10 Tempat Wisata Gratis di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berlibur di Bandung tak harus mengeluarkan banyak kocek. Pasalnya, Bandung punya beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi secara gratis. Meski gratis, beberapa tempat wisata tersebut punya daya tarik yang setara dengan tempat-tempat wisata berbayar. Lantas, mana saja yang termasuk tempat wisata gratis di Bandung? Kalau kamu tertarik, sila langsung lihat daftar di bawah ini:

1. Bukit Teletubies Cicalengka

Bukit Teletubies Cicalengka

Bukit Teletubbies rupanya tak hanya ada di Jogja saja. Bandung pun juga punya bukit yang ikonik itu. Sesuai dengan namanya, Bukit Teletubbies satu ini letaknya persis di wilayah Cicalengka, Bandung Timur.

Datanglah ke tempat wisata gratis ini saat menjelang pagi ataupun saat senja datang. Di dua waktu itu, kamu bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset dari ketinggian bukit ini. Masih ada hal menarik lainnya yang terkandung dalam tempat wisata gratis ini. Kalau penasaran, langsung saja datang ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Bandung, Jawa Barat 40395.
  • No. Telepon : 0813-0194-8154.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

2. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang

Selain Bukit Teletubbies, ada satu bukit lain yang bisa dikunjungi secara gratisan. Bukit itu adalah Bukit Jamur Rancabolang. Di bukit ini, kamu bisa menikmati indahnya pohon cemara berbentuk jamur yang tersebar di tiap sudutnya.

Hadirnya pohon-pohon itu membuat bukit ini sejuk dan enak dilihat. Puas menikmati pohon-pohon itu, kamu bisa datang ke pabrik teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Pabrik tersebut diyakini sudah ada di dekat Bukit Jamur sejak zaman kolonial Belanda.

Tertarik ke Bukit Jamur Rancabolang? Langsung saja datang ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.
  • No. Telepon : 0813-2373-9973.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00.

3. Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit

Warga Bandung lazim menyebutnya dengan nama Punclut. Berada di ketinggian 1000 mdpl, tempat wisata ini menawarkan udara yang sejuk  di kala siang, dan dingin di kala malam. Walau dingin di waktu malam, kamu mesti datang ke Punclut kala malam tiba.

Di waktu malam, kamu bisa menyaksikan panorama kota Bandung yang bertabur cahaya lampu kota. Walau gratis, kamu harus tetap membawa sejumlah uang kala piknik ke sini. Soalnya, tempat wisata ini punya banyak tempat makan yang menawarkan menu-menu lezat. Siapa tahu nanti kamu kelaparan saat menyusuri Puncak Ciumbuleuit.

Puncak Ciumbuleuit alias Punclut bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Pagerwangi, Jalan Punclut, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.00 – 00.00.

4. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong

Tempat wisata yang berada persis di selatan Bandung ini merupakan hutan lindung yang kaya pohon pinus. Pohon-pohon pinus di sini begitu tinggi lagi rindang. Hal itu membuat tempat wisata ini begitu teduh dan sejuk.

Kamu bisa duduk santai di bawah pohon-pohon pinus tersebut. Kamu pun juga bisa memotret di sekitaran tempat wisata ini. Ada beberapa spot yang tergolong photogenic. Salah satunya adalah sebuah jalan berkelok yang ditumbuhi deretan pohon pinus di sebelah pingggirnya.

Mau piknik gratis ke tempat wisata ini? Bila ya, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 06.30 – 18.00.

5. Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk Babakan Siliwangi

Bandung punya banyak taman menarik yang dapat dikunjungi secara gratisan. Forest Walk Babakan Siliwangi adalah salah satunya. daya tarik utama taman ini adalah jembatan gantungnya yang terbuat dari rangka besi sepanjang 2,3 km.

Adanya jembatan gantung itu membuat tempat wisata ini sebagai forest walk terpanjang di Asia Tenggara. Lewat jembatan gantung itu, kamu bisa berfoto atau memandangi pepohonan besar yang melindungi jembatan gantung tersebut.

Menarik, bukan? Datanglah ke alamat di bawah ini bila kamu tertarik ke tempat wisata satu ini:

  • Alamat : Jalan Tamansari No. 90, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 06.00 – 18.00.

6. Taman Film

Taman Film

Taman lainnya yang bisa disambangi adalah Taman Film. taman yang berada di bawah jalan layang Pasopati ini memiliki bentuk serupa bioskop terbuka. Kamu bisa duduk santai di sini sambil menonton film gratisan.

Taman yang dapat menampung 250 orang ini mmeiliki tempat duduk yang unik. Tempat duduk di sini memiliki bentuk serupa petakan sawah yang berundak serta dilapisi rumput sintetis. Mengunjungi taman ini bisa kapan pun. Untuk mengunjunginya, sila datang saja ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40116.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

7. Taman Sejarah

Taman Sejarah

Taman Sejarah merupakan taman yang tergolong baru di Bandung. Unsur edukasi sangat kental di dalam taman tematik Bandung ini. Lewat taman ini, kamu bisa mempelajari beragam sejarah Bandung dengan ringan dan santai.

Taman ini juga memiliki beragam fasilitas. Dua di antaranya adalah kolam dan area bermain yang cocok dimainkan bersama anak-anak. Taman yang berlokasi di kompleks Pemerintahan Kota Bandung ini bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Aceh No. 53, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40117.
  • Jam buka : Selasa s.d. Minggu selama 24 jam.

8. Taman Vanda

Taman Vanda

Tak jauh dari Taman Sejarah, ada taman lainnya yang bisa dikunjungi secara gratis. Taman Vanda adalah taman yang kami maksud. Di taman yang memiliki air mancur ini, kamu bisa bersantai ria sendiri atau bersama rekan.

Di waktu-waktu tertentu, kamu bakal melihat para pemuda bermain skateboarding di taman ini. Hal itu tergolong wajar, lantaran taman ini sudah lazim dipakai skateboarder sejak dahulu kala. Sila datang ke alamat di bawah ini, bila kamu tertarik piknik ke Taman Vanda:

  • Alamat : Jalan Merdeka No. 9, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40117.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

9. Balai Kota

Balai Kota

Tempat wisata yang lazim disebut Balkot ini berada persis di seberang Taman Vanda. Tempat yang merupakan kantor pemerintahan Bandung ini punya pemandangan yang indah. Balkot juga punya sejumlah spot menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah taman labirin. Kamu bisa berjalan-jalan di taman ini sambil berfoto ria. Selain Taman Labirin, Balkot juga punya spot berupa Gembok Cinta dan kolam yang sayang untuk dilewatkan. Tertarik berwisata ke Balkot? Langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Wastukencana No. 2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Jawa Barat 40117.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

10. Kampung Cibunut

Kampung Cibunut

Tempat wisata gratis terakhir yang bisa disambangi adalah Kampung Cibunut. Tempat ini merupakan kampung wisata yang berisi lebih dari 500 rumah. Setiap rumah dan sudut perkampungan ini dihiasi dengan cat dan lukisan berwarna-warni. Itu membuat kampung ini menjadi sangat menarik untuk disambangi. Kamu bisa berfoto ria di tiap sudut kampung ini.

Selain berfoto ria, kamu bisa belajar banyak dari kampung ini. Kampung Cibunut sendiri memiliki lima zona yang tiap zonanya memiliki unsur edukasi. Penasaran dengan lima zona tersebut? Yuk, langsung saja datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Cibunut, Kb Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40112.
  • No. Telepon : 0812-2024-2062.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

Itulah sejumlah tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi secara gratisan. Jadi, kalau kamu mau wisata di Bandung namun dana pas-pasan, kamu bisa mendatangi tempat-tempat wisata di atas. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata gratis di Bandung!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *