Yuk, Jelajah ke 10 Tempat Wisata Menarik di Trenggalek!

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur bagian selatan yang terletak di sebelah timur Pacitan, barat Tulungagung dan Tenggara Ponorogo. Sebagian wilayah Kabupaten Trenggalek berada di kaki Gunung Liman. Kota kecil di Jawa Timur ini kurang menarik perhatian wisatawan sehingga tempat wisata di Trenggalek terbilang masih sepi jika dibanding Malang atau Banyuwangi.

Meskipun masih sepi, bukan berarti Trenggalek tidak memiliki tempat wisata yang menarik. Trenggalek memiliki destinasi wisata yang terbilang lengkap seperti gunung, bukit, goa, hingga pantai bisa kamu temukan di sini. Penasaran apa saja wisata di Kabupaten Trenggalek? Simak rekomendasi 10 tempat wisata menarik di Trenggalek berikut ini!

1. Pantai Prigi

Pantai Prigi

* sumber: seringjalan.com

Ini dia salah satu pantai di Trenggalek yang cukup populer. Pantai Prigi terletak di selatan Kabupaten Trenggalek tepatnya di Kecamatan Watulimo. Pantai Prigi memiliki garis pantai yang panjang dengan arus ombak khas pantai selatan yang cukup besar, tetapi aman untuk bermain air.

Di Pantai Prigi, kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan dari tepi pantai saja. Kamu bisa berenang, dan menyewa perahu nelayan untuk berlayar ke tengah laut. Selain itu, ada berbagai permainan yang bisa kamu coba seperti ATV hingga bermain bola. Tak heran kalau Pantai Prigi selalu ramai dikunjungi masyarakat Trenggalek pada akhir pekan.

  • Alamat: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

2. Pantai Ngadipuro

Pantai Ngadipuro

* sumber: festivaljalanjalan.com

Selanjutnya, ada Pantai Ngadipuro. Masuk ke dalam bagian Teluk Sumbreng, Pantai Ngadipuro memiliki pesona yang sangat cantik. Pasir putih membentang luas, dengan air laut yang sangat jernih, dan terdapat bukit di sisi kiri dan kanan pantai membuat Pantai Ngadipuro termasuk salah satu pesona bahari di Trenggalek.

Pantai Ngadipuro terbilang sepi jika dibandingkan Pantai Prigi. Di sini belum disediakan fasilitas umum untuk menunjang pariwisata, sehingga banyak yang perlu dipersiapkan jika hendak mengunjungi pantai ini. Meski begitu, Pantai Ngadipuro recommended dikunjungi untuk kamu yang kurang suka dengan keramaian di tempat wisata.

  • Alamat: Peden, Craken, Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  •  Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

3. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

* sumber: jatimsmart.id

Tanaman bakau berfungsi untuk mengendapkan lumpur dan mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Hutan Bakau atau Hutan Mangrove terdapat di beberapa area pantai di Indonesia, salah satunya Trenggalek. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong dapat menjadi tempat wisata yang mengedukasi, sebab di sini terdapat berbagai jenis tanaman bakau yang dibudidayakan.

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong menyuguhkan pemandangan yang memesona karena letaknya yang berada di area pegunungan. Kamu dapat menikmati pemandangan Hutan Mangrove ini dengan berjalan kaki di atas jembatan kayu yang diberi nama Jembatan Galau oleh pengelola setempat.

  • Alamat: Jl. Pantai Cengkrong, Tirto, Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  • Operasional: 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

4. Bukit Tunggangan

Bukit Tunggangan

* sumber: wisatabukittunggangan.blogspot.com

Selain pantai, Trenggalek juga memiliki bukit. Pertama ada Bukit Tunggangan yang merupakan lokasi diselenggarakannya Festival Paralayang pada tahun 2019 lalu. Bukit Tunggangan disebut juga sebagai Bukit Paralayang Durenan, karena letaknya yang berada di Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek.

Di Bukit Tunggangan, kamu bisa menguji adrenalin dengan terbang menggunakan paralayang, atau sekadar camping dan menikmati pemandangan dari puncak bukit. Apabila ingin mencoba paralayang, maka waktu terbaik untuk take off mulai jam 8 pagi hingga 11 siang, kemudian jam 1 siang hingga 6 sore.

  • Alamat: Ngrandu, Kendalrejo, Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Air Terjun Pantai Pelang

Air Terjun Pantai Pelang

* sumber: www.flickr.com

Kawasan pantai di Trenggalek terletak di balik pegunungan. Tak heran, jika di sini kamu bisa menikmati wisata pantai dan air terjun dalam satu lokasi yang berdekatan. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Pantai Pelang ini letaknya dekat dengan Pantai Pelang yang merupakan satu kawasan dengan Pantai Taman Kili-Kili.

Air terjun Pantai Pelang berasal dari sumber air yang mengalir ke sungai kecil, kemudian bermuara ke laut. Air terjun ini mitosnya dapat membuat awet muda karena efek bahagia akan terasa ketika datang ke sini. Waktu terbaik untuk menikmati Air Terjun Pantai Pelang adalah ketika musim penghujan, saat aliran air sedang deras-derasnya.

  • Alamat: Hutan, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

6. Air Terjun Jurug Waru

Air Terjun Jurug Waru

* sumber: trenggalekview.blogspot.com

Satu lagi air terjun yang cantik dan unik di Kabupaten Trenggalek. Air Terjun Jurug Waru terletak diantara tebing yang berbentuk seperti hati. Air terjun mengalir deras dari sela-sela bebatuan yang kemudian jatuh ke telaga berwarna kehijauan. Pesona air terjun ini jarang ditemukan di tempat lain.

Telaga Air Terjun Jurug Waru tidak aman untuk bermain air. Jadi, kamu hanya bisa menikmati keindahannya dari tepi telaga. Meski begitu, pemandangan cantiknya air terjun ini sangat terpancar. Apalagi telaganya yang tidak tersentuh manusia ini sangat jernih dan memesona.

  • Alamat: Krajan, Watuagung, Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp3.000/orang

7. Bukit Banyon

Bukit Banyon

* sumber: www.superadventure.co.id

Selain Bukit Tunggangan, ada pula Bukit Banyon yang berada di ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut. Bukit ini sering disebut sebagai ‘negeri di atas awan’-nya Trenggalek. Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di satu tempat yang sama.

Saat waktu pagi, kamu bisa melihat matahari yang muncul perlahan dari sela-sela pegunungan yang menghiasi Bukit Banyon. Sedangkan ketika sore hari, kamu bisa melihat matahari tenggelam di balik perbukitan Rejek Wesi. Bagi yang suka berkemah, tak ada salahnya mencoba camping di Bukit Banyon.

  • Alamat: Widoro, Karanganyar, Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Goa Lowo

Goa Lowo

* sumber: galerywisataasyik.blogspot.com

Tahukah kamu kalau Trenggalek memiliki goa terbesar dan terpanjang se-Asia Tenggara? Goa itu bernama Goa Lowo, yang dalam bahasa Jawa berarti “goa kelelawar”. Panjang Goa Lowo sekitar 2 km namun pengunjung hanya bisa menikmati sebagiannya saja, yaitu 850 meter. Sedangkan 1.150 meternya merupakan sungai bawah tanah sedalam 10 meter.

Di goa ini, kamu takkan menemukan hewan lain. Goa Lowo dipenuhi batu stalagtit dan stalagmite yang masih sangat terjaga. Bebatuan yang ada di sini terbentuk alami dari tetesan air dalam goa selama ribuan tahun. Jika ingin menyusuri goa ini, sudah disediakan jembatan kayu dari mulut hingga ujung goa. Menarik sekali bukan?

  • Alamat: Kambe, Watuagung, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

9. Gunung Prongos

Gunung Prongos

* sumber: www.tripjalanjalan.com

Trenggalek memiliki gunung yang merupakan bekas penggalian tambang batu gamping yang kemudian berhenti beroperasi. Gunung Prongos berada di ketinggian 550 meter di atas permukaan laut dengan luas kawasan kurang lebih 100 meter persegi. Meski merupakan bekas galian, kamu tetap bisa camping di sini.

Gunung Prongos menyajikan pemandangan perbukitan hijau di sekeliling yang rimbun nan memesona. Karena ketinggiannya yang hanya 550 mdpl, kamu tak perlu lelah mendaki untuk bisa sampai di puncak Gunung Prongos. Tempat ini cocok untuk kamu yang sekadar ingin menenangkan pikiran dengan menikmati pemandangan bukit hijau.

  • Alamat: Kemiri, Bendoagung, Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp4.000 – Rp10.000/orang

10. Puncak Jaas

Puncak Jaas

* sumber: pariwisata.trenggalekkab.go.id

Selain Gunung Prongos, ada pula Puncak Jaas atau Gunung Jaas yang menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Trenggalek. Gunung ini berada di sebelah barat Trenggalek dan bisa kamu lihat dari Alun-Alun Kota Trenggalek. Jadi, Gunung Jaas sangat mudah dijangkau dari pusat kota.

Puncak Jaas menyajikan panorama yang sangat memesona. Di sini, kamu dapat melihat Gunung Kuncung, Gunung Sawe, dan pemandangan Trenggalek dari ketinggian. Jika kamu datang pada waktu pagi, maka akan disuguhkan dengan kabut tipis yang menyelimuti Kabupaten Trenggalek. Cantik dan menyejukkan!

  • Alamat: Darang, Tamanan, Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Demikian rekomendasi 10 tempat wisata di Trenggalek yang bisa kamu kunjungi. Tidak kalah kan, dengan tempat wisata lain di Jawa Timur? Kalau kamu suka traveling ke tempat wisata yang belum banyak dikenal orang, rasanya Trenggalek sangat cocok dijadikan sebagai destinasimu selanjutnya. Yuk, liburan ke Trenggalek!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *