Inilah 10 Destinasi Wisata di Ungaran, Kabupaten Semarang

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Ungaran merupakan perkotaan di Jawa Tengah yang menjadi ibu kota dari Kabupaten Semarang. Kota Ungaran terletak di sisi selatan Kota Semarang yang wilayahnya meliputi dua kecamatan, yaitu Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Ungaran menjadi jalur utama yang menghubungkan Kota Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Surakarta.

Sebagai jalur utama yang menghubungkan beberapa kota, Ungaran dijuluki sebagai Kota Seribu Rumah Makan. Selain wisata kulinernya yang sudah lama dikenal, ibu kota kabupaten ini juga memiliki wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini ulasan 10 destinasi wisata di Ungaran yang bisa kamu kunjungi ketika liburan ke Kota Semarang!

1. Curug Semirang

Curug Semirang

* sumber: jatengdaily.com

Pertama yang bisa dikunjungi di Ungaran adalah Curug Semirang. Air terjun ini terletak di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Berada di kaki Gunung Ungaran, Curug Semirang memiliki kolam renang alami di tengah hutan pinus yang sejuk dan asri. Air terjun yang cantik ini terbilang masih baru dijadikan sebagai destinasi wisata.

Curug Semirang terdapat kolam yang airnya berwarna hijau. Kolam ini aman digunakan untuk berenang baik bagi anak-anak maupun orang dewasa karena kolam pada Curug Semirang tidak menggunakan campuran zat penjernih air. Curug yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Ungaran ini bisa dikunjungi untuk rekreasi di akhir pekan.

  • Alamat : Desa Gogik, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0856-4073-2113

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

* sumber: www.sfidnfits.com

Masih di sekitar lereng Gunung Ungaran, terdapat Umbul Sidomukti yang merupakan kolam renang dan tempat pemandian alami dimana air yang mengalir berasal dari sumber mata air Gunung Ungaran. Terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, Umbul Sidomukti memiliki udara dingin dan suasananya sejuk.

Umbul Sidomukti terdiri dari tiga kolam renang bertingkan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam untuk anak-anak memiliki kedalaman 30 cm, jadi aman untuk bermain air bersama bayi. Sedangkan kolam dewasa, memiliki kedalaman 1,5 meter. Hal menarik dari kolam renang ini adalah kamu bisa berenang dengan melihat pemandangan alam dari ketinggian.

  • Alamat : Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : (0298) 7137 010

3. Watu Gunung

Watu Gunung

Watu Gunung merupakan salah satu kolam renang alam di Kabupaten Semarang yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Watu Gunung dikenal juga dengan nama Kolam Renang Lerep. Watu Gunung menjadi wisata yang menarik karena tak hanya kolam alam saja, di sini juga terdapat wisata lain.

Watu Gunung mengenalkan sisi alam serta budaya yang cukup melekat. Di sini terdapat banyak pepohonan, kemudian ada juga sungai dan danau buatan. Di Danau Watu Gunung, dijadikan sebagai habitat ikan hias yang cantik. Kamu bisa bersantai di gazebo yang sudah di sediakan sambil menikmati pemandangan Danau Watu Gunung.

  • Alamat : Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000
  • Kontak : 0817-0572-234

4. Kolam Renang Watu Lumpang

Kolam Renang Watu Lumpang

Sumber: https://www.instagram.com/watulumpang_ungaran/

Jika kamu hobi berenang, kamu bisa datang ke Kolam Renang Watu Lumpang yang merupakan salah satu kolam renang murah di Ungaran. Kolam Renang Watu Lumpang memiliki dua kolam, dan dilengkapi dengan kolam anak dekat sungai alami. Air yang ada di kolam ini berasal dari sumber mata air Gunung Ungaran.

Kolam Renang Watu Lumpang cocok dikunjungi jika ingin berenang di akhir pekan yang letaknya tak jauh dari pusat kota Ungaran. Kolam renang ini sudah menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman.

  • Alamat : Jl. Kyai Sono No.1, Ungaran, Genuk, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0813-9010-7096

5. Curug Lawe

Curug Lawe

* sumber: wisatamy.blogspot.com

Tak hanya Curug Semirang, di lereng Gunung Ungaran juga terdapat banyak air terjun, salah satunya Curug Lawe. Air terjun ini sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan, tetapi banyak yang belum mengetahui lokasi pasti dari air terjun ini. Jika kamu tahu letak Curug Benowo, maka jaraknya dekat dengan Curug Lawe, hanya sekitar 1 km saja.

Curug Lawe merupakan salah satu air terjun yang masih alami di Ungaran. Menuju ke sini, kamu perlu berjalan kaki selama 1 jam dari tempat penitipan motor. Cocok untukmu yang suka dengan aktivitas hiking. Setibanya di Curug Lawe, kamu akan melihat air terjun yang sangat alami dan menyejukkan. Batas waktu berkunjung ke sini adalah sampai jam 3 sore.

  • Alamat : Jl. Limbangan, Gunungsari, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 06.00 – 15.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp9.000/orang dan Rp15.000/2 orang

6. Benteng Willem II Ungaran

Benteng Willem II Ungaran

* sumber: www.dictio.id

Selesai membahas wisata air di Ungaran, kini saatnya membahas wisata kota dimana Ungaran memiliki tempat bersejarah. Benteng Willem II atau disebut juga dengan Benteng Ungaran merupakan benteng peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1786. Benteng bersejarah ini menjadi salah satu ikon bagi Kabupaten Semarang, khususnya Ungaran.

Benteng Willem II Ungaran pernah dijadikan sebagai penjara pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Benteng ini sempat menjadi tempat transit bagi Pangeran Diponegoro sebelum diasingkan ke Kota Ujung Pandang, atau yang sekarang dikenal dengan Kota Makassar. Saat ini, Benteng ungaran menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Semarang.

  • Alamat : Jl. Diponegoro, Dliwang, Ungaran, Ungaran barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

* sumber: hellotraveller.net

Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi Hindu di Jawa Tengah yang menarik untik dikunjungi. Nama Candi Gedong Songo berasal dari bahasa jawa yang artinya sembilan bangunan. Di kompleks Candi Gedong Songo terdapat 9 bangunan candi yang 7 diantaranya ditemukan pada tahun 1740 dan 2 bangunan lainnya pada tahun 1972 – 1982.

Candi Gedong Songo menjadi salah satu destinasi wisata di lereng Gunung Ungaran yang terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Candi ini dibangun pada abad ke-7 oleh Raja Mataram kuno. Candi Gedong Songo dipercaya masih memiliki hubungan erat dengan kisah pewangan Hanoman dan Dasamuka.

  • Alamat : Darum, Krajan, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 06.30 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp6.000

8. Alun-Alun Lama Ungaran

Alun-Alun Lama Ungaran

Keluyuran ke suatu tempat, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Alun-Alun kota dimana biasanya tempat ini menjadi sentra kuliner dan ruang terbuka yang menyenangkan. Begitu pula dengan Ungaran. Di sini terdapat Alun-Alun Lama Ungaran yang dikenal dengan wisata kulinernya karena Alun-Alun ini memiliki Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera).

Alun-Alun Lama Ungaran selain memiliki sentra kuliner, ada juga hiburan lain seperti odong-odong, hingga mengajak anak untuk belajar melukis. Alun-Alun ini disebut sebagai Alun-Alun Lama karena merupakan Alun-Alun pertama di Ungaran.

  • Alamat : Krajan, Ungaran, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-2228-958

9. Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran

Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran

* sumber: www.anugerahkubah.com

Sama halnya dengan kota lain, Ungaran juga memiliki masjid besar yang bernama Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran. Masjid Agung ini terletak di Alun-Alun Mini Kota Ungaran yang lokasinya berseberangan dengan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Semarang. Masjid ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi dan ibadah.

Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran memiliki luas 1.552 m2 dan dapat menampung lebih dari 200 jemaah dalam satu waktu. Berada di pusat kota Ungaran, Masjid Agung Al-Mabrur bisa diakses dengan mudah baik dari arah Kota Semarang, maupun dari Kota Salatiga.

  • Alamat : Jl. Ahmad Yani, Putotan, Sidomulyo, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam

10. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

* sumber: dolanyok.com

Jika kamu suka mendaki gunung, tidak ada salahnya untuk mendaki gunung di Kabupaten Semarang ini. Gunung Ungaran merupakan gunung berapi dengan tipe Stratovolcano yang memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Meski disebut gunung berapi, belum ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanik dari Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki tiga puncak, diantaranya Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertinggi dari gunung ini adalah Ungaran. Di puncak Gunung Ungaran, kamu bisa melihat pemandangan Kota Semarang, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, hingga Laut Jawa. Pendakian Gunung Ungaran bisa dilakukan melalui jalur Mawar.

  • Alamat : Gunung Ungaran, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.000 – Rp12.000
  • Kontak : 0857-4772-1434

Itulah ulasan tentang destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Kota Semarang dan mampir di Ungaran. Selain Ambarawa, ternyata Kabupaten Semarang memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik di sekitar Ungaran.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram