Keluyuran / Singapura / 10 Tempat Wisata Gratis di Singapura untuk Para Wisatawan

10 Tempat Wisata Gratis di Singapura untuk Para Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Singapura rupanya menjadi surga dunia tersendiri bagi sebagian orang. Mengapa demikian? Karena Singapura telah dikenal sebagai negara kaya dari berbagai bidang. Dunia fashion, wisata, tempat belanja murah, hingga beberapa kuliner khas terdapat di negara ini hingga tak heran banyak turis, khususnya dari Indonesia, mengunjungi Singapura untuk mencari kesenangan.

Meskipun memiliki luas wilayah yang tidak begitu besar, akan tetapi Singapura selalu memiliki segala hal yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Mewah dan nyaman merupakan kata yang sangat pantas disematkan untuk negara ini karena faktanya Singapura merupakan salah satu negara yang bersih sehingga memberikan kenyamanan bagi para penduduknya.

Bukan hanya itu, beberapa mode fashion serta pusat perbelanjaan besar juga terdapat di Singapura sehingga cocok bagi kamu para pecinta fashion untuk menemukan sesuatu yang sedang dicari. Beberapa tempat wisata yang menarik dan cukup terkenal juga ada di Singapura yang sudah siap memanjakanmu dengan berbagai fasilitas serta wahana yang disediakan.

Perlu kamu ketahui, bahwa tak semua tempat wisata di Singapura merupakan tempat wisata berbayar yang perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa memasukinya. Akan tetapi, Singapura juga menyediakan tempat wisata gratis yang cocok bagi budget para backpacker. Mau tahu apa saja tempat wisata gratis di Singapura? Simak pemaparannya di bawah ini.

1. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands

Tempat wisata gratis di Singapura yang pertama adalah Marina Bay Sands. Siapa sih yang tak kenal dengan tempat yang sangat terkenal sebagai salah satu ikon Singapura ini?

Terletak di 10 Bayfront Ave dan langsung menghadap ke Teluk Singapura, Marina Bay Sands merupakan tempat unik dengan bangunan khasnya yaitu sebuah komplek hotel, mall, dan bar mewah yang mulai dibuka pada tahun 2010.

Marina Bay Sands menjadi pilihan utama beberapa orang berlibur di Singapura. Ada pertunjukan unik dan menarik di Marina Bay Sands ini yaitu kamu bisa dimanjakan dengan show “Wonderful light & water spectacular” yaitu sebuah pertunjukan efek visual dengan durasi 13 menit yang hanya bisa kamu saksikan pada hari jumat dan sabtu saja.

Pertunjukkan ini dipertontonkan secara umum bagi kamu yang mengunjungi Marina Bay Sands tepat pada jadwal dipertontonkannya show tersebut. Tentunya sangat menyenangkan dan sayang jika dilewatkan terlebih tempat unik dan menarik ini dapat diakses tanpa membayar atau secara gratis.

2. Merlion Park

Merlion Park

Mungkin tak asing lagi melihat beberapa orang berfoto dengan background patung ikan berkepala singa khas Singapura, bukan? Ya, patung yang memiliki berat mencapai 70 ton itu berdiri di seberang Fullerton Hotel tepatnya di Merlion Park, tak jauh dari Marina Bay Sands, dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Patung yang satu ini telah dikenal sebagai ikon Singapura yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Patung ini berdiri dengan ketinggian 8,6 m dengan air mancur yang keluar dari mulutnya.

Bukan hanya patungnya saja, akan tetapi hampir seluruh sudut di Merlion Park ini sangat bagus sehingga cocok untuk bersantai atau berjalan-jalan menikmati kedamaian di Singapura. Bahkan untuk berfoto, Merlion Park juga sangat direkomendasikan karena tempatnya yang nyaman dan Instagramable serta gratis.

3. Masjid Sultan

Masjid Sultan

Bukan Singapura kalau tidak serba ada di dalamnya termasuk masjid yang menjadi tempat ibadah umat Islam. Singapura memiliki masjid bernama Masjid Sultan yang mana Masjid ini merupakan salah satu Masjid tertua di Singapura yang berlokasi di 3 Muscat St, Singapura.

Tak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, Masjid Sultan ini juga terbuka umum untuk turis yang ingin berkunjung.

Akan tetapi, untuk menjaga kesucian tempat ibadah tak semua tempat di masjid ini diperbolehkan untuk dikunjungi. Bahkan, para pengunjung pun diwajibkan menggunakan busana atau pakaian yang sopan sehingga petugas memberikan gamis khusus untuk bisa masuk ke dalamnya.

Uniknya, masjid yang indah akan arsitekturnya ini dibuka secara umum dengan gratis tanpa ada pungutan biaya, lho.

4. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens

Meskipun Singapura merupakan negara metropolitan dengan gedung-gedungnya yang tinggi dan modern, akan tetapi negara ini memiliki tempat wisata unik yang bertemakan alam. Ya, namanya adalah Singapore Botanic Gardens yaitu sebuah taman gratis yang bisa kamu kunjungi di jantung negara Singapura tepatnya di 1 Cluny Rd, Singapore.

Taman ini memiliki sekitar 60.000 jenis tanaman di dalamnya yang tentu saja bisa membawamu pada suasana tenang dan asri di tengah-tengah kota yang terkenal kemewahannya itu. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu akses dari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 12 malam secara gratis, lho.

5. Resort World Sentosa

Resort World Sentosa

Berbagai wahana yang bisa membuat jantungmu seperti hampir copot karna ekstremnya wahana bisa kamu temukan di Resort World Sentosa. Akan tetapi, jika kamu ingin masuk dan merasakan wahananya tentu saja kamu harus membayar dengah harga yang cukup fantastis.

Namun jangan bersedih dulu, karena dengan gratis kamu juga bisa menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Kamu bisa berpetualang di sekitar Resort World Sentosa atau hanya sekedar berfoto dengan latar khas yang banyak dimanfaatkan orang yaitu bola dunia yang berada di luar pintu masuk dan tentunya gratis.

Resort World Sentosa ini terletak di 8 Sentosa Gateway, Singapore. Bukan hanya wahana yang dapat menantang adrenalin saja, akan tetapi tempat ini juga menyediakan penginapan mewah lengkap dengan fasilitas terbaiknya.

6. Orchard Road

orchard road

Belum lengkap rasanya jika kamu pergi ke Singapura tanpa berwisata di jalan yang sangat populer di Singapura. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Orchard di tengah kota, sehingga diberi nama Orchard Road dan sangat berdekatan dengan hotel yang bernama Orchard pula.

Orchard Road ini merupakan sebuah jalan di Singapura dimana sepanjang jalannya berdiri bangunan-bangunan yang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Singapura.

Bukan hanya itu, beberapa makanan populer khas Singapura juga terdapat di Orchard Road seperti misalnya es krim uncle yang banyak diperjual belikan di sekitar Orchard Road. Bukan hanya belanja, Orchard Road juga cocok dijadikan tempat bersantai berkat kursi-kursi yang disediakan di sepanjang trotoar.

7. Haji Lane

Haji Lane

Yang satu ini merupakan tempat wisata yang paling sering diburu turis untuk berfoto. Meskipun hanya berupa gang yang terletak di North Bridge Rd, namun Haji Lane ini bukan sembarang gang biasa karena di sepanjang gang tersebut berjajar toko dan cafe yang nyaman digunakan untuk nongkrong.

Bukan hanya itu, sepanjang gang di Haji Lane juga dihiasi beberapa grafiti serta lukisan yang sangat keren. Sayang sekali rasanya jika kesempatan berfoto di Haji Lane ini dilewatkan begitu saja.

8. Gardens by the Bay

Gardens by The Bay

Taman dengan luas 101 hektar yang terbentang di 18 Marina Gardens Dr, negara Singapura ini menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untukmu yang tengah berlibur di Singapura.

Menyajikan keindahan alam dengan beberapa bangunan estetiknya menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang terkasih lainnya.

Dengan ukuran yang sangat luas, tentu saja tak semua bagian dari taman ini dapat dikunjungi secara gratis. Meskipun demikian, tenang saja karena area yang bisa dikunjungi secara gratis pun dapat memanjakan mata karena terdapat acara rutin yang biasa digelar pada pukul 19.45 yaitu Garden Rhapsody Music & Light Show.

9. Singapore River

Singapore River

Tempat wisata gratis di Singapura selanjutnya yaitu Singapore River. Singapore River ini terbentang sangat panjang. Akan tetapi, yang akan kita bahas saat ini yaitu objek wisata yang terkenal sebagai tempat wisata sejarahnya.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di pinggir sungai Singapura tepatnya di kawasan Boat Quay yang mana di tempat ini berdiri sebuah patung bersejarah yaitu patung Sir Stamford Raffles. Selain itu, patung-patung bersejarah yang menceritakan sejarah lainnya juga berdiri di sana.

Tentu saja tempat ini sangat cocok dijadikan tempat wisata bersejarah bagi kamu yang ingin mengetahui secara lebih dalam tentang sejarah negara Singapura. Meskipun memberikan banyak sekali ilmu sejarah, tempat ini tidak dikenakan biaya apapun atau secara gratis.

10. East Coast Park

East Coast Park

Tempat wisata gratis di Singapura yang terakhir ini merupakan sebuah taman yang unik karena berdiri di tepi pantai tepatnya di E Coast Park Rd, Singapura. Bukan hanya bagus dan indah untuk berfoto, tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga, lho.

Karena tempatnya yang cukup luas dan nyaman, kamu bisa leluasa melakukan aktivitas olahraga seperti jogging dan bersepeda. Tak hanya itu, bahkan memancing juga diperbolehkan di tempat ini. Wah, sungguh menyenangkan, ya!

Nah itu dia beberapa tempat wisata gratis di Singapura yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di sana. Tentunya tempat wisata gratis yang ditawarkan merupakan tempat wisata yang nyaman, bersih, dan menyenangkan serta pastinya sangat ekonomis karena tidak dipungut biaya apapun tak terkecuali tiket masuk.

Tapi, saat ke Singapura jangan hanya fokus dengan tempat wisatanya saja, ya! Pasalnya, Singapura juga punya sejumlah kuliner yang enak dan murah, cocok deh untuk para wisatawan yang on budget. Ingin tahu makanannya? Yuk, langsung kepoin di artikel 10 Makanan Khas Singapura ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar