik merendamkan badanmu di sini? Langsung saja datang ke alamatnya yang ada di bawah ini:

  • Alamat : Bobonaro, Timor Leste.
  • HTM : $ 5 USD (mobil), $ 1 USD (motor).

7. Pemakaman Santa Cruz

Pemakaman Santa Cruz

Kalau kamu doyan wisata sejarah, tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi. Tempat wisata merupakan makam bagi mereka korban Santa Cruz. Sebuah insiden kelam yang menjadi embrio lahirnya Timor Leste.

Kamu tak usah takut mengunjungi tempat ini meskipun tempat ini merupakan sebuah pemakaman sebab makam-makam di sini dibuat dengan warna dan property yang berwarna warni, sehingga tampak indah untuk dipandang.

Pemakaman Santa Cruz sendiri beralamat lengkap di bawah ini:

  • Alamat : R de Santa Cruz, Dili, Timor Leste.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

8. Pulau Atauro

Pulau Atauro

Pulau Jaco bukan satu-satunya pulau eksotis di Timor Leste. Ada satu pulau lainnya yang tak kalah eksotis. Pulau Atauro adalah pulau yang dimaksud. Eksotisme pulau ini terletak dari air lautnya yang jernih.

Saking jernihnya, kamu bisa melihat terumbu karang dari permukaan laut, tanpa perlu menyelami laut tersebut. Kendati begitu, kamu juga tetap bisa menyelami lautnya yang eksotis itu. Siapa tahu, kamu menemukan ikan-ikan unik yang tersembunyi di balik terumbu karang.

Tertarik untuk mencoba? Langsung saja datang ke alamat Pulau Atauro di bawah ini:

  • Alamat : Distrik Dili, Timor Leste.
  • Tarif : $ 250 USD/orang (tariff menyelam/diving).

9. Penjara Ai Pelo

Penjara Ai Pelo

Ada satu tempat wisata sejarah lainnya yang bisa kamu datangi. Penjara Ai Pelo adalah tempat yang dimaksud. Tempat ini merupakan saksi bisu terjadinya masa penjajahan Portugis di Timor Leste dalam waktu lama.

Tempat ini dulunya merupakan penjara untuk narapidana politik di Timor Leste. Penjara yang memiliki ruang bawah tanah ini sudah tidak berfungsi lagi. Terutama, setelah terserang banjir pada 1939 silam. Kini, yang tersisa di tempat ini hanyalah reruntuhan penjara yang menarik untuk disimak.

Datanglah ke tempat ini saat senja tiba. Di waktu itu, kamu bakal melihat sinar matahari senja yang masuk di celah-celah reruntuhan bangunan di sini. Kamu tertarik? Yuk, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Suco Lauhata, Liquica, Timor Leste.

10. Pasar Tais

Pasar Tais

Ke Timor Leste tidak akan afdol bila kamu tidak berwisata belanja. Dan bila ingin wisata belanja di sana, Pasar Tais adalah tempat yang tepat. Di sana, kamu bisa membeli Kain Tais yang meurpakan buah tangan khas Timor Leste.

Di pasar ini, Kain Tais tak hanya dijual dalam bentuk mentah. Berbagai benda yang dibuat dari Kain Tais pun juga bisa kamu temukan. Mulai dari tas, selendang, maupun pakaian. Kamu pun juga bisa menyimak proses pembuatan Kain Tais kala berkunjung ke pasar ini.

Pasar Tais bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Dili, Timor Leste.
  • No. Telepon : +670 7731 4588.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 19.00 (waktu Timor Leste).

Itulah sepuluh tempat wisata yang bisa disambangi kala di Timor Leste. Semoga membantumu saat kamu berminat piknik ke Timor Leste. Oh ya, di antara sepuluh tempat di atas, mana yang kamu kunjungi terlebih dulu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *