10 Tempat Wisata di Ulsan yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik

Ulsan adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Korea Selatan yang terletak di bagian tenggara negara tersebut. Kota Ulsan juga tidak kalah indah dari Daegu dan Busan yang merupakan kota terpadat kedua di Negeri Ginseng. Ulsan menawarkan banyak tempat wisata populer yang bisa kamu kunjungi.

Mulai dari keindahan alam, sejarah, dan atraksi modern bisa kamu temukan di Ulsan. Salah satu objek wisata yang paling populer di sana adalah Taman Daewangam yang terletak di pantai sebelah timur. Lalu, tempat apa saja yang perlu dieksplor saat sedang ada di Ulsan? Berikut ini adalah daftarnya.

10 Tempat Wisata di Ulsan

1. Daewangam Park

Daewangam Park

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Daewangam Park adalah taman tepi laut yang terletak di pantai sebelah timur. Daewangam Park adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di Ulsan. Untuk menuju ke area pantainya, kamu bisa menyusuri jalanan yang ditumbuhi berbagai pepohonan, seperti pohon pinus, pohon ceri, magnolia, camelia, dan aprikot.

Tepi-tepi pantai di Daewangam Park dipenuhi oleh batuan-batuan lapuk yang memiliki bentuk menarik karena terjangan angin dan ombak lautan. Di taman ini juga kamu akan menemukan sebuah pulau batu besar yang terlihat seperti seekor naga yang naik ke langit.

Pulau tersebut terhubung ke daratan dengan sebuah jembatan besi serta memiliki menara observasi. Selain observatorium, ada fasilitas lain yang disediakan di Daewangam Park, seperti tempat latihan, mercusuar, jalur untuk jalan-jalan, serta snack bar. Biaya masuk dan parkir ke Daewangam Park adalah free a.k.a gratis.

2. Taehwagang River

Taehwagang River

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Objek wisata lain yang populer di Ulsan adalah sungai Taehwagang yang melintasi kota Ulsan dari timur ke barat dan bermuara di teluk Ulsan. Selain menjadi kebanggaan warga Ulsan, sungai ini telah menjadi komoditas berharga yang telah memainkan peran penting dalam budaya dan sejarah kota Ulsan.

Di dekat sungai ini, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti taman hutan bambu, padang rumput, jalan setapak, dan fasilitas latihan. Di tepi sungai, terdapat habitat burung migran dan merupakan tempat rekreasi favorit warga kota.

Kamu juga bisa menyebrangi sungai melewati jembatan Sipridaebatgyo yang melambangkan simbol kota Ulsan, yaitu bangau putih dan ikan paus. Terdapat pula Taewha River Observatory yang bisa digunakan pengunjung untuk mengeksplor ekologi sungai dan menyaksikan area burung-burung migran.

3. Ulsan Grand Park

Ulsan Grand Park

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Taman Kota Ulsan ini terletak di Namgu Ok-dong dan merupakan sebuah taman kota bertipe ekologis dengan banyak atraksi yang bisa disaksikan. Taman ini menawarkan kolam renang besar dan taman bermain, area konser luar ruangan, lapangan olahraga serbaguna, dan lain-lain.

Ada juga taman hiburan outdoor yang menawarkan empat kolam dengan ukuran yang berbeda, jalur pejalan kaki, taman bermain, aula konser outdoor, alun-alun, lapangan olahraga serbaguna, area untuk berpiknik, dan masih banyak lagi. Di dekat gerbang selatan, kamu juga bisa menemukan lapangan kupu-kupu, kebun bunga mawar, dan kebun binatang mini.


4. Taehwagang Grand Park

Taehwagang Grand Park

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Di sini ada taman bambu yang luas yang terletak di area antara Jembatan Taehwa dan Jembatan Sambo di sepanjang sungai Taehwagang. Taman bambu tersebut memiliki panjang sekitar 4 kilometer dan lebar 20 hingga 40 kilometer. Taman bambu ini dibuat oleh warga desa untuk mencegah banjir yang sering terjadi selama masa pendudukan Jepang di Ulsan.

Sekarang, taman bambu tersebut bisa disebut sebagai hutan bambu saking luasnya. Saat musim semi tiba, Taehwagang Grand Park akan semakin berwarna karena puluhan juta tanaman dari tujuh spesies yang berbeda akan berbunga. Kebun tanaman berbunga di Taehwagang Grand Park adalah yang terbesar di seluruh Korea Selatan.

5. Mercusuar Ganjeolgot

Mercusuar Ganjeolgot

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Kamu bisa melihat matahari terbit lebih awal di sepanjang pantai timur kota Ulsan di Mercusuar Ganjeolgot di Daesong-ri, Seosaeng-myun, Uljin-gun. Ganjeolgot Point telah menjadi salah satu objek wisata baru bersama dengan Jinha Beach dan Seosaengpo Fortress.

Mercusuar ini terletak sekitar 20 menit dari pintu masuk ke Jalan Lingkar Ulsan Nambu. Saat bunga-bunga akasia bermekaran di sepanjang pantai dari Ulsan ke pantai Haeundae di Busan, kamu bisa merasakan wangi-wangian dari bunga tersebut. Dengan demikian, jalan tersebut menjadi jalur mengemudi yang menakjubkan dan sangat menyegarkan.

6. Museum Ikan Paus Jangsaengpo

Museum Ikan Paus Jangsaengpo

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Museum yang dibuka pada tangga 1 Mei 2005 ini menjadi museum paus pertama dan satu-satunya di Korea. Objek wisata pendidikan ini berdiri di tempat yang dulunya merupakan pusat industri penangkapan ikan paus di Korea. Namun, setelah penangkapan ikan paus dilarang pada tahun 1986, sekitar 250 artefak dari kegiatan industri tersebut dikumpulkan dan dipajang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram