Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Bandara Internasional Lombok

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lombok memang tidak ada habisnya untuk dieksplor. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di pulau ini seperti gunung, pantai, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata religi pun bisa kamu lakukan di sini. Ketika keluyuran ke Pulau Lombok, pasti kamu akan merasa betah karena meskipun wisatanya tak kalah dengan Bali, Pulau Lombok relatif sepi dan suasananya tenang.

Keluyuran ke Pulau Lombok, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. Kamu bisa naik kapal laut dari Surabaya, atau memilih penerbangan ke Bandara Internasional Lombok. Jika kamu tak memiliki waktu banyak untuk explore Lombok, maka disarankan menggunakan pesawat. Setibanya di Lombok, kamu bisa kunjungi 10 tempat wisata dekat Bandara Internasional Lombok berikut ini.

1. Desa Sasak Sade

Desa Sasak Sade

Berjarah 10 km arah selatan Bandara Internasional Lombok, terdapat Desa Sasak Sade yang merupakan tempat tinggal bagi masyarakat asli suku Sasak, yang merupakan suku asli Lombok. Desa Sasak Sade sangat mempertahankan adat dan budaya suku Sasak. Banyak hal menarik dari desa ini, sehingga Desa Sasak Sade dijadikan sebagai desa wisata di Pulau Lombok.

Bangunan di Desa Suku Sasak terbuat dari anyaman bambu, atapnya terbuat dari ijuk yang menggunakan bambu sebagai kuda-kuda, serta lantai yang terbuat dari tanah dan kotoran kerbau. Unik sekali bukan? Di Desa Sasak Sade, kamu juga bisa belajar membuat tenun yang diajarkan oleh masyarakat asli suku Sasak. Desa wisata yang satu ini wajib kamu kunjungi.

  • Alamat: Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Tak hanya Bali, Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tak kalah cantiknya. Kuta Mandalika menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) dimana di sini terdapat banyak sekali destinasi wisata dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi di kawasan Kuta Mandalika.

Pantai berpasir putih yang membentang sepanjang 7,2 km ini terdapat bukit di sisi barat pantai yang sering disebut Bukit Mandalika. Pantai Kuta Lombok sangat cantik dan suasananya tenang. Air lautnya jernih, sehingga kamu bisa melihat gugusan terumbu karang hanya dari tepi pantai. Pantai ini berjarak 18 km sebelah selatan dari Bandara Lombok.

  • Alamat: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

3. Goa Bangkang Prabu

Goa Bangkang Prabu

* sumber: www.cahayantb.com

Lombok tak hanya terkenal dengan pantainya saja, di sini terdapat beberapa goa yang belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Goa Bangkang. Terletak di Pujut, Lombok Tengah, Goa Bangkang berjarak sekitar 21 km dari Bandara Internasional Lombok. Goa ini sering disebut sebagai “Cahaya Tuhan”.

Goa Bangkang Prabu sangat menarik dengan adanya lubang besar yang membuat cahaya masuk menyinari sebagian sisi goa. Karena itu, goa ini disebut “Cahaya Tuhan”. Pengunjung akan disinari cahaya matahari yang masuk melalui lubang besar di atap goa dan memberikan kesan cahaya turun dari langit.

  • Alamat: Prabu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 07.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

4. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

* sumber: pesona.travel

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang sangat disukai turis mancanegara. Bagaimana tidak? Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih bersih nan halus yang terbentang luas, dan gelombang ombaknya cukup besar, tetapi masuk dalam kategori aman. Pantai ini berjarak kurang lebih 23 km dari Bandara Lombok.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dari Pantai Selong Belanak. Kamu bisa surfing, berjemur, atau sekadar menikmati pantai dari kursi payung yang telah disediakan. Uniknya, pada jam tertentu, aka nada kerbau yang bergerombol melewati tepi Pantai Selong Belanak. Tak jarang wisatawan menjadikan pemandangan tersebut untuk difoto.

  • Alamat: Selong belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WITA
  • Tiket masuk: Gratis

5. Pantai Seger

Pantai Seger

* sumber: kumparan.com

Lombok dikenal dengan Festival Bau Nyale yang rutin diadakan setiap tahunnya. Pantai Seger menjadi tempat diselenggarakannya Festival Bau Nyale yang lekat akan budaya suku Sasak di Lombok. Pantai ini masuk ke dalam kawasan Kuta Mandalika dan berjarak sekitar 20 km dari Bandara Internasional Lombok.

Sesuai dengan namanya, pemandangan di Pantai Seger membuat segar pikiranmu. Pasir pantai yang meliuk dan memesona, dihiasi air laut biru jernih, dan bukit hijau di sekitar pantai, membuat Pantai Seger mampu membuat siapapun betah ketika datang ke sini. Tak hanya menikmati pemandangan, di Pantai Seger kamu juga bisa snorkeling.

  • Alamat: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

6. Masjid Kuno Gunung Pujut

Masjid Kuno Gunung Pujut

* sumber: www.iqbalkautsar.com

Pulau yang dikenal dengan julukan ‘Pulau 1000 Masjid’ ini Lombok memiliki banyak sekali masjid. Bukan hanya di setiap kecamatan saja, tetapi masjid akan mudah ditemukan di setiap desa atau kelurahan. Dalam satu desa saja, terdapat banyak masjid yang jaraknya berdekatan. Takkan sulit bagi kamu yang ingin beribadah di masjid ketika keluyuran ke Pulau Lombok.

Di Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Kecamatan Pujut, terdapat masjid kuno yang sudah berdiri sejak awal abad ke-17. Masjid Kuno Gunung Pujut namanya. Masjid ini dibangun di atas perbukitan dan dulu sering digunakan sebagai tempat tradisi Wetu Telu. Meski kini Masjid Kuno Gunung Pujut sudah tidak digunakan, kamu tetap bisa mengunjunginya untuk wisata religi.

  • Alamat: Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WITA
  • Tiket masuk: Gratis

7. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

* sumber: traverse.id

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Pulau Lombok. Pantai Tanjung Aan masih masuk ke dalam kawasah Kuta Mandalika, dan berjarak kurang lebih 25 km dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini mudah diakses melalui Kuta dan Pantai Seger.

Pantai Tanjung Aan sangat memesona dengan pasir putihnya yang bersih dan membentang luas dari barat ke timur. Air lautnya gradasi tosca hingga biru tua, dengan arus yang cukup tenang. Di Pantai Tanjung Aan terdapat ayunan yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan, dijamin merasa betah.

  • Alamat: Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

8. Bukit Merese

Bukit Merese

* sumber: www.thelangkahtravel.com

Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan, terdapat bukit cantik nan memesona. Bukit Merese menjadi salah satu spot menikmati sunset terbaik di Pulau Lombok. Menikmati sunset di Bukit Merese, kamu hanya perlu mendaki selama kurang lebih 15 menit saja. Cantiknya Pantai Tanjung Aan bisa kamu lihat dari atas bukit ini.

Bukit Merese selalu ramai dikunjungi pengunjung dari dalam dan luar Lombok untuk sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika kamu datang pada musim kemarau, maka rumput yang menghiasi Bukit Merese berwarna kecokelatan, sedangkan jika datang pada musim hujan maka rumputnya berwarna kehijauan.

  • Alamat: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

9. Taman Wisata Tonjeng Beru

Taman Wisata Tonjeng Beru

* sumber: www.sasambonews.com

Ingin wisata di Lombok tetapi bosan dengan pantai? Kamu bisa datang ke Taman Wisata Tonjeng Beru yang terletak di Batujai, Lombok Tengah. Awal mulanya, tempat ini merupakan sebuah bendungan yang kemudian diubah menjadi taman bermain oleh pemerintah setempat.

Taman Wisata Tonjeng Beru selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama saat libur akhir pekan. Di sini, kamu bisa melihat langsung aktivitas penangkapan ikan nila dan mujair yang dilakukan oleh warga setempat menggunakan jala.

  • Alamat: Bendungan Batujai, Prapen, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 06.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp2.000/orang

10. Islamic Center Nusa Tenggara Barat

Islamic Center Nusa Tenggara Barat

* sumber: pesona.travel

Tak lengkap rasanya keluyuran di Lombok jika tidak mengunjungi Masjid Raya Hubbul Wathan yang merupakan Islamic Center Nusa Tenggara Barat. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi pusat bagi lebih dari lima ribu masjid yang tersebar di Lombok hingga Sumbawa.

Kubah Masjid Hubbul Wathan mirip dengan motif batik khas suku Sasak, Samawa, dan Mbojo, yang merupakan suku di Nusa Tenggara Barat. Selain bisa beribadah, kamu juga bisa naik ke atas menara setinggi 99 meter dan melihat pemandangan Kota Mataram serta Pulau Lombok dari ketinggian. Sungguh memesona!

  • Alamat: Jl. Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

Nah, sudah tahu kan sekarang apa saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika keluyuran ke Nusa Tenggara Barat? Meskipun hanya memiliki waktu singkat, kamu tetap bisa menikmati wisata di Lombok mulai dari wisata pantai, budaya, religi, hingga wisata goa. Tertarik untuk keluyuran di Lombok? Yuk, ajak teman-temanmu liburan ke Pulau Lombok!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *