keluyuran web banner

10 Tempat Wisata di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Sebagai backpacker, Anda tentu ingin menjelajahi negara-negara di Asia Tenggara, bukan? Nah, setelah melakukan liburan ala backpacker yang mengasyikkan di Thailand, Anda bisa melanjutkan wisata Anda ke negara tetangga yang masih berada di Asia Tenggara, yaitu Vietnam. Tak perlu khawatir soal biaya karena biaya hidup di Vietnam tergolong murah dan cocok untuk backpacker. Bahkan, dengan budget yang ekonomis Anda masih bisa membawa oleh-oleh sebagai buah tangan.

Penasaran dengan tempat wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi? Keluyuran sudah merangkum daftar tempat-tempat wisatanya khusus untuk Anda, lho. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap mengenai tempat-tempat wisata yang harus Anda datangi ketika berada di Vietnam.

10 Tempat Wisata Di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

1. Hoan Kiem Lake

Ketika berada di ibu kota Vietnam, Hanoi, Anda harus singgah di salah satu tempat wisata di Vietnam yang lokasinya ada di tengah ibu kota ini. Adalah Hoan Kiem Lake yang merupakan sebuah danau yang sarat akan nilai sejarah. Banyak warga sekitar yang datang ke Danau Hoan Kiem ini untuk bersantai, berolahraga, atau belajar mengenai alam.

Jika Anda ingin berwisata ke Hoan Kiem Lake, Anda tidak perlu membayar karcis masuk karena untuk dapat menikmati panorama di sekitar danau, wisatawan tidak akan dipungut biaya. Anda dapat berfoto-foto di sekitar danau ini.

2. Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc Tempat Wisata Di Vietnam

Jika Thailand memiliki Pulau Phuket, Vietnam memiliki Pulau Phu Quoc yang juga tidak kalah indah. Apa yang bisa Anda nikmati di Pulau Phu Quoc?

Pulau yang berada di depan Pantai Kamboja ini menawarkan pantai berpasir putih, hutan tropis, dan juga air laut yang sangat jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang yang masih belum terjamah di dasar laut. Ada sebuah pantai yang indah di pulau ini, yaitu Bai Dau atau Long Beach. Bahkan, Pantai Bai Dau diklaim sebagai salah satu dari lima pantai terindah di dunia.

3. Sa Pa Terraces

Sa Pa Terraces

Mungkin Anda pernah merasa takjub dengan keindahan sawah terasering yang ada di Bali? Ketika berada di Vietnam, Anda juga bisa menikmati panorama sawah terasering ini di Kota Sa Pa. Kota yang satu ini sangat dekat dengan perbatasan wilayah Vietnam dengan Cina.

Sawah dengan bentuk terasering yang benar-benar tertata rapi merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, ada pula hutan bambu di dekat kawasan Sa Pa Terraces. Akan tetapi, jika berkunjung kemari Anda harus trekking melintasi lembah dan lereng yang curam. Di kawasan ini Anda juga dapat mengenal budaya dari etnis Hmong yang mendiami kawasan Lembah Muoang Hoa ini.

4. Hoi An

Hoi An

Tempat wisata di Vietnam yang satu ini bukan sembarang kota tua biasa, lho. Hoi An adalah kota tua yang pernah menjadi pelabuhan perdagangan yang menghubungkan Asia dengan Eropa pada abad ke-17. Kota tua ini dipenuhi dengan toko-toko dan rumah bergaya Tiongkok.

Sungai Hoi An yang ada di kawasan kota tua ini dipenuhi dengan kanal-kanal khas Perancis, sehingga terkadang kawasan kota tua ini dikenal sebagai Venice of Vietnam. Tempat wisata ini dinobatkan UNESO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan kota tua Hoi An adalah pada waktu sore dan malam hari.

5. Nha Trang

Nha Trang adalah kota yang menawarkan resor tepi pantai sehingga kota ini juga menjadi jujukan wisata bagi para wisatawan dalam dan luar Vietnam. Garis pantai yang panjang di Kota Nha Trang ini memiliki pasir yang putih dan bersih. Selain itu, di tepi pantai juga banyak resor-resor berkualitas yang bisa dijadikan tempat bermalam bagi para wisatawan.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan watersport di Nha Trang, seperti scuba diving, snorkeling, kite boarding, dan masih banyak lagi. Di kawasan ini juga terdapat taman hiburan yang menawarkan beberapa wahana menarik, di antaranya seperti roller coaster dan kolam gelombang.

6. Jade Emperor Pagoda

Di Ho Chi Minh City Anda bisa berkunjung ke Jade Emperor Pagoda yang sudah dibangun sejak tahun 1909. Kuil yang satu ini dibangun untuk menghormati Dewa Tao yang paling tinggi. Arsitektur dari kuil pagoda ini terbuat dari kayu dengan ukiran dan detail yang sangat sempurna.

Sementara itu, ketika Anda melangkahkan kaki ke dalam kuil, aroma hio yang dibakar akan langsung tercium. Kemudian, Anda akan menemukan patung-patung yang mendeskripsikan tentang pengetahuan Tao dan Budha. Meskipun Anda bukan umat Budha, Anda tetap diperkenankan untuk berwisata di Jade Emperor Pagoda.

7. The Sand Dunes

The Sand Dunes

Berada di The Sand Dunes akan membuat Anda seperti berada di gurun sahara. Bagaimana tidak, pasir di bukit ini berwarna keemasan sehingga nampak seperti gurun sahara. Lokasi The Sand Dunes ini ada di sekitar 65 KM di sebelah timur laut Phan Tiet.

The Sand Dunes memiliki dua wilayah yang berbeda, yang pertama adalah The White Dunes yang ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus sehingga Anda bisa berterduh. Sementara itu, wilayah yang kedua adalah The Red Dunes dengan wilayah yang lebih gersang dan pasir berwarna keemasan yang membuat Anda seperti berada di gurun pasir di Timur Tengah.

8. Phong Nha-Ke Bang

Phong Nha-Ke Bang

Phong Nha-Ke Bang adalah taman nasional yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Tempat wisata di Vietnam ini berada di Provinsi Quang Binh. Usut punya usut ternyata tempat ini adalah pusat pengembangan kulit bumi selama 464 tahun juta tahun yang lalu dan membentuk formasi karst terbesar dan tertua di Asia.

Adapun yang terdapat di dalam Phong Nha-Ke Bang adalah gua-gua kapur sepanjang 70 KM. Tak hanya itu saja, ketika Anda berkunjung kemari Anda bisa langsung singgah di gua terbesar di dunia, yaitu Hang Song Dong Cave.

9. Ha Long Bay

Ha Long Bay

Di Vietnam memang ada beberapa tempat yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, salah satunya adalah Ha Long Bay. Teluk yang satu ini diklaim sebagai salah satu keajaiban alam di dunia. Teluk dengan air berwarna hijau toska ini dikelilingi dengan pulau-pulau dari bebatuan kapur yang menjulang tinggi.

Total ada sekitar 1.600 pulau di Ha Long Bay. Sebagian pulau memang tertutup oleh hutan, tetapi beberapa pulau yang memiliki danau dan gua bisa dikunjungi oleh wisatawan yang datang kemari.

10. Mekong River

Mekong River

Sungai Mekong adalah destinasi wisata terakhir yang wajib dikunjungi ketika berada di Vietnam Air sungai ini berwarna kecoklatan bukan karena kotor, tetapi karena ada kandungan lumpur di dasar sungai.

Setelah menelusuri Sungai Mekong, Anda bisa singgah di beberapa pulau terdekat, seperti Pulau Phoenix, Pulau Dragon, Pulau Turtle, dan Pulau Unicorn. Pada malam hari, wisatawan bisa naik ke kapal feri dan menelusuri Sungai Mekong sambil dihibur dengan tari-tarian tradisional Vietnam.

Pesona 10 tempat wisata di Vietnam ini memang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Yuk, segera rencanakan untuk berlibur di Vietnam. Liburan di luar negeri tidak harus mengeluarkan biaya mahal kok!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram