10 Tempat Wisata di Tokyo yang Sangat Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan Tokyo? Ibu kota Jepang ini menjadi salah satu kawasan tersibuk dan terpadat di negeri sakura tersebut. Tokyo diklaim sebagai kawasan metropolitan terbesar di dunia. Kota yang sangat modern ini selalu menjadi destinasi wajib bagi wisatawan Indonesia maupun negara lain saat sedang berkunjung ke Jepang.

Berencana untuk ke Jepang dalam waktu dekat? Nah, jangan lupa untuk singgah di Tokyo. Karena di Tokyo ada banyak tempat-tempat menarik yang sayang bila dilewatkan. Berikut ini Keluyuran akan memberi rekomendasi tempat wisata di Tokyo yang tidak boleh terlewatkan.

1. Tokyo Tower

Tokyo Tower

* sumber: www.japantimes.co.jp

Belum ke Tokyo jika Anda tidak berkunjung ke landmark kota dengan penduduk sebanyak 13 juta jiwa ini. Ya, Tokyo Tower adalah landmark kebanggaan masyarakat Jepang. Bila diperhatikan, desain dan bentuk Tokyo Tower sedikit mirip dengan Menara Eiffel di Paris, bukan?

Sebenarnya Tokyo Tower adalah menara pemancar TV dan radio di Jepang. Akan tetapi, wisatawan boleh masuk ke Menara Tokyo ini untuk melihat view Kota Tokyo dari ketinggian 120 meter. Di samping itu, ada toko souvenir, restoran, galeri seni, dan museum yang terdapat di Tokyo Tower ini.

2. Sensoji

Sensoji

* sumber: www.alexisjetsets.com

Berada di Asakusa, Kuil Sensoji merupakan kuil yang sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kuil Budha kuno ini didirikan sebagai dedikasi pada Bodhisattva Kannon atau yang dikenal Guan Yin, dewa keberkahan bagi umat Budha.

Kuil paling ramai di Tokyo ini menawarkan arsitektur tradisional Jepang di tengah-tengah Kota Tokyo yang sangat modern. Kalau Anda berkunjung kemari, jangan lupa untuk turut mengambil foto lampion raksasa yang berada di depan pintu masuk kuil. Pasalnya, lampion raksasa tersebut adalah ciri khas dari Kuil Sensoji ini.

3. Shibuya Crossing

Shibuya Crossing

* sumber: www.hoshinoresorts-magazine.com

Shibuya adalah salah satu distrik tersibuk yang ada di Tokyo. Hal ini bisa terlihat dari salah satu kawasan yang cukup terkenal di Shibuya, yaitu Shibuya Crossing. Di tempat ini ratusan bahkan ribuan masyarakat menyeberang setiap harinya. Ya, hampir sebagian besar masyarakat Jepang memang selalu berjalan kaki atau menumpang transportasi umum ketika hendak bepergian.

Shibuya Crossing adalah kawasan paling ikonik. Bahkan, tak jarang wisatawan yang berfoto di tengah Shibuya Crossing saat banyak masyarakat sekitar menyeberang. Shibuya Crossing pernah menjadi lokasi shooting beberapa film Hollywood, seperti The Fast and The Furious: Tokyo Drift dan Resident Evil: Afterlife.

4. Harajuku

Harajuku

* sumber: www.gotokyo.org

Saat berada di Shibuya, jangan lupa untuk mampir ke Harajuku. Mengapa kawasan ini masuk ke dalam tempat wisata di Tokyo? Karena ini adalah kawasan yang menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda Tokyo.

Kawasan ini adalah pusat fashion dan budaya Jepang. Banyak toko pakaian maupun aksesoris yang ada di Harajuku. Jadi, Anda bisa melakukan wisata belanja kala berkunjung ke kawasan ini. Jangan heran ketika Anda berjalan-jalan di Harajuku dan banyak menjumpai anak-anak muda dengan kostum dan gaya rambut yang nyeleneh. Karena menurut mereka itu adalah tren mode terkini.

5. Meiji Jingu

Meiji Jingu

* sumber: www.timetravelturtle.com

Sebagai kota metropolitan yang pembangunannya sangat maju tentu tampak mustahil jika kita bisa menemukan hutan di Tokyo. Namun, faktanya ada kuil di tengah hutan yang berada di Tokyo.

Adalah Meiji Jingu yang merupakan kuil eksotik karena berada di tengah-tengah hutan. Gerbang di kuil ini nampak sangat megah menyambut para wisatawan yang berkunjung ke sini. Suasana di Meiji Jingu ini sangat tenang dan udaranya pun sejuk. Lantas, berapa harga tiket masuk Meiji Jingu? Untuk masuk ke kuil ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

6. Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

* sumber: www.kkday.com

Jika Anda mengira bahwa Tokyo Tower adalah satu-satu landmark dan menara tertinggi di Jepang, maka Anda harus mengunjungi Tokyo Skytree. Menara yang satu ini disebut sebagai New Tokyo Tower, karena selain lebih baru, menara ini juga lebih tinggi dibanding Tokyo Tower.

Tokyo Skytree adalah struktur tertinggi yang ada di dunia setelah Burj Khalifa yang ada di Dubai. Menara ini adalah tempat observasi dan menara siaran. Akan tetapi, wisatawan tetap dapat mengunjungi Tokyo Skytree, karena di dalam menara ini terdapat rumah makan yang dibuka untuk umum. Wisatawan juga bisa melihat pemandangan Tokyo di ketinggian 350 meter atau 450 meter melalui Tokyo Skytree ini.

7. Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen

* sumber: commons.wikimedia.org

Shinjuku tak hanya terkenal akan tempat hiburannya saja, di distrik ini juga terdapat sebuah taman yang kini sudah dianggap sebagai tempat wisata, namanya Shinjuku Gyoen. Menariknya, taman ini memiliki tiga area berbeda, yaitu taman tradisional Jepang, taman bergaya Perancis, dan taman panorama Inggris.

Kolam Tamamo yang terletak di tengah-tengah semakin menambah asri Shinjuku Gyoen. Di musim semi, jumlah pengunjung yang datang ke taman ini akan semakin membludak. Pengunjung yang datang kemari saat musim semi ingin melihat pohon sakura yang bermekaran dengan cantiknya.

8. Tokyo Disneyland dan Disneysea

Tokyo Disneyland dan Disneysea

* sumber: coffeebreakstory.com

The happiest place in the world, begitulah banyak orang menjuluki Disneyland. Tempat ini diklaim sebagai tempat paling menyenangkan di dunia. Di Jepang, Anda bisa singgah ke Tokyo Disneyland dan Disneysea. Kedua tempat ini berada di satu kawasan yang sama. Hanya saja setiap tempat mengusung tema yang berbeda.

Selain mencoba seluruh wahana yang ada di Disneyland dan Disneysea, Anda pun bisa berfoto dengan ikon-ikon Disney. Selain itu, setiap hari selalu digelar atraksi menarik dari tokoh-tokoh film besutan Disney. Baik Tokyo Disneyland maupun Disneysea adalah tempat yang sangat Instagram-able. Jadi, jangan sampai Anda tidak mengunjungi tempat wisata di Tokyo yang paling banyak disinggahi oleh wisatawan asal Indonesia ini.

9. Tsukiji Fish Market

Tsukiji Fish Market

* sumber: travelience.com

Tak afdol rasanya bila Anda tidak berkunjung ke pasar ikan terbesar di dunia saat sedang berlibur di Jepang. Ya, Tsukiji Fish Market adalah pasar ikan terbesar di dunia menjual berbagai jenis ikan, mulai dari jenis ikan yang murah sampai dengan yang paling mahal.

Berbeda dengan pasar ikan yang ada di Indonesia, Tsukiji Fish Market ini sangat bersih dan rapi. Bahkan, di dalam pasar juga terdapat restoran atau kedai makan yang menjual hidangan laut segar. Jadi, Anda bisa sekaligus makan siang ketika berkunjung ke Tsukiji Fish Market ini.

10. Roppongi

Roppongi

* sumber: tokyocheapo.com

Tokyo memiliki sejumlah distrik yang menawarkan hiburan yang gemerlap dan kemewahan modern, salah satunya adalah Roppongi. Distrik ini sangat kaya tempat hiburan malam sampai dengan restoran. Bahkan, di kawasan ini terdapat klub malam yang memang banyak dikunjungi oleh orang asing (Gaijen).

Apabila Anda gemar berwisata di tempat yang ramai dan sangat modern, Roppongi adalah kawasan yang wajib Anda kunjungi. Di sini juga berjajar hotel-hotel ekonomis sampai dengan bintang lima kok. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat menginap kala mengunjungi Roppongi.

11. Istana Kekaisaran Tokyo

Istana Kekaisaran Tokyo

* sumber: its-a-japanese-thing.blogspot.com

Sebagai wisatawan, kita memang tidak bisa masuk ke Istana Kekaisaran Tokyo secara bebas. Maklum saja, ini merupakan tempat tinggal Kaisar Jepang layaknya Istana Kepresidenan di Indonesia sehingga tidak semua orang memiliki akses di bagian dalam bangunan. Namun, kita tetap bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks istana dengan jur yang ditawarkan agen rumah tangga istana.

Istana kekaisaran ini memiliki kompleks yang sangat luas. Di luar bangunan istana terdapat taman yang dibuka untuk umum. Nah, dari taman ini Anda bisa melihat bangunan istana tanpa harus masuk ke sana. Kalau Anda datang saat musim semi, Anda akan mendapatkan “bonus” berupa pemandangan pohon sakura yang sedang mekar di taman ini.

12. Ueno Zoo

Ueno Zoo

* sumber: www.japantimes.co.jp

Berkunjung ke Ueno Park rasanya tidak lengkap jika Anda tidak sekalian berkunjung ke kebun binatang yang terletak di bagian dalam taman ini, namanya Ueno Zoo. Kebun binatang tertua di Jepang ini menempati lahan seluas 14 Ha. Koleksi hewan di dalam kebun binatang cukup banyak meskipun tidak terlalu lengkap.

Saat berkunjung ke Ueno Zoo, Anda wajib melihat panda yang merupakan koleksi satwa andalan Ueno Zoo. Ada juga dua jenis hewan langka lainnya yang harus Anda tengok ketika berkunjung kemari, yaitu Harimau Sumatera dan Gorila Dataran Barat.

13. Odaiba

Odaiba

* sumber: jw-webmagazine.com

Odaiba adalah hasil reklamasi dari Teluk Tokyo. Pulau buatan ini kini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang berlibur ke Tokyo. Tak hanya sekadar menawarkan pemandangan pantai saja, di Odaiba Anda akan menjumpai gedung-gedung bertingkat yang dipakai sebagai perkantoran maupun pusat perbelanjaan.

Spot yang harus Anda singgahi ketika berada di Odaiba adalah Gedung Fuji Televisi yang merupakan tempat observasi stasiun televisi nasional Jepang. Selain itu, Odaiba turut menghadirkan beberapa pusat perbelanjaan, seperti Palette Town dan Aquacity Odaiba yang bisa menjadi surga belanja bagi Anda yang memang gemar shopping.

14. Ameya-Yokochō

Ameya-Yokochō

* sumber: www.jnto.go.jp

Tokyo tak harus selalu identik dengan tempat wisata yang mewah dan eksklusif. Di salah satu sudut Kota Tokyo ada sebuah pasar tradisional yang ramai dan terkenal menjual berbagai macam barang dengan harga bersahabat, yaitu Ameya-Yokochō.

Ketika memasuki pasar ini Anda akan mendengar panggilan dari para pedagang yang berebut menawarkan barang dagangannya dengan harga murah. Di pasar ini juga tersedia tempat makan kaki lima sampai restoran yang menjual aneka jenis makanan. Dijamin, harga makanan di Ameya-Yokochō sangat murah dibanding Anda mencari makan di mall.

Gerai-gerai yang terdapat di Ameya-Yokochō rata-rata tutup pukul 8 malam. Jadi, sebaiknya Anda berkunjung ke pasar ini dari siang atau sore hari.

15. Museum Ghibli

Museum Ghibli

* sumber: www.cntraveler.com

Bagi pecinta anime-anime buata Studio Ghibli, Keluyuran menyarankan Anda untuk datang berkunjung ke Museum Ghibli. Saking populernya, jumlah pengunjung museum ini dibatasi oleh pihak pengelolanya, lho. Anda harus membeli tiketnya jauh-jauh hari jika tidak ingin kehabisan.

Ada apa saja sih di dalam Museum Ghibli ini? Anda akan diajak berfantasi dengan karakter-karakter anime besutan Studio Ghibli. Selain itu, museum ini juga memiliki beberapa permainan dan “jebakan” yang semakin membuat Anda merasa fun.

Nah, apakah Anda sudah mencatat semua daftar tempat wisata di Tokyo ini? Anda harus membawa uang saku lebih banyak jika ingin berkunjung ke semua tempat yang kami rekomendasikan ini. Karena biaya hidup di Tokyo terkenal cukup tinggi. Jika sudah puas di Tokyo, Anda juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya di artikel tempat wisata di Jepang ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *