10 Tempat Wisata Keluarga di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 2 Juni 2021

Jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan seru yang banyak dilakukan orang-orang ketika memiliki waktu luang. Jalan-jalan dan berwisata memiliki banyak manfaat bagi manusia, salah satunya  mampu menyegarkan kembali pikiran dari penatnya pekerjaan atau beban-beban lainnya. Apalagi jika berwisata dilakukan bersama keluarga, pasti akan menambah seru kegiatan wisatamu.

Saat musim liburan tiba, hampir semua orang memiliki agenda liburannya masing-masing. Namun bagi kamu yang belum memiliki agenda liburan, Kabupaten Bogor sangat recommended untuk kamu kunjungi. Bogor memiliki sejuta tempat wisata keluarga yang seru dan menyenangkan sehingga sayang rasanya jika kamu lewatkan begitu saja.

Di bawah ini akan kami ulas sederet tempat wisata keluarga di Bogor yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga saat liburan tiba! Simak ulasannya yuk!

1. Taman Safari

Taman Safari

* sumber: www.pegipegi.com

Tempat wisata yang pertama ada Taman Safari yang sudah dikenal banyak orang sebagai tempat wisata yang menyenangkan lagi edukatif. Taman Safari merupakan salah satu kebun binatang dengan koleksi hewan yang cukup lengkap mulai dari unggas hingga reptil.

Uniknya, di Taman Safari kamu bisa berinteraksi dengan hewan secara langsung menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan bus yang disediakan. Tak hanya itu, Taman Safari juga menawarkan fasilitas lain yang tak kalah serunya seperti atraksi hewan, sepeda air, hingga bom-bom car.

  • Alamat: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
  • Telepon: 02518250000
  • Jam operasional: Senin-Jumat (10.00-17.00), Sabtu-Minggu (09.00-17.00), Libur Panjang (09.00-18.00)

2. Jungle Land Adventure Theme Park

Jungle Land Adventure Theme Park

Tempat wisata keluarga selanjutnya ada Jungle Land Adventure Theme Park, sebuah Theme Park yang masih terbilang baru di Bogor. Meski masih terbilang baru, tempat wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari wahana yang menantang adrenalin hingga zona edukasi yang cocok untuk anak.

Dengan harga tiket yang cukup murah meriah, kamu sudah bisa mendapatkan liburan bersama keluarga yang menyenangkan! Udara yang sejuk menjadi nilai plus tersendiri bagi Jungle Land sehingga amat recommended untuk kamu kunjungi saat liburan tiba.

  • Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
  • Telepon: 021 29311313
  • Jam Operasional: Senin-Jumat (08.30-17.00), Sabtu-Minggu (08.00-17.30)
  • Cabang Lainnya: Pasuruan, Gianyar, Batang.

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor juga dapat menjadi alternatif lain untuk dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Selain mudah ditempuh karena berada di tengah kota, Kebun Raya Bogor juga menjadi tempat wisata yang ekonomis karena tiketnya dibanderol dengan harga Rp15.000 saja!

Di Kebun Raya Bogor kamu bisa menikmati teduhnya suasana Bogor karena di dalamnya terdapat 15.000 spesies tanaman yang menyejukkan. Tak hanya bisa sekedar bersantai dan menambah pengetahuan seputar tanaman, Kebun Raya Bogor juga memiliki nilai-nilai sejarah yang wajib dipelajari. Seru bukan?

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
  • Telepon: 02518311362
  • Jam Operasional: Senin-Minggu (08.00-17.00)

4. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu

* sumber: www.wisataidn.com

Ajak keluargamu pergi liburan ke Penangkaran Rusa Cariu! Tempat wisata yang satu ini terbilang unik, karena kamu bisa berinteraksi dan bermain secara langsung dengan rusa yang jinak dan bersahabat. Di sini kamu bisa memberi makan berbagai jenis rusa dengan makanan yang telah disediakan.

Suatu kegiatan yang menyenangkan, bukan? Tak hanya sekedar memberi makan rusa, di tempat ini kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya bersama keluarga. Beberapa kegiatan seru lain diantaranya adalah camping dan outbond yang sangat seru dan rekreatif.

  • Alamat: Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat 16840
  • Telepon: 081383892251
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu (07.00-15.00), Minggu (07.00-16.00)

5. Gunung Pancar

Gunung Pancar

* sumber: www.hipwee.com

Pesona Gunung Pancar sudah terkenal ke berbagai tempat. Maka dari itu, tak heran tempat wisata alam ini selalu banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Gunung Pancar menawarkan suasana alam yang sejuk dengan pepohonan tinggi yang menyejukkan.

Di dalamnya terdapat pemandian air panas yang bisa kamu nikmati bersama keluarga sebagai obat dari penatnya suasana kota. Kegiatan outbond yang menantang adrenalin juga bisa kamu lakukan di Gunung Pancar. Bahkan, pertunjukan kesenian juga rutin dipertontonkan di tempat ini, lho!

Tempatnya nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa hammock berjajar disediakan bagi para pengunjung yang ingin merasakan bersantai di tengah hutan yang masih asri. Tertarik untuk mencobanya?

  • Alamat: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa barat.
  • Telepon: 081213446514
  • Jam Operasional: Buka setiap hari 24 jam

6. Warso Farm

Warso Farm

* sumber: cimanggubogor.com

Bagi kamu para pencinta durian, Warso Farm menjadi tempat wisata yang cocok untuk kamu kunjungi. Warso Farm merupakan perkebunan durian dengan luas 22 hektar. Di tempat wisata yang satu ini selain bisa menikmati aneka ragam olahan berbahan dasar durian, kamu juga bisa memetik durian dari pohon secara langsung.

Jenis durian yang ada juga cukup beragam dan semuanya wajib kamu coba. Tak hanya buah durian, beberapa buah lainnya juga ada di Warso Farm mulai dari buah naga hingga buah nangka. Warso Farm juga dilengkapi fasilitas rekreatif lainnya seperti outbond sehingga cocok untuk dikunjungi oleh semua umur.

  • Alamat: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740
  • Telepon: (0251) 8211344
  • Jam Operasional: Sabtu-Kamis (07.00-17.00), Jumat (07.00-19.00)

7. Rumah Air

Rumah Air

Sebagaimana namanya, Rumah Air merupakan tempat wisata dengan konsep alam terbuka lengkap dengan kolam yang menambah keasrian. Rumah air menjadi tempat wisata sekaligus restoran sunda yang wajib dikunjungi bersama keluarga tercinta. Selain hidangan restorannya yang lezat, fasilitasnya pun sangat lengkap.

Di Rumah Air, para pengunjung dapat merasakan sensasi alam terbuka yang sejuk dan damai dengan alunan musik sunda yang khas. Para pengunjung juga dapat menikmati wahana yang ditawarkan mulai dari sepeda air, ATV, hingga outbond. Selain itu, kegiatan memancing yang seru juga bisa kamu lakukan di sini.

  • Alamat: Jl. Boulevard CBD, Jl. Bogor Nirwana Residence, RT.01/RW.06, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135
  • Telepon: 02518200666
  • Jam Operasional: Senin-Jumat (10.00-18.00), Sabtu-Minggu (10.00-20.00)

8. Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon Curug Ciherang

* sumber: tempatasik.com

Curug Ciherang juga menjadi tempat wisata keluarga yang cukup recommended. Bagaimana tidak? Curug Ciherang memiliki keindahan alam memukau yang mampu membuat para pengunjung merasa tentram dan damai. Suasana sejuk dengan pepohonan hijau yang rimbun, membuat Curug ini tampak sangat cantik.

Tak hanya terdapat air terjun dengan airnya yang jernih saja, karena di sini juga terdapat spot wisata lain yang tak kalah populer yaitu rumah pohon. Untuk dapat sampai ke rumah pohon, kamu harus menyusuri jalan setapak terlebih dahulu.

Meski sedikit melelahkan, akan tetapi semua terbayar dengan pesona alam yang menakjubkan. Jangan lupa untuk membawa peralatan berfotomu karena tempat wisata yang satu ini sangat instagramable.

  • Alamat: Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
  • Telepon: 081289925596
  • Jam Operasional: Buka setiap hari (08.00-18.00)

9. Taman Matahari

Taman Matahari

* sumber: bisniswisata.co.id

Tempat wisata yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi terdengar di telinga. Bernama Taman Matahari, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling favorit dikunjungi ketika liburan tiba. Buktinya, saat musim liburan tiba, Taman Matahari selalu dipenuhi para wisatawan.

Taman Matahari terletak sangat strategis karena dekat dari jalan raya. Di dalamnya terdapat banyak sekali wahana seru dan tentunya rekreatif sehingga cocok untuk anak-anak dan liburan keluarga. Beberapa wahana yang ada di Taman Matahari diantaranya adalah perahu naga, waterpark, dan flying fox. Tertarik untuk mencoba?

  • Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM.77, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
  • Telepon: (0251) 8258505
  • Jam Operasional: Senin-Jumat (09.00-16.00), Sabtu-Minggu (09.00.17.00)

10. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Yang terakhir, ada Taman Wisata Mekarsari yang mana tempat wisata ini mengusung konsep agrowisata. Di dalamnya terdapat perkebunan buah dan sayuran sehingga para pengunjung dapat memperdalam wawasan tentang tanaman yang hidup di Indonesia.

Bukan hanya itu, Taman Wisata Mekarsari juga menawarkan kegiatan lain yang tak kalah seru untuk dilakukan seperti outbond. Para pengunjung juga dapat melihat laboratorium yang merupakan tempat penyilangan varietas tumbuhan, lho! Sangat rekreatif dan edukatif, bukan?

  • Alamat: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820
  • Telepon: 0218231812
  • Jam Operasional: Senin-Jumat (09.00-16.30), Sabtu-Minggu (08.00.17.00)

Itulah sederet tempat wisata keluarga di Bogor yang wajib kamu kunjungi saat liburan tiba. Tempat wisata tersebut cocok untuk semua kalangan karena selain menyenangkan, juga memiliki sisi edukatif sehingga cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Jangan lupa dicatat, ya agar kamu tak lagi kebingungan memilih tempat wisata untuk kamu kunjungi saat liburan tiba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram