10 Tempat Wisata di Washington DC, Kota yang Bersejarah

Washington D.C. merupakan ibu kota Amerika Serikat. Kota ini juga merupakan salah satu ibu kota terpenting di dunia. Mungkin Washington D.C. tak sebesar ibu kota negara lainnya, tapi kota ini memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Kota ini juga merupakan tempat yang bagus untuk belajar tentang sejarah Amerika.

Di kota ini terdapat banyak gedung bersejarah. Sebagai ibu kota negara, tentunya transportasi tidak akan menjadi masalah. Sistem kereta bawah tanah yang efisien memudahkan wisatawan untuk berkeliling kota dan melihat sebagian besar tempat wisata di Washington DC. Tempat apa saja yang menarik di kota ini? Yuk, kita mulai jalan-jalan di Washington DC!

Baca juga: 14 Street Food Khas Amerika Serikat yang Paling Populer

1. Gedung Putih

Gedung Putih
  • Alamat: 1600 Pennsylvania Avenue NW, Washington, DC
  • Jam buka: 11.00-14.00
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-456-1111

Gedung Putih merupakan tempat kediaman resmi Presiden Amerika Serikat. Ini merupakan rumah untuk presiden Amerika Serikat kecuali George Washington. Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 1792 oleh James Hoban. Pada tahun 1814 dibakar oleh pasukan Inggris kemudian dibangun lagi pada tahun 1818.

Untuk bisa mengikuti wisata bagian dalam gedung, seperti kamar timur, biru, hijau, dan merah lalu ruang makan negara dan ruang dansa harus reservasi dahulu melalui kantor kongres atau kedutaan tiap negara masing-masing. Namun untuk tur di bagian luar gedung tidak perlu reservasi.

The free White House Visitor Center, yang letaknya tidak jauh, menawarkan pameran interaktif yang sangat bagus. Pameran ini menunjukkan detail tentang Gedung Putih serta keluarga presiden, termasuk di dalamnya furniture yang digunakan para presiden lama, gaya tempat tinggal, perubahan sejarah, serta video berisi penjelasan para presiden mengenai waktu mereka tinggal di sana.

The Ellipse yang berupa hamparan rumput dengan luas sekitar 54 hektar ini membentang hingga ke Constitution Avenue. Tempat ini merupakan area untuk penyelenggaraan konser musim panas yang dilakukan oleh US Army Band.

2. Lincoln Memorial

Lincoln Memorial
  • Alamat: 2 Lincoln Memorial Cir NW, Washington, DC 20002, Amerika Serikat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-426-6841

Lincoln Memorial merupakan penghargaan untuk presiden Amerika ke-16. Bangunan ini paling bagus disaksikan ketika malam hari saat tiang-tiang dan patung Abraham Lincoln terlihat menyala. Presiden Lincoln menyatukan negara bagian utara dan selatan dan akhirnya dia menghapus perbudakan. Daniel Chester French merupakan pematung yang merancang patung tersebut.

Patung tersebut didesain untuk mewakili kualitas kepemimpinan Lincoln, dengan satu tangan mengepal, yang mewakili kekuatan dan tekad, serta tangan lainnya lebih terbuka yang mewakili belas kasih.

Terletak di ujung barat National Mall, pemandangan dari tugu peringatan menjadikan gedung ini salah satu tempat paling spektakuler untuk dikunjungi di Washington DC.

3. Washington National Cathedral

Washington National Cathedral
  • Alamat: 3101 Wisconsin Ave NW, Washington, DC 20016, Amerika Serikat
  • Jam buka: 10.00-17.30
  • HTM: 8 USD – 12 USD, Minggu gratis
  • Telepon: +1 202-537-6200

Pemerintah AS biasa memisahkan antara gereja dan negara bagian, sehingga negara ini tidak mempunya katedral nasional. Namun jika pun ada, itu pasti Gereja Katedral Saint Peter dan Saint Paul di Kota dan Keuskupan Washington. Gereja ini dianggap sebagai rumah spiritual bangsa ini.

Katedral St. Peter dan St. Paul lebih dikenal dengan nama Washington National Cathedral. Bangunan ini memiliki struktur Neo-Gotik. Katedral ini merupakan katedral terbesar keenam di dunia.

Di sini diadakan pemakaman untuk Presiden Eisenhower, Reagan serta Ford. Untuk layanan ibadah tidak dipungut biaya masuk, tapi tiket masuk dikenakan untuk tur ke seluruh katedral.

4. U.S. National Arboretum

U.S. National Arboretum
  • Alamat: 3501 New York Ave NE, Washington, DC 20002, Amerika Serikat
  • Jam buka: 08.00- 17.00
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-245-2726

U.S. National Arboretum berada di Timur Laut Washington, D.C. dan merupakan tempat yang sering diabaikan di sini. Tempat ini dikelola oleh Departemen Pertanian AS dan terdiri dari 446 hektar pohon, semak serta tanaman herba yang dibudidayakan untuk tujuan ilmiah juga pendidikan.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa berkeliling dengan naik trem terbuka selama 35 menit. Di lahan arboretum ini terdapat National Bonsai & Penjing Museum yang memiliki banyak koleksi, salah satunya adalah bonsai mini terbesar di Amerika Utara. Tempat ini buka tiap hari, kecuali pada hari Natal dan sepanjang tahun diadakan pameran musiman, acara, dan program pendidikan.

5. National Mall

National Mall
  • Alamat: Constitution Ave NW, Washington DC, DC 20565
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-426-6841

National Mall merupakan salah satu tempat wisata populer di Washington DC yang paling terkenal. Di sini terdapat beberapa memorial yang paling terkenal dan paling populer. Di National Mall juga terdapat tugu peringatan yang kurang terkenal.

Pengunjung bisa berjalan di sekitar National Mall dan menyaksikan semuanya dengan mudah dalam satu hari. Bila datang di saat musim bunga sakura, National Mall merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan bunga tersebut. 

Memorial dan pemandangan yang terdapat di National Mall, di antaranya The Korean War Veterans Memorial, The World War II Memorial, The Lincoln Memorial, The Washington Monument, The Martin Luther King Junior Memorial, dan masih ada lagi yang lainnya. Masih banyak lagi pemandangan indah di dekat tempat ini, jadi cek peta terlebih dulu sebelum mulai berpetualang.

6. Eastern Market

Eastern Market
  • Alamat: 225 Seventh Street, SE Washington, DC 20003
  • Jam buka: 08.00-18.00
  • Telepon: 202-698-5253

Eastern Market berada di jantung Capitol Hill yang bersejarah, yaitu di utara Barracks Row. Pasar ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh para peNcinta makanan dan minuman lokal serta pencinta seni dan kerajinan.

Eastern market didesain sebagai pusat kota untuk daerah sekelilingnya. Sejak tahun 1873 pusat komunitas populer ini sudah menarik sekelompok pembeli dan pencinta kuliner.

Pasar ini tutup pada hari Senin dan dibuka untuk pedagang kaki lima pada akhir pekan. Masuklah ke dalam aula utama, South Hall Market, untuk menyaksikan para pedagang daging, makanan laut, unggas, makanan yang dipanggang, keju, juga bunga.

Selain itu, tempat ini juga sering ramai oleh para pembeli yang sibuk mencicipi dagangan para penjual. Pada akhir pekan banyak para penjual yang memenuhi jalan-jalan dan alun-alun di sekitar Pasar Timur. Pengunjung akan melihat petani yang datang dari seluruh wilayah.

Mereka mendirikan stan terbuka dan menjual bermacam produk lokal. Pengunjung bisa mencicipi produk mereka sambil menelusuri deretan tomat, apel, wortel, persik, dan apa saja yang sedang musim saat itu.

Di sini juga hadir live band yang membawakan semua jenis musik. Banyak juga tenda yang menjual seni dan kerajinan tangan yang dibuat oleh beberapa seniman lokal terbaik dari Washington, mulai dari pelukis, pematung, juga pekerja kayu sampai perhiasan, pembuat tembikar serta fotografer.

7. Kanal C&O

Kanal C&O
  • Alamat: 1057 Thomas Jefferson Street Northwest, Washington, D.C. (di Georgetown di 30th Street)
  • HTM: 10 USD-35 USD

Taman Sejarah Nasional Chesapeake & Ohio Canal, yang ujungnya mulai dari Georgetown ini, membentang sekitar 185 mil di sepanjang tepi utara Sungai Potomac sampai Cumberland, Maryland. Di sepanjang kanal terdapat jalan setapak yang menawarkan beberapa spot terbaik untuk rekreasi outdoor di wilayah ini.

Pengunjung bisa datang dengan keluarga untuk berjalan-jalan di dekat kota sambil mempelajari mengenai taman bersejarah yang berasal dari abad ke-18 ini. Selain itu, mereka juga bisa menjelajahi jalur sepeda di kawasan ini atau berkayak dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Tawaran lainnya dari taman nasional ini yaitu naik perahu kanal.

8. Wolf Trap National Park

Wolf Trap National Park
  • Alamat: 1551 Trap Rd, Wina, VA 22182, Amerika Serikat
  • Jam buka: 07.00-23.00
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 703-255-1800

Hanya 20 menit dari D.C tepatnya di Wina, Virginia, Taman Nasional Wolf Trap merupakan satu-satunya Taman Nasional yang dikhususkan untuk seni pertunjukan. Di sini pengunjung bisa menemukan konser dan pertunjukan mulai dari pop, blues, country, folk sampai orkestra, teater, tari, dan opera. Ada juga presentasi multimedia yang inovatif.

Di Filene Center ditampilkan konser luar ruangan selama musim panas. Sementara itu di Barns yang berasal dari abad ke-18 diadakan pertunjukan dalam ruangan sepanjang tahunnya.

9. Congress Library

Congress Library
  • Alamat: 101 Independence Ave SE, Washington, DC 20540, Amerika Serikat
  • Jam buka: 08.30-17.00
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-707-5000

Congress Library atau Perpustakaan Kongres adalah perpustakaan terbesar di dunia saat ini. Namun awal pendirian perpustakaan tujuannya cukup sederhana. Perpustakaan ini didirikan pada 1800 yang berfungsi untuk menampung dokumen awal Amerika Serikat yang ditransfer dari Philadelphia ke Washington, DC.

Pada 100 tahun pertama, perpustakaan ini khususnya berfungsi sebagai referensi untuk Kongres. Namun sekarang perpustakaan ini menjadi rumah untuk 158 juta item yang terdiri dari 36 juta buku yang ditulis dalam 460 bahasa serta 69 juta manuskrip. Perpustakaan ini mempunyai koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara.

Terbuka untuk umum, tapi sebelum mereka datang untuk mencari bahan penelitian, calon pengguna perpustakaan diminta untuk mengecek daftar kepemilikan buku perpustakaan secara online agar memudahkan pencarian saat mereka tiba. Ruang baca utama disebut dengan Sacred Room dan ruangan ini benar-benar menakjubkan.

10. Gedung Kongres Amerika Serikat

Gedung Kongres Amerika Serikat
  • Alamat: First St SE, Washington, DC 20004, Amerika Serikat
  • Jam buka: 08.30-16.30
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 202-226-8000

Gedung Kongres Amerika Serikat merupakan tempat Kongres bertemu. Masyarakat umum bisa menyaksikan sidang senat dan dewan perwakilan rakyat. Untuk masuk ke ruang tersebut, pengunjung harus mendapatkan free passes yang bisa diperoleh dari kantor anggota kongres atau DPR negara masing-masing.

Di saat yang sama pengunjung juga bisa mendapatkan tiket untuk mengunjungi gedung Capitol. Untuk tur dengan pemandu ini tidak termasuk menyaksikan sidang DPR atau perwakilan rakyat dan senat.  Capitol merupakan salah satu bangunan pertama yang didirikan oleh pemerintah AS seusai Perang Revolusi.

Pada 1793 konstruksi dimulai, sedangkan pada 1800 dilakukan pertemuan legislator yang pertama di gedung ini. Pusat dari gedung Capitol adalah rotunda, yang berada di bawah kubah. Di sinilah acara-acara seremonial penting dilakukan, seperti penobatan warga negara terkemuka, pemberian medali emas kongres serta dedikasi karya seni.

Itulah deretan tempat wisata di Washington DC yang populer dikunjungi oleh wisatawan. Meski umumnya didominasi oleh tugu peringatan atau monumen dan bangunan pemerintahan, tempat wisata di ibu kota negara Amerika Serikat juga menawarkan wisata alam, seperti taman nasional.

Bagi penyuka kuliner juga ada tempat yang cocok seperti Eastern Market. Di sana pengunjung bisa mencicipi beragam makanan. Jadi, ada rencana untuk berlibur ke tempat wisata di Washington DC?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram