Kunjungi 10 Tempat Wisata Keluarga yang Seru di Malang

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang sering dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata, baik itu perorangan maupun rombongan dari sekolah atau institusi. Malang dikenal sebagai kota bersuhu dingin di Jawa Timur. Namun tak hanya itu saja, Malang juga memiliki wilayah pantai di sisi selatan.

Malang Raya mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang menyajikan destinasi wisata lengkap. Letaknya yang strategis, serta mudah dijangkau dari ibu kota maupun dari Pulau Bali, membuat Malang tak pernah sepi pengunjung. Berikut ini 10 destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga.

1. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Tak jauh dari Gerbang Tol Singosari, Malang, ada Malang Night Paradise yang bisa dijadikan tujuan untuk menikmati tempat wisata yang unik. Sesuai dengan namanya, Malang Night Paradise buka Mulai sore hingga malam hari. Cocok untuk menghabiskan malam yang tak jauh dari Kota Malang.

Malang Night Paradise dilengkapi dengan taman lampion, taman dinosaurus, wahana permainan seru, hingga bisa berkeliling menggunakan perahu dan ditemani dengan lampu-lampu yang menghiasi tepi sungai buatan.

  • Alamat : Jl. Graha Kencana Raya No.66, Karanglo, Balearjosari, Blimbing, Malang
  • Operasional : 17.45 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp50.000 – Rp65.000
  • Kontak : (0341) 4351 795

2. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

Masih berada di kawasan Malang Night Paradise, ada Hawai Waterpark yang merupakan taman wisata air terbesar di Malang. Dilengkapi dengan beragam permainan seru yang cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama yang memiliki anak kecil.

Hawai Waterpark memiliki wahana Wakiki Beach yang mengajakmu untuk menikmati ombak buatan bak pantai sungguhan. Waimea Stream River memberikan pengalaman menyusuri sungai buatan dengan arus yang cukup deras. Ada pula Hawai Water House yang menyediakan 6 seluncuram dengan ketinggian bervariasi.

  • Alamat : Karanglo, Banjararum, Singosasi, Kabupaten Malang
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp75.000 – Rp100.000

3. Florawisata San Terra De Lafonte

Florawisata San Terra De Lafonte

Ingin foto berlatarkan bangunan Korea dan Belanda? Di Malang, ada destinasi wisata baru yang menyediakan spot foto bertemakan kedua Negara tersebut. Tempat wisata yang baru diresmikan pada akhir tahun 2019 ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Terletak di kawasan Pujon, Kabupaten Malang, Florawisata San Terra De Lafonte memiliki udara yang sejuk dan suasana yang cukup asri. Tempat wisata ini memberikan pengalaman yang seru menjelajah bangunan khas Korea dan Belanda.

  • Alamat : Jl. Trunojoyo, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang
  • Operasional : 08.30 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000 – Rp25.000
  • Kontak : 0852-3235-1435

4. Museum Angkut

Museum Angkut

Tempat wisata yang satu ini, menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan untuk dikunjungi, baik itu dengan keluarga, pasangan, maupun teman-teman. Museum Angkut merupakan museum transportasi yang terletak di lereng Gunung Panderman. Museum Angkut sebenarnya berada dalam wilayah Kota Batu yang masih masuk ke kawasan Malang Raya.

Museum Angkut mengoleksi mobil klasik yang berjumlah lebih dari 300 koleksi. Terdapat beberapa zona yang bisa dikunjungi. Setiap zona memamerkan transportasi yang berasal dari benua tersebut, seperti zona Asia, zona Eropa, hingga zona Amerika. Museum ini juga dilengkapi dengan wahana Flight Simulator.

  • Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Batu, Kota Batu
  • Operasional : 12.00 – 20.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp70.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0341) 595 007

5. Coban Talun

Coban Talun

Masih di kawasan Kota Wisata Batu, ada air terjun yang menyediakan tempat glamour camping atau biasa disebut glamping. Coban Talun merupakan air terjun yang terletak di kawasan hutan lindung dengan ketinggian 950 meter di atas permukaan laut. Air yang mengalir di Coban Talun debit airnya cukup deras.

Coban Talun memberikan pengalaman seru bersama keluarga untuk menikmati alam dengan cara yang berbeda. Jika biasanya camping di alam menggunakan tenda yang biasa digunakan untuk mendaki gunung, di Coban Talun kamu bisa mengajak keluarga untuk menginap ala suku Indian di Apache Camp.

  • Alamat : Wonorejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000

6. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Kota Batu dikenal dengan Jawa Timur Park yang merupakan taman rekreasi terbesar dan menjadi icon bagi pariwisata di Jawa Timur. Jatim Park dibagi menjadi tiga bagian dengan tema yang berbeda. Salah satunya Jatim Park 2 yang dikenal dengan wisata Batu Secret Zoo. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi untuk wisata keluarga.

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang dengan konsep modern dan edukatif. Di sini memelihara berbagai macam binatang, dan dilengkapi dengan 20 wahana yang bukan hanya seru, tetapi juga edukatif. Selain itu, di sini juga ada area kampung Afrika dimana kamu bisa mengajak anak mengenal hewan yang berasal dari Afrika.

  • Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu, Kota Batu
  • Operasional : 08.30 – 16.30 WIB
  • Tiket masuk : Rp84.000 – Rp120.000
  • Kontak : (0341) 5025 777

7. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Tak hanya Malang Night Paradise, ada pula Batu Night Spectacular yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk menikmati dinginnya malam di Kota Batu. Batu Night Spectacular masih berada dalam satu grup dengan Jatim Park. Tempat ini menampilkan multimedia dengan layar sepanjang 50 meter, yang diakui sebagai arena multimedia terpanjang di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular menampilkan Spectacular Show berupa laser show, air mancur menari, dan multimedia show. Tak hanya itu saja, Batu Night Spectacular dilengkapi dengan wahana bermain lainnya, seperti rumah kaca, go kart, monopoli, bioskop 4 dimensi, hingga rumah hantu.

  • Alamat : Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu
  • Operasional : 15.00 – 23.00 (weekday), 15.00 – 24.00 (weekend)
  • Tiket masuk : Rp35.000
  • Kontak : (0341) 5025 111

8. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Malang bukan hanya tentang tempat wisata yang dingin saja, melainkan ada pula pantai yang sangat memesona. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna Malang memiliki warna air yang terdiri dari tiga warna, yaitu putih, hijau, dan biru. Ombak di Pantai Tiga Warna terbilang tenang jadi aman untuk bermain air.

Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi alam dimana perlu sangat diperhatikan terkait kebersihan dan keindahan alamnya. Di pintu masuk kawasan wisata, petugas akan mengecek barang bawaan berkaitan dengan makanan atau minuman, dan sepulang dari Pantai Tiga Warna, akan dilakukan pengecekan kembali agar tidak meninggalkan sampah.

  • Alamat : Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
  • Operasional : 05.00 – 14.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp6.000
  • Kontak : 0813-3377-7659

9. Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Selain Pantai Tiga Warna, ada Pantai Mbehi yang dikenal dengan Teluk Bidadari-nya. Pantai ini diapit oleh dua tebing batu karang yang besar, dan dilengkapi dengan pasir putih nan bersih. Pantai yang dapat diakses dengan menanjak bukit dan menuruni lembah ini cocok bagi kamu yang berjiwa petualang.

Di pantai ini terdapat cekungan besar yang dikelilingi oleh batu karang, dan biasa disebut dengan nama Teluk Bidadari. Memiliki air yang jernih, Teluk Bidadari bisa dijadikan sebagai tempat untuk berenang atau belajar snorkeling. Ketika berkunjung ke Pantai Mbehi, kamu akan puas dimanjakan dengan pemandangan yang unik dan tidak ditemukan di tempat lainnya.

  • Alamat : Sumber Rejo, Bandungrejo, Bantur, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

10. Jawa Timur Park 3

Jawa Timur Park 3

Setelah membahas Batu Secret Zoo yang terletak di Jawa Timur Park 2, kini saatnya membahas Jawa Timur Park 3 yang terinspirasi dari film Jurassic Park. Dimana Jatim Park menampilkan tema kehidupan Dinosaurus. Di sini, kamu juga bisa menjelajah ke 5 zaman yang berbeda, mulai dari zaman prasejarah, hingga zaman ice age.

Jatim Park 3 memperlihatkan kerangka binatang dinosaurus di dalam Museum Dino. Cocok untuk mengajak anak mengenal hewan yang sudah punah ini. Selain itu, ada pula museum lilin dimana kamu bisa berfoto dengan public figure yang dipajang di sini.

  • Alamat : Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu
  • Operasional : 12.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp75.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0341) 5103 030

Sekian informasi tentang destinasi wisata keluarga di Malang Raya yang bisa dikunjungi ketika libur panjang. Wisata ke Malang akan terasa sangat menyenangkan dengan mengunjungi wisata alam dan tempat rekreasi. Ayo ajak keluargamu untuk liburan ke Malang!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *