Yuk, Keluyuran ke 9 Tempat Wisata di Trawas Jawa Timur

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Trawas merupakan kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang terletak di kaki Gunung Arjuno-Welirang dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Trawas menjadi salah satu tempat berhawa sejuk di Mojokerto, selain Pacet.

Trawas memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan destinasi lain di Jawa Timur, khususnya Mojokerto. Bahkan tak hanya wisata alam saja, Trawas juga memiliki destinasi wisata sejarah. Apa saja sih tempat wisatanya? Yuk, simak informasi tentang 9 tempat wisata di Trawas!

1. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill merupakan salah satu tempat rekreasi yang terbilang lengkap. Mulai dari kolam renang, spot foto dengan latar perbukitan, playground untuk anak-anak, air terjun, hingga wahana permaian seru seperti outbound dan skybike.

Tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2013 ini menjadi salah satu destinasi favorit di Trawas. Sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, apalagi jika memiliki anak kecil yang aktif. Fasilitas wisata di Trawas akan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

  • Alamat : Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0813-4782-4701

2. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Di bagian selatan Mojokerto, terdapat banyak air terjun karena terletak di kaki Gunung Arjuno-Welirang. Salah satunya Air Terjun Dlundung yang terletak di Trawas. Air terjun ini memiliki aliran air yang sangat jernih, dan pada jam 9 sampai 10 pagi kamu bisa melihat pelangi yang berasal dari pembiasan cahaya.

Air Terjun Dlundung berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Mojokerto. Memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Air Terjun Dlundung Trawas berasal dari sumber air Gunung Welirang, sehingga airnya sangat jernih dan tentunya sejuk, cocok untuk ngadem di akhir pekan.

  • Alamat : Ketapnrame, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 08.00 – 24.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0813-5913-7621

3. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

* sumber: desapenanggungan.wordpress.com

Wisata sejarah biasanya dilakukan di kota Mojokerto karena terdapat situs Candi Trowulan. Namun, ternyata bukan hanya di kota saja, di Trawas kamu pun bisa melakukan wisata sejarah di Candi Jolotundo. Dibangun oleh Raja Udayana yang merupakan raja dari Kerajaan Bedahulu, Wangsa Warmadewa, Bali.

Candi Jolotundo dibangun sebagai wujud cinta dari Raja Udayana terhadap anaknya, Airlangga yang lahir pada tahun 991 Masehi. Kemudian dibangulah candi ini pada tahun 997 Masehi. Candi Jolotundo terkenal karena memiliki petirtaan atau pemandian yang konon disebutkan sumber air yang ada di sini keluar dari tubuh Mahameru.

  • Alamat : Seloliman, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.500 – Rp10.000

4. Fresh Green Trawas

Fresh Green Trawas

Kamu pencinta durian? Wajib datang ke Fresh Green Trawas yang juga dikenal dengan istilah “Mendem Duren” yang berarti mabuk durian. Dulunya di sini banyak ditanami pohon durian yang enak, dan banyak dicari oleh wisatawan. Tak hanya memakan durian, kamu juga bisa berfoto dengan Diorama orang yang sedang membelah durian.

Jika tidak suka dengan buah durian, tak perlu khawatir, Fresh Green Trawas juga dikenal dengan kuliner lain, salah satunya rujak uleg. Perpaduan antara segarnya buah, dan bumbunya yang gurih dengan tekstur kacang yang sedikit kasar akan terasa sangat nikmat. Selain itu di sini juga terdapat taman rekreasi, jadi cocok jika membawa anak.

  • Alamat : Mbantal, Buntal, Duyung, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Villa Puncak Trawas

Villa Puncak Trawas

Sumber: https://twitter.com/kabarmojokerto_/status/1025808868503240704

Liburan tidak selalu dengan mengunjungi tempat wisata, bisa juga lho melakukan stay cation atau menginap hotel dan menikmati beragam fasilitas yang ada. Salah satu yang bisa dijadikan sebagai tempat staycation adalah Villa Puncak Trawas.

Villa ini menawarkan fasilitas yang memanjakan bagi setiap pengunjung. Bangunannya yang mewah, dan dilengkapi dengan dua buah kolam renang dengan kedalaman berbeda. Ketika berenang di sini, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan Gunung Penanggungan.

  • Alamat : Jl. Pahlawan No.142, Kemiloko, Trawas, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif per malam : Rp2.500.000

6. PPLH Seloliman

PPLH Seloliman

Butuh tempat refreshing dengan teman sekantor? Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman merupakan salah satu tempat wisata bernuansa alam yang terdiri dari kawasan hutan rindang, dan di dalamnya terdapat beberapa penginapan berupa villa yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap dengan rombongan.

PPLH Seloliman tidak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga sebagai wahana edukasi dan rekreasi. Letaknya yang berada di lereng pegunungan, membuat PPLH Seloliman memiliki udara yang sejuk dan asri. Semua yang ada di PPLH Seloliman merujuk pada kelestarian alam, bahkan pemanas pun menggunakan tenaga surya.

  • Alamat : Dusun Biting Seloliman, Seloliman, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 07.30 – 20.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0851-0022-1045

7. Bumi Perkemahan Dlundung

Bumi Perkemahan Dlundung

* sumber: nenazakiah.blogspot.com

Air Terjun Dlundung bukan hanya sekadar tempat wisata air saja, di kaki air terjun tersebut terdapat Bumi Perkemahan Dlundung yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap bernuansa alam. Tempat camping yang berada di lereng Gunung Welirang ini bisa dicapai nenggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota selama satu jam perjalanan.

Jika kamu tidak memiliki perlengkapan berkemah, kamu bisa menyewa di pos dekat gerbang masuk kawasan wisata. Di sana menyewakan beragam keperluan mulai dari alat masak, matras, sleeping bag, hingga tenda. Pemandangan dari Bumi Perkemahan Dlundung ini tampak jelas Gunung Penanggungan yang memesona.

  • Alamat : Kemiloko, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Gunung Welirang

Gunung Welirang

* sumber: catatanalam.wordpress.com

Jika di Jawa Tengah ada Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang dikenal sebagai gunung kembar, di Jawa Timur ada Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Kedua gunung ini masih terletak pada satu punggungan yang sama, jadi sebenarnya eksistensi Gunung Welirang tak lepas dari Gunung Arjuno.

Secara administratif, Gunung Welirang berada di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Welirang masuk ke dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, bersamaan dengan Gunung Arjuno. Gunung Welirang memiliki ketinggian 3156 meter di atas permukaan laut.

  • Alamat : Hutan, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/hari
  • Kontak : 0853-3089-3837

9. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

Terakhir, ada Gunung Penanggungan yang terletak di antara Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil dengan ketinggian 1653 meter di atas permukaan laut. Meski terbilang kecil, gunung ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Gunung berbentuk kerucut ini memiliki jalur pendakian yang cukup berat, tetapi ramah bagi pemula.

Gunung Penanggungan terbentuk dari aktivitas Gunung Arjuno, Welirang, dan Gunung Anjasmoro. Uniknya, Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah. Di lereng gunung dipenuhi situs arkeologi dan spiritual sejak era Hindu – Buddha. Jika kamu suka sejarah, dan ingin mencoba mendaki gunung, Penanggungan bisa jadi pilihan.

  • Alamat : Gunung Penanggungan, Trawas, Kabupaten Mojokerto
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : 0812-3215-2477

Ternyata Mojokerto memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik. Tak hanya Pacet dan Trowulan saja, di Trawas juga banyak yang bisa kamu kunjungi. Sudah berencana liburan ke Mojokerto? Yuk, kunjungi tempat wisata di Trawas!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *