8 Tempat Wisata Kuliner di Punclut yang Punya Konsep Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kawasan Punclut, Lembang, terkenal sebagai pusatnya kuliner di kota Bandung. Tempat ini terdapat beragam restoran dan kafe yang menghadirkan berbagai sajian lezat yang didominasi oleh menu-menu khas Nusantara. Tidak sedikit tempat-tempat ini dilengkapi dengan tempat wisata yang membuatnya semakin menarik.

Penamaan Punclut merupakan kepanjangan dari Puncak Ciumbuleuit, dikenal dengan alamnya yang indah. Dari sini, terlihat pemandangan Gunung Patuha yang gagah, Waringin, dan Malabar.

Jika cuaca cerah, pemandangan kota Bandung dan landmark-nya terlihat jelas. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Bandung sempatkan mampir ke Punclut dan berkunjung ke tempat-tempat di bawah ini.

Baca juga: Yuk, Kunjungi 10 Tempat Wisata Instagramable di Bandung Ini!

1. Cakrawala Nature Sparkling Restaurant

Cakrawala Nature Sparkling RestaurantSumber: pinhome.id
  • Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 08.30 - 22.00
  • Telepon: 0852-2066-8609
  • HTM: Rp15.000

Cakrawala Nature Sparkling Restaurant adalah sebuah restoran sekaligus sebuah tempat wisata yang menyenangkan. Selain menyajikan menu-menu yang lezat dengan harga yang terjangkau, tempat ini ditata dengan gaya modern yang indah.

Di tempat ini pula terdapat berbagai spot foto yang estetik. Di sini ada Lorong Bintang yang instagramable dengan dekorasi lampu-lampu hias berwarna-warni.

Jika kamu gemar berjalan-jalan, coba deh jelajahi seluruh area Cakrawala Nature Sparkling restaurant dan jajal Spot Skywalk sepanjang 9 meter menantang. Lantai teras kaca ini menghadirkan pengalaman seru berwisata.

2. Dago Bakery Punclut

  • Alamat: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 09.00 - 21.00
  • Telepon: 0812-2088-8793
  • HTM: Rp15.000

Dago Bakery Punclut adalah sebuah tempat wisata kuliner yang ramai diperbincangkan. Hal ini disebabkan karena tempat ini punya desain kastel megah bergaya Eropa klasik seperti di negeri dongeng. Kastel cantik ini semakin populer setelah dijadikan sebagai lokasi syuting sebagai acara TV Korea.

Hal tersebut membuat banyak pelanggan Dago Bakery sebagai kastel ini sering dijadikan sebagai tempat berfoto. Desain yang unik membuat tempat ini tidak hanya sekedar tempat makan, melainkan tempat wisata selfie yang asyik. Tapi kalau lapar, kamu bisa cicipi sajian lezat ala barat dan timur yang tersedia di sini.

3. D’DieuLand

D’DieuLandSumber: travelspromo.com
  • Alamat: Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: Setiap Hari Jam 09.00 – 22.00
  • HTM: Rp20.000

D’DieuLand adalah sebuah tempat yang memadukan wisata taman dengan wisata kuliner. Di kawasan ini terdapat berbagai wahana menarik bagi anak dan dewasa, seperti giant swing, flying fox, dan permainan umum lainnya seperti perosotan, kolam bola, dan lain-lain.

Selain wahana permainan, di D’dieuLand punya banyak spot foto yang instagramable, misalnya sayap malaikat, terowongan lampu, jembatan gantung, desain piano, dan masih banyak lagi.


Tempat ini dibangun lengkap dengan restonya, jadi apabila lapar dan ingin beristirahat, kamu bisa mampir tempat makannya.

4. Tafso Barn

Tafso BarnSumber: dictio.id
  • Alamat: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 10.00 - 21.00
  • Harga: Mulai dari Rp30.000

Tafso Barn merupakan tempat hits favoritnya anak muda Bandung. Tempat ini menggabungkan konsep gudang dan taman terbuka yang asri dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Suasana di tempat ini terasa sejuk lantaran Tafso Barn berada di dataran tinggi.

Tafso Barn menata tempatnya sedemikian rapi dan indah dengan mengadaptasi gaya desain modern yang membuat semakin betah bahkan untuk sekedar duduk-duduk santai. Tapi ingat, Tafso Barn adalah restoran.

Jadi, jika ingin menikmati fasilitas di sini, pastikan kamu memesan makanan atau minuman yang tersedia. Ada banyak sajian lezat yang wajib dicicipi sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya yang indah.

5. Sudut Pandang Bandung

  • Alamat: Jl. Pagermaneuh, Rt.05/Rw.07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 10.00 - 21.00
  • Telepon: 0812-2296-5758
  • HTM: Rp50.000

Sudut Pandang Bandung adalah sebuah tempat wisata edukasi yang menghadirkan pengalaman berinteraksi dengan alam. Di tempat ini terdapat dua area, yakni Sudut Cerita dan Sudut Rasa.

Sudut Cerita dibangun lantaran kawasan ini punya tempat bentang alam yang indah yang menjadi tujuan wisata para pelancong.

Di tempat ini terdapat 7 spot menarik yang instagramable di mana pengunjung dapat bermain. Ada pula spot yang dihiasi berbagai lukisan dari seniman Bandung, ruang tanaman hijau, ruang animasi ikan berenang dan lain-lain. Jika lapar, kamu tinggal bergeser ke Sudut Rasa dan pesan menu makanan yang sesuai selera.

6. Sarae Hills

Sarae HillsSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Pagermaneuh, Rt.05/Rw/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 10.00 - 20.00
  • Telepon: (022) 64408341
  • HTM: Rp30.000

Sarae Hills merupakan one stop holiday solution yang terletak di kawasan Lembang/Punclut. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 10 hektar, dan yang sudah difungsikan sebagai tempat wisata baru sebanyak 2,4 hektar. Tempat wisata ini mengusung konsep tempat wisata ala, instagramable dengan panorama alam Bandung sebagai daya tarik utamanya.

Waktu terbaik untuk mendapatkan momen liburan yang mengasyikkan di tempat ini adalah di malam hari. Dari tempat ini, kamu dapat melihat pemandangan kota malam hari yang gemerlap dengan lampu-lampu kota.

Sarae Hills punya area favorit, yakni Wow Sarae Hills. Di tempat ini kamu bisa menikmati suasana bak di Santorini lengkap dengan bangunannya yang megah. Lalu, ada pula berbagai pilihan wisata lainnya, seperti wisata kuliner, outbound dan tempat menginap.

7. Angkringan de BlankOn

Angkringan de BlankOnSumber: traveloka.com
  • Alamat: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Buka: 09.00 - 20.00
  • Telepon: 0857-7766-6093
  • Harga: Mulai Dari Rp4.000

Tempat yang satu ini merupakan angkringan modern yang menyediakan menu khas Solo. Di sini tersedia berbagai menu nasi, seperti nasi uduk, nasi kucing, nasi goreng, nasi gudeg beserta lauk, seperti tempe, tahu dan aneka lauk lainnya.

Untuk kamu yang sekadar ingin duduk bersantai, Angkringan de BlankOn punya area lesehan yang nyaman. Setiap akhir pekan, tempat ini menghadirkan hiburan berupa live music di mana pengunjung dapat menikmati suasana yang hangat dan sajian musik yang lembut. Jika kamu hobi berfoto, Angkringan de BlankOn punya area khusus untuk latar berfoto.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram