10 Tempat Wisata Malam di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Liburan ke Bandung tidak lengkap rasanya jika tak menikmati suasana malam di sana. Kota Bandung yang terlihat indah di malam hari cocok buat menghabiskan waktu bersama teman-teman atau pasangan. Kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi dengan berkunjung ke pusat kuliner atau tempat wisata.

Nah, buat kamu yang sedang berada di Kota Kembang, simak ulasan 10 tempat wisata malam di Bandung berikut ini.

1. Bukit Bintang

Bukit Bintang

* sumber: www.pegipegi.com

Bukit Bintang atau yang disebut Bukit Moko ini bisa jadi pilihan wisata malam dengan suasana romantis. Tempat yang berada di dataran tinggi ini memiliki pemandangan Kota Bandung yang sangat indah di malam hari. Karena berada di dataran tinggi tentu saja udaranya dingin. Jadi jangan lupa gunakan pakaian tebal atau jaket, ya!

Di sana kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan menarik, mulai dari sekedar menikmati makanan, berkemah, trekking, menyusuri hutan pinus, hingga melihat sunset. Tempat ini juga menyediakan fasilitas yang memadai, mulai dari tempat parkir, musola, toilet, hingga area makan yang nyaman.

  • Alamat: Kampung Buntis Bongkos, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung.
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Rp15.000-Rp25.000

2. Lembang Wonderland

Lembang Wonderland

* sumber: lembangpedia.com

Lembang Wonderland merupakan tempat tematik yang akan mengajak kamu berwisata bak di negeri dongeng. Tempat ini memiliki beberapa area dengan tema menarik, seperti sweet feel, ice cream park, magic forest, dan lainnya. Kamu bisa berfoto sepuasnya di spot favoritmu. Tempat ini juga ramah anak, sehingga anak-anak bisa beraktivitas dengan aman.

Saat malam hari, suasana di tempat ini akan semakin menarik. Sebab ornamen dan properti yang ada di sana dilengkapi dengan lampu warna-warni. Jika merasa lelah dan lapar setelah berkeliling, kamu bisa mampir ke food court yang menjual aneka makanan dan minuman. Harganya pun cukup terjangkau.

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam operasional: Senin- Jumat pukul 10.00-21.00 WIB, Sabtu pukul 09.00-22.00 WIB, Minggu pukul 09.00-21.00 WIB, Sabtu pukul 09.00-01.00 WIB
  • Nomor telepon: 0813-8888-0168
  • Harga tiket: Rp25.000

3. Alun-Alun Bandung

Alun-Alun Bandung

Mau ke tempat wisata yang berada di pusat kota? Kamu bisa berkunjung ke Alun-alun Bandung. Tempat ini memiliki area rumput sintetis yang luas dan Instagramable. Kamu bisa bersantai atau quality time bersama keluarga. Bagi yang muslim, kamu bisa merasakan solat di masjid yang besar dan mewah.

Selain bersantai dan menikmati malam di alun-alun, kamu juga bisa menyusuri Jalan Asia Afrika yang berada di dekat tempat ini. Di sana banyak penjual makanan kaki lima yang enak. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai, terutama saat akhir pekan.

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

4. Jalan Braga

Jalan Braga

* sumber: adnanhidayat.com

Salah satu ikon Kota Bandung ini wajib kamu kunjungi. Mengapa? Karena tempat ini merupakan destinasi favorit di Bandung. Waktu terbaik untuk menyusuri jalan ini adalah saat malam hari. Suasana klasik khas Eropa akan sangat terasa di malam hari. Di sepanjang jalan, kamu akan menemui sederetan toko-toko, mall, hingga café-café yang kekinian.

Tidak heran jika Braga selalu ramai oleh pengunjung. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota juga membuat jalan ini menarik perhatian banyak wisatawan. Jika kamu ke Bandung, wajib coba nongkrong di salah satu café yang ada di sana. Konsep bangunan di sana juga menarik, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan tempat ini sebagai spot foto.

  • Alamat: Jl. Braga No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam

5. Lereng Anteng Panoramic

Lereng Anteng Panoramic

Mau cari tempat yang enak buat nongkrong? Kamu bisa berkunjung ke Lereng Anteng Panoramic. Tempat yang berada di kawasan Puncak Ciumbuleuit ini menyediakan tempat berupa saung-saung estetik. Suasananya sangat romantis, terutama saat malam hari. Cocok buat dinikmati bersama pasangan atau teman-teman, nih.

Tempat ini memiliki area outdoor dan semi outdoor dengan pemandangan Kota Bandung dan perbukitan. Selain itu, salah satu daya tarik tempat ini adalah area makan dengan tenda-tenda transparan yang dilengkapi dengan lampu-lampu berkelip. Untuk menu makanannya bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp5.000 sampai Rp50.000 saja.

  • Alamat: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: 0821-2872-1748
  • Harga tiket: Gratis

6. D’Dieuland

D’Dieuland

Tempat wisata lainnya yang berada di daerah dengan udara sejuk adalah D’Dieuland. Ini merupakan tempat wisata yang menyediakan beragam wahana menarik. Terdapat beberapa aktivitas seru yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di sana. Kamu bisa berfoto sekaligus menikmati hidangan yang ada di kastil Eropa ala Disney Land.

Selain itu, kamu juga bisa bersantai di ayunan berjaring sambil menikmati panorama yang indah. Kamu juga wajib menyusuri sky walk yang instagramable sekaligus merasakan bermain outbound yang seru. Tempat ini juga menyediakan area bermain anak. Jadi, cocok buat tempat liburan bersama keluarga.

  • Alamat: Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 09.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: 0816-778-860
  • Harga tiket: Rp10.000 (Weekday), Rp15.000 (Weekend)

7. Mountain Breeze

Mountain Breeze

* sumber: ayobandung.com

Bagi wisatawan yang ingin menikmati daerah ketinggian bisa berkunjung ke Mountain Breeze. Kamu bisa menikmati pemandangan 360 derajat dari area makan di tempat ini. Saat malam hari, nikmati pemandangan lampu perkotaan yang indah.

Untuk menikmati suasana malam hari, kamu bisa pilih untuk duduk di indoor atau outdoor. Tempatnya cukup luas dan dijamin bikin betah, deh. Jika kamu berkunjung saat sore hari, jangan lupa untuk menikmati indahnya sunset dari tempat ini.

  • Alamat: Jl. Raya Banjaran KM 11.5, Langonsari, Pameungpeuk, Langonsari, Kec. Pameungpeuk, Bandung
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 10.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 85930000
  • Harga tiket: Rp15.000

8. Dago Dream Park

Dago Dream Park

* sumber: phinemo.com

Alternatif tempat wisata malam lainnya adalah Dago Dream Park. Tempat wisata keluarga ini menyediakan beragam wahana menarik dengan fasilitas yang memadai. Tempat ini memiliki berbagai spot foto yang nstagramable seperti aladdin carpet, love seat, up house, sky tree, hingga kuda kencana.

Saat malam hari, tempat ini terlihat semakin menarik dan sangat bagus untuk spot foto. Selain wahana, Dago Dream Park juga menyediakan area outbond, beberapa restoran, hingga penginapan. Salah satu tempat menarik di tempat ini yang wajib kamu coba adalah magic selfie dago dreampark. Spot ini akan membuat kamu terasa seperti di dunia Harry Potter.

  • Alamat: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam operasional: Senin-kamis pukul 09.00-17.00
  • Jumat-minggu pukul 09.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812-2230-068
  • Harga tiket: Rp33.000-Rp40.000

9. Gedung Sate

Gedung Sate

Selain Alun-alun Bandung, kamu juga bisa berkunjung ke Gedung Sate sebagai alternatif wisata murah. Gedung bersejarah ini merupakan kantor gubernur Jawa Barat. Kamu bisa berfoto di depan Gedung Sate yang ikonik. Saat malam hari, gedung ini akan terlihat indah dan megah dengan lampu-lampu yang menghiasi di sekelilingnya.

Selain menikmati suasana Bandung saat malam hari, kamu wajib mampir ke salah satu pusat jajanan yang berada di depan Gasibu atau sebrang Gedung Sate. Daerah ini kerap ramai oleh anak muda Bandung untuk menikmati kuliner malam atau sekedar nongkrong.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam operasional: Senin-jumat pukul 08.00-16.00 WIB, Jumat-Minggu tutup
  • Harga tiket: Gratis

10. Taman Vanda

Taman Vanda

* sumber: myblogderafik.blogspot.com

Alternatif wisata malam lainnya adalah Taman Vanda. Jika kamu bingung mau menghabiskan akhir pekan ke mana, kamu bisa datang ke taman ini. Saat malam hari, Taman Vanda memiliki suasana yang indah dengan air mancur warna-warni yang muncul dari dalam lantai taman. Taman ini berada di dekat pusat kota, tepatnya di depan polres Bandung atau dekat dengan Balai Kota Bandung.

Kamu bisa menikmati suasana Kota Bandung yang sejuk saat malam hari di taman ini. Jangan lupa bawa camilan atau minuman supaya lebih menyenangkan. Jika kamu tertarik ke taman ini, sebaiknya memarkirkan kendaraan di dekat polres atau balai kota. Sebab taman ini tidak menyediakan area parkir.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam operasional: Senin-Minggu 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

Nah, itulah 10 tempat wisata malam di Bandung yang bisa jadi referensi untuk liburan. Kira-kira tempat mana yang bakal kamu kunjungi nanti? Jika kamu tahu tempat wisata malam lainnya yang ada di Bandung, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *