10 Tempat Wisata di Tulungagung yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak suka pantai? Sebagian besar orang tentu mendambakan liburan di sebuah pantai yang indah. Liburan ke pantai tidak harus ke Bali, lho. Jika Anda berdomisili di Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi Tulungagung. Kabupaten di Jawa Timur ini cukup dekat dengan Blitar.

Tempat wisata di Tulungangung kebanyakan berupa pantai. Pantai di sini merupakan salah satu yang terindah di Jawa Timur. Nah, berikut Keluyuran akan memberi ulasan tentang beberapa pantai di Tulungagung berserta beberapa tempat wisata lainnya di sana.

1. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Mungkin tak ada yang menyangka bahwa di sebuah kota kecil di Jawa Timur yang belum dilirik oleh banyak wisatawan, seperti Tulungagung, ini memiliki sejumlah pantai yang sangat indah. Salah satu tempat wisata di Tulungagung yang sangat wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Kedung Tumpang.

Anda tidak akan menjumpai pasir pantai saat berada di sini, karena Pantai Kedung Tumpang adalah pantai dengan batu-batu karang. Namun, yang membuat pantai ini terlihat spesial adalah lubang-lubang alami yang terbentuk di tengah batu karang sehingga menghasilkan laguna dengan warna air yang sangat cantik. Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu tempat wisata yang sangat Instagram-able.

2. Pantai Molang

Pantai Molang tempat wisata di tulungagung

Apakah Anda menginginkan sebuah liburan di private beach? Datanglah ke Pantai Molang. Ini bukanlah sebuah private beach, tetapi Anda akan merasa seperti memiliki pantai ini karena Pantai Molang sangat sepi pengunjung. Jadi, Anda dapat bersantai dengan tenang di pantai ini.

Pemandangan di sekitar pantai masih sangat asli karena belum terjamah oleh banyak tangan manusia. Namun, bila Anda berkunjung ke Pantai Molang sebaiknya urungkan niat untuk berenang. Pasalnya, Pantai Molang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Oleh karena itu, ombak di sini cukup tinggi dan bisa membahayakan keselamatan jiwa Anda.

3. Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur

Pantai Sanggar

Kapan lagi bisa mengunjungi dua pantai sekaligus dalam waktu yang bersamaan? Cuma di Tulungagung Anda bisa mengunjungi dua pantai dalam satu rute yang sama. Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur berada di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Kedua pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih.

Sama seperti Pantai Molang, baik Pantai Sanggar maupun Pantai Ngalur sama-sama tidak diketahui oleh banyak orang. Jadi, Anda bisa bermain dengan bebas di pantai ini. Kedua pantai dipisahkan oleh sebuah bukit. Setelah puas bermain di Pantai Sanggar, Anda dapat melanjutkan untuk bersantai di Pantai Ngalur, atau sebaliknya.

4. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang

Selanjutnya, ada Pantai Pathok Gebang yang letaknya juga tidak terlalu jauh dengan Pantai Sanggar. Sama seperti ketiga pantai yang sudah disebutkan, Pantai Pathok Gebang ini juga sepi pengunjung. Namun, itulah hal yang menarik dari pantai ini. Anda dan teman-teman akan merasa seperti berada di sebuah private beach yang sangat eksotis.

Perjalanan menuju ke Pantai Pathok Gebang ini terbilang sulit. Pasalnya, wisatawan harus berjalan kaki selama 30-40 menit sembari menyusuri hutan dan mendakit perbukitan. Namun, rasa lelah yang Anda rasakan akan langsung menguap begitu saja setelah Anda menyaksikan hamparan pasir putih yang bersih dan air berwarna biru laut yang ada di Pantai Pathok Gebang.

5. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur

Eksplor pantai-pantai yang ada di Tulungagung masih terus berlanjut. Kali ini, Keluyuran akan mengajak Anda untuk mengenal Pantai Ngalur, sebuah pantai impian banyak wisatawan dengan hamparan pasir putih dan air laut dengan warna yang bergradasi.

Tak banyak wisatawan yang datang ke Pantai Ngalur ini. Jadi, ketika Anda berkunjung ke sini, maka Anda akan merasa seperti berada di private beach. Beberapa pohon tumbang atau pohon yang sudah mati di pantai ini membuat Pantai Ngalur terlihat semakin indah dan alami. Tempat ini cocok dijadikan sebagai lokasi hunting atau foto pre-wedding.

6. Pantai Popoh

Pantai Popoh di Tulungagung

Pantai Popoh termasuk dalam salah satu pantai yang paling terkenal di Jawa Timur, lho. Jadi, jangan ngaku berdomisili di Jawa Timur bila Anda belum pernah mendengar nama pantai ini. Pesona yang dimiliki oleh Pantai Popoh ini memang tidak bisa didustai.

Meskipun para wisatawan harus berbagai tempat dengan para nelayan sekitar, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan wisatawan dalam menikmati keindahan Pantai Popoh ini. Di kawasan pantai terdapat sebuah bukit yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan. Dari bukit ini kita bisa melihat keindahan horizon dan gulungan ombak yang cukup tinggi.

Setelah puas bersantai di pantai, jangan lupa untuk singgah sebentar di warung makan yang ada di sekitar Pantai Popoh untuk menikmati hidangan ikan bakar dan olahan hasil laut lainnya. Dijamin, lidah dan perut Anda akan dimanjakan dengan seafood yang masih segar tersebut.

7. Pantai Sidem

Pantai Sidem

Setelah puas bermain-main di Pantai Popoh, tak ada salahnya jika Anda mampir ke salah satu pantai yang berdekatan dengan Pantai Popoh, yakni Pantai Sidem. Pasir di pantai ini sebenarnya tidak terlalu putih, tetapi pantai ini cukup cocok untuk dijadikan sebagai tempat chilling bersama teman atau keluarga.

Pengunjung di pantai ini cukup ramai meskipun tidak sebanyak pengunjung Pantai Popoh. Di laut Pantai Sidem ini terdapat banyak kapal nelayan yang singgah atau sedang mulai berlayar ke laut. Lokasi dari Pantai Sidem ini sebenarnya berada di Kecamatan Besuki, Kabupateng Tulungangung. Nah, berminat untuk mengujungi Pantai Sidem setelah Anda puas berkunjung ke Pantai Popoh?

8. Pantai Klatak

Pantai Klatak

Setelah kami menyebutkan beberapa pantai di Tulungagung yang memiliki pasir berwarna putih. Kini, kita akan membahas tentang pantai yang pasirnya berwarna gelap. Pantai Klatak memiliki pasir yang cenderung berwarna abu-abu kehitaman. Meskipun demikian pantai ini tetap indah dan layak dikunjungi.

Batu-batu yang terdapat di bibir pantai juga menambah eksotisme dari Pantai Klatak ini. Pantai yang berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung ini wajib Anda kunjungi saat berada di Tulungagung.

9. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung

Meskipun namanya Lumbung, tempat wisata di Tulungagung yang satu ini bukan tempat penyimpanan padi, lho. Namun, di tepi Pantai Lumbung ada banyak terdapat batu-batu karang. Anda harus lebih hati-hati saat berjalan di tepi pantai ini.

Pantai Lumbung ini belum dikelola sebagai tempat pariwisata umum oleh pemerintah setempat. Dengan kata lain, pantai ini masih “perawan” dan belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, akses menuju ke Pantai Lumbung ini terbilang susah.

Namun, panorama yang berasal dari pantai ini sangat mempesona. Pantai Lumbung berada tak jauh dari lokasi Pantai Molang. Dengan begitu Anda bisa ke Pantai Klatak setelah ke Pantai Molang, pun begitu sebaliknya.

10. Pantai Sine

Pantai Sine

Untuk tiba di Pantai Sine, Anda harus melakukan perjalanan darat sekitar 35 Km dari pusat Kota Tulungagung. Berbeda dengan beberapa pantai di Tulungagung sebelumnya, warna pasir di Pantai Sine adalah putih kecoklatan.

Di pantai ini, Anda sebagai wisatawan harus berbagi wilayah dengan para nelayan. Pasalnya, nelayan setempat juga mencari ikan segar dengan berangkat melalui Pantai Sine ini. Biar pun begitu, pemandangan alam yang ada di Pantai Sine ini sangat worth it.

Para wisatawan dapat bermain air di tepi pantai sembari melihat para nelayan yang bersiap atau baru datang setelah menangkap ikan. Lokasi dari Pantai Sine adalah Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

Nah, usai sudah pembahasan mengenai tempat wisata di Tulungagung yang memang sebagian  besar berupa pantai-pantai eksotis yang tidak kalah dengan pantai di Bali maupun Lombok. Keluyuran sengaja mengulas tentang pantai-pantai yang ada di Tulungagung ini karena sebagian besar dari pantai tersebut belum terekspos secara umum.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *