10 Tempat Wisata Hits di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Stress karena pekerjaan yang menumpuk? Atau tugas sekolah yang tak kunjung  usai? Mungkin itu salah satu tanda kamu butuh liburan. Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk rehat sejenak dari rutinitas tersebut. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi disini dan jangan lupa ajak juga keluarga, teman, kerabat ataupun kekasihmu.

Yogyakarta memang memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata edukasi, wisata alam, sampai wisata kuliner pun ada. Nah, agar kamu tidak bingung berikut ini ada 10 rekomendasi tempat wisata yang paling hits di Yogyakarta yang tentunya wajib banget kamu kunjungi. Yuk langsung simak ulasan dibawah ini.

1. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Wedi Ombo yang memiliki arti hamparan pasir luas ini merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh orang-orang. Menawarkan pemandangan yang indah dengan gugusan batuan karang membuat tempat ini menjadi tempat wisata hits di Yogyakarta. Selain itu, posisi pantai yang condong ke arah barat menawarkan keindahan sunset yang  sangat cantik yang bisa kamu nikmati.

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati disini adalah toilet, tempat ibadah, warung-warung kecil yang menyajikan aneka makanan serta penginapan. Disini sudah tersedia hotel, villa, dan juga guesthouse yang berada tidak jauh dari pantai tersebut. Jika kamu ingin berkemah, disini juga tersedia camping area cukup membayar sekitar Rp35.000 saja dan jangan lupa untuk membawa tenda dari rumah ya.

  • Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Operasional: Senin-Minggu
  • HTM: Masuk Rp10.000, Motor Rp5000, Mobil Rp10.000

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Destinasi wisata yang tak kalah hits lainnya di Yogyakarta adalah Candi Borobudur. Candi budha terbesar ini juga sempat masuk kedalam daftar 7 keajaiban dunia. Selain itu, tahun lalu member dari boyband asal korea yang sangat terkenal yaitu Super Junior dan TVXQ juga sempat berkunjung kesini, jadi pastikan kamu tidak lupa untuk berkunjung kesini juga saat sedang berada di Yogyakarta.

Candi Borobudur ini juga memiliki 3 zona yang tentunya mempunyai arti yang berbeda-beda yaitu zona 1: Kamadhatu, zona 2: Rupadhatu, dan zona 3: Arupadhatu. Selain itu, ada juga beberapa aktivitas lain yang bisa kamu lakukan seperti menikmati taman lumbini, mengunjungi museum, ataupun berkeliling menggunakan odong-odong.

  • Alamat: Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00-17.00 WIB
  • HTM: Wisatawan Lokal Rp50.000 untuk dewasa, Rp25.000 untuk anak usia 3-10 tahun. Wisatawan mancanegara (Turis) 25 dolar untuk dewasa, 12 dolar untuk anak usia 3-10 tahun.

3. Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing

Sempat dijadikan sebagai lokasi syuting variety show aktor kenamaan Korea Selatan Lee Seung Gi dan Jasper Liu membuktikan bahwa kalisuci cave tubing ini begitu populer bukan hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Nah, untuk kamu yang suka berwisata ketempat yang sedikit memacu adrenalin, kalisuci cave tubing ini bisa menjadi pilihannya.

Kalisuci cave tubing ini juga menawarkan aktivitas menyusuri sungai sekaligus susur goa sepanjang kurang lebih 600 meter dengan kedalaman sekitar 2-3 meter, tetapi jangan takut karena kamu nanti akan  didampingi oleh seorang pemandu. Selain itu, semua pengunjung juga akan dilengkapi dengan Safety Standar Equipment seperti Jaket Pelampung, Helm, Deker, dan juga Ban.

  • Alamat: Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta 55893
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-04.00 WIB
  • Telepon: 0819-3179-7178
  • HTM: Rp120.000 (untuk Domestik) dan Rp200.000 (untuk Non-Domestik)

4. The World Landmark Merapi

The World Landmark Merapi

Selanjutnya ada The World Landmark Merapi yaitu taman rekreasi yang menyajikan berbagai miniatur-miniatur atau replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben London, Menara Eiffel Paris, Kincir Angin Belanda, Menara Pisa Itali, dan banyak lagi. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk kamu yang hobi selfie atau berfoto-foto.

Selain itu, disini juga terdapat beberapa wahana lainnya seperti Kids Waterpark, Cowboy Town, Cats House & Rabbits Town, dan juga restoran serta cafe yang bisa kamu kunjungi selagi berada dikawasan The World Landmark Merapi ini.

  • Alamat: Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
  • Telepon: 087-700-799-000
  • HTM: Senin – Kamis Rp20.000, Jumat – Minggu Rp22.000

5. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Dijuluki sebagai surga di atas awan, bukti panguk kediwung ini terletak di atas bukit yang sangat tinggi dan menjadi tempat paling hits di Yogyakarta selanjutnya. Terdapat beberapa spot foto yang tentunya akan membuat fotomu semakin indah nan menarik seperti jembatan bambu, perahu origami, kereta kuda dan lain sebagainya.

Berdiri sejak 2016 tempat ini tidak pernah sepi akan pengunjung hampir setiap hari sekitar 500-800 pengunjung datang kesini. Langit yang cerah di pagi hari diiringi kicauan burung-burung dengan pepohonan hijau dan kabut disekeliling yang menyerupai awan akan membuat kamu betah berada lama disini dan ingin kembali kesini lagi.

  • Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta, 55783
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 05.00 – 18.00 WIB
  • Telepon: 085-881-444-699/081-225-321-911
  • HTM: Rp3.000 – Rp5.000

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Mendapat julukan Lights of Heaven atau dalam bahasa Indonesia Cahaya Surga membuat Goa Jomblang ini hits sekali bukan hanya di Yogyakarta tapi sampe ke Negeri Gingseng sana, terbukti dengan beberapa kali Goa ini dijadikan sebagai lokasi syuting acara traveling oleh beberapa aktor atau idol dari Korea Selatan tersebut.

Goa Jomblang ini adalah sebuah goa vertikal yang memiliki kedalaman sekitar 60 meter. Saat kamu masuk kedalam, kamu akan menemukan sebuah lubang besar dari atas yang apabila cuaca sedang bagus kamu bisa melihat sebuah sinar atau cahaya matahari masuk dari sana, itulah cahaya surga yang dibicarakan orang-orang.

  • Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55893
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-14.00 WIB
  • Telepon: 0818-629-901
  • Website : http://www.goa-jomblang.com/
  • HTM : Rp 500.000/pax

7. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Salah satu wisata alam yang banyak digemarai wisatawan karena menyajikan spot-spot foto yang sangat instagramable ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta mungkin sekitar 24 kilometer saja. Dengan hanya membayar sekitar 3.000 rupiah kamu sudah bisa berfoto cantik disini, untuk kamu yang tidak membawa kamera tidak usah khawatir karena disini tersedia juga jasa foto.

Nah, untuk kamu yang ingin datang kemari disarankan untuk berkunjung pada saat malam hari karena saat itu lampu-lampu mulai dinyalakan membuat suasana lebih indah dan juga romantis serta tak lupa kamu bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dimalam hari yang tidak kalah menarik.

  • Alamat: Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 07.30 – 23.00 WIB
  • Telepon: 082135753988
  • HTM: Rp3.000/orang

8. Heha Sky View

Heha Sky View

Berdiri sejak September 2019 Heha Sky View ini mulai banyak diperbincangkan dan mulai digemari para pengunjung. Restoran dengan 3 lantai ini tidak hanya menyajikan kuliner saja tetapi menawarkan juga pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa spot foto yang tentunya sangat instagramable.

  • Alamat: Jalan Dlingo-Patuk No.2, RT.001/RW.001 Desa Patuk, Gunung Kidul Regency, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 11.00 – 22.00 WIB
  • Telepon: (0274) 435-7999, 081-217-004-900
  • HTM: (11.00 – 16.30 WIB) Rp10.000, (16.30 – 22.00 WIB) Rp15.000

9. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi lain yang tidak kalah hits dan populer di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Kamu pasti tidak asing dengan acara Prambanan Jazz Festival yaitu perayaan musik berskala internasional. Iya, acara tersebut digelar di pelataran Candi Prambanan yang tentunya membuat tempat wisata ini tidak hanya terkenal di Yogyakarta saja tetapi hingga internasional.

Candi hindu terbesar di Indonesia ini juga memiliki luas sekitar 40 hektar, disini kamu dapat menikmati keindahan candi yang dihiasi relief naratif sembari belajar seni sastra dan kisah – kisah legenda seperti Ramayana dan Krishnayana.

  • Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam Operasional : Setiap Hari, 06.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : 02486462345
  • HTM : Rp25.000 – Rp50.000

10. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Mengunjungi Yogyakarta rasanya tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba jalan-jalan sambil menikmati pemandangan malam hari kota Yogyakarta di kawasan Malioboro ini. Memiliki panjang sekitar 2.5 km yang terbentang mulai dari Tugu Yogyakarta hingga Kantor Pos Yogyakarta menjadikan kawasan ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Disini kamu tidak hanya berjalan-jalan saja tetapi bisa juga sembari berbelanja oleh-oleh ataupun souvenir khas Jogja, karena sejauh mata memandang kamu akan di suguhi oleh bermacam-macam toko oleh-oleh. Nah, untuk kamu yang tidak mau capek berjalan kaki tenang saja disini juga tersedia becak dan delman yang bisa kamu tumpangi. Oh iya, kawasan ini juga tidak di pungut biaya loh.

Itu dia 10 rekomendasi tempat wisata paling hits di Yogyakarta yang tentunya wajib banget kamu kunjungi. Apakah ada tempat favorit kamu disana? Jangan lupa juga tinggalkan komentar dibawah ya kalo kamu punya rekomendasi tempat hits lain di Yogyakarta yang harus banget dikunjungi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *