10 Tempat Wisata Gratis di Bali yang Cocok untuk Backpacker

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bali identik dengan biaya akomodasinya yang cukup tinggi. Padahal, jika kita pandai mengatur itinerary selama di Bali, biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar kok. Kamu tinggal mencari tiket pesawat yang sedang promo, penginapan yang murah meriah, dan tempat wisata gratis.

Masih adakah tempat wisata gratis di Bali? Tentu saja ada, dong. Kali ini, Keluyuran akan membahas seputar tempat wisata gratis di Bali agar kamu bisa liburan ala backpacker. Yuk, jangan ketinggalan informasi lengkapnya di sini!

1. Water Blow Nusa Dua

Water Blow Nusa Dua

* sumber: www.kintamani.id

Water Blow Nusa Dua adalah tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati panorama hempasan ombak yang menghantam batu karang. Ombak yang membentur batu karang ini akan membuat cipratan air yang dahsyat sehingga jika kamu berada di dekatnya, kamu pasti bisa merasakan cipratan air tersebut.

Apabila kamu berkunjung ke tempat ini, sebaiknya tetap utamakan keselamatanmu. Pasalnya, tebing karang di tepi lautnya tergolong curam dan licin karena selalu basah akibat hantaman ombak air laut. Selain itu, kamu pun dilarang berenang di tepi laut karena ombaknya sangat tinggi.

  • Alamat: Belakang area Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, sebaiknya masuk lewat kawasan BTDC Nusa Dua
  • Telepon: (0361) 771010
  • Jam Operasional: 24 jam

2. Ladang Bunga Gemitir – Desa Temukus

Ladang Bunga Gemitir

* sumber: travelingyuk.com

Siapa sangka jika hamparan ladang bunga gemitir (marigold) yang cantik ini bisa dikunjungi secara gratis? Kalau kamu hendak pergi ke Kintamani dari Bedugul atau sebaliknya, kamu pasti melewati ladang bunga berwarna kuning keemasan ini. Tempat yang satu ini benar-benar Instagenic banget!

Untuk bisa menikmati keindahan ladang bunga gemitir ini, sebaiknya datanglah sebelum musim panen. Bunga ini dipanen menjelang hari raya keagamaan Hindu karena bunga marigold memang dipanen untuk keperluan upacara keagamaan. Pada bulan Juni – Agustus, bunga marigold di sini nampak bermekaran dengan sangat indah.

  • Alamat: Desa Temukus, Bali (2 km dari Pura Besakih. Sebaiknya tanyakan rutenya kepada warga setempat yang ada di Pura Besakih)
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 17:00 WITA

3. Angel’s Billabong

Angel's Billabong

* sumber: www.backcountrycow.com

Kamu pasti jatuh hati dengan eksotisme pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata yang satu ini. Angel’s Billabong adalah sebuah kolam alami dari muara sungai yang diapit oleh tebing batu dan lengkungan. Ketika berendam di sini, kamu akan menyaksikan pemandangan laut lepas.

Angel’s Billabong sendiri merupakan hidden paradise alias tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Kamu bisa berendam di sini dengan tenang dan mengambil foto-foto terbaik untuk menghiasi media sosialmu.

  • Alamat: Kabupaten Klungkung, Nusa Penida, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam

4. Desa Pinggan

Desa Pinggan

* sumber: www.baligetaway.co.id

Berada di Desa Pinggan akan membuatmu merasa seperti berada di dimensi lain. Pasalnya, desa ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Dari desa ini kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Batur yang tertutup oleh kabut tipis yang menyerupai selambu.

Sebagian besar wisatawan lebih suka menikmati pemandangan magis Gunung Batur dari Desa Batur. Namun, jika Anda ingin menikmati panorama gunung tersebut dengan suasana yang lebih tenang, singgah saja ke Desa Pinggan ini.

  • Alamat: Desa Pinggan, Kecamatan Bangli, Kintamani, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam (disarankan untuk berkunjung menjelang matahari terbit)

5. Pantai Kelan

Pantai Kelan

*Sumber: https://www.instagram.com/polengbali_/

Mungkin kamu berpikir bahwa tempat wisata gratis di Bali lokasinya jauh dari keramaian. Namun, ada satu tempat wisata yang lokasinya justru dekat dengan Bandara Ngurah Rai dan berada di Kuta. Ya, Pantai Kelan adalah pantai yang bisa kamu kunjungi tanpa membayar karcis masuk.

Di pantai ini, kamu tidak hanya bisa menikmati suara deburan ombak. Di sini, kamu akan melihat pesawat-pesawat yang lepas landas dari Bandara Ngurah Rai. Ketika pesawat take off saat matahari terbenam, pemandangannya luar biasa keren dan kamu harus segera mengabadikannya dalam bentuk foto atau video.

  • Alamat: Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam

6. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

* sumber: www.ceritafebrian.com

Suka dengan wisata ekstrem? Yuk, singgah di Air Terjun Aling-Aling. Tempat wisata ini tergolong ekstrem karena mengharuskanmu untuk trekking terlebih dahulu. Akan tetapi, kamu nggak akan merasa lelah karena pemandangan di sekitarnya benar-benar asri dan menyegarkan mata.

Air Terjun Aling-Aling sendiri cukup tinggi dan dikelilingi oleh tebing batu yang kokoh. Debit air di sini cukup besar dan sungai yang berada di bawahnya mempunyai air yang biru kehijauan. Udara sejuk di sekitar air terjun akan membuatmu merasa tenang dan damai kala berkunjung kemari.

  • Alamat: Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Telepon: 0821-4407-2994
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 17:00 WITA

7. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

* sumber: kiutour.com

Ubud terkenal dengan ketenangannya dan tempat wisata alamnya yang masih sangat asri. Kalau kamu ingin berwisata gratis di sekitar Ubud, datanglah ke Bukit Campuhan. Bukit ini memiliki jalan setapak sepanjang 2 km yang di sisi kanan dan kirinya menawarkan panorama padang rumput yang hijau.

Trekking di Bukit Campuhan membutuhkan stamina yang kuat. Meskipun tergolong melelahkan, tapi pemandangan ketika trekking akan membayar lunas rasa lelahmu. Kamu bisa sekaligus mengisi feed Instagram dengan foto-foto keren di Bukit Campuhan ini, lho.

  • Alamat: Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam (sebaiknya berkunjung di pagi atau sore hari agar tidak panas)

8. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben

* sumber: www.payanadewa.com

Pecinta snorkeling atau diving wajib banget mengunjungi Pantai Tulamben. Hanya berbekal alat selam sendiri, kamu sudah bisa menyelam di sini untuk menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut yang masih asri.

Keuntungan berlibur di Pantai Tulamben adalah kamu tidak dipungut biaya karcis masuk. Selain itu, kalau ingin menyelam di sini kamu pun tak perlu berenang jauh dari tepi pantai karena di sekitar pantainya saja sudah banyak terumbu karang cantik. Di sini juga ada bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada tahun 1963.

  • Alamat: Karangasem, Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam

9. Bukit Belong

Bukit Belong

* sumber: www.kintamani.id

Tempat wisata di Bali tak selalu berupa pantai. Wilayah perbukitan hijau juga dapat dijadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata perbukitan yang bisa dikunjungi gratis adalah Bukit Belong.

Dari puncak bukit hijau ini kamu akan melihat hamparan petak-petak sawah yang berpadu dengan panorama awan putih yang berarak. Untuk bisa mencapai puncak Bukit Belong, kamu harus melakukan pendakian sejauh 150 meter.

  • Alamat: Jalan Raya Gunaksa, Dawan, Klungkung, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam

10. Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh

* sumber: www.superadventure.co.id

Setiap pantai di Bali pasti memiliki keunikan tersendiri, sama halnya dengan Pantai Yeh Leh. Pantai ini tidak dilengkapi dengan hamparan pasir putih, tetapi justru bebatuan merah dari ukuran kecil sampai besar.

Meskipun tidak ada hamparan pasir putih, Pantai Yeh Leh tetap Instagrammable. Kamu yang mendambakan berwisata di pantai dengan suasana tenang bisa langsung berkunjung ke Pantai Yeh Leh karena jumlah pengunjung pantai ini tidak sebanyak pantai-pantai populer di Bali.

  • Alamat: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Kec. Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali
  • Jam Operasional: 24 jam

Catat dan kunjungi semua tempat wisata gratis di Bali ini, ya! Kalau kamu punya informasi lainnya seputar tempat wisata gratis di Bali yang belum dibahas di artikel ini, kamu boleh langsung menambahkan nama tempatnya di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *